19 Cara Menghilangkan Stres dengan Cepat & Efektif


Manusia yang hidup dipermukaan bumi ini sebenarnya tidak bisa lepas 100% dari yang namanya stres.

Berbagai perasaan campur aduk pernah dirasakan seperti marah, frustrasi, kesepian, gelisah, pikiran tidak tenang, dan semacamnya.

Ilustrasi Stres
Ilustrasi Stres | Photo credit: Pixnio.com

Berbagai tekanan dalam hidup bisa menyebabkan stres. Bahkan sebuah fenomena yang aneh, terlalu serius bermain game juga bisa menyebabkan stres (karena frustasi kalah terus pada permainan).

Tentunya stres kronis harus berusaha dihindari, karena kondisi stres dapat membahayakan dari sisi kesehatan maupun psikologis.

Langsung saja, berikut di bawah ini berbagai cara menghilangkan stres:

1. Cari Tahu Apa Saja yang Membuat Anda Stres

Anda perlu merenungkan atau mencari tahu hal-hal yang memicu timbulnya stres pada diri Anda. Tuliskan hal-hal yang memicu rasa stres Anda, mulai dari hal terbesar ke terkecil.

Chek List
Chek List | Photo credit: Flickr.com by Animated Heaven

Dengan begitu, Anda telah memetakan berbagai hal yang mengganggu psikologis Anda, yang nantinya data tersebut sangat diperlukan dalam mengantisipasi stres.

Gunakan data / catatan tersebut dalam mengambil langkah apa saja yang diperlukan untuk menghindari dan melawan stres.

Letakan catatan “khusus” tersebut pada tempat yang mudah Anda jangkau.

Secara umum orang yang dalam kondisi stress merasa sangat tidak nyaman dan memiliki gangguan pikiran tertentu.

Beberapa hal yang umum menyebabkan stres yaitu tekanan pekerjaan yang menumpuk, masalah ekonomi, hubungan keluarga yang tidak harmonis, dan banyak lagi.

2. Segera Istirahat Jika Stres Karena Lelah

Kondisi stres menyebabkan emosi dan fisik seseorang menjadi tidak stabil, sehingga jangan memaksakan bekerja ketika dalam kondisi demikian.

Tidur di Rumput Hijau
Tidur di Rumput Hijau | Photo credit: Freegreatpicture.com

Dengan beristirahat (walaupun hanya sejenak), memberikan manfaat setidaknya untuk meredakan stres. Hal ini sangat penting, agar Anda terhindar dari kondisi stres dengan tingkat parah.

Istirahat sangat penting karena memberi pengaruh pada mood seseorang. Manfaat istirahat sangat terasa ketika seseorang melakukan kegiatan yang sangat melelahkan.

Dengan begitu, istirahat pada waktu yang dibutuhkan sangat penting, tidak hanya bermanfaat untuk menghilangkan rasa kantuk, tapi juga sangat baik untuk kesehatan jiwa dan raga.

Adapun memaksakan diri bekerja tanpa beristirahat yang cukup, akan menyebabkan seseorang mudah marah, sulit konsentrasi, tidak sabaran, hingga akhirnya memicu stres yang parah.


3. Curhat dan Keluarkan Semua Unek-Unek

Jika Anda mengalami suatu permasalahan yang berat, maka usahakan untuk tidak memendam perasaan.

Ilustrasi Curhat kepada Teman
Ilustrasi Curhat kepada Teman | Photo credit: Shutterstock.com by wavebreakmedia

Hendaknya Anda mengeluarkan semua unek-unek Anda, carilah orang yang tepat dan bisa memberikan solusi dari masalah yang dihadapi.

Ingat! Pastikan Anda curhat pada orang yang bisa dipercaya, yaitu orang yang tidak menyebarkan privasi rahasia Anda.

Beritahukan pada teman curhat Anda tentang perasaan yang mengganggu Anda, hal ini sangat penting agar bisa membuat Anda lega, dan Anda bisa lebih terhindar dari stres.

Selain itu, di zaman sekarang sudah sangat berkembang dunia digital, Anda bisa memanfaatkannya. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengekspresikan diri melalui tulisan dapat membantu seseorang mengatasi situasi stres yang dihadapinya.

Penelitian juga menemukan bahwa mengungkapkan perasaan pada selembar kertas (juga termasuk tulisan secara digital) bisa mendinginkan otak dan membantu meredakan stres secara efektif.

Dengan begitu, jika Anda tidak menemukan orang yang cocok untuk diajak curat, setidaknya Anda mengekspresikan kondisi yang sedang Anda hadapi pada lembaran kertas ataupun di Microsoft Word.

4. Mandi atau Berendam di Air Hangat

Selain untuk membersihkan tubuh, mandi sangat ampuh sebagai terapi penenangan diri. Walaupun mandi telah dilakukan secara rutin, namun pada saat tertentu (dimana stres muncul secara mendadak) maka Anda bisa segera mandi, sehingga nantinya stres segera mereda.

Kamar Mandi
Kamar Mandi | Photo credit: Pixabay.com

Oleh karena itu, ketika pikiran sedang sumpek maka jangan malas untuk segera mandi. Dengan mandi, dijamin kondisi Anda akan membaik, Insya Allah.

Mandi dapat menghilangkan sisa debu, kotoran dan keringat yang menempel pada tubuh, selain itu juga akan menyegarkan pikiran.

Saat tubuh terasa panas, gerah dan semacamnya maka akan memicu perasaan ingin marah-marah. Nah, mandi menjadi cara alami terbaik untuk meredakan perasaan negatif di dalam diri.

Selain itu, mandi air hangat di bathub juga menjadi pilihan yang bagus untuk merilekskan diri dan meredakan stres.

Anda bisa sesekali mandi berendam di air hangat ketika stres mendera. Tidak perlu lama-lama, sekitar 10 menit saja sudah cukup baik.

Tekanan pekerjaan dan padatnya jadwal di kantor menyebabkan timbulnya stres. Kondisi semakin diperparah dengan kemacetan dan polusi yang ditemukan setiap hari.

Jika kondisi tesebut menyebabkan timbulnya stres yang berat maka jangan ragu untuk segera mandi berendam di air hangat setelah pulang bekerja.

Berendam di air hangat akan merilekskan tubuh, dan pikiran akan terasa lebih segar. Selain itu, diharapkan dengan berendam di air hangat dapat mengatasi masalah insomnia.

Dimana insomnia (susah tidur) berkaitan dengan stres. Orang yang susah tidur maka pada siang harinya akan beresiko tinggi terkena stres.

Sehingga ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari mandi air hangat.

5. Hindari Sifat Boros

Tidak jarang orang-orang terjatuh dalam kesalahan berupa mengikuti tren gaya hidup terkini secara membabi buta, sehingga menjadi sangat boros dalam membelanjakan keuangannya.

Ilustrasi Boros Uang
Ilustrasi Boros Uang | Photo credit: Shutterstock.com

Salah satu contohnya adalah membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Orang yang memiliki sifat boros umumnya juga memiliki sifat tidak pernah merasa cukup dan kurang bersyukur.

Rasa kurang bersyukur dengan apa yang telah dicapai inilah yang menyebabkan seseorang sering terkena stres. Yang seharusnya stres ini tidak perlu terjadi.

Terus-terusan merasa kurang seringkali menjadi sebab seseorang terkena stres. Dimana Ia akan frustasi ketika tujuannya tidak tercapai.

Uang yang dimilikinya telah habis, sementara masih banyak keinginannya yang belum terwujud.

Selain itu orang-orang juga sering menjadi stres dan frustasi akibat berhutang karena prilakunya yang boros. Pengeluaran yang lebih besar dibandingkan pemasukan bisa menjadi penyebab stres.

Hal lainnya, orang yang boros akan terlalu sibuk mencari harta materi untuk bisa memenuhi kebutuhannya. Berlebihan dalam bekerja juga akan memicu rasa stres.

Orang boros juga cenderung memiliki berbagai sifat negatif seperti sombong, iri hati, kikir, dan dengki, yang membuatnya semakin menderita karena sifat-sifat negatif tersebut.

loading...

6. Miliki Setidaknya Satu Kegiatan yang Anda Sukai

Coba merenung sebentar untuk mengingat-ingat tentang kegiatan yang Anda paling tertarik dengannya. Kalau sudah dapat maka ingat terus, catat saja jika khawatir lupa.

Bermain Futsal
Bermain Futsal Menjadi Pilihan Bagus Untuk Meredakan Stres | Photo credit: Jogosescolares.pr.gov.br

Melakukan hal yang dicintai atau disukai bisa sangat membantu dalam menghilangkan stres. Kalau bisa, kegiatan Anda tersebut dapat membuat tubuh dan pikiran rileks, dan lebih bagus lagi jika bermanfaat besar bagi kehidupan Anda.

Tapi jika kegiatan Anda hanya sebatas hobi juga tidak mengapa. Melakukan hobi sudah cukup untuk bisa mendapatakan suatu kesenangan dan menjadi hiburan tersendiri bagi jiwa dan pikiran.

Melakukan hobi membuat seseorang menjadi lebih bersemangat. Jika Anda suka bermain sepak bola, futsal, basket, voli, menunggang kuda, atau lainnya, maka itu sudah sangat bagus.

Kegiatan lainnya yang bisa Anda lakukan yaitu membaca buku pengetahuan, belajar bahasa asing, belajar seni, belajar programming, fotografi, vlogger, melukis, menjahit dan banyak lagi.

7. Jalan-Jalan Sejenak Melihat Pemandangan Sekitar Sembari Menghirup Udara Segar

Apabila Anda mengalami stres akibat pikiran yang sumpek dan jenuh, maka terapinya bisa dengan cara pergi keluar rumah (usahakan mencari tempat hijau) sembari menikmati udara di luar ruangan.

Jalan-Jalan Pagi
Jalan-Jalan Pagi | Photo credit: Greeners.co/Danny Kosasih

Hal ini akan dapat secara cepat untuk menghilangkan rasa sumpek. Pergilah ke tempat dengan udara yang segar, lebih bagus lagi jika tempat tersebut memiliki pemandangan indah yang menenangkan jiwa.

Hal yang juga bagus adalah berjalan-jalan di pagi hari yang sejuk, namun terdapat sinar matahari pagi. Jika Anda memiliki waktu luang hedaknya melakukan hal ini, karena manfaatnya akan lebih menenangkan jiwa.

8. Olahraga Pagi

Poin ke-8 ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Olahraga hendaknya dilakukan pada pagi hari karena sinar matahari pagi sangat menyehatkan tubuh.

Olahraga Pagi
Olahraga Pagi | Photo credit: Infocarfreeday.net

Pada artikel berjudul Ini Alasan Mengapa Olahraga Bisa Hilangkan Stres (Detik.com) menyebutkan bahwa sebuah cara yang sudah terbukti ampuh untuk menghilangkan rasa stres dan gelisah yaitu olahraga ringan seperti jalan cepat atau jogging.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Neuroscience menyebutkan bahwa melakukan aktivitas fisik (terutama olahraga) membantu untuk mengatasi masalah stres dengan lebih baik.

"Aktivitas fisik terbukti bisa mer-organisasi otak sehingga kegelisahan tidaklah sampai bisa mengganggu fungsi otak." Kata peneliti Profesor Elizabeth Gould dari Princeton University, New York.

Dengan begitu, usahakan agar Anda bisa secara rutin melakukan olahraga pagi karena manfaatnya yang sangat penting.

Selain manfaatnya dapat menyehatkan tubuh, juga manfaatnya dapat membuat fresh pikiran, serta mencegah dan meredakan stres.


9. Fokus Pada Masa Sekarang

Memang, memikirkan masa lalu untuk mengambil pelajaran darinya adalah hal yang bagus dan bijak. Demikian juga memikirkan masa depan adalah hal yang penting sekali.

Namun ingat, jangan berlebihan dalam memikirkan masa lalu dan masa depan Anda.

Jika Anda terlalu berkutat pada masa lalu maka akan menghabiskan waktu Anda, bahkan bisa membuat Anda bersedih jika memikirkan berbagai kesalahan yang pernah Anda lakukan. Hindari hal ini.

Memikirkan masa lalu hendaknya untuk mengambil pelajaran darinya saja. Mengenai masa depan, hindari terlalu banyak angan-angan karena nantinya bisa menyebabkan stres akhirnya.

Gunakan sebagian besar pikiran Anda untuk masa sekarang, biarlah hidup Anda mengalir apa adanya, dan jangan terlalu khawatir.

Berpikir berlebihan tentang masa lalu bisa memicu rasa sedih dan kecewa, dan berlebihan berpikir tentang masa depan bisa memicu rasa khawatir dan ketidaktenangan. Keduanya bisa menjadi penyebab stres.

10. Lakukan Pemijatan

Pada artikel berjudul Mengatasi Stres dengan Pijat Refleksi (Klikdokter.com) menyebutkan bahwa pijat refleksi menjadi cara yang bagus untuk melepaskan stres dan juga melemaskan otot-otot.

Seorang Pria Dipijat
Seorang Pria Dipijat | Photo credit: Dreamstime.com

Dimana munculnya stres biasanya berhubungan dengan masalah keseimbangan hormon di dalam tubuh. Adanya gangguan tersebut menyebabkan tubuh meresponnya dengan cara mengeluarkan kadar hormon stres yang tinggi, yang disertai dengan ketegangan saraf dan kontraksi otot.

Pijat refleksi bisa memberikan manfaat untuk meredakan stres, mengurangi ketegangan saraf dan melemaskan otot.

Anda bisa mencoba layanan pijat refeleksi yang profesional (berpengalaman), agar manfaat pemijatan bisa maksimal diperoleh.

Pada buku The Complete Illustrated Guide to Reflexology, dijelaskan bahwa orang-orang dari segala usia bisa memperoleh manfaat positif dari pemijatan refleksi.

Walaupun manfaatnya bertingkat-tingkat pada setiap orang, tapi secara umum pijatan pada tubuh menimbulkan rasa tenang dan rileks.

Selain menekan jumlah hormon stres, pijat refleksi juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan kadar serotonin dan dopamin, itu merupakan senyawa neurotransmiter yang bermanfaat dalam mengurangi depresi dan menimbulkan rasa nyaman.

Apabila Anda mulai merasakan adanya tanda-tanda stres pada diri Anda, pijat refleksi menjadi solusi untuk menghilangkan stres.

11. Gunakan Aromaterapi

Aroma ternyata memberikan efek yang bisa mempengaruhi emosi dan mood. Hal itu karena Indra penciuman berhubungan dengan sistem limbik yang merupakan pusat kendali emosional dalam otak manusia.

Aromaterapi
Aromaterapi | Photo credit: Pixabay.com

Pada artikel berjudul 7 Aromaterapi yang Akan Mengobati Stres Kamu Hari Ini (Idntimes.com) menyebutkan bahwa aromaterapi dapat membuat Anda terbebas dari stres dan gangguan konsentrasi yang sangat mengganggu aktivitas.

Dengan aromaterapi Anda juga bisa menjadi lebih tenang, terhindar dari sifat mudah emosional dan sensitif yang bisa membuat sakit kepala.

Berikut berbagai jenis aromaterapi yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan stres:

Chamomile. Aromanya bisa membantu menjernihkan pikiran yang kusut, memberikan efek penenang yang ringan, dan mempermudah Anda dalam berpikir positif.

Peppermint. Kondisi stres menyebabkan seseorang sulit untuk berkonsentrasi, cobalah merasakan aromaterapi dari peppermint. Kesegaran aromanya dapat meningkatkan konsentrasi, menjernihkan pikiran dan membuat Anda merasa bahagia.

Lavender. Stres bisa membuat seseorang susah tidur, gunakan lavender untuk mengatasinya. Aromanya yang lembut menimbulkan rasa tenang dan rileks. Lavender juga bisa digunakan untuk meringankan rasa sedih atau kecewa, karena aromanya yang menenangkan.

Basil. Aromaterapi ini dapat mengurangi ketegangan pada saraf, yang dengan begitu bermanfaat untuk memberikan rasa tenang dan rileks. Seperti halnya aromaterapi lavender, basil dapat diandalkan untuk meredakan stres dan juga meningkatkan mood.

Rosemary. Anda bisa menggunakannya untuk mengatasi stres yang menyebabkan sakit kepala dan gangguan pencernaan. Aromanya membuat Anda tenang dan rileks, pikiran lebih jernih, serta membantu konsentrasi.

Mawar dan Geranium. Perpaduan aromaterapi mawar dan geranium dapat membantu mengatasi rasa panik dan khawatir berlebihan. Aromaterapi ini mejadikan diri Anda lebih rileks dan tenang. Aromanya juga dapat membangkitkan suasana hati.

12. Rekreasi Bersama Keluarga

Tentunya orang-orang sangat suka dengan hal-hal yang menyenangkan. Salah satu kegiatan yang menyenangkan adalah rekreasi. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang rela bepergian jauh dan mengeluarkan banyak uang untuk melakukan rekreasi.

Pantai Ponnori Luwu Ramai Dikunjungi Warga Saat Liburan
Pantai Ponnori Luwu Ramai Dikunjungi Warga Saat Liburan | Photo credit: Fajaronline.co.id

Rekreasi dapat Anda lakukan untuk mengatasi stres. Rekreasi bersama keluarga akan lebih menyenangkan, yang sangat ampuh untuk menghilangkan rasa penat dan jenuh, serta membuat suasana hati menjadi menyenangkan dan rileks.

Bagi sebuah keluarga, rekreasi bersama juga menjadi momen berharga dan sangat mengesankan. Selain itu, mengajak semua anggota keluarga untuk rekreasi ke tempat yang menyenangkan adalah cara bagus untuk membahagiakan keluarga dan mempererat hubungan kekeluargaan.

Rekreasi juga untuk melepaskan ketegangan fisik dan mental. Rekreasi menjadi salah satu cara untuk mengabadikan momen indah bersama keluarga.

loading...

13. Jadilah Orang yang Murah Senyum

Dari laman Merdeka.com, seorang peneliti bernama Tara Kraft dari University of Kansas menjelaskan bahwa senyum merupakan indikator kebahagiaan seseorang. Senyum sangat ampuh sebagai “obat alami” untuk stres, yang membuat seseorang tetap senang.

Ilustrasi Murah Senyum
Photo credit: Pexels.com

Penelitian oleh Kraft dan timnya tersebut diterbitkan dalam jurnal Psychological Science, yang menyimpulkan bahwa senyum mampu meredakan stres.

"Jadi, jika Anda terjebak macet atau stres karena hal lainnya, cobalah menahan senyum beberapa saat saja," demikian saran salah satu tim peneliti, Sarah Pressman.

Secara umum, tersenyum akan dapat memperbaiki kondisi suasana hati dan membuat seseorang lebih tenang dan damai.

14. Jangan Menunda-Nunda Tugas atau Pekerjaan

Tidak jarang stres muncul akibat suka menunda-nunda pekerjaan yang akhirnya menumpuk. Jika Anda ingin selalu dalam keadaan tenang maka jangan sampai terjadi penumpukan pada tugas Anda.

Ilustrasi Seseorang yang Suka Menunda Pekerjaan
Ilustrasi Suka Menunda Pekerjaan | Photo credit: Mediabakery.com by CAIA IMAGES / PAUL BRADBURY

Sifat suka menunda-nunda ini sangat berbahaya, pekerjaan yang menumpuk sehingga menyebabkan pekerjaan akan terasa memberatkan dan sulit, maka hasil pekerjaan pun menjadi tidak memuaskan. Hal-hal seperti inilah yang bisa memicu stres.

Mengerjakan pekerjaan dengan terburu-buru bisa memunculkan stres, disamping itu hasil pekerjaan yang tidak memuaskan akan semakin memperparah stres yang dialami.

Hendaknya setiap Anda memiliki kesempatan untuk mengerjakan suatu tugas, maka jangan menunda-tunda. Mengerjakan tugas di awal akan memuaskan hati, dan mencegah munculnya stres.

15. Minumlah Air Putih

Pada artikel berjudul Saat Stres Melanda, Perbanyak Minum Air Putih (Liputan6.com) menjelaskan tentang manfaat air putih yang penting sekali, dimana apabila Anda terserang stres maka hendaknya memperbanyak minum air putih.

Air Putih
Air Putih | Photo credit: Pexels.com

Stres menyebabkan gangguan pada produksi beberapa hormon, termasuk hormon aldesterone yang berfungsi dalam pengaturan kadar cairan dalam tubuh.

Minimnya produksi hormon aldesterone menyebabkan resiko dehidrasi pada tubuh, yang dampaknya meningkatkan kadar kortisol pemicu stres.

Tingginya kadar kortisol juga memicu depresi dan gangguan mental lainnya. Dengan banyak minum air putih diharapkan dapat meredakan stres secara cepat, dan juga menghindari dehidrasi.

16. Mengunyah Permen Karet

Dari tulisan berjudul Kebiasaan Kunyah Permen Karet Bisa Hilangkan Stres (Liputan6.com), bahwa mengunyah permen karet sekarang tidak hanya untuk gaya-gayaan saja, dimana terdapat manfaatnya yang cukup penting.

Permen Karet
Permen Karet | Photo credit: Wikimedia.org

Mengunyah permen karet dapat membantu menghilangkan rasa stres dan cemas. Dimana pada sebuah penelitian menemukan bahwa mengunyah permen karet setiap hari secara rutin selama dua minggu mampu menurunkan resiko kecemasan secara signifikan.

Tingkat kecemasan dan perasaan negatif lainnya hampir semua hilang secara bertahap hanya dengan mengunyah permen karet.

Mengunyah permen karet juga dapat meningkatkan mood dan menjadikan Anda lebih mudah tersenyum.

Selain itu, salah satu manfaat penting dari mengunyah permen karet yaitu dapat menurunkan kadar kortisol, yang dikenal sebagai hormon stres.

Studi menemukan bahwa kadar kortisol dapat berkurang saat air liur keluar bersamaan mengunyah permen karet.

Mengunyah permen karet juga dapat memperlancar aliran darah pada otak. Bahkan studi menemukan bahwa orang-orang yang secara rutin mengunyah permen karet mengalami peningkatan kemampuan daya ingat pada informasi.

Walaupun permen karet memiliki banyak manfaat, tapi ingat bahwa hindari terlalu sering mengunyah permen karet karena mengandung gula dan kurang baik bagi kesehatan rongga mulut.

17. Buatlah Secara Teratur Jadwal Harian

Pekerjaan menumpuk dan jadwal kerja yang berantakan mengakibatkan stres akan datang. Oleh karena itu, sangat penting untuk bisa mengatur kegiatan harian Anda dengan sebaik mungkin.

Chek List
Chek List | Photo credit: Flickr.com by Animated Heaven

Kalau bisa tulislah jadwal kegiatan harian yang terpenting sehingga Anda tercegah dari melalaikannya. Pastikan Anda mampu mengatur waktu agar segala tugas penting bisa terselesaikan dengan tepat waktu.

Selain itu, hindari kesibukan berlebih yang dampaknya meningkatkan resiko stres. Pertimbangkan dengan matang mengenai pekerjaan-perkejaan yang bisa diselesaikan sesuai dengan kemampuan Anda.

18. Mencuci Piring

Dari laman Vemale.com menyebutkan bahwa mengerjakan pekerjaan rumah seperti mencuci piring, menyapu, mengepel, ataupun mengelap kaca memberikan manfaat bagi kesehatan.

Mencuci Piring
Mencuci Piring | Photo credit: Flickr.com by peapod labs

Para ahli menjelaskan bahwa mencuci piring dengan hati tenang dan senang mampu meredakan rasa stres dan kecemasan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Florida State University menemukan bahwa rutinitas mencuci piring bisa mengurangi stres.

Beberapa ahli juga menjelaskan bahwa dengan mencuci piring maka seseorang dapat memperoleh inspirasi atau berpikir lebih fokus.

Namun, dijelaskan bahwa jiwa seseorang ingin memperoleh manfaat menghilangkan stres, maka harus melakukan mencuci piring dengan lapang dada atau tanpa beban.

Dengan kata lain, hendaknya Anda mencuci piring dengan suasana yang sesantai mungkin. Agar lebih menyenangkan, maka gunakan sabun cuci piring aroma jeruk atau lemon yang wangi.

19. Jaga diri Anda dari Hal-Hal Buruk

Agar terhindar sejauh mungkin dari masalah stres, maka pastikan Anda tidur yang cukup dan mengutamakan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Hindari berbagai hal buruk seperti merokok, makanan instan atau junk food, minuman beralkohol, hingga yang terburuk yaitu obat-obatan terlarang.

loading...

Tulisan Terkait: