16 Cara Supaya Cepat Tidur dan Bangun Pagi

Tidur

Masalah susah tidur memang sangat menyebalkan dan mengganggu kehidupan sehari-hari, termasuk juga bisa menurunkan tingkat produktifitas.

Satu hal yang sangat diharapkan orang-orang yang insomnia yaitu bisa cepat tidur. Terdapat bermacam metode supaya bisa mudah tidur. Tidur sendiri merupakan 'aktivitas' yang super penting untuk kesehatan dan pemulihan tubuh.

Cara Cepat Tidur dan Bangun Pagi


1. Bayangkan Hal Menyenangkan

Anda perlu membayangkan di pikiran beberapa hal yang menyenangkan. Sesuatu yang disayangkan, banyak orang yang saat rebahan (ingin tidur) tapi memikirkan hal yang jelek-jelek dan bikin syok, tegang, cemas dll.

Seharusnya saat rebahan di atas tempat tidur, arahkan pikiran ke sesuatu yang menyenangkan dan bikin jiwa tenang. Hindari memikirkan pengalaman-pengalaman buruk yang telah dilewati.

Penelitian menunjukan orang-orang bisa tidur lebih cepat setelah diminta agar mengisi pikiran pada hal-hal yang positif dan menyenangkan tatkala di atas tempat tidur.

Peneliti menjelaskan bahwa cara tersebut efektif untuk meredakan rasa cemas sehingga lebih mudah untuk tertidur. Dimana memfokuskan pikiran pada sesuatu yang menjadikan perasaan tenang dan sejahtera secara efektif menurunkan resiko insomnia.

2. No Kafein

Jika Anda punya kebiasaan konsumsi kafein (seperti kopi dan teh) setelah jam 6 sore maka wajar saja jika menjadi susah tidur nantinya. Cara cepat tidur malam yaitu hindari mengkonsumsi minuman kafein, setidaknya 3 jam sebelum tidur.

Jika Anda tidur jam 10 malam, tapi minum kopi atau teh pada jam 8 malam, wajar saja bakal mengalami sulit tidur. Biasanya minuman berkafein dimanfaatkan oleh mereka yang bekerja di shift malam.

Asupan kafein mengakibatkan penurunan kualitas tidur.


3. Niat Kebalikan

Seringkali kita berbaring dengan niat agar bisa cepat tidur, hanya saja yang terjadi adalah sulit sekali untuk bisa tidur. Sekalipun telah berupaya agar hal itu tercapai.

Itu karena saat seseorang terlalu berupaya dan menggebu-gebu untuk bisa segera tidur, justru yang terjadi adalah kesempatan 'terlelap tidur' justru berkurang signifikan.

Alih-alih berbaring agar bisa segera tidur, cobalah niatkan sebaliknya yaitu tidak ingin tidur. Dengan kata lain, yakni konsentrasi ingin selalu bangun.

Riset menunjukan bahwa orang-orang yang memakai metode ini (yakni meniatkan untuk tetap terjaga) justru menjadi gampang tertidur.

Peneliti memaparkan mengenai fenomena 'kebalikan' ini, bahwa memaksakan diri untuk bisa segera tidur justru menimbulkan cemas dan beberapa perasaan negatif lainnya. Perasaan cemas ini nantinya menghambat proses tidur.

4. Aktivitas Fisik

Cara cepat tidur untuk orang yang susah tidur yaitu cukupi aktivitas fisik. Untuk orang-orang yang bekerja di pabrik, yang biasanya sangat melelahkan atau banyak menguras  fisik, maka bakal mudah untuk terlelap tatkala tidur malam.

Adapun orang-orang yang bekerja di kantor yang biasanya duduk di meja seharian dan jarang bergerak, biasanya rentan untuk mengalami susah tidur.

Dengan kata lain, aktivitas fisik sebenarnya sangat berhubungan dengan proses tidur yang lebih cepat dan lelap.

Sehingga bagi Anda karyawan kantor yang biasanya pekerjaannya jarang melibatkan aktivitas fisik, cobalah mencari waktu untuk berolahraga sehingga tubuh benar-benar bergerak sesuai dengan yang dibutuhkan.

Dengan semangat berolahraga hingga berkeringat bakal membuat Anda tidur lebih cepat dan nyenyak. Bahkan berolahraga 'sepele' seperti jogging santai dan naik-turun tangga memberikan manfaat yang besar.

5. Sinar Matahari

Cara cepat tidur malam yaitu usahakan tubuh terkena paparan cahaya matahari di siang hari. Jangan sampai tubuh seharian tak memperoleh paparan sinar matahari, walau hanya 30 menit sudah sangat bagus.

Dengan begitu, di malam hari nantinya kegelapan secara efektif memunculkan rasa kantuk.


6. AC

Penggunaan AC umumnya cukup membantu untuk mudah tidur, itu karena suhu yang tinggi (panas) menyebabkan seseorang susah terlelap. Jadi bagaimanapun, keberadaan AC memang diperlukan saat suhu cenderung panas.

Hanya saja tak semua orang punya AC. Jika tak punya AC, maka untuk mengakalinya yaitu dengan mandi. Jadi, setidaknya Anda harus mandi di sore hari (jam 5 sore) yang nantinya sangat membantu untuk mempermudah tidur.

Tatkala mandi dan tubuh terasa dingin, situasi ini akan membuat terkirimnya sinyal 'persiapan tidur' ke otak.

7. Kamar Gelap Gulita

Cara cepat tidur untuk insomnia yaitu cobalah untuk tidur dalam kondisi kamar yang gelap gulita. Kondisi gelap sangat 'powerful' untuk membantu banyak orang supaya bisa cepat tertidur.

Jadi hendaknya mematikan lampu saat menjelang tidur, percayalah ini bakal membantu Anda untuk tidur nyenyak. Dimana tidur dalam keadaan gelap gulita bakal menambah secara drastis kadar melatonin.

Melatonin adalah hormon yang dihasilkan di otak, yang menghasilkan efek berupa timbulnya rasa nyenyak, mengatur sinyal dan kebiasaan tidur, menjaga jam biologis tubuh yang baik, dll.

Jadi, jam bangun dan tidur Anda sebenarnya diatur oleh hormon melatonin. Keberadaan jenis hormon ini sangat penting supaya bisa cepat tidur dan memperoleh tidur berkualitas.

Produksi hormon melatonin menjadi terhambat (atau bahkan terhenti) tatkala tubuh terkena cahaya, entah itu cahaya lampu maupun cahaya layar ponsel.

8. Batasi Tidur Siang

Cara cepat tidur dan bangun pagi yaitu jangan terlalu lama tidur siang. Sebenarnya tidur siang itu disarankan tapi hanya sebentar saja guna menghilangkan penat, dimana hanya perlu tidur siang sekitar 30 menit.

Tidur siang lebih dari 1 jam tentunya bikin Anda susah tidur di malam hari. Jadi gunakan istirahat saat siang hari secara bijak, jangan berlebihan.

9. Teliti Asupan

Anda harus meneliti asupan yang dikonsumsi dan pola makan secara umum, karena ini nantinya juga sangat mempengaruhi pola tidur. Misalnya, hindari konsumsi makanan tinggi kalori tatkala makan malam.

Intinya, hindari konsumsi makanan berat saat makan malam. Juga hindari makan yang terlalu berdekatan dengan waktu tidur.


10. Hindari Gadget

Tips agar cepat tidur yaitu sebisa mungkin tidak menggunakan gadget saat malam hari menjelang waktu tidur. Paparan cahaya dari layar gadget menjadi penyebab banyak orang sulit tidur malam.

Disamping itu paparan layar gadget juga menyebabkan menurunnya kualitas tidur secara signifikan. Secara umum, Anda harus berhati-hati dengan yang namanya barang elektronik.

11. Tarik Napas Dalam-Dalam

Agar bisa segera tertidur maka harus dalam keadaan rileks, jika Anda tidak rileks maka sulit untuk dapat tidur. Agar bisa rileks, cobalah agar menarik napas dalam-dalam secara tenang, lalu hembuskan secara perlahan. Lakukan ini saat berada di atas kasur.

12. Aromaterapi

Cobalah menggunakannya, ini dapat memunculkan perasaan rileks dan psikologi yang positif, yang secara efektif membantu proses tidur. Ada banyak jenis-jenisnya, tinggal pilih yang cocok untuk Anda.

13. Buku Diary

Menulis buku harian ampuh untuk meredakan rasa cemas yang dihadapi. Hilangnya rasa cemas dan beberapa perasaan negatif lainnya, itu artinya hambatan tidur menghilang sehingga proses tidur bisa lebih lancar.

14. Baca Buku

Ada banyak jenis buku bacaan, tinggal pilih yang dirasa cocok dan bermanfaat untuk Anda. Membaca buku di malam hari diyakini dapat menjadikan seseorang lebih mudah tidur nantinya.

Tapi ingat, yang dibaca adalah buku yang memiliki fisik, bukan jenis e-book yang memakai gadget untuk membacanya.

15. Keteraturan

Usahakan untuk memiliki pola tidur, buatlah target agar Anda bisa tidur dan bangun di jam yang sama dalam setiap harinya. Keteraturan seperti ini sangat membantu untuk bisa tidur dengan cepat.

16. Tips Lainnya
  • Saat malam hari, kondisikan jiwa yang senyaman mungkin, rileks dan lemaskan otot tubuh (hindari ketegangan otot).
  • Kondisikan juga bahu supaya rileks.
  • Ruangan hendaknya bersih dan rapih.
  • Pilih untuk menggunakan pakaian yang ringan dan bahannya adem.
  • Jangan berpikir yang berat-berat.
  • Hindari pikiran yang memicu emosi.
  • Bernapas dalam-dalam lalu hembuskan perlahan.




Baca Juga:

No comments: