18 Manfaat Tidur Siang 30 Menit (Tips Tidur Siang Yang Baik)

Malam hari memang saat paling utama untuk tidur. Selain itu, Anda juga dapat tidur siang yang ternyata memiliki manfaat yang tidak bisa disepelekan.

Manfaat Tidur Siang

Kebutuhan tubuh akan istirahat harus dipenuhi, sehingga tidur siang perlu dilakukan guna mengatasi masalah kurang tidur saat malam hari.

Akan tetapi, tidak sedikit orang-orang yang mengabaikan tentang tidur siang ini, padahal tidur siang hanya dilakukan selama 30 menit sampai 1 jam.

Manfaat Tidur Siang


1. Meningkatkan Mood (Suasana Hati)

Di dalam tubuh terdapat hormon serotonin, manfaatnya untuk memberikan rasa lega dalam jiwa dan mengatur kestabilan suasana hati.

Kondisi tubuh yang kekurangan hormon serotonin mengakibatkan meningkatnya resiko stres dan sulit berpikir jernih, mudah marah, sulit konsentrasi, timbul rasa cemas yang parah hingga depresi.

Ahli kesehatan menjelaskan bahwa melakukan tidur siang bermanfaat untuk meningkatkan produksi serotonin di otak. Tidur siang yang dilakukan memberikan manfaat positif pada emosional jiwa yang stabil.

Setelah tidur siang maka tubuh akan merasakan kesegaran, ini dapat membantu meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

2. Mencegah Penyakit Jantung & Stroke

Seseorang yang berusaha untuk enggak tidur padahal sudah sangat mengantuk, akan mengalami jantung berdetak lebih kencang. Kondisi ini jika dibarengi dengan minum kopi (atau minuman kafein) dapat menimbulkan masalah yang serius pada organ jantung.

Melakukan tidur siang berguna untuk menurunkan resiko penyakit jantung. Tidur siang hanya 30 menit saja sudah bagus.

Dengan memberikan sedikit ‘space’ waktu Anda untuk tidur siang, manfaatnya tidak hanya agar tubuh segar dan fit, tapi juga baik untuk kesehatan jantung.

Penelitian menemukan tidur siang memiliki pengaruh positif pada kestabilan tekanan darah, peneliti memaparkan bahwa tidur siang mampu menurunkan tekanan darah.

Mereka yang rutin tidur siang selama 30 menit setidaknya tiga kali dalam seminggu, mengalami 40% resiko lebih rendah dari terkena penyakit jantung, dibandingkan orang-orang yang hampir tidak pernah tidur siang.


3. Meningkatkan Daya Ingat Otak

Tidur siang bermanfaat bagi kemampuan daya ingat, termasuk tidur siang bermanfaat untuk anak-anak, karena bisa meningkatkan daya pikirnya dalam mengingat pelajaran dan juga lebih baik dalam menangkap pelajaran.

Pelajar yang membiasakan diri untuk tidur siang ternyata lebih baik kemampuannya dalam menyerap dan memahami informasi yang diberikan.

Peneliti lainnya mengungkapkan bahwa kemampuan dalam mengingat bisa lebih baik apabila seseorang mampu memiliki kualitas tidur yang baik, tenang dan nyenyak.

Beberapa penelitian sudah menemukan bahwa tidur siang selama 30 menit saja sudah dapat meningkatkan kemampuan daya ingat. Dengan begitu, tidur siang baik untuk organ otak, bahkan sangat baik untuk tubuh secara keseluruhan.

4. Mencegah Stress

Masalah stress ini adalah hal yang cukup serius, karena stres dapat menjadi pemicu meningkatnya penyakit berbahaya secara drastis. Kondisi pikiran yang sering mengalami tegang, atau juga terlalu sering berpikir terlalu keras mengakibatkan masalah bagi otak dan tubuh secara umum.

Anda bisa menghilangkan masalah stres ini secara ampuh, hanya dengan mencukupi kebutuhan tidur, termasuk jalani juga tidur siang, maka hal ini sangat membantu untuk menghilangkan stres dalam sekejap.

Tidur siang sangat ampuh untuk menurunkan tingkat stress. Penelitian menemukan bahwa hormon pemicu stress dapat menurun secara cepat setelah menjalani tidur siang.

Peneliti juga menyebutkan bahwa tidur siang sangat penting, terutama bagi mereka yang kurang dalam durasi tidur malam.

Tidur siang yang dilakukan bisa membantu untuk menurunkan rasa tegang, sehingga Anda bisa lebih rileks nantinya dan juga dapat berpikir lebih jernih.

5. Meningkatkan Kewaspadaan Diri

Mata akan terasa berat biasanya saat siang hari, utamanya ketika sudah melakukan makan siang. Kondisi mengantuk ini mengakibatkan performa kerja menurun.

Oleh karena itu, disarankan untuk menyisihkan waktu barang sebentar untuk tidur siang, setelah itu barulah menjalankan pekerjaan atau aktivitas kembali.

Pada sebuah studi dari pihak NASA, menemukan bahwa melakukan tidur siang selama 40 menit mampu meningkatkan kewaspadaan diri hingga 100%.

Pada hasil penelitian lainnya, menyebutkan bahwa tidur selama 20 menit ternyata lebih mampu untuk meningkatkan kewaspadaan diri daripada konsumsi kafein sebanyak 200 mg ataupun olahraga.

Bahkan, pada aturan penerbangan, para pilot mendapatkan jatah untuk tidur siang selama 25 menit. Peraturan ini bertujuan agar pilot bisa lebih tercegah dari melakukan kesalahan dalam penerbangan.

Orang-orang yang menyisihkan waktu untuk tidur siang, apalagi jika di malam harinya kekurangan waktu tidur, nantinya bisa lebih baik dalam kemampuan kewaspadaan diri dan dapat meningkatkan stamina tubuhnya.


6. Meningkatkan Fungsi Indera

Sara Mednick C, yang merupakan seorang ilmuwan napologist menjelaskan bahwa tidur siang mampu meningkatkan kemampuan sensorik tubuh, bahkan hampir sama besarnya dengan tidur malam. Tidur siang juga membantu orang agar lebih berkreativitas.

7. Daya Tahan Tubuh Optimal

Orang-orang bekerja pada umumnya, apalagi yang di perkotaan, mereka akan bekerja dengan penuh tekanan selama delapan jam, kemudian akan mengalami macet sekitar 2 jam per hari.

Jam kerja selama delapan jam masih normal sebenarnya, hanya saja menghadapi macet yang terlalu lama maka bisa berdampak serius pada tubuh, dimana tubuh cenderung kekurangan istirahat

Terlalu lelah mengakibatkan daya tahan tubuh melemah. Daya tahan tubuh yang melemah adalah masalah serius karena tubuh menjadi lebih rentan terserang penyakit.

Penelitian menemukan bahwa saat tidur siang terjadi peningkatan sel-sel granulosit darah. Granulosit merupakan sel pertahanan tubuh berfungsi untuk menghancurkan infeksi bakteri.

Rendahnya jumlah granulosit di tubuh mengakibatkan tubuh mudah terkena infeksi penyakit. Peneliti juga menasehatkan agar benar-benar teratur dalam jadwal tidur.

Tidur siang sangat penting untuk memberikan hak yang cukup bagi tubuh untuk beristirahat. Dengan kebutuhan tidur terpenuhi dengan baik, maka daya tahan tubuh menjadi kuat dalam menangkal serangan penyakit.

8. Meningkatkan Produktivitas

Tidur dapat meningkatkan produktivitas kerja, mungkin Anda bertanya-tanya tentang hal ini, “Bagaimana bisa tidur membuat hasil kerja bisa meningkat?”

Produktivitas Meningkat
Photo credit: Shutterstock.com / By Jirsak

Memang, tidur akan mengurangi waktu kerja, hanya saja yang perlu diketahui bahwa ketika tubuh sudah lelah, jika dipaksakan untuk terus bekerja justru hasil pekerjaan menjadi tidak baik, dan performa kerja-pun akan menurun dan lambat.

Dengan tidur siang, maka tubuh pun kembali pulih, fresh dan segar. Sehingga performa kerja nantinya bisa meningkat drastis, dan mampu menyelesaikan banyak pekerjaan dengan waktu yang lebih cepat, serta kualitas kerja-pun meningkat.

Tidur siang juga meningkatkan kemampuan motorik dan tingkat kewaspadaan sehingga Anda pun akan bisa lebih berenergi dalam menjalankan aktivitas padat seharian.

Banyak perusahaan besar yang ternyata sudah menerapkan aturan bahwa karyawan harus tidur siang, bahkan disediakan tempat atau ruangan khusus untuk beristirahat sejenak di siang hari. Seperti perusaaan Zappos, Google, Uber, Capital One Labs, PwC dan Ben & Jerry’s.


9. Mencegah Makan Berlebihan

Umumnya setelah melakukan aktivitas seharian yang melelahkan maka tubuh akan memberikan sinyal untuk Anda agar mengkonsumsi makanan, hal ini wajar.

Saat sore hari, umumnya pekerja akan mengkonsumsi makanan manis, makanan berlemak, minuman energi, kopi atau lainnya, hal ini dilakukan agar tubuh bisa tetap terjaga.

Mengkonsumsi makanan berlemak ataupun makanan manis akan membuat gula darah menjadi meningkat. Demikian juga mengkonsumsi banyak makanan berlemak akan menimbulkan dampak negatif.

Anda bisa meminimalisir nafsu makan yang berlebihan dengan cara tidur sejenak di siang hari, bisa itu selama 15 menit ataupun 30 menit.

Dengan tidur siang maka Anda bisa lebih konsentrasi, jiwa menjadi lebih bersemangat dan kantuk menghilang, hal ini bisa mencegah Anda berlebihan dalam mengkonsumsi makanan, terutama makanan yang tinggi lemak dan gula.

Pada studi yang dipublikasikan pada jurnal SLEEP, menemukan bahwa kurang tidur berakibat pada meningkatnya  keinginan untuk konsumsi junk food. Kekurangan waktu tidur selama beberapa jam memberikan dampak berupa meningkatnya berat badan.

10. Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Tidur siang dapat membuat tubuh lebih bugar. Pada studi yang dilakukan oleh pihak dari Stanford University, hasilnya menunjukan bahwa para atlet yang melakukan tidur siang ternyata memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik.

Para peneliti juga mengungkapkan bahwa para atlet yang kurang dalam memenuhi kebutuhan tidur mereka, ternyata lebih lama untuk bisa pulih dari latihan mereka, bahkan mereka cenderung memiliki pikiran dan suasana hati yang kacau.

11. Meningkatkan Kreativitas

Mengistirahatkan tubuh dan pikiran sangat baik untuk kebugaran tubuh dan juga membuat seorang bisa lebih kreatif dalam berpikir.

Para ahli menjelaskan bahwa mereka yang memiliki kreativitas dan imajinatif tinggi adalah orang-orang yang memiliki kualitas tidur malam yang baik.

Penelitian menemukan bahwa tidur siang bisa membantu seseorang memiliki kreativitas yang tinggi, sehingga mampu menelurkan inovasi yang luar biasa nantinya.

Otak kanan berfungsi untuk menjaga kemampuan kreativitas seseorang. Bagian otak kanan untuk kemampuan kreativitas ini, bisa lebih aktif dan tajam ketika seseorang melakukan tidur siang.

Peneliti menjelaskan bahwa hal ini menjadi penyebab mengapa seseorang lebih mudah untuk menemukan solusi atas suatu problem setelah dirinya melakukan tidur siang.

Manfaat Lainnya:

12. Seringkali setelah bekerja berat seharian maka bisa memicu timbulnya emosi, seringkali yang menjadi ‘korban’ adalah anak-anak, karena kesalahan orang tua sendiri yang buruk dalam manajemen emosi jiwa. Dengan tidur siang maka dapat menghilangkan perasaan ingin marah, dan hubungan dengan anak-pun bisa berjalan dengan baik.

13. Tidur singkat (15 menit) cocok dilakukan bagi orang-orang yang bekerja di kantor. Gunakan alarm di ponsel untuk menghindari Anda tidur terlalu lama dan dalam. Tidur siang yang singkat di kantor bisa membuat otak lebih fresh dan tubuh juga lebih bersemangat lagi.

14. Tidur siang selama 90 menit dilakukan bagi Anda yang begadang di malam hari. Kurangnya tidur di waktu malam membuat Anda akan lebih rentan untuk mengalami kondisi yang emosional. Tubuh akan lebih segar dan emosi terkontrol setelah tidur siang.

15. Untuk orang-orang yang cukup lama beraktivitas di depan komputer, maka disarankan untuk melakukan tidur siang, hal ini penting untuk menjaga kesehatan mata, agar terhindar dari masalah dan penyakit mata yang tidak diinginkan.

16. Tidur bisa membuat Anda lebih jenius. Sebuah tim neuropsychologists Jerman menemukan bahwa tidur siang setelah belajar sesuatu, bisa membuat Anda mampu mengingatnya dengan lebih baik hingga lima kali lipat. Tidur siang akan menyeimbangkan bahan kimia di dalam otak.

17. Jika Anda sering berdebat dan hubungan mengalami masalah dengan pasangan Anda, maka coba cek kebiasaan tidur Anda. Penelitian dari University of California, menemukan bahwa dengan satu malam saja kurang tidur bisa membuat hubungan Anda dan pasangan menjadi buruk. Kurang tidur, membuat Anda tidak mampu membaca emosi pasangan Anda, sehingga memicu pertikaian.

18. Balita dan anak kecil sangatlah harus untuk melakukan tidur siang, untuk membantunya memiliki energi guna di masa pertumbuhannya. Orang tua perlu memperhatikan dengan baik jam tidur siang anak, supaya jam tidur malamnya tidak terganggu. 

Tips Tidur Siang Yang Baik

Tidur siang penting untuk dilakukan, hanya saja jangan berlebihan durasi tidur siangnya, karena bukannya manfaat yang didapatkan justru malah masalah kesehatan.

Tidur siang yang disarankan adalah selama 20-30 menit, adapun jika Anda dalam masa-masa begadang di malam hari maka Anda bisa tidur siang selama 90 menit.

Usahakan tidur siang jangan mendekati sore hari, disarankan tidur siang pada jam 1 siang, yaitu setelah shalat zuhur.

Di dekat waktu-waktu tidur siang, sementara jangan mengkonsumsi kafein dan makanan tinggi lemak, karena berisiko bisa menurunkan manfaat dari tidur siang Anda.

Sebenarnya, Anda bisa tidur siang sebelum ataupun setelah makan siang. Tinggal Anda memilih mana yang paling cocok dengan Anda.

Usahakan untuk tidur siang di tempat yang minim cahaya. Dan sebelum tidur siang maka jangan lupa mengatur alarm seperti 15 menit atau 30 menit, agar tidak tidur terlalu lama dan dalam.

Jika Anda hanya memiliki sedikit waktu, maka tidur selama 10 menit pun tidak masalah. Pada tahun 2002, sebuah studi menemukan bahwa tidur siang selama 10 menit mampu mengembalikan stamina penuh kembali sedia kala.

Referensi lainnya:




Baca Juga: