12 Minuman untuk Orang yang Sering Begadang Sehingga Tetap Segar & Fokus

Begadang

Terkadang begadang menjadi sesuatu yang tak terhindarkan bagi sebagian orang, entah karena menjalani kewajiban profesi, mengerjakan tugas tertentu yang harus segera diselesaikan atau karena urusan mendesak lainnya.

Sangat penting untuk mengetahui tips begadang sehat sehingga kamu bisa menekan efek buruk begadang. Begadang bisa membuat kamu mengalami penurunan level energi, dampaknya sering merasa lesu atau tidak bersemangat di kehidupan sehari-hari.

Selain itu, dampak begadang bikin susah fokus atau konsentrasi, ditambah lagi badan lemas. Terdapat beberapa minuman yang bisa membantu kamu tetap segar meskipun begadang.

Minuman untuk Orang yang Sering Begadang


1. Air Putih

Ada banyak manfaat minum air putih saat begadang sehingga air putih menjadi hal yang harus disiapkan saat begadang, pokoknya jangan pandang sebelah mata manfaat air putih ini.

Dengan minum air putih, nantinya pikiran bisa lebih segar dan fokus saat begadang. Selain itu begadang membuat kamu rentan terkena dehidrasi, minum air putih membuat kamu tetap terhidrasi dan berenergi.

Orang yang tidak minum air putih saat begadang biasanya rentan untuk terkena stres, selain itu level konsentrasi menurun.

2. Kopi

Kopi menjadi minuman yang paling populer bagi orang-orang yang begadang, dimana kopi mengandung kafein yang bermanfaat untuk menjaga fokus dan meningkatkan kewaspadaan.

Hanya saja hindari terlalu banyak minum kopi karena justru berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan psikis. Minum kopi terlalu banyak justru bisa merusak mood.

3. Teh Hijau

Minuman lain selain kopi saat begadang yaitu teh hijau, ini bisa menjadi alternatif yang bagus yang membuat kamu tetap bisa fokus dan waspada saat begadang, tanpa perlu khawatir efek samping  serius.

Hal itu karena teh hijau mengandung antioksidan dan hanya terdapat sedikit kafein sehingga cocok di konsumsi saat begadang.

Berikut berbagai manfaat minum teh hijau saat begadang:
  • Meningkatkan Konsentrasi. Teh hijau mengandung kafein yang berperan dalam menjaga konsentrasi dan fokus.
  • Menenangkan Pikiran. Teh hijau mengandung asam amino bernama L-theanine yang bertanggung jawab dalam memunculkan efek menenangkan pada pikiran dan tubuh saat sedang begadang.
  • Menyegarkan Napas. Terkadang begadang bikin bau mulut, jangan khawatir karena teh hijau mengandung senyawa polifenol yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut serta membuat napas lebih segar.
  • Memperkuat Imun. Orang yang sering begadang rentan untuk mengalami pelemahan sistem imun, teh hijau kaya akan antioksidan yang berperan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. 
  • Mencegah Penuaan Dini. Kebiasaan begadang bisa meningkatkan risiko penuaan dini akibat kurang tidur malam dan stres, teh hijau mengandung antioksidan yang melawan radikal bebas penyebab penuaan dini.
  • Meningkatkan Metabolisme. Kandungan katekin dalam teh hijau diketahui berperan dalam meningkatkan metabolisme tubuh, yang nantinya membantu kamu tetap berenergi saat begadang dan tubuh tetap bisa membakar banyak kalori walaupun kurang tidur malam.

4. Jus Buah Segar

Minum jus buah saat begadang akan memberikan kesegaran dan memberikan asupan nutrisi penting bagi tubuh. Disarankan agar kamu memilih jus buah yang mengandung tinggi vitamin dan antioksidan.

Kamu bisa membuat jus apel, jus nanas, jus strawberry, jus jeruk hingga jus dari sayuran seperti jus bayam dan jus tomat.

5. Minuman Elektrolit

Apabila kamu begadang dengan melakukan aktivitas fisik yang cukup berat, maka disarankan untuk menyiapkan minuman elektrolit. Dimana dengan mengkonsumsinya-nya akan sangat bermanfaat untuk membantu menggantikan elektrolit yang hilang saat begadang, selain itu juga membantu tubuh tetap segar saat begadang.

6. Matcha Latte

Matcha latte adalah kombinasi antara teh matcha dan susu. Kandungan kafein di dalam Matcha lebih rendah dibandingkan kopi sehingga tidak menyebabkan efek samping yang kuat. Walau begitu, konsumsi matcha tetap efektif memberikan energi dan mencegah kantuk saat begadang.

7. Teh Jahe

Teh jahe mempunyai manfaat anti-inflamasi dan berkontribusi dalam meredakan rasa tidak nyaman pada perut akibat begadang. Teh jahe hangat akan membuat kamu merasa lebih nyaman saat begadang.

8. Teh Chamomile

Teh chamomile sudah umum diketahui memberikan efek menenangkan sehingga menjadikan Kamu lebih nyaman dan rileks saat begadang.

9. Minuman Cokelat Hangat

Selain rasanya lezat dan nikmat, minuman cokelat hangat bisa membuat kamu merasa berenergi saat begadang, hal ini berkat kandungan flavanol yang bertanggung jawab dalam meningkatkan aliran darah ke otak sehingga meningkatkan fokus dan kewaspadaan.

10. Minuman Ginseng

Minuman ginseng telah diketahui efektif untuk membantu meningkatkan energi dan daya tahan tubuh selama begadang, sehingga minuman gingseng termasuk contoh minuman yang disarankan dikonsumsi saat begadang.

11. Es Kopi Susu

Es kopi susu ini menjadi minuman yang populer di Indonesia karena memang sangat nikmat dan lezat dikonsumsi. Kombinasi kopi dengan susu dan es bisa memberikan dorongan energi yang besar untuk tubuh, serta juga membuat tubuh dan pikiran segar saat begadang.

12. Air Kelapa

Elektrolit alami yang sangat kaya di dalam air kelapa bermanfaat untuk menghidrasi tubuh secara maksimal, ini penting untuk mencegah masalah dehidrasi akibat begadang. Selain itu minum air kepala juga memberikan efek menyegarkan.

Penutup: Ingatlah, walaupun minuman-minuman yang disebutkan di atas membantu kamu merasa segar dan tetap terjaga saat begadang, tapi tidur malam yang cukup tetap harus diperhatikan. Selain itu hindari minuman yang mengandung banyak gula, dimana konsumsi gula yang berlebihan justru mengakibatkan penurunan level energi, sehingga usahakan memilih minuman yang rendah gula.




Baca Juga:

No comments: