8 Tips Menyiapkan Hari Pertama Anak Sekolah

Anak SD
Photo credit: Sianakdesa.wordpress.com

Saat hari pertama masuk sekolah, itu berarti anak bakal mendapati situasi baru yang asing baginya, dia juga bakal mendapati banyak teman di kelasnya. Tidak jarang momen hari pertama masuk sekolah ini justru menimbulkan rasa cemas dalam hati anak.

Disamping itu, anak bakal melihat banyak hal yang membuatnya terkejut dan takjub, yang pastinya dia bakal berusaha untuk memulai menyesuaikan diri pada situasi barunya.

Disinilah peran penting Anda agar melancarkan proses adaptasi anak. Banyak anak menangis saat awal-awal di lingkungan sekolahnya, bahkan ada yang tidak mau berangkat ke sekolah.

Tips Mempersiapkan Hari Pertama Anak Sekolah


1. Libatkan Anak dalam Menyiapkan Keperluan Sekolah

Agar bisa berangkat dengan tenang pada hari-H, hendaknya orangtua mempersiapkan keperluan sekolah anak beberapa hari sebelumnya. Ajak dia bantu-bantu menyiapkan keperluan yang dibawa pada hari pertama sekolah.

Bersama-sama orang tua dan anak memasukkan alat-alat/barang keperluan sekolah ke tas. Hal ini dapat membantu anak lebih siap dan bersemangat ke sekolah.


2. Terangkan pada Anak Tentang Sekolah

Orang tua hendaknya menjelaskan apa itu sekolah dan juga manfaat bersekolah, sehingga anak sedikit-banyak memiliki gambaran tentang sekolah.

Beri tahu kepada anak tentang apa saja yang ada dan terjadi di sekolah. Jelaskan juga tentang peraturan yang ada sekolah.

Sampaikan kepada anak tentang jadwal hariannya di sekolah. Beberapa hal yang perlu dikatakan pada anak, yaitu:
  • “Nanti saat masuk kelas letakkan tas di bangku yang menjadi tempat kamu”
  • “Setelah menaruh tas, Kamu bisa bermain sementara hingga guru datang”
  • “Jika guru menyuruh masuk ke kelas, kamu harus nurut ya...”
  • “Saat di kelas kamu harus memperhatikan perkataan guru”
  • “Jika guru menyuruh diam jangan berisik pada murid-murid di kelas, kamu harus diam dan patuh pada guru”
  • Beritahukan hal-hal lainnya yang dirasa penting.

Umumnya anak bakal merasa cemas saat awal-awal bersekolah. Jelaskan pada anak: "Guru di kelas sangat baik dan sayang pada kamu."

Beritahukan pula: "Guru membantu segala permasalahan". Yakinkan anak untuk berani meminta bantuan pada guru.

3. Kurangi Kegiatan Sehari Sebelum Sekolah

Hari pertama anak sekolah adalah momen yang sangat penting, sehingga harus dijaga dengan baik.

Hendaknya menjelang hari pertama sekolah, jangan melakukan banyak kegiatan, kurangi kegiatan padat agar anak bisa optimal untuk menyambut momen penting di hari esok.

Habiskan saja akhir pekan bersama keluarga di rumah. Intinya anak cukup untuk beristirahat dan jangan sampai terlalu lelah.

4. Bangun Lebih Pagi

Agar momen penting ini tidak kacau maka persiapkan baik-baik. Hal yang hendaknya dilakukan adalah bangun pagi untuk memastikan segalanya telah disiapkan dengan baik.

Bangun lebih pagi bikin orangtua dapat lebih siap agar “menyukseskan” perkenalan anak pada sekolahnya.

Sebelum berangkat pastikan orangtua dan anak melakukan sarapan bersama (sambil bercakap-cakap dan bercengkrama) sehingga anak bisa lebih tenang untuk pergi ke sekolah.


5. Hindari Marahi Anak

Sudah pasti hal ini bakal menghancurkan suasana hati anak. Orangtua jangan sampai memarahi anak, apalagi saat dia menangis di momen awal sekolahnya. Apabila anak tampak bad mood, cemberut atau pengennya nempel terus pada Anda, maka tetap tenang dan hindari menghardiknya.

Yang perlu dilakukan orang tua adalah menjelaskan pada anak hal positif atau bagus mengenai sekolah, misalnya menanamkan dalam pikiran anak bahwa di sekolah terdapat banyak kegembiraan dan hal-hal seru.

Intinya, perbaiki cara pandang anak mengenai sekolah ke hal yang positif. Selalu ingat, saat anak terlihat khawatir maka orangtua harus bikin anak nyaman, bukannya memarahinya.

6. Pastikan Mengantar Anak

Usahakan ayah dan ibu mengantarkan anak ke sekolah, hal ini akan sangat berkesan untuknya. Anak akan melihat orang tuanya turut antusias mengantarkan dirinya ke sekolah, bikin anak merasa disayang oleh orangtuanya

Juga, dengan diantarkan ayah dan ibu maka anak dapat lebih tenang di hari pertama sekolahnya. Menyesuaikan diri dengan situasi baru bukanlah sesuatu yang gampang dan tak sesederhana yang dipikirkan, dimana anak sangat memerlukan support orangtuanya.

7. Jika Ada Waktu, Ajak Anak Berkeliling Sekolah

Supaya anak lebih akrab pada suasana barunya ini, maka kalau memungkinkan ajak anak berkeliling sekolah. Hal ini dapat dilakukan sebelum bel masuk berbunyi.

Dengan mengajak berkeliling maka akan membantu anak untuk beradaptasi dengan baik. Setelah jam pulang, Anda juga dapat membebaskan anak bermain di sekolah (jika dia belum mau pulang). Mungkin anak masih penasaran dengan lingkungan barunya ini.

Setelah pulang sekolah, disarankan supaya mengajak anak bercerita tentang kesan-kesannya di hari pertama sekolah.


8. Tips Lainnya Mempersiapkan Hari Pertama Anak Sekolah
  • Lakukan kunjungan sebelum sekolah, dimana beberapa sekolah ada yang membuka diri untuk kunjungan tamu/keluarga sebelum dimulainya tahun ajaran baru. Anda bisa bersama anak pergi dan melihat-lihat sekolah, termasuk melihat kelas yang akan menjadi tempat anak belajar.
  • Jangan lupa menanyakan kesiapan anak dalam mempersiapkan hari pertama sekolah. Tanyakan apakah ada yang ditakutkan atau dikhawatirkan anak. Lalu atasi masalah dan kecemasan yang dialami anak tersebut.
  • Jelaskan pentingnya sekolah, bahwa agar memiliki masa depan cerah dll. 
  • Berikan motivasi serta tumbuhkan keberanian anak buat berkenalan orang baru.
  • Tanyakan keseruan yang dialami anak saat di sekolah. Ajak anak mengobrol sekembalinya anak ke rumah (setelah pulang sekolah). 
  • Pertama-tama Anda bisa bertanya pada anak tentang keseruan di sekolah. Setelah itu barulah membahas masalah-masalah yang mungkin tadi dialami di sekolah. Hal ini penting supaya orangtua mampu memahami kondisi anak secara tepat, sehingga support yang dilakukan orangtua bisa lebih akurat dan tepat.
  • Setahun menjelang anak mulai sekolah, adakan kegiatan bermain sekolah-sekolahan di rumah. Beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu menulis, berhitung, menggambar, akting menjadi guru, berpakaian seragam, menggunakan sepatu, dll. Simulasi ini membuat anak merasa percaya diri saat hari pertama sekolahnya.

Waspada Upload Foto Hari Pertama Anak Sekolah

Hari pertama anak sekolah adalah momen spesial, tapi pakar anak menyampaikan himbauan supaya waspada jika ingin mengupload foto anak.

Umumnya orangtua bakal tergoda menyebarluaskan foto anak di momen spesial tersebut ke internet. Tapi perlu diketahui, terdapat bahaya yang mengintai disebabkan foto-foto yang dibagikan ke internet tersebut.

Kemendikbud memberikan tips aman mengupload foto anak ke internet, yakni:
  • Matikan fitur tag lokasi pada foto anak yang diupload ke internet. Jika fitur 'TAG' itu dihidupkan, menyebabkan orang-orang tau tentang dimana dan kapan foto tersebut diambil.
  • Hindari menyebutkan data diri anak di internet, seperti nama lengkap, lokasi sekolah, no ponsel, tanggal lahir dll).




Baca Juga: