14 Cara Mengatasi Gelisah dan Cemas Berlebihan

Kegelisahan
Ilustrasi gelisah. Photo credit: shutterstock.com|Krakenimages

Kegelisahan adalah keadaan jiwa yang tidak tenang, merasa khawatir dan cemas akan ketidakpastian ataupun perasaan tidak aman. Perasaan gelisah bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dan merusak kebahagiaan dalam kehidupan.

Ciri-ciri kegelisahan yaitu adanya perasaan takut yang berlebihan, susah fokus, kesulitan untuk berkonsentrasi, jiwa gampang merasa cemas tanpa alasan yang logis, susah tidur malam, fisik merasa tidak nyaman dan bahkan terkadang tubuh sampai gemetaran.

Penyebab kegelisahan yaitu karena faktor lingkungan, memiliki beban pikiran yang terlalu berat (stres), pernah mengalami trauma (baik itu masa sekarang atau masa lalu), dan adanya ketidakseimbangan kimia di otak.

Pada dasarnya perasaan gelisah bukanlah masalah besar, dimana setiap orang pasti pernah mengalaminya di kehidupan.

Yang menjadi masalah jika perasaan gelisah terlalu sering muncul (berlebihan) karena menyebabkan Anda kehabisan energi (kelelahan), dan secara umum akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Ditambah lagi terlalu sering gelisah bisa berdampak buruk pada mental, dimana penderitanya akan sering mengalami cemas, ketakutan, khawatir, susah fokus, hingga mudah mengalami mual dan sakit kepala.

Cara Mengatasi Gelisah


1. Berusaha Rileks

Cara meredakan gelisah yakni pertama-tama kondisikan tubuh dan pikiran serileks mungkin, ini sangat membantu meredakan perasaan gelisah.

Salah satu caranya yaitu lakukan teknik pernapasan, yaitu dengan mengambil napas dalam-dalam secara perlahan, lalu hembuskan secara tenang. Ini efektif membuat pikiran lebih tenang, perasaan lebih rileks dan rasa gelisah mereda.

2. Kurangi Medsos

Terlalu lama bermain medsos bisa berdampak buruk pada kesehatan psikis, dimana seseorang yang berjam-jam scroll beranda medsos (entah itu FB, Instagram, Twitter, Youtube dll) biasanya gampang mengalami kegelisahan dan cemas berlebihan.

Ini juga termasuk bermain game, sebab terlalu lama bermain game maupun medsos bisa memicu toksik dopamin, itu sangat berbahaya bagi kesehatan mental.

3. Arahkan Pikiran

Arahkan pikiran ke hal yang positif saja, dengan kata lain yakni pikirkan sesuatu yang bagus-bagus saja. Misalnya dengan memvisualkan momen-momen menyenangkan, atau memikirkan tempat yang seru dan menyenangkan.

Hindari memikirkan sesuatu yang berat, sesuatu yang membuat Anda tegang dan emosi, atau momen-momen buruk di kehidupan Anda.

Untuk sementara waktu, jangan mengakses informasi berat seperti berita kasus korupsi, peperangan dan debat politik. Hindari juga membuka sosial media.

4. Lakukan Peregangan

Lakukan peregangan sederhana, seperti meregangkan tangan, bahu, leher, lengan dan lainnya.
Cobalah jalan-jalan sejenak, kalau bisa jalan-jalan di luar ruangan sehingga Anda dapat melihat-lihat lingkungan dan memperoleh udara segar.

Jika Anda sudah duduk terlalu lama, penting untuk berdiri dan menggerakkan tubuh.

5. Picu Rasa Puas

Sejumlah penelitian menemukan bahwa orang-orang yang memiliki perasaan puas terhadap kehidupannya punya kesehatan mental lebih baik. Dengan begitu, munculkan perasaan puas dalam hati Anda, salah satu caranya yaitu dengan memikirkan hal yang telah Anda miliki, sementara orang lain tak memilikinya.

6. Fokus Masa Sekarang

Cara mengatasi kegelisahan yaitu fokuskan pikiran untuk masa sekarang. Arahkan pikiran untuk fokus memikirkan masa saat ini, jangan sampai Anda terjebak mengenai masa lalu dan masa depan.

7. Santai Hadapi Penilaian Orang Lain

Jangan terlalu memikirkan penilaian orang lain, hindari mementingkan penilaian dan pendapat orang lain. Terlalu khawatir terhadap omongan orang-orang bisa menyebabkan seseorang hidup dengan penuh kegelisahan.

8. Hindari Perfeksionis

Orang yang punya sifat perfeksionis biasanya mudah gelisah. Perfeksionis adalah sifat ingin mengejar kesempurnaan dan menerapkan standar terlalu tinggi. Orang perfeksionis punya ekspetasi sangat tinggi, hal ini yang kemudian memicu kegelisahan.

Orang perfeksionis biasanya suka merasa gak puas pada hasil kerjanya, walaupun telah memperoleh hasil kerja yang bagus. Hindari suka mencari kesempurnaan, sebab bisa menyebabkan Anda rentan mengalami kegelisahan.

Terlalu mencari kesempurnaan (perfeksionis) secara umum bakal berdampak buruk pada kesehatan mental dan kesehatan fisik.

9. Kontrol Seperlunya

Kita memang perlu mengontrol hal-hal di kehidupan kita, tapi jangan berlebihan. Orang menjadi rentan gelisah tatkala punya keinginan mengontrol segala sesuatu di kehidupan, dimana saat kondisi tidak bisa dikontrol sepenuhnya lalu terpicu rasa gelisah. Lebih baik jalani hidup seperti air mengalir.

10. Jangan Overthinking

Overthinking dapat menjadi sumber kegelisahan. Overthinking adalah perilaku terlalu banyak berpikir atau memikirkan sesuatu dengan berlebihan.

Hal itu termasuk memikirkan sesuatu secara berlebihan ataupun berulang-ulang, menganalisa sesuatu sangat mendalam (melewati batas tidak wajar) hingga memunculkan perasaan cemas ekstrem.

Sebenarnya boleh-boleh saja memikirkan kembali tentang keputusan yang sudah dipilih, memikirkan kemungkinan terburuk di masa mendatang, ataupun memikirkan pandangan orang lain terhadap diri kita, tapi jangan berlebihan karena memicu kegelisahan.

Cara mengatasi overthinking yaitu jangan terlalu fokus pada hal-hal yang tidak bisa dikendalikan. Jika Anda terlalu fokus pada hal yang tidak bisa diubah, itu hanya memunculkan perasaan cemas dan kegelisahan yang tak perlu.

Lalu hindari memikirkan sesuatu secara berulang-ulang, hindari juga suka memikirkan skenario terburuk di kehidupan.

11. Jaga Asupan

Asupan yang dikonsumsi bisa mempengaruhi perasaan gelisah. Dimana orang-orang yang sering menyantap asupan tinggi lemak jenuh dan gula bakal rentan mengalami perasaan gelisah.

Selain itu batasi asupan kafein seperti kopi, teh, cokelat dll. Terlalu sering mengkonsumsi kopi dan teh bisa meningkatkan resiko munculnya perasaan gelisah. Dengan demikian, penting untuk memperhatikan apa yang Anda konsumsi.

12. Aktivitas Fisik

Jika Anda selama ini jarang melakukan aktivitas fisik, maka mulailah untuk menggerakkan badan. Melakukan aktivitas fisik dapat mencegah atau setidaknya mengurangi munculnya perasaan gelisah.

Mulailah semangat olahraga, tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup yang ringan-ringan saja seperti jogging atau jalan kaki 15 menit, itu sudah memberikan manfaat besar berupa peningkatan suasana hati dan manfaat kesehatan mental secara umum.

13. Stop Pemicu

Anda perlu mengenali pemicu munculnya perasaan gelisah, misalnya apabila Anda sering merasa gelisah setelah melihat postingan debat politik di media sosial (FB, Twitter dll), maka segera unfollow.

Dengan mengenali segala pemicu perasaan gelisah, Anda bisa lebih mudah mengatasi permasalahan rasa gelisah.

14. Hindari Jadwal Padat

Menjadi aktif dan produktif itu memang sangat bagus, tapi hindari memiliki jadwal yang terlalu banyak (padat). Ingatlah bahwa Anda bukan robot, Anda adalah manusia yang membutuhkan rileksasi atau jeda istirahat.

Jadi sekalipun Anda tergolong orang yang sibuk, selalu ingat untuk memprioritaskan kesehatan fisik dan mental. Menjalani hidup dengan rileks efektif mengenyahkan kegelisahan di kehidupan.




Baca Juga:

Tidak ada komentar: