12 Cara Menghilangkan Pikiran Kotor (Jorok) yang Mengganggu

Otak

Pikiran kotor bisa menghilangkan kebahagiaan di dalam kehidupan Anda, bahkan bisa menghambat aktivitas sehari-hari. Orang yang sudah terjebak dalam pikiran kotor bakal sulit hidup bahagia, sebab pikiran kotor benar-benar bisa merusak hidup seseorang.

Termasuk pikiran kotor bisa menurunkan prestasi belajar maupun pekerjaan, dimana banyak orang yang mengeluhkan munculnya pikiran kotor saat sedang melakukan kegiatan, sehingga konsentrasi bekerja menjadi rusak.

Pikiran kotor seperti munculnya hal-hal yang bersifat 'jorok' di pikiran, ini bakal sangat merepotkan tatkala Anda sedang mengerjakan pekerjaan yang menuntut fokus dan konsentrasi tinggi.

Cara Menghilangkan Pikiran Kotor


1. Pergi ke Tempat Umum

Anda akan sangat berisiko memikirkan hal-hal jorok jika Anda terlalu lama berada di kamar sendirian. Adapun jika Anda pergi ke tempat umum, ini ampuh menekan keinginan untuk memikirkan hal-hal jorok.

Apalagi jika Anda berhasil menemukan seseorang atau beberapa orang untuk diajak mengobrol, maka pikiran teralihkan dari hal-hal jorok.


2. Hindari 'Film Jorok'

Sering diketahui bahwa orang-orang yang punya masalah pikiran kotor adalah mereka yang hobi menonton 'film jorok', sehingga sangat jelas bahwa untuk membersihkan pikiran dari hal-hal jorok maka hindari film semacam itu.

Jika Anda masih juga hobi menonton film tersebut maka bakal sulit membersihkan pikiran kotor. Cara berhenti dari nonton film p*rno yaitu dengan mencari alternatif kegiatan yang positif, sehingga mengalihkan dari nonton film 'jorok'.

Ada banyak kegiatan alternatif yang bisa dilakukan, cobalah melakukan kegiatan fisik dan tumbuhkan motivasi berolahraga, bisa juga menjalani hobi.

Agar bisa berhenti, selalu ingat dampak negatif dari menonton film 'jorok' yaitu:
  • Menurunkan kesehatan mental.
  • Jiwa menjadi canggung dan kaku.
  • Merusak pertemanan dan relasi.
  • Mengacaukan kehidupan sosial.
  • Menurunnya rasa percaya diri.
  • Bisa menyebabkan kepala jadi gampang pusing.

Coba renungkan dan cari tahu segala pemicu yang menyebabkan Anda berpikiran jorok dan berkeinginan nonton film jorok, sehingga Anda bisa membuat langkah pencegahan, menghindarinya, hingga mengatur situasi batin (psikis) sedemikian rupa untuk mencegah munculnya pikiran jorok.

Stop nonton film p*rno merupakan tindakan terbaik untuk memperbaiki kesehatan mental, termasuk menghilangkan sifat tempramental.

3. Perbaiki Mindset

Sangat penting untuk membangun cara pandang yang sehat mengenai hubungan intim, buang jauh-jauh segala pikiran yang LIAR. Anda perlu berfokus dan membangun cara pikir yang positif mengenai hubungan intim yang sehat dan alami.

Tanamkan juga mindset bahwa kehidupan bukan hanya tentang s*ksualitas, justru s*ksualitas hanya 'bagian kecil' dari kehidupan, sehingga terus-terusan mengisi pikiran dengan hal-hal jorok adalah KESALAHAN, sebab banyak aktivitas penting lain yang perlu dilakukan.

Dengan menyadari hal ini, efektif menghambat segala dorongan untuk berpikir jorok, dimana jiwa merasa malu apabila terus-terusan mengisi pikiran dengan hal jorok.

Perasaan malu tersebut SANGAT BAGUS karena mendorong Anda untuk mencari aktivitas positif ketimbang memikirkan hal jorok.


4. Hindari Isolasi Diri

Cara membersihkan pikiran kotor (jorok) yaitu hindari mengisolasi diri sendiri, dimana menutup diri dari lingkungan sosial menyebabkan seseorang lebih berisiko berpikiran kotor.

Oleh karena itu, sangat ditekankan untuk rutin bertemu dengan teman-teman, keluarga maupun orang-orang secara umum.

Bertemu dan berinteraksi dengan orang lain bermanfaat untuk menghambat kemunculan pikiran-pikiran kotor. Selain itu, bersosialisasi akan memunculkan perasaan bahagia, orang-orang yang hidup dengan perasaan bahagia lebih terhindar dari pikiran kotor.

5. Sibukan Diri

Menyibukkan diri dengan banyak kegiatan menjadi cara efektif untuk membersihkan dan membuang pikiran kotor. Cobalah untuk memiliki beberapa kegiatan bernilai, secara ajaib Anda bakal terhindar dari pikiran-pikiran jorok.

Adapun jika Anda adalah orang yang pasif atau tidak memiliki kegiatan, maka Anda sangat berisiko mengisi kepala dengan hal-hal jorok. Dengan demikian, carilah kesibukan sehingga secara ampuh menjauhkan Anda dari pikiran-pikiran jorok.

Setidaknya lakukan kegiatan-kegiatan sederhana seperti mencuci piring, cuci baju, menyapu lantai, bersih-bersih jendela atau lainnya, berkebun, bikin mie resep terbaru, bikin kue, dll.

6. Olahraga

Berolahraga dapat meningkatkan kadar hormon endorfin di dalam tubuh, yang efeknya memunculkan perasaan bahagia. Dengan berolahraga, tubuh menjadi lelah dan muncul perasaan bahagia.

Kondisi tubuh yang lelah dan jiwa yang bahagia secara efektif menghilangkan nafsu berpikir kotor (jorok). Selain itu, olahraga telah terbukti mendorong perkembangan perilaku ke arah yang lebih positif dengan beberapa cara.

Misalnya, orang-orang yang mengalami stres dan kecemasan rentan memikirkan hal jorok. Olahraga secara ampuh meredakan tingkat stres dan kecemasan, itu artinya aktivitas olahraga efektif mencegah seseorang memikirkan hal jorok.

Secara umum olahraga bermanfaat besar untuk kesehatan mental dan emosional, termasuk membuat suasana hati jadi positif, membuat jiwa bersemangat, mencegah depresi dan membuat jiwa menjadi percaya diri.

Faktor-faktor tersebut berkontribusi untuk mengembangkan karakter positif, termasuk mencegah seseorang berkhayal hal-hal jorok.


7. Manfaatkan Komunitas

Anda bisa memanfaatkan keberadaan komunitas pendukung (baik itu komunitas bertemu secara langsung ataupun sekedar bertemu online) yang berisi orang-orang yang telah sukses dalam melawan kecanduan atau kebiasaan buruk.

Dimana masukan-masukan dan pengalaman orang lain sangat dibutuhkan, sehingga Anda mendapatkan pencerahan dari permasalahan yang dialami, termasuk kebiasaan suka berpikir jorok.

Selain memanfaatkan keberadaan komunitas yang relevan dengan permasalahan Anda, juga utamakan untuk bergaul dengan orang-orang yang positif. Berada di lingkungan orang-orang positif membantu Anda untuk mengurangi pikiran-pikiran kotor (jorok).

Milikilah dan jaga relasi dengan teman-teman yang berkualitas, Anda akan belajar banyak hal dari mereka seperti pola pikir, cara pandang, cara mengambil keputusan, cara menjaga waktu, cara menghadapi permasalahan, cara menghadapi tekanan stres, cara memotivasi diri, dll.

8. Kontrol Stres

Saat sedang stres, bikin Anda sulit berpikir jernih dan jiwa tidak stabil, akibatnya Anda rentan untuk memikirkan hal-hal jorok. Bahkan sering disebutkan bahwa stres menjadi 'pemicu besar' pikiran-pikiran kotor.

Sangat penting untuk mengontrol stres, dimana perasaan stres dan sumpek seringkali muncul dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa cara mengatasi stres agar mereda:
  • Saat tubuh lelah dan pikiran mumet, cobalah mengambil istirahat 15 menit.
  • Saat mencoba istirahat, kosongkan pikiran.
  • Anda juga bisa mencoba tarik napas dalam-dalam (secara rileks).
  • Cobalah berjalan-jalan sejenak, biasanya ini ampuh mengatasi stres dan bad mood.
  • Lakukan beberapa peregangan ringan pada tubuh.
  • Hindari jadwal kegiatan yang terlalu padat, ingatlah Anda manusia bukan robot.

Selain itu hindari overthinking karena biasanya memicu stres. Dimana, seringkali overthinking menjadi awal mula seseorang terjatuh ke dalam pikiran jorok.

9. Jangan Banyak Melamun

Kebiasaan suka melamun menyebabkan Anda sering berpikiran yang aneh-aneh, yang itu artinya semakin besar resiko memikirkan hal-hal jorok di kepala. Sehingga hindari suka melamun, apalagi melamun sambil rebahan, makin besar resikonya.


10. Jalan-Jalan Sebentar

Tatkala kepala diserang oleh pikiran-pikiran kotor (jorok) maka jangan diam saja, apalagi Anda dalam keadaan rebahan, cobalah untuk bangun dan jalan-jalan sebentar. Ini efektif untuk meredakan dan menghilangkan pikiran-pikiran jorok yang muncul.

11. Hindari Berlebihan Menyalahkan Diri Sendiri

Usaha membersihkan pikiran kotor (jorok) memang penuh perjuangan, ini bukan pekerjaan mudah. Sehingga, jangan terlalu menyalahkan diri sendiri tatkala terjatuh ke dalam kesalahan.

Terkadang pikiran kotor muncul, jangan terlalu menyalahkan diri sendiri tatkala hal negatif tersebut kembali muncul. Stop terlalu keras pada diri sendiri!!

Yang perlu Anda lakukan adalah belajar dari kesalahan lalu terus bergerak maju. Kenali apa saja pemicu munculnya pikiran kotor, lalu belajarlah dari pengalaman.

Tutuplah segala pintu yang memicu hal-hal jorok muncul di pikiran. Misalnya, jika melihat gambar 'tertentu' bisa memunculkan pikiran jorok, maka jangan lagi melihat gambar tersebut.

12. Tips Lainnya Membersihkan Pikiran Kotor (Jorok)
  • Miliki gaya hidup sehat. Orang-orang yang memiliki gaya hidup sehat lebih terhindar dari pikiran-pikiran kotor.
  • Hindari situasi risiko, yakni pahami situasi yang memicu Anda memikirkan hal-hal jorok.
  • Miliki tujuan jelas dalam kehidupan (renungkan hal ini).
  • Sadari kapan saja pikiran kotor timbul, kalau bisa catatlah waktu kemunculannya. Ini membantu dalam upaya antisipasi.
  • Hindari akses mudah pada konten-konten jorok.
  • Fokuskan pikiran untuk kegiatan yang produktif atau bernilai. Seseorang yang menyibukan diri pada hal-hal positif, akan lebih terhindar dari hal-hal negatif.
  • Blokir segala stimulasi negatif, seperti hindari menonton film dengan adegan tertentu, hindari membaca buku erotis dll.
  • Miliki tidur malam yang cukup, serta hindari tidur larut malam. Orang-orang yang punya kebiasaan begadang lebih beresiko memiliki pikiran-pikiran kotor.
  • Batasi paparan media sosial (FB, Twitter, Youtube, Instagram dll) dan internet secara umum.
  • Kurang kebiasaan scroll. Orang-orang yang terlalu lama scroll beranda medsos lebih rentan terserang pikiran kotor (jorok), hal ini mungkin berkaitan dengan rasa jenuh akibat terlalu lama scroll.
  • Kondisikan lingkungan yang positif, hindari lingkungan atau kondisi yang memicu pikiran kotor atau jorok.




Baca Juga:

Tidak ada komentar: