17 Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak Sejak Dini

Orangtua tentu ingin punya anak cerdas, hanya saja seringkali orangtua tidak paham tentang cara mengoptimalkan kecerdasan anak, yang seharusnya sudah dimulai sejak dini.

Anak kecil mengalami perkembangan otak yang sangat pesat, ini adalah masa emas anak yang jangan sampai diabaikan orangtua. Orangtua punya kewajiban untuk membangun kecerdasan anak.

Anak-Anak
Photo credit: stock.adobe.com|contrastwerkstatt

Mengoptimalkan kecerdasan anak seharusnya sudah dimulai sejak anak masih di dalam kandungan, berbagai asupan yang dikonsumsi ibu hamil nantinya bakal sampai kepada cabang bayi.

Sehingga mengambil asupan bergizi tinggi nantinya membuat anak di dalam kandungan tumbuh optimal, termasuk petumbuhan otak atau kecerdasannya. Makanan ibu hamil muda agar anak cerdas seperti ikan, telur ayam, daging tanpa lemak, buah dan sayuran.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak


1. Bangun Keluarga Harmonis

Membangun keluarga harmonis menjadi cara agar anak tumbuh cerdas. Riset menunjukan bahwa anak-anak yang tumbuh di keluarga harmonis memiliki rata-rata tingkat kecerdasan yang lebih baik, daripada anak-anak yang tumbuh di keluarga tidak harmonis.

Berada di keluarga yang harmonis menjadikan anak merasa aman dan nyaman, sehingga anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Kehangatan di keluarga dan rasa cinta antara satu sama lain menjadi tanda keluarga harmonis.


Adapun jika anak berada di keluarga yang tidak harmonis, menyebabkan anak tumbuh dalam perasaan takut dan tidak bahagia, hal ini nantinya menghambat proses tumbuh-kembang anak, termasuk menghambat perkembangan kecerdasan anak.

2. Jangan Sampai Anak Melewatkan Sarapan

Agar kecerdasan anak berkembang optimal maka sarapan pagi akan sangat membantu. Sarapan bukan hanya agar menghasilkan tenaga, melainkan ada segudang manfaatnya, termasuk sarapan dapat meningkatkan prestasi akademik anak.

Biasakan anak sejak dini untuk sarapan, jangan sampai melewatkan sarapan. Riset menemukan bahwa sarapan dapat membuat memori dan fungsi kognitif anak berkembang optimal.

Sarapan membuat anak bisa lebih berkonsentrasi dan berpikir lebih baik. Hanya saja, sarapan harus dengan asupan bergizi. Beberapa makanan yang perlu dihindari saat sarapan:
  • Junk food.
  • Mie instan.
  • Berbagai macam gorengan.
  • Makanan tinggi garam dan semacamnya.

Berikan anak asupan bergizi berupa makanan tinggi protein yang baik bagi perkembangan otak anak seperti daging, ikan, ayam dan telur. Lalu jangan lupa memberikan anak buah dan sayuran.

3. Usahakan Tidur Anak Berkualitas

Tidur yang berkualitas menjadi cara meningkatkan kecerdasan anak. Agar tidur anak berkualitas maka jangan sampai anak tidur larut malam, dan matikan lampu saat tidur. Usahakan anak mau tidur dalam keadaan gelap sehingga tubuh menghasilkan hormon melatonin secara maksimal.

Tidur dalam keadaan gelap akan mengoptimalkan perkembangan otak dan proses regenerasi sel-sel tubuh. Kualitas tidur dapat mempengaruhi kemampuan daya ingat, kecerdasan dan kreativitas.

Berikut manfaat lainnya jika anak tidur dalam kondisi gelap:
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.
  • Menurunkan resiko stres dan depresi.
  • Tidur anak menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.
  • Meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran kalori dalam tubuh.
  • Meningkatkan kesehatan mata anak.
  • Memperbaiki jam biologis tubuh.
  • Menurunkan resiko gangguan tidur.


4. Mengajak Anak Mengobrol

Cara mengasah kecerdasan anak yaitu dengan mengajak anak mengobrol. Setiap perhatian yang diberikan orangtua ternyata dapat meningkatkan kecerdasan anak. Seharusnya anak sudah sering diajak mengobrol sejak baru lahir.

Sekalipun bayi belum mengerti dengan ucapan orangtuanya, tapi riset menunjukan bahwa anak-anak yang sejak bayi sering diajak mengobrol tumbuh lebih cerdas.

Para ahli menjelaskan bahwa frekuensi mengobrol antara orangtua dan anak nantinya mempengaruhi tingkat IQ anak di kemudian hari. Selain itu, banyaknya jumlah kata yang didengar anak sebelum umur tiga tahun, nantinya bakal berpengaruh terhadap prestasi akademis anak di sekolah dasar.

Riset juga menunjukan bahwa anak-anak yang memiliki nilai akamemis tinggi biasanya memiliki orangtua yang suka mengajaknya mengobrol. Untuk para orangtua, ajaklah anak berinteraksi karena akan meningkatkan kecerdasan otaknya.

5. Berikan Anak Makanan Bergizi

Cara mengoptimalkan kecerdasan anak pastinya yaitu berikan dia asupan bergizi tinggi. Beberapa asupan bergizi yang bermanfaat untuk otak anak yaitu ayam, telur, daging, ikan laut, yogurt, sayuran hijau dan buah.

Minimalisir sebisa mungkin anak jajan sembarangan di pinggir jalan, jangan sampai anak mengonsumsi camilan tidak sehat. Beberapa makanan yang perlu dihindari anak yaitu gorengan, ciki (snack ringan), mie instan, makanan tinggi gula, jajanan mengandung banyak pewarna, junk food dan semacamnya.

6. Jauhkan Anak dari Polusi Udara

Cara agar anak cerdas maka jauhkan anak dari polusi udara. Bahaya polusi udara mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan, khususnya pada anak kecil yang sedang dalam masa proses tumbuh-kembang.

Usahakan agar anak tidak menghirup udara kotor seperti asap rokok, asap knalpot, asap hasil pembakaran pabrik dan lain-lain. Polusi udara bisa membahayakan paru-paru dan menyebabkan gangguan pernapasan.

Bahkan riset menunjukan bahwa dampak buruk sering terkena polusi udara dapat menyebabkan masalah kesehatan mental pada anak, termasuk peningkatan resiko mengalami gangguan bipolar, autisme, depresi, gangguan kecemasan dan lainnya.

Penyebaran polusi bisa mengganggu tumbuh-kembang otak dan sistem saraf anak. Polusi udara menyebabkan stres oksidatif di otak yang memicu penyakit neurodegeneratif.

Polusi udara juga menyebabkan kerusakan white matter pada otak. Pada white matter otak terdapat serabut saraf yang memiliki fungsi penghubung antar sel-sel di saraf (guna mengirimkan informasi).

Dampak anak menghirup polusi udara akan melemahkan kognitifnya, IQ anak menurun, hingga ketajaman daya ingatnya melemah. Orangtua harus menyadari hal ini, jangan sampai anak sering terkena polusi yang akan menurunkan kecerdasan dan fungsi kognitifnya.


7. Ajak Anak Menggambar

Cara meningkatkan kecerdasan anak yaitu sejak dini ajaklah anak dengan kegiatan seperti mewarnai, menggambar dan melukis. Kegiatan seperti ini memberikan efek untuk memacu daya pikir, kreativitas dan kecerdasan anak. Selain itu kegiatan ini akan melatih kedua tangan anak dan fungsi sensoriknya.

8. Aktivitas Fisik

Aktivitas olahraga menjadi cara mengoptimalkan kecerdasan anak. Lakukan olahraga atau kegiatan yang banyak melibatkan fisik. Rutinitas olahraga dapat mempengaruhi perkembangan otak anak.

Pada sebuah penelitian, peneliti menjelaskan bahwa aktivias fisik secara rutin dapat meningkatkan prestasi akademik, dimana kegiatan berolahraga menjadikan fungsi otak semakin berkembang pesat.

Hasil penelitian menemukan bahwa adanya keterkaitan antara aktivitas fisik dengan peningkatan peforma belajar. Peneliti mengatakan bahwa aktivitas fisik dapat memaksimalkan aliran darah ke otak, yang dengan begitu pasokan oksigen ke otak berjalan dengan maksimal.

Pada riset lainnya menemukan bahwa aktivitas fisik akan membantu untuk membentuk saraf-saraf baru dengan lebih baik, yang efeknya meningkatkan fungsi otak. Dengan begitu, ajaklah anak berolahraga, tapi ini bukan berarti meminta anak berolahraga secara berlebihan.

9. Kenalkan Anak dengan Buku

Cara agar anak cerdas maka kenalkan anak sejak dini dengan buku dan kegiatan membaca. Ajarkan anak membaca dan jadikan anak mencintai buku. Aktivitas membaca akan membuat otak anak berkembang pesat. Selain itu orangtua juga bisa membacakan cerita untuk anak.

10. Rumah yang Rapi

Kondisi rumah yang rapi dapat membantu anak untuk tumbuh lebih cerdas. Jangan sampai di dalam rumah terdapat barang-barang yang berserakan dan tidak beraturan karena akan membuat pikiran jadi sumpek. Adapun keadaan rumah yang kondusif dan rapi akan membantu anak untuk berpikir dan berkonsentrasi lebih baik.

11. Kurangi Waktu Anak Main Gadget

Agar anak tumbuh cerdas maka batasi waktu main gadget dan nonton TV. Terlalu lama main gadget dan nonton TV membuat otak anak tumpul. Anak-anak yang sudah kecanduan gagdet biasanya mengalami gangguan perilaku dan penurunan IQ.


12. Rangsang Pikiran Anak

Cara meningkatkan kecerdasan anak yaitu dengan merangsang daya pikirnya, ajukan pertanyaan yang dapat memacu daya pikir, ide dan kreativitas anak. Misalnya sering-sering bertanya pada si Kecil dengan pertanyaan seperti:
“Apa pendapatmu?“
“Bagian mana yang paling kamu suka?“
“Kenapa begitu?“
Dan lainnya.

13. Jangan Sampai Anak Tidur Larut Malam

Kebiasaan begadang akan menghambat perkembangan kecerdasan anak. Anak harus mendapatkan tidur malam yang cukup, jangan sampai anak tidur larut malam.

Jika anak sering tidur larut malam akan berdampak buruk pada tumbuh kembangnya, termasuk melambatnya perkembangan otak anak, penurunan daya ingat, konsentrasi dan lainnya.

14. Dorong Anak untuk Makan Buah dan Sayur-Sayuran

Makanan agar anak cerdas yaitu buah dan sayur-sayuran, selain juga asupan tinggi protein. Pada sebuah riset menunjukan anak-anak yang sering makan buah dan sayur-sayuran mendapatkan skor IQ yang tinggi daripada anak-anak yang jarang makan buah dan sayur-sayuran.

15. Usahakan Anak Tinggal di Lingkungan Tidak Bising

Agar anak cerdas maka usahakan tempat tinggal cukup kondusif, hindari lingkungan yang bising. Riset menunjukan anak-anak yang tinggal di lingkungan yang bising mendapatkan nilai tes IQ dan memori yang lebih sedikit.

16. Permainan Edukatif

Jangan sampai anak seharian hanya main gadget dan nonton TV saja, cobalah tampakan kepada anak kegiatan atau permainan yang bersifat edukatif, dimana dibutuhkan kreativitas, strategi dan seni berpikir. Permainan edukatif bisa memperkuat jaringan dan hubungan saraf baru di otak anak.

Secara umum permainan tradisional memiliki nilai edukatif. Anda juga bisa mengajak anak bermain menyusun lego, bermain puzzle, monopoli, outbond dan lainnya. Bahkan sekedar mengisi TTS (teka-teki silang) bermanfaat untuk perkembangan otak anak.

17. Jangan Sampai Anak Stres

Jika anak sering stres maka dapat mengambat perkembangan kecerdasannya. Cara agar anak cerdas maka jangan sampai dia stres, usahakan anak menjalani hari-harinya dalam perasaan aman dan nyaman.

Pada riset yang melibatkan anak-anak usia SD, diketahui bahwa anak-anak yang sering mengalami stres mendapatkan skor yang cenderung rendah dalam tes IQ, memori dan konsentrasi.

Peran orangtua sangat penting dalam pendampingan dan menjaga psikologi anak, pastikan anak tumbuh dan berkembang dengan perasaan bahagia.




Baca Juga: