Ciri-Ciri Orang Mau Menang Sendiri dan Cara Menghadapinya

Mau Menang Sendiri
Photo credit: stock.adobe.com|moodboard

Tentu sangat membahagiakan memiliki teman yang punya sifat empati dan peduli terhadap sesama. Sebaliknya, merupakan sebuah bencana jika memiliki teman dengan sifat mau menang sendiri.

Biasanya orang yang punya sifat mau menang sendiri kurang peka terhadap perasaan orang lain, dia hanya mau keuntungan untuk dirinya sendiri. Bahkan parahnya, bisa saja dia mencari keuntungan dengan tega-teganya mengorbankan Anda.

Orang yang punya sifat mau memang sendiri bakal sangat menjengkelkan dan merugikan, sehingga perlu dihindari atau berhati-hati padanya.

Ciri-Ciri Orang Mau Menang Sendiri


1. Merasa Hebat

Orang yang merasa paling hebat dan suka meremehkan orang lain biasanya punya kecenderungan kepada karakter mau menang sendiri. Walau tidak selalu, tapi perasaan merasa hebat bisa memicu tindakan zolim dan mau menang sendiri.

2. Terlihat Tidak Peduli

Jika Anda melihat orang yang punya karakter tidak peduli atau acuh tak acuh maka perlu berhati-hati padanya, kemungkinan dia punya sifat mau memang sendiri.

Ini terlihat dari wajahnya yang tidak berempati serta malas peduli pada kondisi, perasaan atau kebutuhan orang lain. Waspada pada orang seperti itu.

3. Tampak Rakus

Orang yang mau menang sendiri ingin menguasai semuanya, sehingga dalam kehidupan sehari-hari bakal terlihat dalam kepribadiannya yang rakus.

Saking rakusnya, dia tampak tidak peduli pada keperluan atau kepentingan orang banyak. Jika Anda melihat seseorang yang mengutamakan kepentingan diri sendiri diatas kepentingan orang banyak (kepentingan umum), dipastikan dia punya sifat mau menang sendiri.

4. Tampak Susah Bersyukur

Jika Anda melihat seseorang yang susah bersyukur maka perlu berhati-hati padanya. Orang yang susah bersyukur biasanya karena punya sifat rakus atau tidak puas dengan segala yang telah dimiliki. Dimana, orang yang punya sifat rakus cenderung mau memang sendiri.

5. Mudah Melanggar Hak Orang

Seseorang yang terbiasa melanggar hak orang lain bakal cenderung punya sifat mau menang sendiri. Misalnya, tetangga Anda sering memarkir mobilnya tanpa izin di depan rumah Anda, itu berarti tetangga Anda punya kecenderungan kepada sifat mau menang sendiri.

6. Suka Cari Kambing Hitam

Jika Anda melihat seseorang yang terlalu mudah menyalahkan orang lain, bahkan hobinya mencari kambing hitam, maka kemungkinan besar orang tersebut memiliki karakter mau menang sendiri. Hal ini juga termasuk orang yang tidak mau disalahkan, tapi justru mencari celah untuk menyalahkan orang lain.

7. Susah Menerima Masukan

Orang dengan sifat mau menang sendiri biasanya punya ego tinggi, sehingga sering keras kepala dan tidak mau mendengarkan masukan atau pendapat orang lain, bahkan cenderung meremehkan sudut pandang orang lain.

8. Problem dalam Kerja Sama

Orang dengan sifat mau menang sendiri biasanya kesulitan saat melakukan kerja sama tim, gampang mengalami cekcok atau konflik dengan teman-teman satu tim.

9. Kurang Berempati

Jika Anda menemui orang yang susah sekali untuk berempati, maka waspada karena ada kemungkinan dia tipe orang yang mau menang sendiri.

Hal itu karena orang-orang yang hanya peduli kepada diri sendiri atau terlalu fokus pada diri sendiri, biasanya mereka kurang peka pada perasaan orang lain dan kurang mampu berempati.

Cara Menghadapi Orang Mau Menang Sendiri


Cukup menjengkelkan memiliki teman yang sifatnya mau menang sendiri, sehingga jaga kestabilan mental Anda dan berusaha untuk tidak mudah tersinggung.

Jika Anda tau sifat dasarnya memang seperti itu maka berusaha tidak baper pada tingkah lakunya. Selain itu, cara menghadapi orang yang mau menang sendiri yaitu jangan suka berdebat dengannya.

Hal yang percuma jika Anda berdebat dengan teman yang sifatnya mau memang sendiri, itu hanya akan buang-buang energi dan emosi.

Dengarkan saja ucapan dia tanpa perlu direspon. Melakukan ini penting untuk mencegah terjadinya konflik dan debat kusir.

Jika Anda ingin menyampaikan pendapat, maka sampaikan dengan cara elegan dan menghindari potensi terjadinya perdebatan. Berdebat dengan orang yang mau menang sendiri adalah hal yang sangat melelahkan.

Teman dengan sifat mau menang sendiri bakal sangat menjengkelkan, Anda mungkin bisa sangat marah padanya. Marah berlebihan tidaklah baik, maka kurangi rasa marah Anda dengan mencoba mengingat sisi positif dan kebaikan dia.

Apakah saya termasuk orang yang punya sifat mau menang sendiri? Berikut tanda-tanda jika Anda memiliki karakter mau menang sendiri:
  1. Selalu ingin dituruti, jika tidak maka Anda merasa emosi.
  2. Anda mudah mengeluh.
  3. Anda merasa emosi saat diberikan kritik atau masukan.
  4. Anda sulit berkompromi dengan orang lain, karena Anda punya pemikiran bahwa segalanya harus sesuai keinginan Anda.
  5. Teman Anda sering membantu Anda, tapi Anda justru tidak peka saat teman membutuhkan bantuan.
  6. Anda memaksa orang lain untuk mendengarkan cerita Anda, tapi Anda sendiri tidak mau sabar mendengarkan cerita dari orang lain.
  7. Suka meminta lebih dan lebih, dengan kata lain dikasih hati minta jantung.
  8. Anda suka membuat orang lain merasa bersalah (tindakan manipulasi). Misalnya saat teman Anda tidak membantu Anda, maka Anda langsung berakting menjadi 'si paling tersakiti' sehingga teman Anda merasa bersalah.




Baca Juga:

Tidak ada komentar: