9 Manfaat Luar Biasa Minum Air Putih Saat Begadang

Begadang Minum Air Putih

Ada banyak manfaat minum air putih bagi kesehatan, sehingga bagi kamu yang suka begadang disarankan untuk mengutamakan minum air putih.

Bagi beberapa profesi atau pekerjaan tertentu, aktivitas begadang menjadi sesuatu yang tak terhindarkan. Dikhawatirkan efek begadang berdampak buruk pada kesehatan, dimana sudah banyak penelitian yang menyebutkan hal ini.

Disarankan untuk mengutamakan konsumsi air putih saat begadang dan membatasi konsumsi minuman manis dan kafein.

Dampak buruk begadang yaitu bisa meningkatkan resiko penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke dan tekanan darah tinggi.

Begadang bisa menyebabkan peradangan dalam tubuh, yang itu berkontribusi pada beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes dan kanker.

Untuk membantu mengurangi dampak negatif begadang, sebuah hal sederhana yang wajib dilakukan yaitu mengutamakan minum air putih saat haus.

Manfaat Minum Air Putih Saat Begadang


1. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi tubuh kekurangan cairan. Begadang rentan membuat kamu dehidrasi, sehingga minum air putih menjadi kewajiban saat begadang malam.

Kafein menyebabkan meningkatnya hilangnya cairan tubuh, sehingga utamakan minum air putih ketimbang minuman berkafein (seperti kopi dan teh).

Jikapun kamu minum kopi saat begadang maka usahakan untuk dibatasi, lalu pastikan jangan lupa minum air putih.

2. Menjaga Fokus

Manfaat minum air putih saat begadang yaitu untuk menjaga fokus. Saat begadang biasanya kemampuan fokus atau konsentrasi menjadi menurun. Dengan minum air putih dapat membantu terjaganya fokus atau konsentrasi di malam hari.

Ditambah lagi aktivitas begadang menyebabkan tidak optimalnya proses regenerasi sel-sel saraf otak, sehingga minum air putih jadi keharusan.

3. Mencegah Sakit Kepala

Begadang bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan neurotransmiter yang memicu sakit kepala. Begadang juga bisa memicu dehidrasi, dimana dehidrasi bisa menyebabkan sakit kepala karena otak membutuhkan cairan yang cukup agar berfungsi dengan baik.

Manfaat minum air putih saat begadang yaitu bisa mencegah sakit kepala. Minum air putih akan melancarkan aliran darah ke otak, dimana lancarnya aliran darah sangat penting untuk mencegah sakit kepala.

4. Menekan Rasa Lapar

Kebiasaan begadang menyebabkan menurunnya produksi hormon pengontrol rasa lapar, akibatnya tubuh mudah merasa lapar. Hal ini menyebabkan orang yang begadang rentan untuk mengkonsumsi makanan secara berlebihan.

Untuk mengatasinya maka disarankan minum air putih yang cukup. Minum air putih efektif untuk menekan rasa lapar yang berlebihan.

5. Menjaga Stamina

Saat begadang biasanya gampang merasa lelah dan lesu, dalam jangka panjang begadang menyebabkan melemahnya stamina serta tubuh rentan lelah dan lesu seharian.

Untuk mengatasinya perlu minum air putih, yang manfaatnya dapat meningkatkan energi, rasa semangat dan mencegah lesu berlebihan.

Minum air putih saat begadang secara ajaib dapat mengatasi rasa lelah dan lesu, ini membantu kamu tetap produktif saat begadang.

6. Mencegah Kram Otot

Apakah begadang bisa menyebabkan kram otot? Jawabannya iya. Begadang menyebabkan kurangnya waktu tidur di malam hari, ini mengakibatkan tidak optimalnya proses regenerasi dan pemulihan otot.

Kekurangan Istirahat juga menyebabkan otot mudah lelah dan rentan terhadap kram. Selain itu begadang bisa menyebabkan dehidrasi, kekurangan cairan mengakibatkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh, yang bisa memicu kram otot.

Orang yang begadang rentan mengalami dehidrasi dan kram otot, minum air putih sangat penting untuk menghindari risiko kram otot.

Apabila kamu sering mengalami kram otot setelah begadang, maka usahakan mengurangi aktivitas begadang. Selain itu, pastikan kamu minum air putih yang mencukupi dan mengurangi konsumsi kafein.

7. Menjaga Kadar Gula Darah

Ketika begadang biasanya orang-orang suka mengkonsumsi makanan manis seperti camilan, ini berisiko menyebabkan masalah tinggi gula darah.

Manfaat minum air putih saat begadang bisa mengurangi konsumsi makanan manis, air putih juga berperan penting dalam upaya menjaga kadar gula darah yang normal.

8. Mencegah Kulit Kusam

Apakah begadang bisa menyebabkan kulit kusam? Ya, efek begadang bisa menyebabkan kulit kusam. Begadang bisa menyebabkan kulit kusam karena beberapa alasan.

Pertama: Begadang menyebabkan tidak optimalnya proses regenerasi sel-sel kulit yang rusak, sehingga membuat kulit tampak tidak segar dan kusam.

Kedua: Begadang bisa menyebabkan dehidrasi, dimana dehidrasi menjadi faktor utama penyebab kulit kusam. Saat tubuh kekurangan cairan, kulit kehilangan kelembaban dan kemampuan untuk tetap segar dan bercahaya.

Ketiga: Begadang dapat mengurangi produksi kolagen pada kulit, padahal kolagen diperlukan untuk menjaga kulit tetap elastis dan bercahaya. Akibatnya, kulit bisa terlihat kusam dan kehilangan kekencangan.

Minum air putih memberikan banyak manfaat bagi kulit, terutama untuk mengatasi kulit kusam. Air putih menjaga kelembapan kulit dari dalam sehingga mencegah masalah kulit kering dan kusam.

Minum air putih juga membuat tampilan kulit lebih segar, termasuk mengoptimalkan proses detoksifikasi (pembuangan racun dan limbah metabolik dari dalam tubuh) sehingga bikin kulit bersih, cerah dan berseri.

9. Mengurangi Risiko Masalah Kesehatan

Dampak buruk begadang bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti sakit kepala dan masalah pencernaan, minum air putih bisa mengurangi risiko ini dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Apalagi sering begadang bisa meningkatkan risiko penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan hipertensi. Minum air putih bermanfaat untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, yang membantu menjaga tekanan darah yang normal. 

Penutup: Tips begadang sehat yaitu kurangi konsumsi gula dan kafein, sehingga utamakan minum air putih saat haus karena manfaatnya segudang. Apalagi konsumsi tinggi gula dan minuman berkafein justru memicu dehidrasi.




Baca Juga:

No comments: