12 Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari

Susah Tidur
Photo credit: Shutterstock.com / By Marcos Mesa Sam Wordley

Susah tidur tampaknya tidak berakibat fatal, tapi nyatanya jika dibiarkan berlarut-larut bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh dan psikis.

Gangguan seperti ini juga tidak boleh diremehkan karena akan mengacaukan kegiatan sehari-hari. Sebenarnya banyak orang yang mengalami gangguan tidur, jadi Anda tidak sendirian.

Manfaat tidur malam yaitu menjadikan tubuh fit dan pikiran fresh di pagi harinya. Gangguan tidur bisa menyebabkan penurunan fokus dan rusaknya suasana hati.

Cara Mengatasi Susah Tidur dan Gelisah


1. Stop Layar Gadget di Malam Hari

Paparan cahaya dari layar smartphone, laptop, tablet dll menyebabkan Anda lebih sulit tidur.  Jika Anda sering melihat layar gadget ketika menjelang waktu tidur, hendaknya Anda perlu menghilangkan perilaku ini.

Sudah banyak riset yang menemukan bahwa paparan cahaya dari layar gadget bisa mengakibatkan masalah tidur. Paparan cahaya tersebut bisa merusak ritme tubuh (di malam hari), salah satunya yaitu menyebabkan tubuh tidak menghasilkan hormon yang berfungsi memunculkan rasa kantuk.


2. Kelola Stres

Terlalu banyak pikiran bisa menyebabkan stres, yang akhirnya muncul masalah insomnia. Sangat penting melakukan manajemen stres sehingga mencegah masalah ini.

Dengan begitu hindari terlalu banyak pikiran. Anda perlu menghilangkan rasa cemas dan mendorong jiwa untuk rileks di malam hari, untuk kemudian mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Hindari memikirkan masalah pekerjaan menjelang waktu tidur. Masa-masa mendekati waktu tidur seharusnya diisi dengan merilekskan tubuh dan pikiran.

Setengah jam sebelum tidur, inilah waktu untuk merilekskan jiwa, kosongkan pikiran dari hal-hal yang bikin mumet. Bisa juga tarik napas dalam-dalam lalu hembuskan secara perlahan.

3. Batasi Tidur Siang

Cara mengatasi sulit tidur di malam hari yaitu jangan terlalu lama tidur siang. Jika Anda terlalu lama tidur di siang hari, sudah pasti tubuh menjadi tidak mengantuk saat malam hari.

Tidur siang memang bagus untuk mengembalikan energi tubuh dan bikin otak fresh kembali sehingga peforma kerja meningkat. Hanya saja, tidur siang hanya diperbolehkan selama 30 menit. Jika Anda tidur siang selama 2 jam, akibatnya saat malam hari jadi susah tidur.

4. Hati-Hati pada Asupan di Malam Hari

Solusi susah tidur yaitu hindari minuman berkafein di malam hari seperti kopi, teh dan lainnya. Utamakan untuk minum air putih saja. Juga hindari konsumsi makanan pedas dan merokok. 

Secara umum hindari asupan berat di malam hari. Mengkonsumsi banyak makanan bisa menimbulkan masalah saat Anda ingin tidur.

5. Aktif di Pagi dan Siang Hari

Cara mengatasi susah tidur secara alami yaitu usahakan Anda memiliki kegiatan padat dari pagi sampai siang hari. Ini sangat membantu untuk membuat tubuh Anda lelah, sehingga nantinya bisa tidur nyenyak saat malam.

Dengan begitu, perbaiki pola hidup untuk menjadi pribadi yang produktif dan lincah. Maka jangan banyak rebahan di pagi dan siang hari.


6. Minimalkan Aktivitas Fisik di Malam Hari

Saat malam hari seharusnya tubuh dan pikiran dibuat serileks mungkin, sehingga nantinya tidur bisa lancar. Jangan melakukan kegiatan berat di malam hari, apalagi melakukan olahraga karena justru bikin sulit tidur.

Kegiatan yang bagus di malam hari seperti membaca buku, menulis diary, mengobrol santai bersama keluarga dan lainnya.

7. Buat Kondisi Ruangan Mendukung

Tips susah tidur yaitu Anda perlu memunculkan kondisi yang mendukung sehingga membantu tidur lebih lancar dan nyenyak.

Misalnya dengan mematikan lampu sehingga Anda tidur dalam keadaan gelap gulita, ini sangat membantu agar otak segera masuk ke mode tidur mendalam. Lalu juga pastikan kamar rapih dan sejuk.

8. Manfaatkan Produk Tertentu yang Membantu

Terapi untuk susah tidur yaitu misalnya manfaatkan aromaterapi. Ada bermacam-macam jenisnya seperti lavender dan lainnya, pilih yang cocok dengan Anda. Manfaat aromaterapi bisa menciptakan perasaan rileks, ini sangat penting saat mendekati waktu tidur.

9. Olahraga Pagi

Cara mengatasi gangguan tidur yaitu cobalah untuk mulai aktif berolahraga. Setidaknya beberapa kali dalam seminggu cobalah melakukan olahraga pagi. Anda bisa melakukan olahraga selama 20 menit saja, tidak usah lama-lama.

Manfaat berolahrga akan memperbaiki suasana hati serta meredakan stres dan depresi. Selain itu juga membuat tubuh lelah, sehingga nantinya berefek pada tidur malam yang lebih nyenyak.


10. Berenang

Cobalah memiliki kegiatan rutin berenang. Berenang menjadi aktivitas untuk membuat tubuh bugar. Anda bisa memanfaatkan waktu kosong untuk berenang, manfaatnya sangat besar untuk kesehatan tubuh dan mental, termasuk membantu tidur bisa pulas.

Riset menemukan bahwa terjadi peningkatan kualitas tidur dan perbaikan suasana hati pada orang-orang yang punya rutinitas berenang.

11. Dapatkan Paparan Sinar Matahari

Cara mengatasi tidak bisa tidur yaitu usahakan agar Anda memperoleh paparan sinar matahari yang cukup dalam setiap harinya. Jadi, jangan malu-malu untuk berjemur badan di pagi hari, kegunaannya akan membantu menghilangkan masalah susah tidur.

Jika Anda tidak sempat untuk mendapatkan sinar pagi, maka Anda bisa menggantinya dengan sinar matahari siang. Selama 15-30 menit saja juga sudah bagus.

Selain membantu tidur nyenyak, manfaatnya juga memperkuat imunitas sehingga Anda enggak mudah jatuh sakit. Tapi ingat, hindari berjemur sampai berjam-jam di bawah sinar matahari.

12. Usahakan Jadwal Tidur Konsisten

Agar tidur lebih lancar, usahakan jadwal tidur sama dalam setiap harinya. Jadwal tidur yang berantakan atau berubah-ubah bisa memicu masalah insomnia.

Jadi, jika Anda terbiasa mulai tidur pada jam 9 malam, maka usahakan konsisten seperti itu setiap hari. Ini menjadikan tubuh Anda punya ritme teratur, dan tubuh memahami kapan seharusnya memunculkan rasa kantuk.




Baca Juga: