Cara Ampuh Membangkitkan Semangat Berolahraga


Salah satu hambatan dalam melakukan olahraga adalah munculnya rasa malas. Kemalasan inilah yang membuat banyak orang gagal untuk rutin berolahraga.

Padahal olahraga adalah hal yang sangat penting. Banyak manfaat olahraga yang bisa diperoleh seperti tubuh menjadi sehat dan suasana hati menjadi lebih baik.

Semangat Olahraga
Photo: https://www.dobbins.afrc.af.mil/News/Article-Display/Article/170685/treadmill-vs-track-which-is-better/

Untuk membangkitkan semangat berolahraga, maka perlu adanya strategi. Anda bisa memulai aktivitas olahraga dari yang ringan-ringan dahulu.

Lakukan olahraga ringan terlebih dahulu, apalagi jika Anda sudah cukup lama tidak berolahraga.

Walaupun Anda melakukan olahraga ringan seperti jogging, jalan santai dan semamcamnya, namun Anda tetap memperoleh manfaat besar dari olahraga ringan yang dilakukan.

Hari-hari awal berolahraga, Anda bisa menggunakan durasi waktu sekitar 15 menit saja. Jika Anda sudah mulai rutin berolahraga maka tambah durasi olahraga menjadi 20 menit, 25 menit dan seterusnya.

Intinya, walaupun Anda melakukan olahraga yang ringan-ringan saja, tapi pastikan Anda rutin berolahraga setiap hari (setidaknya 5 kali dalam seminggu).

Cari Teman-Teman yang Suka Berolahraga
Adanya teman akan membuat aktivitas olahraga menjadi lebih seru dan menyenangkan. Atau Anda juga bisa bergabung ke dalam sebuah komunitas olahraga.

Dimana klub atau komunitas olahraga umumnya memiliki jadwal aktivitas olahraga yang rutin. Dengan mengikuti klub olahraga tertentu maka Anda akan lebih termotivasi untuk rutin berolahraga.

Hal yang menarik jika Anda bergabung dengan suatu komunitas, yaitu Anda akan bertemu dengan teman-teman baru, yang kumungkinan besar akan cocok dengan Anda karena memiliki hobi olahraga yang sama.

Gak Usah Pasang Target Tinggi-Tinggi
Target yang perlu Anda pasang yaitu berolahraga rutin setiap hari, meskipun itu hanya 15 menit. Dengan terbiasa berolahraga maka rasa malas nantinya hilang berganti dengan motivasi tinggi.

Olahraga itu untuk bersenang-senang sehingga Anda tidak perlu melakukan olahraga yang menyiksa (terlalu berat).

Nikmati diri Anda saat berlari di pagi atau sore hari. Berbagai aktivitas fisik akan membuat tubuh bugar, cari jenis olahraga yang Anda sukai.

Jika Anda belum terbiasa berolahraga, tidak mengapa memulainya pelan-pelan, tujuan Anda berolahga adalah agar sehat dan bugar, bukan menjadi atlet olimpiade.

Mulai dari Beberapa Menit
Jika sedang tidak bersemangat maka paksa diri Anda untuk bergerak, cukup 5 menit saja dahulu untuk melakukan olahraga.

Setelah  5 menit berolahraga, Anda bisa memutuskan untuk lanjut berolahraga atau tidak?

Hal lainnya yaitu jangan merasa bersalah ketika Anda melewatkan beberapa kali jadwal berolahraga.

Dalam sebulan mungkin Anda akan bolos berolahraga 2-3 kali, maka ini adalah hal yang wajar dan jangan dianggap suatu kesalahan. Jangan jadikan kesalahan “kecil” ini sebagai alasan untuk menyerah.

loading...

Tulisan Terkait: