19 Bahaya & Efek Begadang yang Harus Diketahui

Begadang

Begadang sudah menjadi pola hidup yang dijalankan banyak orang saat ini, namun sayangnya kebiasaan begadang akan mengurangi waktu tidur malam secara drastis.

Beberapa penyebab orang begadang yaitu karena tuntutan pekerjaan (seperti buruh pabrik, satpam dll), mengerjakan tugas kuliah, maupun hanya sekedar hiburan seperti nonton pertandingan sepak bola, main gadget dll.

Bahaya & Efek Buruk Begadang


1. Risiko Kecemasan

Bahaya begadang bisa menyebabkan masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan. Hal itu karena kurang tidur malam menyebabkan gangguan keseimbangan kimia otak, yang memicu rusaknya suasana hati, hingga gampang stres dan cemas.

Dan dalam jangka panjang, ini bisa menimbulkan masalah yang lebih serius atau berbahaya.

2. Daya Ingat Menurun

Orang yang sering begadang cenderung memiliki daya ingat lebih rendah, hal ini bisa membuat kamu kesulitan dalam mengingat informasi, entah itu informasi baru maupun yang sudah ada sebelumnya.

Efek begadang bisa menyebabkan penurunan daya ingat, dimana tidur malam berperan penting untuk pemeliharaan fungsi memori. Kebiasaan begadang akan merusak proses ini.

Kurang tidur malam berisiko merusak keseimbangan kimia dalam otak, termasuk neurotransmitter yang bertanggung jawab pada proses pemeliharaan memori. Ketidakseimbangan ini bisa mengakibatkan gangguan fungsi memori.

Kurang tidur malam juga akan merusak pola tidur, dampaknya menghambat aktivitas otak yang penting untuk memori.

Kebiasaan begadang juga bisa memicu stres, dimana kondisi stres bisa mengganggu fungsi kognitif secara keseluruhan, termasuk daya ingat. 

3. Kreativitas Menurun

Dampak begadang bisa menyebabkan penurunan kemampuan berpikir kreatif, dimana tidur malam berfungsi penting untuk proses kreativitas.

Kurang tidur malam akan mempengaruhi kemampuan kamu dalam berpikir kreatif dan menemukan solusi yang inovatif.

Mengapa begadang menyebabkan penurunan kemampuan kreativitas:
  • Bedagang menyebabkan kekurangan waktu istirahat bagi otak dan tubuh. Hal ini menyebabkan penurunan fokus, konsentrasi dan daya ingat, yang semuanya penting dalam proses berpikir kreatif.
  • Kurang tidur malam mengganggu proses berpikir kritis, dimana ini menyebabkan kamu kesulitan untuk berpikir jernih dan menghubungkan ide-ide dengan cara inovatif.
  • Begadang biasanya mengakibatkan kelelahan hebat secara fisik dan mental, kondisi ini akan mengambat kamu untuk berkreasi dan berpikir out of the box.
  • Begadang menyebabkan peningkatan risiko stres. Saat kamu merasa stres, itu akan secara drastis menurunnya kemampuan berpikir kreatif dan sulit menghasilkan ide-ide baru.

Dengan demikian usahakan memiliki waktu tidur malam, manfaat tidur malam bisa meningkatkan kemampuan untuk mengumpulkan inspirasi dan menciptakan hubungan antara konsep-konsep yang berbeda, yang itu merupakan elemen terpenting untuk berpikir kreatif.

4. Sulit Konsentrasi

Kurang tidur malam bisa menyebabkan kamu sulit konsentrasi, termasuk kesulitan untuk memusatkan perhatian pada tugas-tugas yang butuh konsentrasi tinggi. Ini benar-benar bisa merusak produktivitas kamu.

5. Gangguan Proses Belajar

Efek kurang tidur malam menyebabkan gangguan pada kemampuan belajar, dimana tidur malam juga menjadi momen otak memproses informasi dan memulihkan kinerja otak.

Kebiasaan begadang bisa mengganggu proses belajar, serta menurunkan kemampuan memahami dan mengingat materi pelajaran.

6. Penurunan Kewaspadaan

Efek tidak tidur semalaman bisa menyebabkan penurunan tingkat kewaspadaan dan kemampuan merespon, sehingga jangan heran jika begadang bikin kamu kesulitan dan lamban dalam merespon sesuatu, termasuk lamban dalam berpikir.

7. Suasana Hati Buruk

Efek begadang menyebabkan suasana hati rusak, dimana begadang mengacaukan siklus tidur alami yang mengganggu produksi hormon dan neurotransmiter yang bertanggung jawab dalam menjaga kestabilan suasana hati.

Selain itu begadang bisa meningkatkan kadar kortisol. Kortisol adalah hormon yang memicu perasaan stres, yang nantinya berkaitan dengan rusaknya suasana hati.

Kurang tidur menyebabkan mood bagaikan roller coaster. Orang yang kurang tidur malam biasanya mudah terpancing emosi (gampang tersinggung), merasa lesu, frustasi dan sulit berkonsentrasi.

8. Resiko Kesalahan Tinggi

Kurang tidur malam bisa membuat kamu rentan untuk melakukan lebih banyak kesalahan pada tugas-tugas yang sifatnya kompleks, butuh konsentrasi dan fokus.

Jelas kondisi ini akan menurunkan produktivitas dan performa kerja kamu, bahkan mungkin bisa mengganggu aktivitas sehari-hari secara umum.

9. Sulit Memecahkan Masalah

Kurang tidur malam bisa menyebabkan penurunan kemampuan dalam pemecahan masalah, dimana begadang menyebabkan kamu kesulitan untuk bisa konsentrasi, kreatif dan berpikir kritis. Semua elemen tersebut diperlukan dalam upaya memecahkan suatu masalah.

10. Menurunkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat tidur malam untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, adapun kebiasaan begadang bisa melemahkan daya tahan tubuh yang berdampak pada kemampuan tubuh dalam menangkal infeksi seperti flu dan pilek.

Kurang tidur malam juga menyebabkan lambatnya proses penyembuhan saat tubuh sedang sakit.

11. Penurunan Kualitas Hidup

Akibat sering begadang bisa menyebabkan penurunan kualitas hidup, dimana kurang tidur malam berdampak buruk pada suasana hati, jiwa menjadi gampang stres dan frustasi, hingga tubuh kekurangan energi.

Hal-hal tersebut akan menghilangkan kemampuan kamu dalam menikmati kehidupan sehari-hari.

12. Gangguan Tekanan Darah

Sering begadang sudah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan masalah kardiovaskular lainnya, dimana kebiasaan begadang bisa meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

13. Risiko Kecelakaan Meningkat

Kurang tidur malam sudah terbukti menjadi penyebab utama kecelakaan lalu lintas dan kecelakaan di tempat kerja. Efek begadang menyebabkan sulit konsentrasi, keterlambatan respons dan penurunan tingkat kewaspadaan.

14. Penurunan Fungsi Sistem Saraf Pusat

Fungsi tidur malam untuk memulihkan dan meregenerasi sistem saraf pusat. Kebiasaan begadang akan merusak proses ini, yang berakibat pada melemahnya fungsi sistem saraf pusat sehingga terhambatnya komunikasi antara otak dan bagian tubuh lainnya.

15. Kulit Kusam dan Penuaan Dini

Tidur malam bermanfaat untuk proses regenerasi sel-sel kulit. Efek begadang menyebabkan risiko stres oksidatif pada kulit, beberapa dampaknya yaitu menyebabkan kulit kusam dan kering, serta menjadi lebih rentan terhadap tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan kerutan.

16. Gangguan Menstruasi

Efek begadang bagi wanita yaitu gangguan menstruasi, dimana kurang tidur malam bisa memengaruhi siklus menstruasi wanita karena siklus tidur yang berantakan.

Wanita yang sering begadang rentan mengalami gangguan menstruasi seperti siklus tidak teratur, nyeri menstruasi lebih intens dll.

17. Gangguan Sistem Pencernaan

Dampak begadang menyebabkan masalah pada sistem pencernaan seperti sembelit, sering mulas, merasa masuk angin (termasuk merasa mual, panas-dingin), hingga masalah yang lebih serius seperti GERD dan sindrom iritasi usus.

18. Gangguan Siklus Hormon

Tidur malam bermanfaat untuk menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh. Begadang bisa merusak hal ini, termasuk menghambat produksi hormon seperti hormon pertumbuhan, insulin dll. Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh bisa berdampak buruk terhadap fisik dan psikis.

19. Gangguan Sistem Reproduksi

Efek begadang telah dikaitkan dengan masalah penurunan fertilitas, baik itu pada pria maupun wanita. Pada pria, sering begadang berdampak pada penurunan kualitas sperma. Pada wanita, kebiasaan begadang mengakibatkan gangguan siklus menstruasi.




Baca Juga:

No comments: