16 Tips Tetap Bugar & Sehat Walau Sering Begadang

Begadang Malam

Walaupun sudah umum diketahui begadang itu aktivitas kurang sehat, hanya saja sebagian pekerja dituntut begadang di malam hari. Sehingga mau tidak mau harus begadang.

Beberapa profesi yang menuntut sering begadang yaitu polisi, perawat, mekanis, operator pabrik, satpam dan lainnya.

Ada banyak efek begadang yaitu menyebabkan tubuh jadi lemas, letih hingga terkadang kepala terasa sakit. Waktu tidur paling berkualitas adalah malam hari, manusia sangat memerlukan tidur berkualitas.

Begadang bisa membuat seseorang terserang masalah gangguan tidur yang cukup parah. Masalah gangguan tidur ini tidak main-main.

Para ahli kesehatan menjelaskan bahwa kebiasaan tidak tidur pada malam hari membuat seseorang berisiko terkena depresi. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya sinar matahari dan vitamin D3.

Tips Tetap Bugar & Sehat Walau Sering Begadang


Berikut tips agar tetap bugar dan sehat meski sering begadang:

1. Jangan Lupa Tidur di Siang Hari

Tidur siang berguna untuk melancarkan peredaran darah, karena saat itu sedang panas-panasnya maka menjadi saat yang tepat untuk tidur sementara.

Tidur Siang
Photo credit: http://www.fifty-plus.net/index.cfm

Tidur siang juga berguna agar kebutuhan tidur sehari-hari dapat terpenuhi dengan baik, dimana manusia dalam sehari butuh istirahat antara 6-8 jam.

Enggak semua orang punya kesempatan istirahat yang memadai saat malam, apalagi kalau bekerja di shift malam selama seminggu penuh. Sehingga tidur siang berfungsi menyegarkan pikiran dan tubuh. Manfaatnya juga dapat mengurangi stres akibat tuntutan begadang.

2. Hindari Angin Malam Secara Langsung

Tips begadang yang sehat yaitu hindari paparan angin malam. Ini hal yang penting ketika beraktivitas di malam hari (begadang). Hindari tubuh terpapar angin malam secara langsung, apalagi dalam waktu lama.

Usahakan beraktivitas di dalam ruangan. Angin malam dapat menyebabkan masalah serius pada paru-paru, itu karena angin malam punya level kelembapan sangat tinggi.

Bila kamu terpaksa begadang di luar ruangan, maka pakai jaket atau sweater sehingga badan dapat lebih terlindungi dari angin malam. Dimana angin malam ini menimbulkan efek buruk pada kesehatan.


3. Jaga Pola Makan

Begadang seringkali mengakibatkan pola makan menjadi berantakan, seperti terlambat makan ataupun sebaliknya (mudah sekali lapar ketika begadang).

Hal ini akhirnya membuat pola makan menjadi tidak sehat, serta beresiko tinggi mengkonsumsi makanan terlalu banyak dalam satu waktu, tentunya ini tidak sehat.

Untuk mengatasinya cukup mudah, yaitu kamu cukup makan malam terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas di waktu begadang.

Makanan yang dikonsumsi utamakan sayuran dan buah yang sehat dan kaya akan kandungan vitamin. Jika ingin nyemil, pilihlah camilan yang sehat dan bergizi.

4. Asupan Bergizi

Pastikan kamu mengutamakan asupan bernutrisi. Tidak jarang orang-orang begadang dengan “ditemani” rokok. Rokok tidak disarankan sebagai teman begadang.

Kopi mengandung kafein yang dapat merangsang untuk melek, hanya saja konsumsi kopi tidak dapat menambah energi.

Adapun jika ingin mengkonsumsi kacang, maka lebih baik kacang dengan kulit daripada kacang goreng. Kacang goreng umumnya tinggi akan lemak jenuh. Makanan yang digoreng biasanya terdapat lemak jenuh sehingga kurang sehat.

Perlu diketahui, orang yang begadang memerlukan tambahan energi, sehingga penting memperhatikan asupan gizi, termasuk juga vitaminnya. Tapi ingat, bukan berarti begadang menambah porsi makanan terlalu banyak.

Beberapa camilan saat begadang yang sehat:
  • Apel, memiliki kandungan zat besi yang membantu proses stimulasi energi ke otak sehingga terus berenergi.
  • Makanan dari gandum, tinggi akan karbohidrat yang gampang bikin kenyang dan sehat.  Macam makanan dari gandum seperti roti gandum, sereal, pasta gandum dan mie gandum. Tambahan sayuran segar sehingga semakin bergizi.
  • Cokelat hitam, yaitu cokelat yang mengandung 70 persen cocoa. Ini rendah gula dan bikin suasana hati lebih stabil saat begadang, meski rasanya cenderung pahit. Selain itu mengandung tinggi antioksidan.
  • Kacang walnut, karena kaya akan protein, berbagai jenis vitamin, kalsium, zat besi dan mineral lainnya.
  • Yoghurt, karena rendah lemak dan efektif menghilangkan perut keroncongan.
  • Keju, mengandung thyamine yang berfungsi penting pada proses pencernaan karbohidrat di dalam tubuh, sehingga tubuh berenergi lebih optimal.
  • Kacang edamame, karena kaya protein.
  • Telur rebus, karena tinggi protein dan ampuh meredakan rasa lapar.
  • Anggur, walaupun rasanya manis tapi tidak menyebabkan berat badan naik.
  • Popcorn, tapi tanpa mentega (agar sehat).
  • Strawberry dan Blueberry.
  • Oatmeal.
  • Madu.
  • Kacang almond.
  • Kacang hijau.
  • Buah pisang.

Delapan jenis camilan tersebut rata-rata tidak mengandung gula berlebihan. Pilihlah camilan malam saat begadang dengan cermat.


5. Siapkan Air Putih dan Madu

Ketika begadang sangat membutuhkan stamina yang prima, karena saat begadang menyebabkan energi terkuras banyak.

Untuk mendapatkan stamina yang baik dan prima, salah satunya dapat melalui bantuan air putih dan madu, ada banyak manfaat minum air putih saat begadang sehingga pastikan kebutuhan konsumsi air putih tercukupi.

Baik konsumsi madu maupun air putih, keduanya sangat berguna buat meningkatkan daya tahan tubuh saat begadang malam.

6. Tubuh Memperoleh Sinar Matahari Cukup

Tujuannya supaya sistem metabolisme tetap berjalan lancar, dan juga mencegah tubuh kekurangan vitamin D3 dari bahan alami.

Tips tetap bugar meski sering begadang yaitu usahakan tubuh mendapatkan sinar matahari dan minum air putih yang cukup.

Setelah begadang usahakan bangun menjelang siang, misal jam 11. Kemudian kamu bisa bersantai di dekat jendela untuk memperoleh cahaya mentari yang masuk ke dalam, atau jika memungkinkan keliling sekitar kompleks.

7. Kalau Bisa, Konsumsi Suplemen Vitamin D3

Dimana masalah yang sering dihadapi oleh orang yang sering begadang adalah kekurangan vitamin D3 karena sangat jarang mendapatkan sinar matahari di pagi hari, setelah malamnya begadang lalu paginya tidur.

8. Hindari Terlalu Banyak Minum Kopi

Walaupun memang kopi sangat berguna untuk memberikan kekuatan ekstra agar kamu dapat begadang di malam hari. Tapi, bukan berarti kamu boleh minum kopi dengan semaunya dan sebanyak-banyaknya.

Kamu perlu membatasi konsumsi kopi yang berlebihan karena mengakibatkan efek buruk bagi kesehatan, seperti meningkatkan resiko penyakit jantung.


9. Pakai Penghangat Tubuh

Gunakan produk seperti minyak kayu putih dll karena dapat menghangatkan badan, sehingga menghindari tubuh dari berbagai penyakit yang rentan menyerang di malam hari, lalu juga memberikan aroma yang membuat pikiran fresh.

Jika kamu keluar rumah pada malam hari, maka gunakan sweater, jaket atau pakaian tebal untuk melindungi tubuh dari dingin-nya malam.

10. Sediakan Obat Anti Masuk Angin

Agar berjaga-jaga dari hal yang tidak inginkan, kamu bisa menyediakan obat Anti masuk angin, dimana orang yang begadang rentan terkena masuk angin. Ketika mengalami sakit perut atau masuk angin, maka dapat langsung mengatasinya secara cepat.

11. Jangan Langsung Mandi Setelah Begadang 

Mandi pagi memang bagus untuk kesehatan dan kesegaran tubuh. Tapi jika kamu begadang, lebih baik hindari langsung mandi setelah begadang pada pagi harinya.

Apalagi bila ditambah keramas yang akan menyiram berkali-kali kepala, ini bisa memicu masalah yang buruk seperti sakit kepala dan flu.


12. Buatlah Jadwal Tidur yang Stabil

Jika tidak tidur di malam hari, bukan berarti kamu kurang istirahat di seharian penuh. Kamu dapat menyusun waktu tidur.

Misalnya, minimal di pagi hari tidur 4 jam. Lalu ditambah tidur di siang hari beberapa jam. Pokoknya bikin total durasi tidur 6-8 jam dalam sehari. Ini menjadi kebutuhan dasar setiap hari.

Pola tidur yang kacau-balau mengakibatkan terganggu-nya ritme biologis tubuh, bahkan mengakibatkan tidak stabilnya hormon tubuh, yang dampaknya jadi gampang sakit dan kurang fit.

13. Tidur Pagi/Siang dengan Penutup Mata

Ketika tidur di pagi atau siang hari disarankan menggunakan penutup mata, sehingga tidur bisa lebih berkualitas. Dengan kegelapan total pada mata ketika tidur, produksi melatonin dapat berjalan sehingga istirahat menjadi berkualitas dan nyaman.

14. Konsumsi Makanan Sehat

Tips begadang sehat yaitu perhatikan asupan kamu sehari-hari. Pilih makanan sehat dan terapkan pola makan teratur.

Konsumsi-lah makan-makanan yang padat nutrisi supaya tubuh terjaga dari berbagai ancaman penyakit. Hindari makanan model junk food karena berakibat buruk pada kesehatan tubuh.

Disarankan mengkonsumsi sayuran-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, daging, telur dan ikan.

15. Jangan Lupa Berolahraga

Cara tetap bugar meski sering begadang yaitu jangan lupa olahraga. Tujuannya supaya badan kamu bisa tetap bugar meskipun dalam keadaan begadang.

Aktivitas fisik berguna agar tubuh tidak gampang lemas. Selain itu juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah masalah obesitas.

Beberapa jenis olahraga yang dapat kamu lakukan yaitu joging, berenang, bersepeda dan banyak lainnya.

16. Batasi Minuman Penambah Energi

Akan lebih sehat untuk minum air putih, disamping juga tentunya menghemat uang kamu. Adapun minuman berenergi ini memang lumayan lezat serta memberikan efek supaya kamu bisa terjaga di malam hari. Akan tetapi minuman berenergi sangat buruk jika sering dikonsumsi.




Baca Juga: