14 Tips Menyiapkan Hari Pertama Anak Sekolah


Saat hari pertama masuk sekolah, anak akan menemui lingkungan baru dan juga banyak teman di kelasnya.

Sehingga tidak jarang momen hari pertama masuk sekolah ini justru menimbulkan rasa cemas pada diri anak.

Ilustrasi Anak Kelas 1 SD
Ilustrasi Anak Kelas 1 SD | Photo credit: Sianakdesa.wordpress.com

Disamping itu, anak akan melihat banyak hal yang membuatnya terkejut dan takjub. Anak akan memulai menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.

Disinilah peran penting orang tua untuk membantu proses adaptasi anak. Banyak anak menangis di hari pertama sekolahnya, bahkan ada yang tidak mau berangkat ke sekolah.

Nah, berikut tips untuk para orang tua dalam mempersiapkan hari pertama anak sekolah:

1. Libatkan Anak dalam Menyiapkan Keperluan Sekolah

Agar bisa berangkat dengan tenang pada hari-H, hendaknya orang tua mempersiapkan keperluan sekolah anak beberapa hari sebelumnya.

Ajak anak untuk bantu-bantu menyiapkan keperluan yang dibawa pada hari pertama sekolah.

Bersama-sama orang tua dan anak memasukkan alat-alat/barang keperluan sekolah ke tas. Hal ini bisa membantu anak lebih siap dan bersemangat ke sekolah.


2. Terangkan pada Anak Tentang Sekolah

Orang tua hendaknya menjelaskan apa itu sekolah dan juga manfaat bersekolah, sehingga anak sedikit-banyak memiliki gambaran tentang sekolah.

Beri tahu kepada anak tentang apa saja yang ada dan terjadi di sekolah. Jelaskan juga tentang peraturan yang ada sekolah.

Sampaikan kepada anak tentang jadwal hariannya di sekolah. Beberapa hal yang perlu dikatakan pada anak, yaitu:
  • “Nanti saat masuk kelas letakan tas di bangku yang menjadi tempat kamu”
  • “Setelah menaruh tas, Kamu bisa bermain sementara hingga guru datang”
  • “Jika guru memintamu masuk ke kelas, kamu harus nurut ya...”
  • “Saat di kelas kamu harus memperhatikan perkataan guru”
  • “Jika guru menyuruh diam jangan berisik pada murid-murid di kelas, kamu harus diam dan patuh pada guru”
  • Beritahukan hal-hal lainnya yang dirasa penting.

Umumnya anak akan merasa cemas saat awal-awal bersekolah. Jelaskan pada anak bahwa guru di kelas sangat baik dan sayang pada kamu.

Beritahukan juga pada anak bahwa guru akan membantu segala permasalahanmu. Yakinkan anak untuk berani meminta bantuan pada guru.

3. Kurangi Kegiatan Sehari Sebelum Sekolah

Hari pertama anak sekolah adalah momen yang sangat penting, sehingga harus dijaga dengan baik.

Hendaknya menjelang hari pertama sekolah, jangan melakukan banyak kegiatan, kurangi kegiatan padat agar anak bisa optimal untuk menyambut momen penting di hari esok.

Habiskan saja akhir pekan bersama keluarga di rumah. Intinya anak cukup untuk beristirahat dan jangan sampai terlalu lelah.

4. Bangun Lebih Pagi

Agar momen penting ini tidak kacau maka persiapkan baik-baik. Hal yang hendaknya dilakukan adalah bangun pagi untuk memastikan segalanya telah disiapkan dengan baik.

Bangun lebih pagi membuat orang tua bisa lebih siap untuk “menyukseskan” perkenalan anak pada sekolahnya.

Sebelum berangkat pastikan orang tua dan anak melakukan sarapan bersama (sambil bercakap-cakap dan bercengkrama) sehingga anak bisa lebih tenang untuk pergi ke sekolah.

loading...

5. Jangan Marahi Anak Jika Menangis

Orang tua jangan sampai memarahi anak jika menangis di hari pertama sekolahnya. Jika anak menangis dan tidak mau lepas dari Anda maka jangan panik, apalagi sampai memarahinya.

Yang perlu dilakukan orang tua adalah menjelaskan pada anak bahwa dirinya akan bersenang-senang di hari pertamanya sekolah.

Saat terlihat rasa cemas dan khawatir pada diri anak maka orang tua harus membuat anak tenang dan nyaman, bukannya memarahinya.

6. Pastikan Orang Tua Mengantar Anak ke Sekolah

Usahakan ayah dan ibu mengantarkan anak ke sekolah, hal ini akan sangat berkesan pada diri anak.

Anak akan melihat orang tuanya turut antusias mengantarkan dirinya ke sekolah, sehingga anak merasa benar-benar disayang oleh orang tuanya

Selain itu, dengan diantarkan ayah dan ibu maka anak bisa lebih tenang di hari pertama sekolahnya.

Antar dan tunggu anak di sekolahnya. Beradaptasi dengan lingkungan baru (sekolah) bukanlah hal yang mudah bagi anak, dimana anak sangat memerlukan support orang tuanya.

7. Jika Ada Waktu, Ajak Anak Berkeliling Sekolah

Agar anak tidak asing dengan lingkungan barunya, maka kalau bisa ajak anak berkeliling sekolah. Hal ini bisa dilakukan sebelum bel masuk berbunyi.

Dengan mengajak berkeliling maka akan membantu anak untuk beradaptasi dengan baik.

Setelah jam pulang, Anda bisa membebaskan anak bermain di sekolah jika anak belum mau pulang. Mungkin si kecil masih penasaran dengan lingkungan barunya ini.

Setelah pulang sekolah, orang tua juga disarankan untuk mengajak anak bercerita tentang kesan-kesannya di hari pertama sekolah.


Tips lainnya mempersiapkan hari pertama anak sekolah:
  • Lakukan kunjungan sebelum sekolah, dimana beberapa sekolah ada yang membuka diri untuk kunjungan tamu/keluarga sebelum dimulainya tahun ajaran baru. Anda bisa bersama anak pergi dan melihat-lihat sekolah, termasuk melihat kelas yang akan menjadi tempat anak belajar.
  • Jangan lupa menanyakan kesiapan anak dalam mempersiapkan hari pertama sekolah. Tanyakan apakah ada yang ditakutkan atau dikhwatirkan anak. Lalu atasi masalah dan kecemasan yang dialami anak tersebut.
  • Jelaskan pentingnya sekolah, bahwa agar dirinya memiliki masa depan yang cerah. 
  • Berikan motivasi serta tumbuhkan keberanian anak untuk berkenalan dengan teman-teman baru.
  • Tanyakan keseruan yang dialami anak saat di sekolah. Ajak anak mengobrol sekembalinya anak ke rumah (setelah pulang sekolah). 
  • Pertama-tama Anda bisa bertanya pada anak tentang keseruan di hari pertama sekolah. Setelah itu barulah membahas masalah-masalah yang mungkin tadi dialami anak di sekolah. Hal ini penting agar orang tua mampu memahami kondisi anak dengan tepat, sehingga support yang dilakukan orang tua bisa lebih akurat dan tepat.
  • Setahun menjelang anak mulai TK atau SD kelas 1, adakan kegiatan bermain sekolah-sekolahan di rumah. Beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu menulis, berhitung, menggambar, akting menjadi guru, berpakaian seragam, menggunakan sepatu, dll. Simulasi ini membuat anak merasa percaya diri saat hari pertama sekolahnya.

Hati-Hati Mengupload Foto Hari Pertama Anak Sekolah

Hari pertama anak sekolah adalah momen spesial. Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) memberikan himbauan pada orang tua agar berhati-hati dalam mengupload foto anaknya.

Umumnya orang tua akan tergoda untuk membagikan foto anak di hari pertama sekolah ke sosial media. Hanya saja terdapat risiko bagi anak akibat foto-foto yang dibagikan ke sosial media tersebut.

Kemendikbud memberikan tips aman bagi orang tua yang ingin mengupload foto anaknya ke sosial media, yaitu:
  • Pastikan fitur geo-tagging (penanda lokasi) dimatikan pada foto anak yang dibagikan ke sosial media.
  • Jangan memasang identitas lengkap anak (misalnya nama lengkap, nama sekolah, tanggal lahir, nomor telepon, dll).

loading...

Tulisan Terkait: