Penyebab Keberadaan Ayah Sangat Penting Bagi Anak


Peran Ayah sebenarnya sangat besar untuk membangun kepercayaan diri dan keberanian pada diri anak. Ayah memiliki tugas sangat penting untuk membangun tingkat percaya diri anak.

Adapun sifat Ibu yang lembut bertanggung jawab dalam mengajarkan sifat kasing sayang dan kelembutan pada diri anak.

Ayah dan Anak Bermain
Photo: https://pixabay.com/id/ayah-putra-anak-anak-laki-laki-2432569/

Dibandingkan Ibu, umumnya ayah cenderung lebih tegas, disinilah peran ayah dalam memupuk keberanian dan rasa percaya diri pada anak-anaknya, terutama anak lelakinya.

Ayah sering memberikan banyak solusi ketika anak mengalami masalah. Ayah mempunyai jawaban dari segudang pertanyaan yang dilontarkan anak.

Peran Ayah juga sangat penting untuk mengajari anak cara mengatasi masalah-masalah yang muncul.

Oleh karena itu, sebagai ayah harusnya menyadari tanggung jawab besarnya dalam mendidik dan melindungi anak-anaknya.

Ayah Juga Memiliki Sifat Penyayang yang Besar

Walaupun umumnya ayah memiliki sifat yang tegas dan cenderung keras, sebenarnya yang namanya ayah tetaplah sangat menyayangi anak-anaknya.

Bahkan seorang ayah tidak jarang memiliki sifat humoris. Seorang ayah akan berusaha mencari cara untuk menghibur anaknya yang mengalami masalah atau bersedih.

Hendaknya sebagai seorang ayah, selain memiliki sifat yang tegas juga harus bisa bercanda dengan anak-anaknya.

Anak-anak selain dididik juga perlu diberikan hiburan. Ayah perlu meluangan waktunya (seperti di akhir pekan) untuk berjalan-jalan bersama anak-anaknya (keluarga).

Hal lainnya yang hebat dari seorang ayah yaitu rela berkorban untuk anak-anaknya. Ayah akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyenangkan dan mendidik anak-anaknya.

Walaupun seorang ayah sangat lelah dalam menjalani tugasnya tersebut, tapi dirinya tidak pernah mengeluh.

Hal inilah yang membuat seorang ayah sering disebut sebagai tulang punggung keluarga.

Ayah Harus Menyediakan Waktu Berkualitas Untuk Anak-Anaknya

Dalam sehari, setidaknya sediakan waktu 20-30 menit untuk melakukan aktivitas berkualitas bersama anak, pada masa itu Anda juga bisa bercengkrama bersama anak-anak.

Selain itu, tanyakan juga bagaimana kegiatan belajar di sekolah dan hal-hal lainnya.

Jika anak mengalami masalah maka jangan dicueki, bisa saja masalah yang dihadapi anak merupakan masalah besar bagi anak. Berilah anak solusi dari masalah yang dihadapinya.

Dengan begitu, anak akan merasa disayangi dan diperhatikan yang nantinya bermanfaat untuk perkembangan anak. Selain itu anak juga akan sangat sayang kepada orang tuanya.

Ayah juga hendaknya mengungkapkan rasa sayangnya kepada anak-anaknya. Nantinya anak juga terbiasa untuk mengungkapkan rasa sayang pada orang tuanya.

Selain mengucapkan rasa sayang, ayah juga perlu memeluk anak. Sentuhan hangat seorang ayah sangat penting bagi anak.

Penutup

Untuk Anda para ayah, Anda harus menjalankan tanggung jawab terhadap peran-peran penting tersebut (seperti yang disebutkan diatas).

loading...

Tulisan Terkait: