16 Manfaat Makan Strawberry Setiap Hari (Serta Efek Samping)

Strawberry punya tampilan menarik, di dalamnya terdapat banyak kandungan penting. Kandungan gizi strawberry pada satu cangkir irisan segar (166 gram) yaitu:
  • Kalori: 53 kkal
  • Vitamin C: 97,6 mg
  • Folat: 40 mikrogram (mcg)
  • Protein: 1,11 g
  • Kalium: 254 mg
  • Kalsium: 27 mg
  • Serat makanan: 3,3 g
  • Karbohidrat: 12,75 g
  • Zat besi: 0,68 mg
  • Magnesium: 22 mg
  • Fosfor: 40 mg
  • Vitamin A: 20 IU

Buah Strawberry
Gambar Strawberry | Photo credit: Wikimedia.org

Manfaat makan strawberry setiap hari akan berkhasiat besar untuk tubuh. Strawberry punya vitamin A dan C cukup berlimpah, serta dikenal punya fungsi antioksidan kuat karena memiliki quercetin, anthocyanin, asam ellagic, dan kaempferol. Beberapa zat tersebut telah terbukti memiliki kontribusi dalam melawan kanker.

Manfaat Makan Buah Strawberry


1. Redakan Hipertensi

Dalam strawberry terdapat kalium dalam jumlah signifikan sehingga dianjurkan disantap bagi mereka yang mengalami problem hipertensi. Konsumsi strawberry berkontribusi meminimalisir bahaya natrium berlebihan yang dikonsumsi.

Asupan kalium sangatlah penting, kekurangan kalium mengakibatkan peningkatan resiko darah tinggi secara signifikan. Sebuah penelitian menemukan bahwa asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan penurunan 20 persen resiko kematian dari semua penyebab.


2. Mengatasi Sembelit

Manfaat strawberry mampu mengatasi masalah sembelit. Beberapa asupan sangat tinggi serat dan air yakni semangka, anggur, dan melon. Menyantap buah-buahan semacam ini efektif melancarkan BAB dan menghindari dehidrasi.

Serat yang banyak terdapat pada strawberry berkhasiat guna melancarkan kerja pencernaan dan meredakan konstipasi. Diharapkan dengan makan strawberry menjadikan pencernaan sehat dan BAB selalu normal.

Para ahli kesehatan dari Stanford Children Health menjelaskan bahwa kandungan serat pada strawberry berkhasiat bagi kerja pencernaan yang maksimal dan mencegah sembelit. Manfaat buah strawberry untuk anak bisa sangat baik untuknya, dimana ahli kesehatan dari Stanford Children Health merekomendasikan buah ini dalam menanggulangi permasalahan sembelit pada anak-anak, sebab serat yang ada di dalamnya.

3. Boleh Disantap Pengidap Diabetes

Pengidap diabetes punya pantangan rasa manis, sehingga mungkin merasa stres karena kesulitan untuk konsumsi asupan yang mempunyai rasa manis. Nah, sebuah asupan yang boleh bagi pengidap diabetes yaitu strawberry.

Hal itu sebab indeks glikemik strawberry rendah, pula terdapat serat yang membantu menekan tingkat gula darah selalu di batas normal.

Dua hal tersebut menjadikan strawberry pilihan layak buat pasien diabetes (bila ingin konsumsi makanan manis). Jika ingin makan yang manis-manis maka strawberry adalah pilihan bagus.

Penelitian tahun 2011 mendapatkan hasil bahwa konsumsi strawberry terbukti berkhasiat untuk mengurangi komplikasi diabetes seperti neuropati dan penyakit ginjal.

Pada peneltian lab tersebut, ilmuwan juga menjelaskan bahwa fisetin (flavonoid yang ditemukan pada stroberi) berkontribusi untuk melindungi neuron yang tumbuh dan berkembang, meningkatkan memori (daya ingat), serta membendung resiko komplikasi penyakit ginjal dan otak.

4. Jantung Sehat

Khasiat strawberry bermanfaat buat kesehatan jantung, pada sebuah riset oleh para ilmuwan di Harvard diketahui dengan mendapatkan asupan anthocyanin secara teratur efektif mengurangi kerentanan dari serangan jantung hingga 32 persen.

Pada sebuah penelitian lab menemukan bahwa quercetin yang ditemukan pada stroberi nantinya bekerja melawan inflamasi, yang pada gilirannya akan mencegah aterosklerosis serta menekan bahaya dari LDL.

Manfaat makan strawberry setiap hari mampu menjaga kesehatan jantung, di dalamnya terdapat polifenol dalam jumlah signifikan yang dapat menurunkan masalah tensi darah (melalui mekanisme anti-inflamasi) serta mencegah berbagai masalah kardiovaskular.

Selain itu juga berkontribusi guna pencegahan kerusakan lapisan arteri. Peran antioksidan, serat dan potasium begitu vital supaya jantung senantiasa sehat.

Dr. Suzanne Steinbaum, seorang ahli jantung di Lenox Hill Hospital, New York City, mengatakan wanita yang menyantap minimal tiga berry setiap minggu mengalami penurunan risiko serangan jantung sampai 34%.


5. Hindari Stroke

Manfaat buah strawberry berkontribusi buat menghindari masalah stroke yang bisa sangat membahayakan. Buah ini punya senyawa antioksidan yang begitu vital yakni quercetin, kaempferol dan anthocyanin yang diketahui bisa mencegah atau mengurangi pembentukan gumpalan darah pada tubuh.

Pembentukan gumpalan darah tersebut sangat berbahaya karena dapat memicu stroke yang mematikan. Zat kalium tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko stroke, dimana buah ini mempunyai kalium dalam jumlah tinggi.

6. Mencegah Kanker

Manfaat makan strawberry setiap hari yaitu bisa berkontribusi mengurangi resiko beberapa penyakit kanker. Fungsi antioksidan-nya yakni melawan bahaya radikal bebas pemicu kanker, serta menekan peradangan dan tumor.

Buah ini kaya akan vitamin C dan serat yang diketahui berkontribusi dalam pencegahan kanker kerongkongan dan usus besar.

Menurut American Institute for Cancer Research, sifat antikanker strawberry terkait dengan adanya kandungan asam ellagic, itu merupakan fitokimia yang bekerja untuk mencegah kanker paru-paru, kulit, kandung kemih dan payudara.

Asam ellagic bertindak sebagai antioksidan, serta juga menghambat produksi sel kanker dan menghancurkan beberapa jenis karsinogen pemicu kanker.

7. Memperkuat Imun

Manfaat makan strawberry yaitu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C-nya memiliki fungsi urgen berupa mendorong pembangunan antibodi yang berguna agar melawan infeksi, serta agar tidak mudah jatuh sakit. Sebuah studi di Swiss menemukan suplementasi vitamin C diketahui efektif memperkuat sistem imun.


8. Kesehatan Mata

Strawberry mengandung antioksidan yang berfungsi dalam menekan resiko gangguan mata, katarak, degenerasi makula dan penyakit mata lainnya. Menurut para peneliti dari Oregon Health & Science University memaparkan vitamin C berperan besar untuk melancarkan dan menjaga fungsi sel-sel retina mata.

9. Kesehatan Otak

Kandungan strawberry mempunyai fungsi antioksidan yang bekerja menjaga sel-sel otak dari serangan radikal bebas. Bahaya radikal bebas akan menyebabkan kerusakan otak. Antioksidan berperan sangat penting untuk menangkalnya.

Penelitian menemukan manfaat buah strawberry bisa meminimalisir masalah pelemahan daya ingat. Flavonoid dan anthocyanidin-nya bekerja buat menjaga fungsi otak dan menghindari pelemahan daya ingat.

Peneliti dari Tufts University dan University of Maryland Baltimore County, mengatakan bahwa penyakit otak (termasuk Alzheimer dan Parkinson) disebabkan oleh penumpukan zat protein beracun tertentu, manfaat stroberi diketahui dapat mengurangi akumulasi protein beracun ini.

10. Turunkan Kolesterol

Pada strawberry terdapat pektin yang bermanfaat sangat vital yakni menekan jumlah LDL. Studi New Orleans telah menemukan bahwa serat larut (salah satunya pektin) dapat mengurangi jumlah LDL.

Studi menunjukkan fungsi strawberry mampu mencegah masalah serius stres oksidatif serta menekan jumlah kolesterol jahat.

11. Manfaat Strawberry untuk Ibu Hamil

Ibu hamil harus selektif terhadap makanan dan minuman yang dikonsumsinya supaya janin dapat berkembang optimal. Apakah ibu hamil boleh makan strawberry? Berdasarkan pemaparan dari UC Davis Health System, California, strawberry kaya vitamin C yang berkontribusi menunjang perkembangan janin di kandungan secara optimal.

Ibu hamil juga membutuhkan zat besi, strawberry bermanfaat bagi wanita hamil karena dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi dari asupan yang disantap.

Bahkan terdapat karbohidrat di dalamnya guna menghasilkan energi bagi Ibu hamil. Dimana kehamilan merupakan suatu kondisi yang sangat membutuhkan energi. 

Jadi apakah ibu hamil boleh makan strawberry? Justru ibu hamil hendaknya menyantap beberapa strawberry. Hanya saja penting mencuci strawberry sebelum memakannya, hal itu harus dilakukan untuk membersihkan berbagai kontaminan dan patogen karena dikhawatirkan berdampak buruk terhadap janin di dalam kandungan.

Selain itu, Ibu hamil perlu konsumsi strawberry dengan kadar moderat atau sedang, jangan terlalu berlebihan.

Dilansir dari artikel berjudul Is It Safe To Eat Strawberry During Pregnancy, beberapa kandungan strawberry yang amat penting bagi Bumil yakni asam folat, vitamin C, kalium.

Penelitian menemukan bahwa asam folat berfungsi menurunkan risiko anak lahir dalam kondisi cacat. Strawberry mengandung kaya asam folat yang amat dibutuhkan.

Adapun kalium-nya berfungsi guna menjaga sistem saraf, otot, kestabilan tekanan darah yang normal, dan kadar elektrolit tubuh.

Kemudian peran vitamin C-nya yakni mengoptimalkan penyerapan zat besi dari asupan yang disantap. Peran zat besi amatlah vital dalam memproduksi sel darah merah.

Strawberry punya beberapa mineral yang berkontribusi membangun kekebalan tubuh, itu amat dibutuhkan ibu hamil agar tak mudah jatuh sakit.

Apa efek samping buah strawberry untuk ibu hamil? Ibu hamil tetap hendaknya waspada, apabila ibu hamil punya masalah alergi maka tidak direkomendasikan menyantap strawberry, efek samping strawberry bisa memicu terjadinya inflamasi serta rasa tak nyaman di tenggorokan bagi mereka yang punya gangguan alergi

Juga Ibu hamil harus memilih strawberry organik (terlindungi dari pestisida), ini demi perkembangan janin di kandungan. Belilah strawberry organik dibandingkan yang biasa. Lalu pastikan membersihkan strawberry sebelum memakannya.

Apakah jus strawberry aman dikonsumsi ibu hamil? Ya, Ibu hamil aman-aman saja minum jus strawberry, tapi strawberry harus dicuci bersih dan hindari banyak menambahkan gula.

Pada dasarnya strawberry disarankan bagi ibu hamil, sebab terdapat gizi penting seperti vitamin, asam folat, serat dan antioksidan.


12. Kesehatan Tulang

Pada sebuah studi di Amerika Serikat menemukan strawberry berpotensi punya sifat analgesik dan anti-inflamasi yang bisa berkontribusi melawan osteoartritis. Riset ini dengan melibatkan orang dewasa obesitas dengan kondisi osteoartritis lutut.

Peneliti mengatakan bahwa dengan hanya seperempat cangkir strawberry sudah dapat menyediakan antioksidan yang dibutuhkan guna mengurangi inflamasi dan menghindari kerusakan tulang yang disebabkan stres oksidatif.

Agar lebih nikmat, Anda bisa bikin jus strawberry tapi tanpa campuran yang berlebihan sehingga khasiatnya optimal.

Mineral-nya yang sangat dibutuhkan untuk melindungi tulang yakni tembaga, mangan, zat besi, fosfor, kalium, dan zinc. Lebih lanjut, terdapat pula vitamin C, K dan potasium yang berkontribusi bagi fungsi tulang.

13. Melawan Peradangan

Penelitian dari University of Massachusetts menemukan quercetin pada strawberry berfungsi agar menghindari pembentukan plak aterosklerosis. Adapun vitamin C-nya punya peran agar menangkal inflamasi dan meringankan masalah asam urat dan radang sendi.

14. Lawan Penuaan Dini 

Manfaat makan strawberry setiap hari yaitu guna menghindari masalah penuaan dini. Antioksidan kuat di dalamnya berperan sangat vital untuk menjaga tubuh dari bahaya radikal bebas pemicu kerusakan oksidatif, yang pada gilirannya bakal menyebabkan dampak buruk di kulit yakni masalah kerutan, kulit kendur dll.

Vitamin C dalam buah ini berkhasiat besar dalam melawan radikal bebas perusak sel-sel tubuh. Radikal bebas juga menyebabkan kerusakan pada kolagen, hal inilah yang menyebabkan munculnya problem di kulit.

15. Meredakan Encok, Arthritis ataupun Gout

Khasiat strawberry sebagai antioksidan dan detoxifiers yang meredakan masalah encok dan nyeri artritis. Selain itu berkontribusi pada pencegahan gejala rematik, mencegah penumpukan zat beracun (seperti asam urat) pada tubuh, kecukupan cairan pelumas di sendi, dan melindungi dari problem degenerasi otot dan jaringan tubuh.

16. Manfaat Strawberry untuk Diet

Kandungan dalam strawberry bekerja untuk memicu pelepasan adiponektin dan leptin dalam jumlah signifikan, itu adalah hormon yang berfungsi memacu pembakaran lemak secara maksimal pada tubuh. Juga berkontribusi untuk:
  • Mencegah nafsu makan yang berlebihan.
  • Membatasi glukosa pada tubuh.

Beberapa sifat yang ada pada buah ini bisa membantu Anda dalam upaya diet, sehingga manfaatkan strawberry buat menyukseskan program diet.

Efek Samping Strawberry


Warna merah strawberry yakni dari zat anthocyanidin, itu berarti buah ini berlimpah anti-oksidan yang punya peran besar bagi tubuh.

Namun, jarang disadari bahwa makan strawberry dapat berbahaya bagi kesehatan, atau tepatnya berdampak efek samping pada kondisi tertentu. Berikut penjelasannya:

Alergi
Efek samping makan strawberry bisa menyebabkan alergi, sebab di dalamnya terdapat histamin yang memicu sejumlah efek yakni mual, pusing dan gatal.

Teruntuk mereka yang punya masalah alergi, khususnya alergi buah, hendaknya tak makan strawberry. Histamin dapat menyebabkan Anda mengalami problem intoleransi makanan.

Resiko Serat Berlebih
Strawberry mengandung serat dengan kadar moderat, dimana secangkir strawberry telah dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh akan kandungan serat. Tapi jika Anda terus-terusan menyantap strawberry di satu waktu, bisa berisiko membuat Anda terlalu banyak mengambil asupan serat.

Terlalu banyak mengonsumsi serat justru akan menghambat penyerapan nutrisi pada tubuh. Sehingga malah bakal membahayakan organ pencernaan, padahal tujuan awal ingin menyantap stroberi ialah agar kerja pencernaan berjalan baik.

Bisa Menyebabkan Masalah Serius pada Ginjal
Seperti dijelaskan sebelumya bahwa konsumsi strawberry bermanfaat untuk kesehatan jantung, hal itu karena manfaat kandungan potassium yang cukup tinggi di dalam buah ini. Hanya saja, perlu diketahui bahwa terlalu banyak mengonsumsi asupan potasium dapat berbahaya bagi kesehatan ginjal.

Efek samping strawberry jika dikonsumsi dengan tidak bijak justru dapat menjadi petaka bagi kesehatan. Seperti perkataan orang bijak, bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, selalu ingat hal ini.

Apakah buah strawberry berbahaya untuk kesehatan? Sebenarnya buah strawbery kaya akan kandungan dan manfaat, tapi mengonsumsi strawberry tetap tidak boleh berlebihan. Anda boleh makan strawberry setiap hari tapi harus dalam jumlah yang wajar.

Lainnya, dampak yang ditimbulkan akibat makan strawberry secara berlebihan yaitu diare, perut terasa bergas, resiko ketegangan saraf, reaksi alergi, demam, tubuh lesu, dan retensi air (edema).

Tips Membeli Strawberry


Jenis dan harga strawberry bisa bermacam-macam, tapi yang harus Anda cermati yaitu pastikan membeli strawberry yang berkualitas.

Cara memilih strawberry yang manis. Saat membeli strawberry, pilih lah yang berwarna merah terang dan tekstur kenyal dengan tutupnya masih utuh dan hijau (tidak kering atau kecoklatan).

Hindari membeli strawberry yang berwarna kusam (terdapat bercak), hindari juga tekstur yang lunak, berjamur ataupun keriput. Berikut penjabaran lengkapnya:
  1. Beli strawberry dengan tampilan merah cerah, ini menandakan kualitas yang baik. Warna merah cerah menunjukan cuma ada sedikit perubahan warna, itu menandakan strawberry telah betul-betul masak dan manis. Dengan kata lain, semakin cerah tampilan strawberry maka semakin manis rasanya.
  2. Cobalah mencium bau strawberry, dari baunya bisa menjadi tanda kesegaran stroberi. Jika terasa segar dan harum, ini bisa menjadi tanda bahwa strawberry tersebut rasanya manis dan masih segar.
  3. Cermati ukurannya, kalau diperhatikan ukuran strawberry beraneka, dimana ada yang ukurannya besar, ada juga yang mini. Tentunya Anda ingin menikmati yang rasanya manis, maka pilih strawberry yang ukurannya kecil. Hal itu karena yang berukuran kecil rasanya lebih manis daripada yang besar. Pada yang berbentuk besar memiliki kandungan air lebih banyak sehingga menyebabkan rasa manisnya menurun.
  4. Perhatikan daun, utamakan daun yang terlihat segar. Jadi tidak hanya mencermati tampilan buahnya, tapi juga harus dicermati tampilan daun strawberry yang terletak di bagian atas. Jika daunnya berwarna hijau cerah, itu artinya strawberry masih segar, adapun jika daunnya terlihat kering mengindikasikan strawberry telah dijual lama (tidak lagi segar).
  5. Jika belanja strawberry yang telah disusun dalam kemasan, biasanya di dalam kemasan ditaruh alas di bagian bawahnya. Coba perhatian bagian bawah tempat strawberry, apakah alasnya ternoda. Kalau bisa jangan beli strawberry kemasan yang alasnya sudah ternoda. Alas yang ternoda mengindikasikan strawberry telah dikemas lama dan sudah terlalu matang, sehingga tidak lagi segar.

Strawberry harus dimakan sesegera mungkin, jangan simpan di tempat yang terkena sinar matahari (apalagi dalam waktu yang lama) karena menyebabkan pembusukan.

Berapa banyak gula dalam strawberry? Satu strawberry kecil mengandung sekitar 0,3 gram gula.

Apakah makan buah strawberry menggemukkan? Tidak. Justru serat dalam strawberry membantu pencernaan tubuh dan membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh.

Bolehkah memberikan strawberry pada bayi? Hanya boleh setelah bayi mulai makan makanan padat (biasanya saat bayi berusia 6 bulan keatas).





Baca Juga: