14 Cara Menghilangkan Stres Agar Kembali Bahagia dan Hidup Tenang

Manusia yang hidup dipermukaan bumi ini tidak bisa lepas 100% dari yang namanya stres. Berbagai perasaan campur aduk pernah dirasakan seperti marah, frustrasi, kesepian, gelisah dan pikiran tidak tenang.

Secara umum orang yang dalam kondisi stress merasa sangat tidak nyaman dan memiliki gangguan pikiran tertentu. Beberapa hal umum penyebab stres yaitu tekanan pekerjaan yang menumpuk, masalah ekonomi, hubungan keluarga yang tidak harmonis, kecanduan game dll.

Ilustrasi Stres
Ilustrasi Stres | Photo credit: Pixnio.com

Berbagai tekanan dalam hidup bisa menyebabkan stres. Bahkan sebuah fenomena yang aneh, terlalu serius bermain game juga bisa menyebabkan stres.

Stres kronis harus berusaha dihindari karena membahayakan kesehatan fisik maupun psikologis.

Cara Menghilangkan Stres


1. Miliki Setidaknya Satu Kegiatan yang Disukai

Coba merenung tentang kegiatan yang Anda tertarik dengannya. Mengerjakan sesuatu yang disukai bisa sangat membantu untuk melenyapkan stres. Kalau bisa, lakukan aktivitas yang bisa menjadikan pikiran fresh dan rileks.

Setidaknya miliki satu hobi. Melakukan hobi sudah cukup untuk bisa memunculkan suatu kesenangan jiwa, dan membuat Anda menjadi lebih bersemangat dalam hidup.

Contoh kegiatan seperti bermain futsal, basket, mengendarai kuda, membaca buku pengetahuan, belajar bahasa asing, belajar seni, belajar programming, fotografi, vlogger, melukis, menjahit dll.

2. Minum Air Putih

Apabila Anda terserang stres maka hendaknya memperbanyak minum air putih. Stres menyebabkan gangguan pada produksi beberapa hormon, termasuk hormon aldesterone yang berfungsi dalam pengaturan kadar cairan dalam tubuh.

Kurangnya produksi hormon aldesterone menyebabkan dehidrasi pada tubuh, yang dampaknya meningkatkan kadar hormon kortisol (hormon pemicu stres).

Air Putih
Air Putih | Photo credit: Pexels.com

Tingginya kadar kortisol juga memicu depresi dan gangguan mental lainnya. Dengan banyak minum air putih diharapkan dapat meredakan stres secara cepat, dan tentunya juga menghindari dehidrasi.

3. Segera Istirahat

Segera istirahat jika stres karena lelah. Kondisi stres menyebabkan emosi dan fisik seseorang menjadi tidak stabil, sehingga jangan memaksakan diri bekerja keras saat itu.

Dengan beristirahat (walaupun hanya sejenak) akan dapat meredakan stres. Ini sangat penting agar terhindar dari stres kronis. Istirahat mempengaruhi mood, manfaat istirahat sangat terasa ketika seseorang dalam keadaan sangat lelah dan pikiran mumet.

Tidur di Rumput Hijau
Tidur di Rumput Hijau | Photo credit: Freegreatpicture.com

Istirahat pada waktu yang dibutuhkan sangat penting, tidak hanya bermanfaat untuk menghilangkan rasa kantuk, tapi juga sangat baik untuk kesehatan jiwa, mental dan fisik.

Adapun memaksakan diri bekerja tanpa istirahat cukup, akan memicu perasaan mudah marah, tidak sabaran, sulit konsentrasi, hingga akhirnya memicu stres yang parah.

4. Curhat, Keluarkan Semua Unek-Unek

Jika Anda mengalami suatu permasalahan berat, usahakan tidak memendam perasaan. Hendaknya mengeluarkan semua unek-unek. Cari orang yang tepat untuk curhat, kalau bisa yang mampu memberikan solusi.

Beritahukan pada teman curhat tentang perasaan yang mengganggu , ini akan membuat Anda lega dan terhindar dari stres. Pastikan curhat pada orang yang bisa dipercaya, yaitu orang yang tidak menyebarkan privasi atau rahasia Anda.

Selain itu, penelitian menemukan bahwa mengekspresikan diri melalui tulisan dapat membantu seseorang mengatasi situasi stres yang dihadapi. Mengungkapkan perasaan pada selembar kertas bisa mendinginkan otak dan membantu meredakan stres.

Jika Anda tidak menemukan orang yang cocok untuk diajak curhat, Anda bisa mengekspresikan perasaan pada lembaran kertas.

Baca: Cara Membersihkan Hati dan Pikiran

5. Mandi atau Berendam di Air Hangat

Selain untuk membersihkan tubuh, mandi sangat ampuh sebagai terapi penenangan diri. Walaupun mandi telah dilakukan secara rutin, namun pada saat tertentu (dimana stres muncul secara mendadak) maka Anda bisa segera mandi untuk meredakan stres.

Tekanan pekerjaan menyebabkan timbulnya stres, kondisi semakin diperparah dengan kemacetan dan polusi yang ditemukan setiap hari. Ketika pikiran sedang sumpek, jangan malas untuk mandi.

Dengan mandi, dijamin kondisi akan membaik. Mandi dapat menghilangkan sisa debu, kotoran dan keringat yang menempel pada tubuh, selain itu juga akan menyegarkan pikiran.

Kamar Mandi
Kamar Mandi | Photo credit: Pixabay.com

Saat tubuh terasa panas, gerah dan semacamnya akan memicu perasaan stres dan ingin marah-marah. Nah, mandi menjadi cara alami terbaik untuk meredakan perasaan negatif di dalam diri.

Anda juga bisa berendam di air hangat ketika stres mendera. Tidak perlu lama-lama, 10 menit saja sudah cukup.

Berendam di air hangat merilekskan tubuh dan pikiran, selain itu juga dapat mengatasi masalah insomnia. Insomnia (susah tidur) berkaitan dengan stres, orang yang susah tidur rentan terkena stres.

6. Menghirup Udara Segar

Apabila Anda mengalami stres akibat pikiran yang sumpek dan jenuh, maka terapinya bisa dengan cara pergi keluar rumah (usahakan mencari tempat hijau) sembari menikmati udara segar di luar ruangan.

Pergilah ke tempat dengan udara yang segar, lebih bagus lagi jika tempat tersebut memiliki pemandangan indah yang menenangkan jiwa.

Hal yang bagus adalah berjalan-jalan di pagi hari yang sejuk, namun terdapat sinar matahari pagi. Jika memiliki waktu luang hendaknya melakukan ini karena akan menenangkan jiwa.

7. Olahraga Pagi

Olahraga hendaknya dilakukan pada pagi hari karena sinar matahari pagi sangat menyehatkan tubuh. Trik yang efektif mengatasi rasa stres dan gelisah yaitu olahraga ringan seperti jalan cepat atau joging.

Riset menunjukan bahwa melakukan aktivitas fisik (olahraga) secara efektif dapat meredakan masalah stres. Usahakan agar bisa rutin olahraga pagi yang manfaatnya dapat menyehatkan tubuh, membuat fresh pikiran, serta mencegah dan meredakan stres.

8. Fokus Pada Masa Sekarang

Jangan berlebihan dalam memikirkan masa lalu dan masa depan. Jika terlalu berkutat pada masa lalu akan membuat Anda sedih saat memikirkan kesalahan yang pernah dilakukan. 

Mengenai masa depan, hindari terlalu banyak angan-angan karena nantinya bisa bikin stres. Berpikir berlebihan tentang masa depan bisa memicu perasaan khawatir, tidak tenang dan akhirnya stres.

Gunakan sebagian besar pikiran Anda untuk masa sekarang, biarlah hidup Anda mengalir apa adanya dan jangan terlalu khawatir.

9. Lakukan Pemijatan

Pijat refleksi menjadi cara yang bagus untuk melepaskan stres dan juga melemaskan otot-otot. Dimana munculnya stres biasanya berhubungan dengan masalah keseimbangan hormon di dalam tubuh.

Adanya gangguan tersebut menyebabkan tubuh meresponnya dengan cara mengeluarkan kadar hormon stres yang tinggi, yang disertai dengan ketegangan saraf dan kontraksi otot.

Pijat refleksi bisa memberikan manfaat untuk meredakan stres, mengurangi ketegangan saraf dan melemaskan otot. Anda bisa mencoba layanan pijat refeleksi.

Pijatan pada tubuh menimbulkan rasa tenang dan rileks, menekan jumlah hormon stres, bahkan meningkatkan kadar hormon serotonin dan dopamin. Apabila mulai dirasa adanya tanda-tanda stres pada diri Anda, pijat refleksi menjadi solusi untuk meredakan stres.

10. Gunakan Aromaterapi

Aroma ternyata memberikan efek yang bisa mempengaruhi emosi dan mood. Hal itu karena bentuk aroma yang dicium bisa mempengaruhi sistem limbik.

Sistem limbik merupakan bagian otak yang berfungsi dalam pembentukan suasana hati (seperti bahagia, sedih, emosi dll) dan juga dapat mempengaruhi perilaku seseorang.

Aromaterapi yang cocok akan bermanfaat untuk mengatasi rasa stres dan gangguan konsentrasi. Serta membuat Anda jadi lebih tenang dan terhindar dari sifat mudah emosi yang bikin sakit kepala. Jenis aromaterapi yang bisa digunakan seperti peppermint, rosemary, lavender dan lainnya.

11. Tersenyum

Frekuensi senyum menjadi level kebahagiaan seseorang. Tersenyum menjadi obat alami yang efektif untuk meredakan stres dan memunculkan perasaan bahagia. Riset menunjukan bahwa tersenyum mampu meredakan stres.

Senyum adalah sebuah keajaiban yang dapat secara ajaib membuat suasana hati jadi lebih baik, serta menjadi jiwa terasa tenang dan damai.

12. Buat Jadwal Harian Teratur

Pekerjaan menumpuk dan jadwal kerja yang berantakan akan mengakibatkan stres. Oleh karena itu, sangat penting untuk bisa mengatur kegiatan harian dengan rapih.

Kalau bisa tulislah jadwal kegiatan harian yang terpenting sehingga Anda tercegah dari melalaikannya. Pastikan Anda mampu mengatur prioritas agar tugas-tugas penting terselesaikan tepat waktu.

Selain itu, hindari kesibukan yang tidak perlu karena bisa memicu stres. Pertimbangkan dengan matang mengenai aktivitas-aktivitas yang bisa diselesaikan sesuai dengan kemampuan.

13. Catat Apa Saja Pemicu Anda Stres

Anda perlu mencari tahu hal-hal yang memicu timbulnya stres pada diri Anda. Tuliskan hal-hal yang memicu rasa stres, dimulai dari hal terbesar ke terkecil. Setelah memetakan berbagai hal yang mengganggu psikologis Anda, catatan ini diperlukan dalam mengantisipasi stres.

Catatan tersebut membantu Anda dalam mengambil langkah yang diperlukan. Letakan catatan “khusus” tersebut pada tempat yang mudah dijangkau.

14. Jaga diri dari Hal-Hal Buruk

Agar terhindar sejauh mungkin dari masalah stres, maka pastikan Anda tidur yang cukup dan mengutamakan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Hindari berbagai hal buruk seperti merokok, makanan instan atau junk food, minuman beralkohol, hingga yang terburuk yaitu obat-obatan terlarang.




Baca Juga: