Cara Efektif Agar Anak Hobi Membaca


Agar seseorang rajin membaca buku, maka caranya harus dilatih sejak masih anak-anak.

Disinilah peran penting orang tua untuk mengenalkan anak pada buku. Orang tua harus mulai membuat cara untuk memotivasi anak agar mau memegang buku dan melihat isinya.

Anak Membaca Buku
Anak Membaca Buku | Photo credit: Gettyimages.com

Misalnya saat anak berumur baru tiga tahun, maka orang tua bisa memberikan buku gambar dan mewarnai. Adapun jika anak sudah agak besar maka bisa diberikan buku cerita.

Hal ini sedikit banyak akan membuat anak terbiasa memegang buku, dan juga menumbuhkan rasa cinta pada buku.

Anak adalah peniru ulung, sehingga jika anak dari kecil sudah sering melihat orang tuanya membaca buku, maka anak akan cenderung suka pada buku.

Selain itu, orang tua bisa sesekali meminta anak untuk membuka bukunya.

Perintahkan anak untuk membuka bukunya tapi jangan terlalu sering karena dikhawatirkan membuat anak bosan (sehingga anak trauma pada buku dan malah membenci buku).

Yang Namanya Anak, Tentu Cenderung Lebih Suka Bermain

Umumnya anak kecil pasti akan memilih aktivitas yang menyenangkan (misalnya berlari-lari) daripada duduk memegang buku.

Oleh karena itu, disinilah peran dan usaha orang tua untuk memunculkan suasana yang menyenangkan saat anak membaca buku.

Agar menyenangkan, Anda bisa bersama-sama membaca buku dengan anak Anda. Hal ini sangat bagus sebagai strategi jitu agar anak semangat membaca buku.


Anda perlu secara rutin membaca buku bersama anak, setidaknya kegiatan membaca bersama ini dilakukan selama 15 menit dalam setiap harinya.

Anda harus meluangkan waktu untuk itu. Cari waktu membaca bersama saat kondisi suasana hati anak sedang bagus.

Setelah membaca bersama selesai, maka Anda bisa memberikan kesan-kesan dan pendapat dari isi buku yang dibaca. Tanyakan juga anak mengenai pendapatnya.

Jika membaca buku cerita, maka pilih yang isinya mudah dipahami anak, menarik dan juga dirasa lucu bagi anak.

Anda bisa menanyakan apa tema buku kesukaaan yang diingini anak. Selain itu, gunakan buku cerita yang ada gambarnya sehingga lebih menarik bagi anak.

Dengan adanya gambar maka anak bisa lebih mudah paham, dan anak akan menikmati cerita. Adapun buku cerita tanpa gambar akan membuat anak tersiksa.

Dorong Anak Bercerita Tentang Apa Saja Yang Didengar dan Dibacanya

Cara agar Anak termotivasi untuk bercerita dari apa yang dibacanya yaitu dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan sederhana.

Atau bisa juga orang tua dan anak bergantian bercerita. Pertama orang tua dahulu bercerita, setelah itu anak yang bercerita.

Jangan memberikan komentar negatif saat anak bercerita karena akan menurunkan kepercayaan dirinya.

Jika anak sudah terbiasa suka bercerita, maka anak akan lebih termotivasi untuk membaca buku. Anak suka bercerita tentang buku-buku yang dibacanya.

Pastikan orang tua dan anak sering berkomunikasi, hal ini berguna untuk anak. Dalam setiap komunikasi yang dilakukan, anak akan memperoleh kosa kata baru.

Dengan lebih banyak mengetahui kosa kata maka anak akan lebih mudah untuk memahami buku yang dia baca.

loading...

Berikut tips-tips lainnya yang penting diketahui:
  • Jika ingin anak suka membaca maka jadilah teladan yang baik. Orang tua juga harus memiliki kebiasaan membaca sehingga anak akan cenderung mencontoh orang tuanya.
  • Belikan anak buku cerita yang kata-katanya sederhana. Hindari buku cerita yang isi kalimatnya panjang, yang membuat anak sulit mengerti.
  • Membaca merupakan aktivitas menyenangkan. Sehingga hindari memaksa anak untuk membaca (terutama saat anak sedang lelah ataupun bad mood).
  • Jangan lupa memberikan anak reward ataupun pujian jika anak telah berusaha membaca.
  • Biarkan saja ketika anak membaca buku yang sama setiap saat. Dimana anak umumnya sangat menikmati kegiatan pengulangan, dan mungkin juga anak ingin lebih memahami cerita.
  • Beri tahu anak tentang manfaat membaca, Anda bisa memberitahu saat waktu senggang atau santai.
  • Ajak anak ke toko buku dan perpustakaan. Buatlah anak nyaman dengan kedua tempat itu. Caranya yaitu dengan rutin mengunjunginya sehingga anak terbiasa dan tidak asing pada kedua tempat itu.
  • Jika anak Anda masih sekitar umur lima tahun, maka pastikan untuk diajak ke spot permainan anak di toko buku (sebagian tempat menyediakan fasilitas menggambar/mewarnai). Hal ini akan memberikan kesan pada anak bahwa toko buku adalah tempat yang menyenangkan.
  • Jika diadakan event pameran buku, jangan lupa mengajak anak.
  • Belikan buku yang menarik minat anak. Orang tua dituntut untuk peka dan mencaritahu minat anak.
  • Orang tua perlu menyiapkan budget khusus untuk membeli buku anak. Dimana harga buku anak agak mahal. Buku anak biasanya full colour, full gambar dan hard cover. Siapkan anggaran jauh-jauh hari.
  • Buatlah perpustakaan keluarga walaupun dalam ukuran mini. Letakan koleksi buku anak dalam lemari khusus. Lemari jangan terlalu tinggi, dan sediakan karpet di lantai agar anak nyaman membaca.
  • Usahakan untuk menghindarkan penghambat seperti televisi, gadget dan playstation.
  • Beri anak hadiah agar semakin semangat membaca.
  • Usahakan untuk menjadikan kegiatan membaca sebagai kebiasaan anggota keluarga.
  • Jika orang tua membacakan buku cerita pada anak, maka dramatisi buku yang dibaca. Ubah cara baca saat anak terlihat bosan, buatlah improvisasi seperti gerakan-gerakan tubuh, intonasi suara naik-turun, mimik muka, dll agar anak tertarik.
  • Bacakan buku cerita sejak anak masih bayi. Hal ini cukup menarik dilakukan.
  • Usahakan untuk mengunjungi toko buku yang menyediakan tempat khusus buku-buku anak.
  • Beli lah buku yang memiliki gambar menarik karena anak-anak suka dengan hal-hal yang berwarna. Saat anak tertarik dengan gambarnya akan menimbulkan rasa penasaran untuk membacanya.
  • Anda bisa memberikan buku sesuai minat anak. Jika anak suka olahraga maka berikan buku mengenai olahraga, demikian seterusnya.

Tentunya orang tua ingin mempunyai anak yang gemar membaca, apalagi jika anak sendiri yang meminta untuk dibelikan buku bacaan. Orang tua hendaknya mulai mengenalkan buku pada anak sejak usia dini.

loading...

Tulisan Terkait: