18 Cara Meningkatkan Keyakinan Diri dan Jadi Percaya Diri

Percaya diri adalah pondasi utama dalam melakukan berbagai hal. Seseorang baru akan berani berbuat dan berinovasi ketika telah merasa yakin dan percaya diri.

Dengan memiliki keyakinan diri, seseorang akan memiliki kepercayaan penuh bahwa dirinya mampu untuk menjalani dan mengendalikan kehidupannya dengan baik.

Cara Agar Percaya Diri

Karakter percaya diri sangat menolong kamu untuk meningkatkan kualitas diri, baik itu dalam dunia pekerjaan maupun kehidupan sosial.

Orang yang tidak percaya diri akan susah berkembang karena kehidupan-nya diselimuti oleh rasa cemas dan khawatir. Dimana dirinya takut untuk mencoba hal baru, kalau begini tidak akan maju-maju.

Seringnya seseorang berprasangka buruk terhadap dirinya sendiri, seperti membuat penilaian negatif terhadap diri sendiri yang justru hanya akan membuat jiwa dan mental lemah.

Cara Meningkatkan Keyakinan Diri


1. Jangan Takut Gagal

Cara membangun rasa percaya diri yaitu jangan terlalu khawatir untuk salah atau gagal. Semua orang yang hidup di atas permukaan bumi pasti pernah mengalami kegagalan, kehidupan tidak selalu berjalan mulus.

Oleh karena itu janganlah paranoid dengan yang namanya kegagalan, kamu harus berani mencoba dan melangkah sehingga menumbuhkan jiwa pemberani.

Ingat! Sukses hanya bisa diraih dengan belajar dari kegagalan. Kegagalan merupakan guru yang luar biasa, maka dari itu jangan takut gagal.

Kegagalan juga mendidik kamu untuk menghargai kesuksesan. Cobalah untuk berani melangkah dan mengambil risiko, saat kamu berhasil mengatasinya maka akan terbangun rasa percaya diri.


2. Kenali Diri Sendiri

Cara meningkatkan keyakinan diri yaitu kenali diri kamu sendiri, pahami tentang kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

Kenali potensi dan bakat, jangan disiakan-siakan karena kamu harus segera mengasah bakat dan kemampuan yang dimiliki hingga nantinya semakin berkembang, itu menjadi modal kamu dalam memiliki rasa percaya diri yang kuat.

Penyebab utama tidak percaya diri adalah karena tidak memiliki bakat atau kemampuan yang bisa dibanggakan, maka mulailah dari sekarang untuk mengasah skill atau bakat.

Selalu ingat bahwa masing-masing orang punya kelebihan dan kekurangan, jangan terlalu bersedih jika kamu mendapati kekurangan pada diri, tidak ada orang yang sempurna. Fokuslah pada kekuatan atau kelebihan, ini akan membuatmu berkembang.

3. Miliki Karakter Ramah

Cara percaya diri yaitu cobalah bersikap ramah. Salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting dalam kehidupan adalah koneksi atau pergaulan yang baik. Membiasakan sikap ramah dan mudah tersenyum ternyata bisa meningkatkan keyakinan diri.

Pastikan tersenyum di momen yang sesuai, kalau senyum-senyum sendiri nanti dibawa ke rumah sakit jiwa.

Murah senyum dan ramah bikin orang-orang senang dan akan menghargai kamu, faktor semacam ini membantu menciptakan keyakinan di dalam diri.

4. Jaga Kebugaran Tubuh

Kebugaran tubuh sangat mempengaruhi tingkat percaya diri seseorang, mempunyai tubuh yang fit akan bisa memperkuat keyakinan di dalam diri untuk berbuat berbagai hal.

Ketika berolahraga, berarti kamu telah berhasil menyemangati diri agar mau aktif bergerak daripada cuma duduk diam saja.

Saat fisik aktif bergerak, di dalam tubuh akan dilepaskan senyawa endorfin yang memiliki fungsi mencegah stres, menjaga suasana hati tetap nyaman, dan membuat kondisi psikologis lebih baik.

Olahraga menjadikan penampilan dan bentuk tubuh lebih baik dan menarik, ini akan meningkatkan tingkat keyakinan diri.

Setelah berolahraga akan muncul perasaan puas dan bahagia, hal ini dapat membantumu untuk memandang kehidupan dengan lebih positif. Mulailah semangat berolahraga, dimana ini juga meningkatkan kemampuan konsentrasi.


5. Jaga Penampilan Diri

Cara mengatasi kurang percaya diri yaitu jangan abai pada penampilan diri. Kita harus belajar untuk memperbaiki penampilan diri, hal ini penting. Namun, membangun keyakinan diri tidak harus dengan pakaian mewah, menjaga penampilan diri bukanlah sesuatu yang rumit.

Beberapa hal sederhana yang perlu dilakukan agar bisa menjaga penampilan diri seperti mencuci muka agar tampak segar, menyisir rambut agar rapih, meluruskan kerah, menggosok gigi, memperhatikan bau badan dll.

Dengan menjaga penampilan akan membantu meningkatkan keyakinan diri. Bagian dalam diri adalah hal terpenting, tapi bukan berarti mengabaikan bagian luar diri.

6. Jaga Sikap Tubuh

Cara agar percaya diri yaitu perhatikan sikap tubuh. Postur dan sikap tubuh seringkali berbicara banyak tentang diri sendiri, dimana sikap tubuh bisa mencerminkan tingkat keyakinan diri.

Hindari berdiri dan duduk dengan posisi membungkuk, biasakan lebih tegap mulai sekarang. Posisi tegap akan menumbuhkan karakter positif (seperti lebih berani, percaya diri dll) ke alam bawah sadar.

Bagaimana kamu membentuk postur, itu dapat mempengaruhi perasaan. Jadi perhatikan baik-baik postur badan.

Orang-orang umumnya menilai kamu dari sikap tubuh, untuk menilai apakah kamu orang yang rileks, agresif, mudah bergaul dll. Latih keyakinan diri melalui bahasa tubuh yang baik dan berkarakter.

Hindari berjalan dengan posisi kepala cenderung menunduk, postur ini memberikan sinyal bahwa kamu anti-sosial, orang-orang akan berpikir seperti itu.

Hindari memasukkan tangan ke dalam saku, kebiasaan ini dapat membuat keyakinan diri melemah. Menyembunyikan tangan tanda nervous, adapun membiarkan tangan di tempat terbuka menunjukkan percaya diri yang kuat.

Dengan postur tubuh tegap dan langkah agak lebar. kamu akan terlihat punya keyakinan diri yang kuat. Hindari melakukan gerakan-gerakan yang terlalu banyak atau tidak jelas.

Melakukan gerakan-gerakan yang tidak beraturan menandakan seseorang nervous, merasa tegang, cemas, tidak yakin dan tidak percaya diri.



7. Mudah Tersenyum

Agar memiliki rasa percaya diri caranya adalah biasa tersenyum. Senyum memberikan manfaat psikologis yang sangat positif, tersenyum dapat membuat diri sendiri dan orang lain bahagia.

Ketika tersenyum pada orang lain, kemungkinan besar mereka akan tersenyum balik, hal ini tentunya sangat baik.

Mudah tersenyum membuat kamu lebih menarik, umumnya orang akan lebih tertarik dan senang kepada orang yang mudah tersenyum.

Tersenyum merubah mood jadi lebih baik, ketika sedang mengalami kesedihan atau kesal maka dengan tersenyum akan dirasakan perbedaan-nya. Terbiasa tersenyum akan membuat beban hidup jadi lebih ringan.

8. Perhatikan Lingkungan

Cara menjadi percaya diri yaitu posisikan diri kamu di lingkungan positif. Ketika berada di lingkungan sosial akan ditemui berbagai orang dengan karakternya masing-masing.

Agar bisa membangun tingkat keyakinan diri, kamu harus memastikan untuk berinteraksi dengan orang-orang yang benar, dimana mereka menjadi orang-orang yang layak untuk kamu dapat belajar bagaimana cara berperilaku, berbicara, bersikap dan banyak hal lainnya.

Faktor lingkungan sangat mempengaruhi kepribadian kamu, apabila kamu bergaul di lingkungan orang-orang yang rendah motivasi, negatif thinking dan suka mengeluh, maka sifat-sifat jelek itu bakal menular ke jiwa kamu.

Demikian sebaliknya, jika berada di tengah-tengah orang yang memiliki karakter positif, maka hal-hal positif akan menular kepada kamu. Lingkungan sangat besar pengaruhnya terhadap karakter kamu.

9. Tatap Mata Lawan Bicara

Cara meningkatkan keyakinan diri yaitu biasakan menatap mata lawan bicara. Ketika berbicara dengan seseorang, tidak perlu khawatir untuk melakukan kontak mata.

Hindari kepala bergerak bukan ke arah lawan bicara kamu. Dengan melakukan kontak mata akan memberikan kesan kepada lawan bicara bahwa kamu adalah seorang yang memiliki keyakinan diri kuat.



10. Buang Suara-Suara Negatif di Kepala

Ada kalanya muncul suara negatif dari dalam diri, seperti mengatakan bahwa diri ini tidak mampu, bodoh, lemah, tidak menarik, tidak pandai bergaul dll.

Ketika suara semacam itu muncul di pikiran maka ketahuilah bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Ketika kamu mempunyai kekurangan pada satu hal, kamu mempunyai kelebihan dalam hal lain.

11. Lupakan Standar Orang Lain

Cara menjadi diri sendiri dan percaya diri yaitu jangan terlalu dengerin omongan orang-orang. Orang lain mempunyai pemikiran berbeda dengan kamu, dan bisa bermacam antar setiap orang.

Oleh karena itu, bagaimanapun kamu berusaha untuk bisa sampai pada standar yang diinginkan orang lain, maka tidaklah selalu dapat membuat puas mereka.

Maka tidak usah khawatir dengan penilaian dan anggapan orang, yang perlu kamu lakukan adalah fokus pada apa yang kamu usahakan.

Adapun standar orang lain jangan dijadikan patokan hidup, sebab orang lain tidaklah mengetahui kondisi kamu secara detail.

12. Bersikap Dewasa

Cara membangun kepercayaan diri yaitu mulailah selalu bersikap dewasa. Memiliki adab atau sopan santun yang tinggi ternyata dapat meningkatkan keyakinan diri.

Sebaliknya jika memiliki adab yang buruk, berbicara ceplas ceplos, bersikap seperti anak kecil padahal sudah berumur dewasa, maka hal-hal buruk ini menyebabkan hilangnya wibawa dan terkikisnya kepercayaan diri.

13. Miliki Sifat Bersyukur

Bersyukur adalah kunci kebahagiaan dalam hidup, hal ini benar. Selain itu dengan bersyukur dapat membuat keyakinan diri meningkat, seseorang yang bersyukur dadanya akan menjadi sangat lapang.

Dengan senantiasa bersyukur pada apa yang telah dimiliki, ini efektif menjadi cara tidak mudah mengeluh. Jangan terlalu fokus pada apa diinginkan, sebab jika hal itu tidak kesampaian hanya akan membuat stres, yang akhirnya berdampak buruk pada psikologi, termasuk merusak bangunan keyakinan dalam diri.

14. Tingkatkan Wawasan

Cara menjadi orang yang percaya diri yaitu miliki wawasan yang luas. Berusahalah memperluas wawasan dan pengetahuan, sebab orang yang mempunyai pengetahuan dan wawasan akan punya keyakinan diri lebih tinggi.

Percaya diri biasanya muncul ketika seseorang yakin bahwa dirinya berkompeten dengan keahlian atau pengetahuan yang dimilikinya.

Meningkatkan wawasan dan skill tidak cuma dilakukan di bangku sekolah atau kuliah, kamu bisa mengikuti kursus keahlian tertentu, seminar, browsing di internet, hingga membaca buku dari karya orang-orang hebat.

15. Stop Bandingkan Diri

Cara agar percaya diri yaitu stop membanding-bandingkan diri kamu dengan pihak lain. Entah itu dalam hal bentuk fisik, wajah, jabatan, achievement, keuangan dll.

Setiap individu itu unik dan mempunyai jalan hidupnya, dengan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi jangan suka meratapi diri, serta tidak perlu merasa iri hati dan merasa rendah dari orang-orang.

Kurangi aktivitas melihat-lihat kemewahan yang dipamerkan orang lain di medsos karena berdampak buruk untuk kesehatan mental.

16. Tingkatkan Rasa Kemandirian

Cara mengatasi kurang percaya diri yaitu tingkatkan kemandirian dan kurangi ketergantungan pada orang lain. Jangan sampai kamu terlalu bergantung pada orang lain.

Mulai dari sekarang janganlah terlalu mengandalkan orang lain, caranya yaitu dengan tingkatkan kemampuan diri. Terlalu mengandalkan pihak lain membuat kamu jadi tidak berdaya dan nantinya menimbulkan perasaan tidak percaya diri.

17. Jauhi Orang Toxic

Mulai dari sekarang berhati-hatilah terhadap orang yang toxic, pilihlah teman-teman yang memberikan efek positif bagi jiwa dan mental kamu.

Apabila kamu punya teman yang hobi ngomong kejelekan, apalagi jika dia ketahuan pernah menjatuhkan kamu sehingga merusak kesehatan mentalmu, lebih baik jaga jarak darinya.

Termasuk jauhi teman yang hobi pamer karena kedatangannya akan selalu membuatmu bersedih. Lebih baik carilah teman-teman yang punya pikiran dewasa dan bisa menghargai pihak lain. Berteman dengan mereka, lama-kelamaan akan mendorong kamu jadi pribadi yang luar biasa.

18. Tips Lainnya
  • Tetaplah fokus sepanjang waktu, hal ini bisa meningkatkan keyakinan dalam diri. Latihlah diri agar berkonsentrasi pada apa yang dilakukan, dan abaikan segala hal yang mengganggu.
  • Latihlah diri untuk memiliki prinsip hidup yang mantap, sehingga tidak mudah goyah ketika menerima ucapan negatif dari orang lain.
  • Hilangkan perasaan risau dan galau di dalam diri, buatlah jiwa dan pikiran dalam keadaan yang tenang, hindari memikirkan hal-hal yang tidak berguna.
  • Jadilah orang yang rajin bekerja. Memiliki sifat suka bekerja keras akan memberikan rasa percaya diri yang kuat.
  • Buang sifat-sifat jelek seperti suka mengeluh, mudah putus asa, hobi bergosip, mudah berbohong, mudah marah dll. Memelihara sifat-sifat buruk bakal mengakibatkan kamu semakin sulit percaya diri.




Baca Juga: