14 Manfaat Tidur Siang Berdasarkan Penelitian (Tips & Efeknya)

Tidur Siang

Malam hari memang momen paling utama untuk tidur. Namun, Anda juga bisa tidur siang yang ternyata memberikan keuntungan luar biasa dan tak dapat disepelekan.

Kebutuhan tubuh akan istirahat wajib dipenuhi, sehingga ini ditekankan terutama guna mengatasi masalah kekurangan tidur.
Hanya saja, tak sedikit pihak yang cuek mengenai manfaat tidur siang ini, dimana sebetulnya tidur siang cuma perlu dilakukan sekitar 30 menit sampai 1 jam.

Manfaat Tidur Siang


1. Perbaiki Mood

Di dalam tubuh terdapat serotonin, manfaatnya untuk memberikan rasa lega dalam jiwa dan menjaga kestabilan suasana hati.

Kondisi tubuh yang kekurangan serotonin mengakibatkan meningkatnya resiko stres serta susah berpikir jernih, gampang marah, menurunnya konsentrasi, timbul rasa cemas yang parah, hingga depresi.

Ahli kesehatan memaparkan aktivitas tidur siang menawarkan keuntungan penting yaitu mendorong produksi serotonin di otak. Dengan demikian, tidur siang akan menimbulkan efek positif berupa perbaikan pada suasana hati, dan emosional jiwa yang lebih stabil.

Pasca tidur siang nantinya Anda bakal merasakan kesegaran, ini bisa meningkatkan performa kerja Anda, serta Anda merasa lebih bersemangat dan mood jadi positif.

2. Jantung Sehat

Seseorang yang berusaha agar enggak tidur padahal sangat mengantuk, akan mengalami peningkatan resiko masalah jantung. Kondisi ini jika dibarengi dengan minum kopi (dan semacamnya) bisa menimbulkan masalah yang serius pada organ jantung.

Tidur siang berguna supaya memulihkan kesehatan jantung, sehingga menghindari munculnya berbagai masalah yang terkait jantung. Tidur siang cuma 30 menit saja sudah bagus.

Dengan memberikan sedikit ‘space’ waktu Anda untuk tidur siang, manfaatnya tak cuma agar badan segar dan fit, melainkan sangat penting bagi kesehatan jantung.

Riset menunjukan tidur siang punya pengaruh positif pada kestabilan tekanan darah, peneliti memaparkan tidur siang secara efektif dapat meredakan permasalahan hipertensi.

Mereka yang tidur siang 30 menit dengan frekuensi minimalnya 3 kali per minggu, mengalami 40% resiko lebih rendah dari terkena penyakit jantung, dibandingkan mereka yang hampir tak pernah tidur siang.


3. Perkuat Memori

Tidur siang bermanfaat buat kemampuan memori, termasuk hal ini sangat ditekankan pada anak sebab bisa memperkuat daya pikirnya guna mengingat dan menangkap pelajaran (secara optimal), dengan demikian dorong anak tidur siang secara rutin.

Pelajar yang membiasakan diri supaya rutin tidur siang diketahui meningkatkan kemampuannya dalam menyerap dan memahami informasi yang diberikan.

Peneliti lainnya mengungkapkan bahwa kemampuan dalam mengingat dapat optimal apabila seseorang punya kualitas tidur yang baik, tenang dan nyenyak.

Beberapa penelitian sudah membuktikan tidur siang sejenak bisa secara efektif memperkuat daya ingat. Oleh karenanya, tidur siang sebenarnya begitu diperlukan oleh organ otak untuk proses pemulihan dan regenerasi. Bahkan tak hanya organ otak yang memperoleh keuntungan, tapi juga tubuh secara keseluruhan.

4. Mencegah Stress

Masalah stress ini adalah hal yang cukup serius, karena stres dapat menjadi pemicu meningkatnya penyakit berbahaya secara drastis. Kondisi pikiran yang sering mengalami tegang, atau juga terlalu sering berpikir terlalu keras mengakibatkan masalah bagi otak dan tubuh secara umum.

Anda bisa menghilangkan masalah stres ini secara ampuh, hanya dengan mencukupi kebutuhan tidur, termasuk jalani tidur siang walaupun sebentar, ini bakal efektif membantu untuk menghilangkan stres dalam sekejap.

Tidur siang ampuh untuk menurunkan tingkat stress. Riset menunjukan hormon pemicu stress menurun secara cepat setelah menjalani tidur siang.

Peneliti juga mengungkapkan tidur siang sebetulnya sesuatu yang amat vital dalam kehidupan sehari-hari, terutama lagi jika kekurangan dalam kualitas dan kenyenyakan tidur serta minimnya durasi tidur malam.

Tidur siang menawarkan keuntungan yang membantu untuk menurunkan rasa tegang, sehingga lebih rileks nantinya dan juga dapat berpikir lebih jernih.

5. Kewaspadaan Diri

Manfaat tidur siang yaitu dapat meningkatkan kewaspadaan diri. Mata bakal terasa berat biasanya tatkala di siang hari, utamanya ketika sudah melakukan makan siang. Kondisi mengantuk ini mengakibatkan performa kerja menurun.

Dengan demikian, direkomendasikan supaya menyisihkan waktu barang sebentar untuk tidur siang, lalu barulah menjalankan pekerjaan atau aktivitas kembali.

Suatu riset dari pihak NASA, mengungkapkan aktivitas tidur siang dengan durasi 40 menit mampu menambah kewaspadaan diri hingga 100%.

Riset lainnya menemukan tidur siang dengan durasi 20 menit ternyata lebih mampu buat memperkuat kewaspadaan diri ketimbang konsumsi kafein sebanyak 200 mg ataupun olahraga.

Bahkan pada aturan penerbangan, para pilot diberikan jatah tidur siang 25 menit. Peraturan ini bertujuan supaya pilot dapat lebih tercegah dari melakukan kesalahan dalam penerbangan.

Mereka yang menyisihkan waktu untuk tidur siang, apalagi bila di malam harinya kekurangan durasi tidur, nantinya bakal kembali maksimal dalam kemampuan kewaspadaan diri, termasuk stamina tubuhnya.


6. Fungsi Indera

Manfaat tidur siang yaitu bisa meningkatkan fungsi indera. Seorang ilmuwan napologist mengungkapkan aktivitas tidur siang secara efektif dapat meningkatkan kemampuan sensorik tubuh, bahkan hampir sama tingkat efektifitasnya dengan tidur malam.

Disebutkan juga, tidur siang ternyata membantu seseorang agar lebih berkreativitas, sehingga jika pikiran sedang stuck, mumet dan susah memunculkan ide kreatif disarankan tidur sejenak.

7. Daya Tahan Tubuh Optimal

Orang-orang bekerja pada umumnya, apalagi yang di perkotaan, mereka akan bekerja dengan penuh tekanan selama delapan jam, kemudian akan mengalami macet sekitar 2 jam per hari.

Jam kerja selama delapan jam masih normal sebenarnya, hanya saja menghadapi macet yang terlalu lama maka bisa berdampak serius pada tubuh, dimana tubuh cenderung kekurangan istirahat

Terlalu lelah mengakibatkan daya tahan tubuh melemah. Daya tahan tubuh yang melemah menjadi masalah serius karena tubuh jadi rentan terserang penyakit.

Penelitian menemukan tatkala tidur siang terjadi peningkatan sel-sel granulosit darah. Granulosit merupakan sel pertahanan tubuh berfungsi untuk menghancurkan infeksi bakteri.

Rendahnya jumlah granulosit di tubuh mengakibatkan tubuh mudah terkena infeksi penyakit. Peneliti juga menasehatkan agar benar-benar memiliki waktu tidur teratur.

Tidur siang menjadi sesuatu yang disarankan guna memenuhi hak tubuh buat beristirahat, jika ini terpenuhi dengan baik, maka daya tahan tubuh menjadi kuat dalam menangkal serangan penyakit.

8. Meningkatkan Produktivitas

Tidur dapat meningkatkan produktivitas kerja, mungkin Anda bertanya-tanya tentang hal ini, “Bagaimana bisa tidur membuat hasil kerja bisa meningkat?”

Produktivitas Meningkat
Photo credit: Shutterstock.com / By Jirsak

Memang, tidur akan mengurangi waktu kerja, hanya saja yang perlu diketahui bahwa ketika tubuh telah capek dan mumet, jika dipaksakan untuk terus bekerja justru hasil pekerjaan menjadi tak baik, dan performa kerja-pun akan menurun dan lambat.

Dengan tidur siang, maka tubuh pun kembali pulih, fresh dan segar. Sehingga performa kerja nantinya bisa meningkat drastis, dan mampu menyelesaikan banyak pekerjaan dengan waktu yang lebih cepat, serta kualitas kerja-pun meningkat.

Tidur siang juga meningkatkan kemampuan motorik dan tingkat kewaspadaan sehingga Anda pun akan bisa lebih berenergi dalam menjalankan aktivitas padat seharian.

Banyak perusahaan besar yang ternyata sudah menerapkan aturan bahwa karyawan harus tidur siang, bahkan disediakan tempat atau ruangan khusus untuk beristirahat sejenak di siang hari. Seperti perusaaan Zappos, Google, Uber, Capital One Labs, PwC dan Ben & Jerry’s.


9. Mencegah Makan Berlebihan

Umumnya setelah melakukan aktivitas seharian yang melelahkan maka tubuh akan memberikan sinyal untuk Anda agar mengkonsumsi makanan, hal ini wajar.

Saat sore hari, umumnya pekerja akan mengkonsumsi makanan manis, makanan berlemak, minuman energi, kopi atau lainnya, hal ini dilakukan agar tubuh bisa tetap terjaga.

Mengkonsumsi makanan berlemak ataupun makanan manis akan membuat gula darah menjadi meningkat. Demikian juga mengkonsumsi banyak makanan berlemak akan menimbulkan dampak negatif.

Anda dapat meminimalisir nafsu makan berlebihan dengan cara tidur sejenak di siang hari, entah itu dengan durasi 20 menit atau sekitaran itu.

Tidur siang bikin konsentrasi kembali optimal, jiwa bersemangat dan kantuk menghilang, serta dapat mencegah Anda berlebihan dalam mengkonsumsi makanan, terutama makanan yang tinggi lemak dan gula.

Pada studi yang dipublikasikan jurnal SLEEP, menemukan bahwa kurang tidur berakibat pada meningkatnya keinginan untuk konsumsi junk food. Kekurangan waktu tidur selama beberapa jam memberikan dampak berupa meningkatnya berat badan.

10. Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Tidur siang dapat membuat tubuh lebih bugar. Pada studi yang dilakukan oleh pihak dari Stanford University, hasilnya menunjukan bahwa para atlet yang menjalankan rutinitas tidur siang diketahui mengalami peningkatan daya tahan tubuh.

Peneliti juga mengungkapkan para atlet yang kekurangan durasi tidur, ternyata mengalami problematika berupa lambatnya proses pemulihan dari latihan mereka, bahkan mereka cenderung memiliki masalah pada konsentrasi, lebih sulit berpikir jernih, hingga mood yang gampang kacau.

11. Meningkatkan Kreativitas

Mengistirahatkan tubuh dan pikiran telah diketahui berefek amat positif pada level kebugaran tubuh, bahkan dapat menjadikan seorang bisa berpikir lebih kreatif dan menemukan ide-ide cemerlang.

Para ahli menjelaskan mereka yang punya kreativitas dan imajinatif tinggi adalah orang-orang yang memiliki tidur berkualitas.

Riset menunjukan tidur siang dapat membantu seseorang memiliki kreativitas yang tinggi, alhasil berkompeten untuk menelurkan inovasi brilian nantinya.

Otak kanan bekerja untuk menjaga kemampuan kreativitas seseorang. Kondisi otak kanan sangat mempengaruhi kemampuan kreativitas, yang bakal lebih aktif dan optimal ketika punya kebiasaan tidur siang.

Peneliti menjelaskan itu penyebab mengapa seseorang lebih mudah buat menemukan solusi atas suatu problem setelah dirinya menjalankan tidur siang.

12. Keluarga Harmonis

Rutinitas tidur siang ternyata berkaitan dengan keluarga yang harmonis. Entah itu orangtua maupun anak-anak hendaknya menjalankan rutinitas tidur siang.

Seringkali setelah orangtua bekerja berat seharian, maka dapat memicu timbulnya emosi, seringkali yang jadi ‘korban’ adalah anak-anak, karena kesalahan orang tua sendiri yang buruk dalam manajemen emosi jiwa.

Dengan tidur siang maka efektif menghilangkan perasaan ingin marah, dan hubungan orangtua-anak pun bisa harmonis dan berjalan dengan baik.

13. Memperbaiki Hubungan dengan Pasangan

Bila Anda sering berdebat atau hubungan bermasalah dengan pasangan Anda, maka coba cek kebiasaan tidur Anda. Riset dari University of California menunjukan sebuah penemuan unik, yakni dengan satu malam saja kurang tidur dapat mengakibatkan hubungan Anda dan pasangan menjadi buruk.

Akibat kurang tidur, membuat Anda tidak mampu membaca emosi pasangan Anda, sehingga memicu pertikaian.

14. Manfaat Lainnya
  • Tidur singkat (walau cuma 20 menit) cocok dilakukan buat mereka yang bekerja di kantor. Manfaatkan alarm di ponsel guna menghindari tidur kebablasan. Tidur sejenak di kantor akan menjadikan pikiran fresh dan jiwa bersemangat kembali.
  • Tidur siang hingga 90 menit yakni buat mereka yang begadang di malam hari. Kurangnya tidur di waktu malam mengakibatkan seseorang begitu rentan untuk mengalami ketidakstabilan emosional. Jiwa jadi fresh dan emosi terkontrol berkat tidur siang.
  • Bagi mereka yang beraktivitas di depan komputer berjam-jam, maka disarankan agar tidur siang, supaya menjaga kesehatan mata, maupun agar terhindar dari masalah mata yang tak diinginkan.
  • Ini bisa menjadikan seseorang jenius, sebuah tim neuropsychologists Jerman mengungkapkan tidur siang pasca belajar sesuatu, ternyata menjadikan seseorang dapat mengingatnya secara lebih kuat, bahkan sampai lima kali lipat. Tidur siang disebutkan bakal menyeimbangkan bahan kimia di dalam otak.
  • Balita dan anak kecil sangatlah harus rutin menjalankan tidur siang, supaya membantunya memiliki energi guna di masa pertumbuhannya. Orang tua perlu memperhatikan dengan baik jam tidur siang anak, supaya jam tidur malamnya tidak terganggu. 

Tips Tidur Siang yang Baik & Berkualitas


Tidur siang menjadi sesuatu yang ditekankan untuk dilakukan, hanya saja jangan berlebihan durasi tidur siangnya, sebab alih-alih memperoleh keuntungan justru malah memicu masalah yang tidak diharapkan.

Agar tidur siang berkualitas disarankan dengan durasi sekitar 30 menit, adapun jika dalam kondisi begadang atau kurang tidur di malam hari maka tampaknya perlu tidur siang hingga 90 menit.

Upayakan tidur siang tak mendekati sore hari, Anda bisa melakukannya misalnya jam 1 siang atau setelah shalat zuhur.

Di dekat sesi tidur siang, sementara jangan mengkonsumsi kafein dan makanan tinggi lemak karena berisiko menurunkan manfaat tidur siang.

Sebetulnya, boleh-boleh saja memilih mulai tidur siang sebelum ataupun setelah makan siang. Tinggal Anda memilih mana yang paling cocok. Usahakan melakukannya di area minim cahaya.

Jika Anda hanya memiliki sedikit waktu, maka tidur 10 menit pun tidak masalah. Pada tahun 2002, riset menunjukan tidur siang 10 menit mampu mengembalikan stamina penuh kembali sedia kala.

Referensi lainnya:




Baca Juga: