15 Cara Mengatasi Badan Lemas dan Lesu

Tubuh Lemas Lesu
Photo credit: stock.adobe.com

Kondisi tubuh yang lemas tentunya menghambat kelancaran aktivitas harian dan menurunkan produktivitas. Badan lemas ditandai dengan rendahnya level energi, atau bisa dibilang tubuh seperti tidak punya tenaga.

Penyebab badan lemas yaitu bisa karena faktor fisik yang memang sedang menurun maupun karena faktor psikis.

Kondisi fisik yang menurun sudah pasti bakal berefek pada tubuh yang terasa lemas. Demikian juga kondisi psikis, tatkala seseorang sedang mengalami stres, cemas maupun banyak pikiran maka bisa menyebabkan lemas dan lesu.

Tips Mengatasi Badan Lemas dan Lesu


1. Makan

Penyebab paling sering badan lemas yaitu belum makan, jadi jika belum makan maka wajar saja lesu. Anda hanya perlu makan, tapi upayakan memperhatikan asupan yang dikonsumsi yakni pastikan itu asupan yang sehat, bergizi dan seimbang, termasuk konsumsi buah dan sayuran.

2. Stop Banyak Pikiran

Tatkala Anda sedang memiliki problem dan senantiasa memikirkannya sepanjang waktu, ini bisa memicu pusing dan stres. Cara agar badan fit dan tidak mudah lelah yaitu jaga pikiran, jangan sampai Anda terlalu banyak pikiran. Terlalu banyak pikiran berdampak buruk terhadap fisik maupun psikis.

Keadaan psikis yang buruk menyebabkan seseorang gampang lelah dan lesu harian. Kondisi hati, perasaan atau psikologi sangat mempengaruhi level fitness Anda.


3. Air Putih

Cara mengatasi badan lemas dan lesu yaitu dengan minum air putih, Anda bisa minum air putih hangat maupun yang biasa. Misalnya, manfaat minum air putih hangat secara ajaib akan berefek positif terhadap psikologis, juga memberikan segudang khasiat kesehatan.

Minum air putih biasa juga hampir sama manfaatnya, dimana setelah minum air putih biasanya rasa lemas dan lesu hilang, serta jiwa lebih bersemangat.

Adapun kurang minum air putih menyebabkan tubuh lesu, tidak bersemangat dan emosi tak stabil. Tapi sayangnya, banyak orang yang menyepelekan pentingnya minum air putih yang mencukupi.

4. Tidur Gelap Gulita

Cara mengembalikan stamina tubuh yang lemas yaitu perhatikan kualitas tidur malam Anda. Jangan sampai Anda punya kebiasaan tidur larut malam. Kekurangan tidur malam menyebabkan tubuh rentan lesu dan perasaan gampang menjadi campur-aduk.

Selain itu biasakan tidur dalam keadaan gelap gulita, ini benar-benar efektif untuk memulihkan kondisi Anda secara fisik maupun psikis. Dengan membiasakan tidur malam gelap gulita bermanfaat agar tubuh selalu fit dan bersemangat di sepanjang hari.

5. Aktivitas Fisik

Tips mengatasi badan lemas yaitu miliki aktivitas fisik yang memadai dalam setiap harinya. Semakin sering menggerakkan tubuh maka semakin tinggi level energi, itu artinya bakal lebih terhindari dari masalah tubuh lemas dan lunglai.

Jika Anda bekerja di kantor yang mengharuskan duduk di meja kerja seharian, maka perlu menyisihkan waktu setiap hari (setidaknya 15 menit) untuk berolahraga.

Tatkala berolahraga, tubuh memproduksi endorfin yang bertanggung jawab dalam memunculkan perasaan bahagia, memperbaiki mood dan meningkatkan level energi.


6. Hindari Junk Food

Cara agar badan fit dan tidak mudah lelah yaitu hindari (atau batasi) sebisa mungkin konsumsi junk food. Junk food merupakan asupan yang tinggi lemak, kalori, garam maupun gula. Banyak ilmuwan yang membahas mengenai efek konsumsi junk food yang dapat memicu sifat malas.

Sebuah riset yang dikerjakan oleh UCLA menunjukan bahwa sering mengambil asupan tinggi lemak dan tinggi gula dapat mengakibatkan beberapa efek buruk seperti tubuh gampang lemas, semangat menurun dan gangguan fungsi kognitif.

Konsumsi junk food juga menyebabkan masalah kegemukan, depresi dan gangguan perilaku. Peneliti menjelaskan keterkaitan junk food dengan depresi yakni disebabkan junk food menyimpan 'segudang' zat yang menimbulkan efek peradangan, dimana itu secara langsung memicu depresi.

Tatkala seseorang depresi, biasanya akan merasa lemas dan lesu di sepanjang hari, sehingga sangat penting supaya memperbaiki pola makan. Sejumlah riset menemukan bahwa segala asupan yang dikonsumsi bakal berefek pada kesehatan psikis.

7. Batasi Kafein

Kurangi ketergantungan kepada kopi atau jenis minuman lainnya yang tinggi kafein. Kafein memang menjadi cara instan untuk 'mendoping' tubuh supaya bersemangat dan tidak mengantuk.

Terutama saat begadang, kopi sangat dibutuhkan. Tapi hindari ketergantungan pada kopi, sebab terlalu sering minum kopi (atau minuman kafein lainnya) menyebabkan seseorang gampang lemas dan lesu.

Jadi minum kopi dan asupan kafein lainnya boleh-boleh saja, tapi yang sewajarnya saja.

8. Zat Besi

Tips mengatasi badan lemas yaitu perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi. Hal itu karena tatkala tubuh minim asupan zat besi nantinya tubuh menjadi gampang lemas, tak bergairah dan otot tubuh melemah.

Tubuh sangat membutuhkan zat besi dengan kadar mencukupi, itu membuat Anda bertenaga dan bersemangat seharian. Agar tak kekurangan zat besi maka pastikan mengetahui apa saja asupan yang kaya zat besi.

Makanan yang mengandung zat besi tinggi:
  • Daging merah.
  • Kuning telur.
  • Ikan.
  • Hati ayam.
  • Tahu.
  • Sayuran hijau (seperti bayam, kale dan brokoli).
  • Kacang-kacangan (seperti kacang polong dan kacang kedelai).
  • Makanan laut (seafood).


9. Miliki Hobi

Jiwa yang lesu dan lemas tak cuma diakibatkan faktor fisik, dimana faktor psikis memberikan pengaruh sangat besar. Tatkala seseorang merasa bosan dan jenuh maka bisa menyebabkan hilangnya energi tubuh secara drastis.

Dengan demikian, hindari terlalu sering merasa bosan dan jenuh. Anda perlu memiliki hobi yang disenangi.

Ada banyak jenis hobi, Anda bebas memilihnya karena yang penting hobi tersebut memunculkan perasaan gembira. Atau setidaknya lakukan refreshing saat liburan seperti pergi ke pantai, taman hijau, camping, ikut outbond dll.

10. Batasi Medsos

Hindari terlalu banyak bermain medsos. Terlalu lama scroll beranda medsos menyebabkan penurunan kesehatan mental, termasuk menyebabkan jiwa lemas dan lesu.

Jadi hindari scroll beranda medsos hingga berjam-jam karena efeknya bisa sangat buruk. Gantilah dengan aktivitas yang membuat tubuh Anda bergerak.

11. Berat Badan Normal

Cara mengatasi badan lemas dan lesu yaitu miliki berat badan ideal, dengan kata lain hindari resiko kegemukan. Kondisi tubuh yang kegemukan menyebabkan Anda gampang lemas dan lesu.

Jika Anda memiliki indeks BMI yang terlampau tinggi, maka hendaknya berupaya untuk menurunkan berat badan.

12. Istirahat Sejenak di Siang Hari

Badan lemas dan lesu bisa juga diakibatkan oleh kelelahan karena pekerjaan yang padat. Ini ditandai dengan menurunnya konsentrasi, susah berpikir jernih, kehilangan motivasi dan dada terasa sesak.

Jika demikian adanya hendaknya beristirahat sejenak (30 menit) di siang hari. Ini ampuh membuat Anda bersemangat kembali, menjernihkan pikiran, meningkatkan konsentrasi dan tubuh kembali bugar.

Tapi ingat, Anda hanya butuh manfaat tidur siang selama 30 menit saja, adapun tidur siang lebih dari 1 jam justru menimbulkan efek negatif.

13. Hindari Makan Terlalu Banyak

Tubuh memang bisa lemas jika tidak makan. Demikian juga, terlalu banyak makan bisa menyebabkan tubuh lemas. Jadi biasakan untuk memiliki porsi makan yang sewajarnya saja.

14. Kelola Stres

Jika Anda sering mengalami stres maka jangan dibiarkan saja, Anda perlu mengambil tindakan agar jangan sampai sering stres. Stres bakal menguras banyak energi.

Perkara stres jangan diremehkan karena menyebabkan Anda kehilangan energi penting untuk menjalankan kegiatan harian.

Anda perlu menjauhi segala hal yang memicu stres. Untuk mencegah stres, misalnya dengan membiasakan tersenyum (ketimbang cemberut) di kehidupan sehari-hari, tidak memaksakan diri bekerja terlalu keras, mengurangi baca komentar di FB, Youtube, Twitter.

15. Tips Lainnya
  • Hindari minuman beralkohol.
  • Utamakan minum air putih untuk menghilangkan dahaga.
  • Batasi konsumsi minuman kemasan, bersoda, kopi, teh dan semacamnya.
  • Batasi kebiasaan begadang.
  • Jangan ketergantungan pada obat penenang.
  • Biasakan untuk menggerakkan tubuh.
  • Hindari rebahan berjam-jam di siang hari.




Baca Juga:

Tidak ada komentar: