Cara Efektif Agar Anak Hobi Membaca

Anak Membaca Buku
Anak Membaca Buku | Photo credit: Gettyimages.com

Agar seseorang rajin membaca buku, maka caranya harus dilatih semenjak dini. Disinilah peran vital Anda buat mengenalkan anak pada buku.

Anda perlu mulai membuat cara untuk mendorong anak supaya mau memegang buku dan melihat isinya.

Misalnya saat anak berumur baru tiga tahun, upaya yang bisa dilakukan yaitu membelikan buku gambar dan mewarnai. Namun, apabila anak telah agak besar maka bisa diberikan buku cerita.

Hal ini sedikit banyak merangsang dia supaya terbiasa memegang buku, dan juga menumbuhkan rasa cinta pada buku.

Anak merupakan peniru ulung, maka apabila dari kecil sudah sering mendapati orangtuanya membaca buku, nantinya anak bakal condong untuk suka pada buku.

Selain itu, Anda dapat sesekali meminta anak agar membuka bukunya. Perintahkan dia membuka bukunya tapi jangan terlalu sering, sebab dikhawatirkan bisa bikin anak bosan (akibatnya anak trauma pada buku dan malah membenci buku).

Cara Agar Anak Hobi Membaca


Umumnya anak kecil pasti akan memilih aktivitas yang menyenangkan (misalnya berlari-lari) daripada duduk memegang buku.

Oleh karena itu, disinilah peran serta usaha orangtua buat memunculkan atsmosfer yang menyenangkan ketika anak membaca buku.

Agar menyenangkan, Anda bisa bersama-sama membaca buku dengan anak Anda. Pastinya ini sangat disarankan dan bagus sebagai strategi jitu agar anak semangat membaca buku.


Anda perlu secara rutin membaca buku bersama anak, setidaknya kegiatan membaca bersama ini dilakukan selama 15 menit dalam setiap harinya.

Anda harus meluangkan waktu untuk itu. Cari waktu membaca bersama saat kondisi suasana hati anak sedang bagus.

Setelah membaca bersama selesai, maka Anda bisa memberikan kesan-kesan dan pendapat dari isi buku yang dibaca. Tanyakan juga anak mengenai pendapatnya.

Jika membaca buku cerita, maka pilih yang isinya gampang dipahami anak, menarik serta dirasa lucu oleh anak. Anda dapat menanyakan apa tema buku kesukaaan yang diingini anak.

Lebih lanjut, gunakan buku cerita yang ada gambarnya sehingga sangat menarik buat anak. Adanya gambar maka anak menjadi gampang paham, serta dia bakal menikmati cerita. Adapun buku cerita tanpa gambar bisa bikin anak tersiksa.

Dorong Anak Bercerita Tentang Apa Saja Yang Didengar dan Dibacanya

Cara supaya dia termotivasi untuk bercerita dari apa yang dibacanya, yakni hendaknya memberikan pertanyaan-pertanyaan sederhana. Metode lainnya yakni orangtua dan anak bergantian bercerita. 

Pertama orangtua dahulu bercerita, setelah itu anak yang bercerita. Hindari memberikan komentar negatif saat anak bercerita, sebab bakal menurunkan kepercayaan dirinya.

Jika anak sudah terbiasa suka bercerita, menjadikan dia bakal sangat termotivasi buat membaca buku. Anak menjadi hobi bercerita mengenai buku-buku yang dibacanya.

Pastikan orangtua dan anak sering berkomunikasi. Pada setiap komunikasi yang terjadi, anak nantinya mendapatkan kosa kata baru. Dengan lebih banyak mengetahui kosa kata, menjadikan anak gampang buat memahami buku yang dia baca.


Hal lain yang penting diketahui, berikut tips agar anak hobi membaca:
  1. Supaya anak suka membaca maka jadilah teladan positif, orangtua perlu memiliki kebiasaan membaca. Dimana anak bakal mencontoh orangtuanya.
  2. Belikan anak buku cerita yang kata-katanya sederhana. Hindari buku cerita yang isi kalimatnya panjang, yang membuat anak sulit mengerti.
  3. Membaca merupakan aktivitas menyenangkan. Sehingga hindari memaksa anak untuk membaca (terutama saat anak sedang lelah ataupun bad mood).
  4. Jangan lupa memberikan anak reward ataupun pujian jika anak telah berusaha membaca.
  5. Biarkan saja ketika anak membaca buku yang sama setiap saat. Dimana anak umumnya sangat menikmati kegiatan pengulangan, dan mungkin juga anak ingin lebih memahami cerita.
  6. Beri tahu anak tentang manfaat membaca, Anda bisa memberitahu saat waktu senggang atau santai.
  7. Ajak anak ke toko buku dan perpustakaan. Buatlah anak nyaman dengan kedua tempat itu. Caranya yaitu dengan rutin mengunjunginya sehingga anak terbiasa dan tidak asing pada kedua tempat itu.
  8. Jika anak Anda masih sekitar umur lima tahun, maka pastikan untuk diajak ke spot permainan anak di toko buku (sebagian tempat menyediakan fasilitas menggambar/mewarnai). Nantinya bakal menimbulkan kesan toko buku sebagai tempat menyenangkan.
  9. Apabila diadakan event pameran buku, jangan lupa mengajak anak.
  10. Belikan buku yang menarik minat anak. Orangtua dituntut agar peka dan mencari tahu minat anak.
  11. Orangtua hendaknya menyiapkan budget khusus untuk membeli buku anak. Dimana harga buku anak agak mahal. Buku anak biasanya full colour, full gambar dan hard cover. Siapkan anggaran jauh-jauh hari.
  12. Buatlah perpustakaan keluarga walaupun dalam ukuran mini. Letakan koleksi buku anak dalam lemari khusus. Lemari jangan terlalu tinggi, dan sediakan karpet di lantai agar anak nyaman membaca.
  13. Usahakan untuk menghindarkan penghambat seperti televisi, gadget dan playstation.
  14. Beri anak hadiah agar semakin semangat membaca.
  15. Usahakan untuk menjadikan kegiatan membaca sebagai kebiasaan anggota keluarga.
  16. Jika orang tua membacakan buku cerita pada anak, maka dramatisi buku yang dibaca. Ubah cara baca saat anak terlihat bosan, buatlah improvisasi seperti gerakan-gerakan tubuh, intonasi suara naik-turun, mimik muka, dll agar anak tertarik.
  17. Bacakan buku cerita sejak anak masih bayi. Hal ini cukup menarik dilakukan.
  18. Usahakan untuk mengunjungi toko buku yang menyediakan tempat khusus buku-buku anak.
  19. Belilah buku yang memiliki gambar menarik, sebab anak biasanya gembira pada sesuatu yang berwarna. Saat anak tertarik dengan gambarnya, nantinya menimbulkan dorongan agar membuka dan membacanya.
  20. Anda dapat membelikan buku sesuai minat anak. Apabila dia suka olahraga maka berikan buku mengenai olahraga, demikian seterusnya.

Pastinya Anda ingin mempunyai anak yang gemar membaca, apalagi bila anak sendiri yang meminta buat dibelikan buku bacaan. Anda seharusnya mulai mengenalkan buku pada anak semenjak kecil.




Baca Juga: