10 Cara Ampuh Mengatasi Susah Tidur


Seperti halnya makan, tidur juga kebutuhan terpenting seorang manusia, sehingga susah tidur bisa menjadi masalah sangat besar.

Orang yang susah/kurang tidur akan mengalami gangguan pada aktivitasnya, pagi hari tubuh terasa kurang segar, sulit berkonsentrasi, dan rasa stres pun rentan muncul.

Susah Tidur
Susah Tidur | Photo credit: Shutterstock.com / By Marcos Mesa Sam Wordley

Gangguan tidur akan berdampak sangat buruk dalam jangka panjangnya.

Langsung saja, berikut cara ampuh mengatasi susah tidur:

1. Kurangi Penggunaan Gadget di Malam Hari

Saat memasuki awal malam merupakan waktu persiapan untuk tidur, maka kalau bisa hindari penggunaan gadget dan alat elektronik lainnya.

Hal ini membantu Anda untuk mengurangi masalah kurang tidur, serta membuat tidur malam lebih nyenyak dan berkualitas.

Mengapa perlu membatasi penggunaan smartphone, TV, dll di malam hari? Karena cahaya yang dihasilkan dari alat-alat seperti itu nantinya masuk ke retina mata, hal ini kemudian membingungkan atau mengacaukan kerja otak, dimana otak kesulitan untuk membedakan antara siang dan malam hari.

2. Hindari Makan Berat di Malam hari

Pada malam hari konsumsilah makanan dalam jumlah moderat (sedang), hindari konsumsi makanan dalam porsi besar. Mengambil porsi besar makanan hanya pada siang hari saja.

Tidak disarankan makan nasi pada malam hari, jikapun ingin mengonsumsi nasi maka jangan banyak-banyak.

Makan berat pada malam hari akan bedampak buruk pada pola tidur.

Selain itu, jika Anda tidur pada jam 10 malam, hendaknya makan malam pada jam 8 malam atau sebelum itu.


3. Penuhi Aktivitas Fisik

Sulit tidur di malam hari bisa jadi karena minimnya aktivitas fisik, khususnya olahraga. Tidur nyenyak dapat dengan mudah diperoleh jika tubuh dibuat lelah.

Banyak ahli telah menjelaskan bahwa melakukan olahraga secara rutin memberikan manfaat positif terhadap kualitas dan kenyenyakan tidur

Selain itu melakukan aktivitas fisik juga dapat meredakan stres, rasa cemas dan meningkatkan mood. Dimana beberapa penyebab orang susah tidur karena kondisi stres, cemas dan mood yang buruk.

Hormon serotonin yang diproduksi tubuh meningkat berkat melakukan olahraga. Keberadaan hormon serotonin akan merileks-kan pikiran dan meningkatkan kualitas tidur.

Anda bisa melakukan olahraga seperti berlari, jogging, jalan cepat, bersepeda, berenang, dll.

4. Mandi Air Hangat

Pada dasarnya mandi menjadikan tubuh lebih segar dan bersih, apapun jenis air yang digunakan (air biasa maupun hangat). Terkhusus mandi air hangat bisa membuat pikiran lebih rileks lagi.

Jika tidak merepotkan, anda bisa sesekali mandi air panas/hangat. Mandi air hangat memberikan rasa nyaman dan rileks. Disarankan untuk menambahkan beberapa tetes minyak lavender.

5. Kondisikan Kenyamanan Kamar

Kondisi kamar yang nyaman akan membantu tidur lebih nyenyak. Pastikan ruangan tidur dalam kondisi bersih dan wangi. Ganti secara berkala sarung bantal, sarung guling, sprei dan alas tidur.

Selain itu matikan lampu saat ingin tidur. Hindari terlalu banyak menaruh barang di dalam kamar karena akan membuat sumpek.

loading...

6. Batasi Minuman Kafein

Kopi, soda ataupun teh mengandung kafein sehingga konsumsinya perlu dibatasi. Jika Anda terlalu banyak mnum kopi maka kurangi mulai saat ini.

Zat kafein memiliki efek agar badan tetap terjaga, hal ini membuat Anda akan lebih susah untuk mengantuk.

Efek kafein juga menimbulkan masalah saat Anda terbangun di malam hari, dimana akan sangat sulit untuk bisa tidur kembali.

7. Perbaiki Pola Makan

Pilihlah real food (makanan yang sebenarnya). Hindari makanan yang melalui proses pengolahan seperti digoreng, diberi pengawet, pemanis buatan, pewarna dsb.

Anda bisa mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayur-sayuran segar dan biji-bijian (oatmeal, dll). Hindari makan menjelang waktu tidur, jika terlalu kenyang akan sulit untuk tidur.

8. Renungkan Penyebab Susah Tidur Anda

Setiap orang mempunyai penyebab susah tidur yang bermacam-macam, diantaranya banya pikiran, stres berlebihan, waktu tidur tidak teratur, ritme kegiatan tidak teratur, kurang olahraga, lingkungan tidur kurang nyaman, begadang dan banyak lainnya.

Renungkan hal yang selama ini menjadi masalah, lalu segera lakukan penyelesaiannya, jangan ditunda-tunda.

Misalnya, jika selama ini Anda tidak memiliki patokan waktu tidur, maka mulai sekarang buatlah waktu tidur permanen, hal ini membantu Anda untuk memiliki pola tidur yang teratur.

9. Setting Alarm

Buatlah alarm yang mengingatkan Anda bahwa sebentar lagi waktunya tidur. Hal ini sedikit banyak akan membantu Anda untuk memiliki pola tidur yang teratur.

10. Tips Penting Lainnya
  • Beberapa jam sebelum tidur jangan merokok, karena zat nikotin di dalamnya memicu Anda tetap terjaga sehingga susah tidur. Selain itu minuman alkohol membuat tidur gelisah.
  • Luangkan waktu sebagai transisi untuk tidur, sehingga mendekati waktu tidur maka intensitas aktivitas diturunkan. Ini penting untuk menghilangkan rasa cemas akan pekerjaan, pada saat start tidur kondisi Anda sudah rileks.
  • Selain Anda menghindari rasa terlalu kenyang saat tidur, hindari juga rasa lapar.Kondisikan suhu ruangan kamar yang nyaman. 
  • Perlu diketahui, ada beberapa jenis obat yang membuat Anda sulit tidur di malam hari, yaitu obat diet, obat-obatan darah tinggi (beta-blocker, anabolic steroid, ephedrine). 
  • Jangan beli obat sembarangan, sebaiknya konsultasikan dahulu ke dokter jika Anda memiliki masalah susah tidur (efek samping obat bermacam-macam).

loading...

Tulisan Terkait: