Terlalu Lama Duduk di Depan Meja Kerja Memicu Kegemukan, Begini Cara Mengatasinya


Kondisi tubuh yang gemuk mungkin menjadi permasalahan bagi sebagian orang. Tidak sedikit orang yang bertubuh gemuk merasa tidak percaya diri dengan penampilannya, sehingga dirinya berusaha untuk memiliki berat tubuh yang ideal.

Makan berlebihan menjadi penyebab meningkatnya berat badan yang paling sering disebutkan. Hal ini benar, apalagi jika aktivitas yang dilakukan berupa duduk seharian, seperti orang yang bekerja di kantor, blogger, video editor, atau yang semacam itu.

Seorang Lelaki Duduk di Depan Laptop
Photo credit: Bigstockphoto.com / endomotion

Penelitian telah menyebutkan bahwa terlalu banyak duduk bisa meningkatkan resiko kegemukan, diabetes, bahkan yang terburuk yaitu kematian dini.

Terlalu lama duduk di meja kerja (duduk seharian) menyebabkan meningkatnya kadar gula dan metabolisme lemak pada tubuh. Hal inilah yang kemudian memicu diabetes, penyakit jantung, hingga kematian dini.

Oleh karena itu sangat penting untuk menghindari dampak negatif dari duduk seharian di meja kerja.

Bagi yang beraktivitas di depan meja seharian, maka hendaknya sesekali berdiri dari kursinya dan melangkahkan kaki sejenak. Saat berdiri dan berjalan , kalori di dalam tubuh akan terbakar.

Biasakan hal ini, maka akan memberikan dampak positif yang besar bagi kesehatan, diantaranya dapat membantu memperbaiki kadar gula darah dan mencegah terjadinya obesitas.

Usahakan setidaknya setiap jam untuk berdiri atau bergerak, Anda bisa melakukan peregangan tubuh atau berjalan selama beberapa menit. Melakukan gerakan ataupun peregangan tubuh dapat menghilangkan pegal-pegal dan mengembalikan semangat kerja Anda.

Jika Anda khawatir lupa, maka bisa mengaktifkan alarm yang mengingatkan Anda untuk “olahraga” sejenak pada setiap jamnya. Lakukan beberapa peregangan leher sederhana, hal ini baik untuk bagian tulang belakang dan dapat meredakan otot-otot yang tegang di sepanjang bagian belakang leher.

Hindari berbagai macam makanan atau cemilan tidak sehat walaupun rasanya enak. Cemilan tidak sehat (seperti keripik goreng dan semacamnya) akan cenderung membuat tubuh gemuk.

Jikapun Anda ingin nyemil, maka konsumsilah cemilan sehat seperti potongan buah, wortel atau semacamnya.

Lakukan pemanasan ringan pada setiap pagi untuk membantu membakar lemak di dalam tubuh. Hal ini harus dilakukan secara rutin.

Itu karena lebih dari setengah waktu dalam sehari digunakan untuk duduk, baik itu untuk mengoperasikan laptop, menonton TV, di dalam kendaraan, membaca buku, dll. Sehingga untuk mengimbanginya pasikan Anda melakukan pemanasan atau olahraga ringan pada setiap pagi.

Saat bekerja, kalau bisa pilihlah meja kerja yang fleksibel, yaitu bisa gunakan dalam posisi duduk maupun berdiri.


Gunakan Tangga daripada Lift

Dengan menggunakan tangga di kantor, maka tubuh Anda akan bergerak dan ampuh untuk membakar lemak di dalam tubuh.

Tangga Kantor
Photo credit: Pxhere.com

Ahli kesehatan menyarankan untuk berjalan sebanyak 7.500 hingga 10.000 langkah dalam sehari, manfaatnya dapat membantu menurunkan berat badan, serta menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol tinggi.

Pastikan Tubuh Tetap Terhidrasi

Penuhi asupan cairan tubuh dengan baik. Utamakan air putih dibandingkan minuman poduk. Tentunya jauh lebih baik mengonsumsi air putih dibandingkan minuman bersoda.

Bukan berarti Anda tidak boleh sama sekali minum-minuman produk seperti itu, namun utamakan untuk minum air putih dibandingkan dengan lainnya.

Sebaiknya menyiapkan sebotol air putih di meja kerja Anda. Minum air putih yang cukup juga bermanfaat untuk mencegah Anda makan berlebihan.

Manfaatkan Setiap Kesempatan Untuk Bergerak

Apabila ada sesuatu yang ingin dibicarakan dengan teman kerja atau kolega, maka jangan memakai email atau layanan komunikasi lainnya, hendaknya Anda langsung berjalan ke mejanya.

Ketika ada yang menelepon Anda, maka berbicara di dalam telepon sembari sedikit berjalan-jalan.

Contoh lainnya, setelah Anda selesai makan siang, maka tentunya Anda memiliki sedikit waktu luang, gunakan waktu luang tersebut untuk melakukan sedikit aktivitas fisik, Anda bisa berjalan-jalan mengelilingi area sekitar kantor.

Pastikan Posisi Duduk yang Benar

Tulang punggung memiliki peranan sangat penting dalam menjaga kestabilan tubuh. Saat duduk, hendaknya Anda duduk dalam posisi tegak, dimana punggung lurus dan bahu cenderung agak ke belakang.

Usahakan jangan sampai membungkuk. Apabila diperlukan, Anda bisa menarik kursi mendekati meja kerja untuk mencegah posisi bungkuk. Mulailah melatih tubuh dalam posisi selalu tegak.

Posisi tegak akan memperbaiki postur tubuh Anda, selain itu dapat membuat tubuh lebih segar, enerjik, lebih bersemangat, dan menghindari obesitas.

Hal ini berbeda dengan posisi duduk membungkuk yang tidak sehat dan dapat merusak postur tubuh. Duduk membungkuk juga menyebabkan seseorang cenderung malas.

loading...

Tulisan Terkait: