Sifat Dengki: Penyebab, Ciri-Ciri, Dampak Buruk & Cara Mengatasi

Pria Dengki
Photo credit: shutterstock.com|Mangostar

Terdapat perbedaan antara iri hati dan dengki, yakni: Iri hati adalah perasaan cemburu karena menginginkan sesuatu yang dimiliki orang lain, atau cemburu karena keberhasilan orang lain, tanpa adanya keinginan merugikan orang tersebut.

Dengki adalah perasaan kebencian terhadap keberhasilan atau nikmat yang dimiliki orang lain, serta menginginkan hilangnya nikmat tersebut dari orang lain. Ini juga termasuk perasaan menginginkan kerugian untuk orang lain, serta tidak suka melihat orang lain bahagia.

Orang yang dengki memiliki hati yang busuk karena membenci kesuksesan orang lain, bahkan dia berharap orang tersebut (orang yang dia dengki) tertimpa kerugian atau musibah.

Orang dengki bisa dimana saja, entah itu di kantor (tempat kerja), sekolah, kampus, lingkungan pergaulan, bahkan lingkungan keluarga besar.

Contoh Sifat Dengki


Contoh sifat dengki yaitu saat di kantor terdapat karyawan yang mendapatkan penghargaan, lalu muncul perasaan cemburu dan perasaan tidak suka pada orang tersebut, serta meremehkan usaha dan kerja keras dari orang tersebut.

Lalu muncul keinginan jahat untuk menimpakan kerugian pada orang tersebut, misalnya dengan menjelek-jelekan, membuat fitnah dan hal-hal semacamnya untuk menjatuhkan reputasi orang tersebut.

Perilaku jahat lainnya yaitu berusaha menghalang-halangi kemajuan karir orang tersebut, serta memberikan kritikan yang berlebihan dan tidak membangun terhadap ide-ide orang tersebut.

Ciri-Ciri Sifat Dengki


Ciri-ciri orang yang punya sifat dengki:
  1. Saat melihat orang lain sukses, hati terasa panas.
  2. Tidak rela jika orang lain mendapat keberuntungan.
  3. Susah mengakui bahwa orang lain lebih hebat.
  4. Punya keinginan untuk merusak momen kesuksesan orang lain, sehingga bakal meng-ghibah atau bergosip negatif tentang orang tersebut.
  5. Saat orang lain mencapai kesuksesan, muncul pikiran negatif yang menganggap orang tersebut tak pantas sukses.
  6. Susah untuk memuji orang lain. Sebagai info, enggan mengakui prestasi orang lain termasuk sifat sombong.
  7. Memperlihatkan perilaku kompetitif yang tak sehat.
  8. Orang dengki biasanya kesulitan menyembunyikan isi hatinya, hal ini dapat terlihat dari bahasa tubuh dan mimik wajah.
  9. Saat orang dengki melihat orang lain sukses, muncul perasaan berharap orang tersebut tertimpa musibah atau kerugian.

Bahaya Sifat Dengki


Ada banyak bahaya sifat dengki yang perlu diwaspadai, berikut beberapa bahaya dari sifat dengki:

1. Gampang Stres

Orang dengki biasanya susah bersyukur dan tidak merasa puas dengan dirinya sendiri, ini bisa membuatnya gampang merasa stres, cemas dan gelisah.

2. Menghambat Perkembangan Diri

Dampak buruk sifat dengki kepada orang lain yaitu bakal kehilangan banyak waktu dan energi untuk hal yang sia-sia, akibatnya jadi kekurangan waktu dan energi untuk meningkatkan kualitas diri.

3. Kesulitan Bergaul

Orang yang punya sifat negatif berupa benci melihat kebahagiaan dan keberhasilan orang lain, dia bakal kesulitan dalam menjalin pertemanan yang sehat karena terlalu berfokus pada perasaan negatif.

4. Susah Bekerjasama

Sifat dengki bisa menyebabkan perilaku berkompetisi yang tidak sehat dan tidak pada tempatnya. Rasa dengki yang memenuhi hati bisa menyebabkan Anda sulit fokus saat diminta bekerja sama, sebab yang ada di pikiran adalah perasaan menggebu-gebu untuk bersaing dan menjatuhkan.

5. Memicu Tindakan Buruk

Bahaya sifat dengki bisa menyebabkan seseorang rentan kepada tindakan buruk seperti menggibah, memfitnah orang, bahkan melakukan tindakan kriminal kepada orang lain.

6. Tidak Bahagia

Sifat dengki akan menjadi emosi negatif di hati, mengisi hati dengan banyak perasaan dengki menyebabkan Anda tidak bahagia.

7. Terisolasi

Orang dengki biasanya kesulitan merasakan kebahagiaan orang lain, ini akan menciptakan suasana tegang, alhasil orang-orang merasa tak nyaman saat bergaul dengan orang dengki. Dampaknya orang dengki bakal susah dapat teman dan jadi terisolasi.

8. Kreativitas Menurun

Akibat terlalu sering merasa dengki, kemampuan berpikir kreatif menjadi menurun.

9. Ketidakpuasan

Sering merasa dengki bisa menyebabkan Anda tidak mampu untuk merasa puas atas kehidupan yang dimiliki, ini semacam hukuman akibat terlalu berfokus untuk membenci kesuksesan orang lain.

10. Kualitas Hidup Menurun

Jika seseorang tidak lagi bisa merasa puas atau tidak lagi mampu bersyukur atas kehidupan, hal ini menyebabkan menurunnya kualitas hidup. Sepanjang hidup akan terus dihantui perasaan sempit hati.

11. Jiwa Pesimis

Orang yang gampang merasa cemburu dan sakit hati terhadap kesuksesan orang lain, biasanya akan mengembangkan pemikiran dan cara pandang yang pesimis, yakni merasa tidak mampu untuk bisa sukses seperti orang-orang.

12. Kesehatan Menurun

Perasaan dengki dalam waktu lama bisa memicu stres, bad mood dan beban pikiran yang berat. Hal ini bakal berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh, bahkan bisa memicu masalah serius seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

13. Kerusakan Sosial

Sifat dengki bisa menyebabkan terjadinya persaingan yang kotor dan perilaku saling menjatuhkan (entah itu di tempat kerja, lingkungan pergaulan dan keluarga), hal ini bisa menjadi bencana sosial.

14. Melemahkan Mental

Orang yang suka dengki berisiko mengembangkan karakter rendah semangat juang, dimana kehilangan kemauan untuk berjuang keras. Padahal hidup itu adalah perjuangan.

15. Negatif Thinking

Sifat dengki bisa memicu karakter suka berprasangka buruk terhadap kesuksesan orang lain, misalnya gampang menuduh orang lain curang sehingga tak pantas mendapatkan kesuksesan, dll. 

16. Anti-Kritik

Orang dengki seringkali overthinking, orang model seperti ini biasanya susah untuk mau menerima saran, masukan atau kritik dari orang lain. Sifat anti-kritik bakal menghambat perkembangan kualitas dirinya.

17. Memicu Kriminalitas

Sifat dengki bisa memicu seseorang untuk melakukan tindakan di luar nalar yang membahayakan orang lain maupun diri sendiri. Sudah umum dijumpai terjadinya kasus kriminalitas yang diawali dengan sifat dengki.

Nasehat: Memelihara sifat dengki hanya akan menyakiti dan menghancurkan diri sendiri. Orang dengki bakal menghabiskan banyak energi untuk menyalurkan 'hasrat' obsesi dengkinya, sehingga perkembangan kualitas diri sendiri menjadi mandek. 

Lebih baik sibuk memikirkan diri sendiri dan meningkatkan kualitas diri ketimbang sibuk memikirkan orang lain.

Penyebab Sifat Dengki


Ada beberapa hal yang memicu sifat dengki, yaitu:
  1. Dikit-Dikit Cemburu. Boleh-boleh saja sesekali cemburu, tapi jangan pelihara sifat cemburuan. Terlalu sering cemburu pada keberhasilan orang lain bisa menumbuhkan sifat dengki, dimana muncul perasaan benci saat melihat orang lain berhasil.
  2. Kurang Percaya Diri. Orang yang memiliki karakter kurang percaya diri biasanya gampang merasa cemburu atas kesuksesan dan keberuntungan orang lain. Perasaan tidak percaya dirinya menyebabkan dia sering merasa insecure saat melihat orang lain berhasil.
  3. Rasa Tidak Puas. Orang yang merasa tidak puas dengan kehidupannya, biasanya akan mengembangkan sifat dengki. Alhasil saat melihat orang yang sukses dan bahagia, jiwanya menjadi dengki.
  4. Tidak Bersyukur. Orang yang susah bersyukur dengan apa yang telah dicapai dan dimiliki selama ini, biasanya akan mengembangkan sifat dengki dalam dirinya.
  5. Suka Main Medsos. Bermain medsos menyebabkan seseorang bakal sering melihat segala kesenangan orang lain, lalu membanding-bandingkan diri dengan orang lain, hal ini kemudian akan memicu perasaan dengki.
  6. Rendah Empati. Orang yang rendah empati berisiko memiliki sifat dengki. Hal itu karena rendahnya rasa empati menyebabkan seseorang tak mampu merasakan kondisi orang lain. Orang dengki bakal terus-menerus dengki pada kesuksesan orang lain, padahal tidak tahu proses perjuangan orang tersebut yang berdarah-darah.
  7. Tidak Pernah Kerja Keras. Orang yang tidak pernah kerja keras bakal tidak menghargai arti sebuah dedikasi dan kerja keras, umumnya orang model seperti itu mudah memiliki sifat dengki.
  8. Kurang Bergaul. Dengan bergaul maka akan terbiasa berinteraksi dengan macam-macam orang. Adapun orang yang kurang bergaul biasanya lebih berisiko memiliki sifat dengki karena kurangnya kemampuan untuk memahami perspektif orang lain.
  9. Sulit Menerima Kegagalan. Orang yang sulit menerima kegagalan bakal beresiko mengembangkan sifat dengki.
  10. Kesalahan Mindset. Jika Anda memiliki pemikiran bahwa kesuksesan orang lain adalah ancaman, maka Anda akan mengembangkan sifat dengki. Ketimbang memandang kesuksesan orang lain sebagai ancaman, lebih baik memandang kesuksesan orang lain sebagai lahan pembelajaran dan menjadikannya inspirasi.
  11. Faktor Tekanan. Faktor tekanan yang begitu berat yang berasal dari lingkungan masyarakat sekitar, dimana menetapkan standar kesuksesan yang begitu tinggi seperti gaji harus Rp.20 Juta per bulan, wajib punya mobil dll. Hal ini bisa memicu sifat dengki karena perasaan tertekan untuk mencapai target tak masuk akal tersebut, saat melihat orang lain mencapai target tersebut maka muncul perasaan dengki.
  12. Kompetisi Tak Sehat. Kondisi kompetisi yang tak sehat (entah itu di tempat kerja, kampus dll) bakal memicu perasaan dengki pada tiap-tiap orang.
  13. Pergaulan Buruk. Jika Anda bergaul dengan orang-orang yang suka berpikiran negatif dan punya sifat dengki, Anda akan beresiko tinggi memiliki sifat seperti mereka. Seseorang itu sangat dipengaruhi oleh lingkungan pergaulannya.

Cara Mengatasi Sifat Dengki


1. Belajar Berempati

Setiap orang yang hidup pasti memiliki masalahnya masing-masing, bisa jadi orang lain merasakan penderitaan yang lebih parah dari kita. Mulailah belajar untuk mengembangkan rasa empati guna menghilangkan sifat dengki.

Anda perlu belajar untuk memahami perasaan dan kondisi orang lain, serta memahami sudut pandang orang lain. Alhasil Anda punya kemampuan untuk memposisikan diri di posisi orang lain.

Orang yang mampu memahami kondisi orang lain biasanya lebih terhindar dari memiliki sifat dengki.

2. Berlatih Bersyukur

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana bersyukur bisa membantu menghilangkan sifat dengki? Menghiasi hidup dengan perasaan bersyukur menjadikan seseorang sadar untuk tidak lagi berfokus pada apa yang dimiliki orang lain.

Penting untuk berfokus pada hal-hal positif dalam kehidupan Anda, sehingga Anda bisa menghargai pada setiap hal yang telah dimiliki, dan tak lagi suka membanding-bandingkan.

Anda baru bisa bahagia tatkala menghargai hal-hal yang telah dimiliki, orang-orang bersyukur memahami hal ini. Dengan bersyukur dan fokus pada hal-hal positif yang telah dipunyai, ini efektif sebagai cara mengatasi sifat dengki ke orang-orang.

Orang yang terbiasa bersyukur memiliki kesejahteraan psikis yang lebih baik, ini bisa meredam sifat dengki yang seringkali timbul akibat permasalahan psikis dan ketidakbahagiaan jiwa.

3. Miliki Skill

Sangat penting untuk mempunyai skill dalam kehidupan ini, latih dan tingkatkan skill yang dimiliki. Orang yang memiliki skill biasanya akan menjalani kehidupan dengan lebih rileks, penuh rasa percaya diri dan tidak mudah merasa dengki atau cemburu.

4. Ikut Kegiatan Sosial

Cobalah untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial, misalnya Anda bisa mendaftar jadi relawan di suatu daerah yang tertimpa musibah atau bencana.

Dengan terbiasa mengikuti aktivitas sosial seperti itu, menjadikan Anda bakal sering berinteraksi dan bertukar pikiran dengan bermacam-macam orang, manfaatnya yaitu menjadikan Anda memiliki pikiran lebih terbuka, lebih bijak dan lebih punya banyak sudut pandang.

Aktif dalam kegiatan amal dan membangun relasi sosial ternyata cara yang efektif menghilangkan sifat dengki.

5. Stop Banding-Bandingkan

Jangan suka membanding-bandingkan diri dengan orang lain, apalagi jika melakukan perbandingan yang tidak masuk akal. Stop banding-bandingkan diri karena memicu munculnya sifat dengki.

Ingatlah bahwa masing-masing individu memiliki 'rute kehidupan' yang unik, sehingga melakukan perbandingan yang tak fair adalah kebodohan karena hanya akan bikin sakit hati.

6. Lihat Ke Bawah

Jika melihat orang-orang kaya menyebabkan Anda merasa insecure lalu muncul perasaan dengki, maka buanglah kebiasaan suka melihat ke atas, cobalah untuk lebih sering melihat ke bawah, dimana ada banyak orang yang kesulitan dan kekurangan.

Dengan lebih sering melihat ke bawah, hal ini secara ajaib dapat menghilangkan sifat dengki.

7. Perbaiki Mindset

Cara mengatasi sifat dengki yaitu dengan memperbaiki mindset. Anda perlu mengetahui bahwa setiap orang punya kelebihan dan kekurangan, maupun kesenangan dan kesedihan.

Anda merasa dengki kepada orang lain kemungkinan karena menganggap orang tersebut selalu senang, padahal tidak ada orang yang selalu merasa senang, sebab setiap orang yang hidup pastinya pernah merasa sedih, galau, stres dan semacamnya.

Jangan memandang kesuksesan orang lain sebagai ancaman, perbaiki mindset Anda. Lebih baik Anda fokus pada kualitas diri sendiri ketimbang memikirkan tindak-tanduk orang lain.

Jikapun Anda merasa cemburu pada orang lain, maka jadikan itu secara 'cambuk' yang memotivasi Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan berkualitas.

Daripada sibuk kesel pada orang lain, lebih baik merenung tentang apa yang salah dan kekurangan diri sendiri, tanyakan pada diri: “Apa yang kurang pada diriku?”

Hindari cuma bisa cemburu secara emosional tanpa adanya upaya untuk tingkatkan kualitas diri.




Baca Juga:

Tidak ada komentar: