16 Tujuan Konferensi Pers (Pengertian & Fungsi)

Konferensi Pers
Kredit: © ANDY HOOPER

Apa itu konferensi pers? Konferensi pers adalah sebuah acara yang khusus diadakan untuk menyebarkan suatu informasi penting ke banyak orang (publik), dimana diharapkan pesan atau informasi penting yang disampaikan bisa menjangkau sebanyak-banyaknya orang.

Konferensi pers bisa berupa tentang pengumuman hal mendesak, info promosi, rencana pelaksanaan acara besar tertentu, pelurusan informasi hoax yang tersebar, hingga mengklarifikasi hal tertentu, tentunya bahwa fungsi pers menjadi sangat penting di era informasi ini.

Dalam konferensi pers, terkadang berisi informasi tentang gagasan, ide pikiran dan berita secara umum. Selain itu, konferensi pers menjadi wadah penting untuk menyampaikan pikiran dan perasaan.

Yang melakukan konferensi pers tidak cuma pihak instansi dan lembaga pemerintahan saja, melainkan juga setiap individu dan kelompok masyarakat bisa mengadakan konferensi pers, dimana pihak non-pemerintah yang paling umum mengadakan konferensi pers yaitu ormas dan perusahaan.

Simpelnya, konferensi pers merupakan aktivitas menyebarkan pesan atau informasi seluas-luasnya, termasuk pihak yang mengadakan konferensi pers biasanya akan menjawab beberapa pertanyaan dari awak media.

Orang yang terlibat dalam kegiatan konferensi pers yaitu mereka yang memiliki ilmu jurusan public relations, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan konferensi pers yaitu menyediakan lokasi, waktu, isi materi, pembicara, tamu undangan dll.

Tujuan Konferensi Pers


Tujuan utama konferensi pers yaitu memberikan informasi penting tertentu, statement dan klarifikasi. Hal ini bisa dilakukan oleh pihak individu, ormas, perusahaan, instansi pemerintah, lembaga pemerintah dll.

Biasanya pihak yang mengadakan konferensi pers akan mengajak sebanyak-banyaknya pihak media, sehingga saat acara berlangsung akan terdapat banyak awak media untuk mencatat apa yang disampaikan, lalu disiarkan dan disebarkan ke khalayak umum.

Dengan demikian, pihak yang mengadakan konferensi pers berharap memperoleh publisitas dan liputan yang luas, semakin menjangkau banyak orang maka semakin bagus.

Tujuan konferensi pers secara umum yaitu:

1. Mengumumkan Informasi Darurat

Pengadaan konferensi pers tentunya membutuhkan banyak persiapan dan ada banyak hal yang harus diperhatikan, sehingga pastinya kegiatan konferensi pers akan menginformasikan hal-hal yang penting bahkan darurat.

Anda bisa menonton dan mencermati berbagai kegiatan konferensi pers yang ditayangkan di TV, biasanya akan memberitahukan sesuatu yang amat penting atau darurat. Termasuk konferensi pers sering digunakan untuk mengklarifikasi suatu isu guna meluruskan pemahaman masyarakat, memberitahukan pengumuman penting yang bersifat nasional kepada masyarakat, membantah berita hoax dll.


2. Menjawab Pertanyaan Media

Konferensi pers sering digunakan untuk menjawab berbagai pertanyaan yang ada di publik, sehingga jangan heran jika pada konferensi pers selalu ada sesi tanya-jawab antara pihak narasumber dan media. Peran media sangat penting untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan berkualitas.

3. Mengklarifikasi Isu Tertentu

Dilakukannya konferensi pers juga bertujuan untuk mengklarifikasi berbagai berita miring yang beredar di masyarakat, ini sering terjadi di dunia hiburan, khususnya berkaitan dengan hal-hal yang sifatnya gosip.

Misalnya seorang Artis yang mengklarifikasi gosip mengenai dirinya yang diduga selingkuh, si Artis berupaya meyakinkan masyarakat bahwa gosip tersebut tidak benar, sehingga nama baiknya menjadi pulih kembali.

Selain itu, konferensi pers diadakan guna mengklarifikasi berbagai isu yang mungkin membingungkan atau dipertanyakan oleh masyarakat.

4. Mengumumkan Sikap Pemerintah

Ini menjadi bentuk konferensi pers yang biasanya paling ditunggu-tunggu masyarakat. Misalnya saat terjadi konflik Israel dan Palestina, maka masyarakat akan sangat menantikan bagaimana sikap pemerintah? Apa respon dan tindakan yang diambil pemerintah?

Secara umum, konferensi pers diperlukan oleh para pejabat tinggi negara dan Presiden guna menginformasikan sikap pemerintah mengenai sebuah isu, biasanya ini bertujuan untuk membuat masyarakat tenang dan mencegah terjadinya kepanikan publik.

5. Mempengaruhi Opini Publik

Konferensi pers terkadang diadakan untuk menggiring opini publik mengenai suatu persoalan ke sudut pandang yang diinginkan. Sudah banyak pejabat dan pengusaha besar yang mengadakan konferensi pers untuk mengubah opini dan pemahaman masyarakat.


6. Memperkuat Relasi Media

Mengadakan konferensi pers dapat menjadi cara untuk membangun dan mempererat relasi antara pihak yang mengadakan konferensi dengan pihak-pihak media massa.

Dimana biasanya kegiatan konferensi pers akan mengundang banyak pihak media massa, semakin banyak maka semakin bagus.

7. Meningkatkan Reputasi

Hal ini sudah umum dilakukan, dimana konferensi pers seringkali diadakan dengan tujuan untuk membangun dan meningkatkan reputasi suatu perusahaan, lembaga dan organisasi.

8. Sarana Edukasi

Melalui kegiatan konferensi pers, pesan-pesan atau informasi yang disampaikan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman publik mengenai topik yang sedang dibicarakan.

Bahkan, konferensi pers bisa menjadi momen untuk mendorong diskusi lebih lanjut mengenai topik yang tengah dibicarakan, termasuk membangun perdebatan sehat dari berbagai sudut pandang sehingga memperkaya literasi dan pengetahuan.

9. Mengarahkan Atensi Publik ke Suatu Isu

Konferensi pers bisa digunakan untuk memperoleh perhatian masyarakat guna memberitahu isu atau topik yang penting. Ini bisa menjadi suatu hal yang positif jika konferensi pers digunakan dengan benar, misalnya organisasi pecinta lingkungan berupaya memberitahu masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan, tidak menebangi pohon di hutan, hingga memotivasi masyarakat untuk melestarikan lingkungan (misalnya memotivasi masyarakat untuk menanam pohon).


10. Menanggapi Kejadian Penting

Konferensi pers seringkali diperlukan untuk menyampaikan tanggapan mengenai kejadian penting, atau adanya kondisi yang darurat. Bahkan, mengadakan konferensi pers menjadi wajib tatkala terjadi kondisi darurat.

11. Menggiring Narasi

Konferensi pers seringkali digunakan buat menggiring narasi dan pemahaman masyarakat mengenai suatu hal, yakni dengan menyampaikan informasi atau penjelasan ke publik berdasarkan sudut pandang tertentu (sesuai yang diinginkan narasumber).

12. Memberikan Publik Peluang Ikut Terlibat

Pada situasi tertentu, kegiatan konferensi pers memungkinkan masyarakat umum ikut serta, misalnya masyarakat umum diizinkan dalam kegiatan tanya jawab sehingga bisa mengajukan pertanyaaan yang diinginkan secara tatap muka (tanpa perlu diwakilkan) dengan pihak narasumber.

Selain itu, konferensi pers bisa menjadi tempat bagi suara-suara yang kurang terdengar, seperti suara dari kaum minoritas maupun isu-isu penting yang kurang mendapatkan perhatian publik.

13. Mengumumkan Pencapaian

Kegiatan konferensi pers bisa dimanfaatkan untuk mengumumkan pencapaian, kesuksesan, goal, achievement atau semacamnya kepada khalayak ramai (publik). Hal ini secara efektif dapat meningkatkan reputasi.

14. Menyampaikan Respon Darurat

Ini menjadi fungsi konferensi pers yang sangat penting, terutama adanya konferensi pers sangat diperlukan dalam situasi darurat (seperti bencana alam, konflik sosial dll) guna mengumumkan pesan darurat (penting) ke masyarakat umum, termasuk menginformasikan langkah-langkah dan panduan kepada masyarakat, serta menenangkan masyarakat.


15. Mengumumkan Keputusan Penting

Tujuan konferensi pers bisa untuk mengumumkan keputusan penting, tatkala keputusan besar diambil (entah itu dalam hal politik, sosial, ekonomi, undang-undang, perpu, perda dll) maka konferensi pers merupakan 'tool wajib' agar dapat menyebarkan informasi tersebut secara resmi ke publik.

16. Mempromosikan Merek

Konferensi pers bisa digunakan untuk mengenalkan, membangun dan memperkuat branding (merek) secara efektif, sehingga masyarakat bisa lebih mengenal merek tersebut. Ini nantinya secara langsung maupun tak langsung akan meningkatkan reputasi atau citra.

Sebagai contoh, banyak perusahaan (cukup umum diketahui) mengadakan konferensi pers untuk mempromosikan merek, produk ataupun layanan baru mereka. Hal ini penting dilakukan agar masyarakat bisa mengetahuinya, tanpa mengadakan konferensi pers bakal sulit 'misi' tersebut sukses.

Fungsi Konferensi Pers 
  1. Sebagai Media Informasi. Fungsi utama konferensi pers yaitu menyebarkan informasi-informasi penting untuk bisa diketahui oleh banyak orang (masyarakat).
  2. Fungsi Pendidikan. Fungsi konferensi pers juga untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat, ini nantinya mempengaruhi perkembangan kualitas SDM suatu negara. Konferensi pers bisa menjadi sarana edukasi dengan cara menyebarkan tulisan atau informasi yang memiliki nilai edukasi, wawasan atau pengetahuan.
  3. Fungsi Hiburan. Fungsi pers juga bisa berisi sesuatu yang sifatnya hiburan, sehingga menjadi penyeimbang dari informasi-informasi yang sifatnya berat.
  4. Fungsi Kontrol Sosial. Hal ini ada banyak contohnya seperti: membantu investigasi isu publik, membantu masyarakat dalam memonitor kinerja pemerintah sehingga mencegah kesewenang-wenangan, menjembatani hubungan rakyat-pemerintah dll.
  5. Sebagai Media Entertainment. Konferensi pers juga bisa menjadi bentuk media entertainment, dengan kata lain yakni sarana entertaiment dengan memunculkan konten mengenai 'gimmick' artis, aktor, penyanyi, selebritis dan hal-hal lainnya yang menarik perhatian dan bikin kepo.


Penutup

Mengapa konferensi pers diperlukan? Konferensi pers sangat dibutuhkan agar bisa menyampaikan pesan dan informasi secara lengkap, jelas dan jangkauannya luas. Selain itu juga untuk menghindari miss komunikasi dan kesalahpahaman.

Konferensi pers jauh lebih baik dan lebih efektif ketimbang berulang-ulang menjelaskan dan menjawab pertanyaaan via telepon. Konferensi pers ini sangat membantu, seringkali manfaatnya membuat masyarakat bisa mengetahui sesuatu yang sebelumnya salah perkiraan, sehingga konferensi pers perlu dilakukan untuk meluruskan hal-hal yang keliru di masyarakat.

Konferensi pers juga wajib dilakukan untuk merespon berbagai isu miring yang berkaitan dengan publik. Bahkan di masa sekarang ini, konferensi pers juga diadakan untuk kepentingan individu, organisasi dan perusahaan.

Misalnya perusahaan mengadakan konferensi pers untuk mempromosikan suatu produk atau jasa tertentu, ataupun untuk mengkalarifikasi suatu isu.

Biasanya pihak-pihak yang mengadakan konferensi pers seperti para politisi, pihak otoritas (pemangku jabatan), perusahaan, organisasi, lembaga, rumah produksi film, artis, aktor dll.

Beberapa hal yang harus diperhatikan jika berencana mengadakan konferensi pers:
  1. Usahakan memilih lokasi yang cukup tenang atau jauh dari kebisingan, sehingga hindari memilih lokasi yang terdengar lalu lintas berisik maupun tempat yang padat.
  2. Usahakan lokasi menyediakan tempat parkir memadai untuk orang-orang yang datang.
  3. Usahakan mempersiapkan ruangan yang besar, ini sangat penting agar acara bisa menampung semua awak media dan tamu undangan yang hadir.
  4. Pastikan menyiapkan sarana presentasi, misalnya LCD projector sebagai alat proyeksi untuk memperlihatkan suatu informasi dalam bentuk grafik, tabel dan semacamnya.
  5. Perhatikan ketersediaan fasilitas yang mumpuni, seperti memastikan jumlah kursi yang mencukupi, menyediakan banyak stopkontak, menyediakan tempat panggung, mikrofon, loud speaker dll.
  6. Pastikan terdapat tempat khusus (space memadai) bagi wartawan dan media agar bisa meliput secara aman dan nyaman.
  7. Usahakan memilih juru bicara (narasumber) dengan kemampuan komunikasi yang mumpuni dan diatas rata-rata.
  8. Disarankan narasumber berbicara sekitar 10 menit (jangan terlalu lama). Selain itu, saat menjawab pertanyaan dari awak media maka jawablah secara singkat, padat dan jelas.
  9. Susun hal-hal yang ingin disampaikan secara matang, sehingga informasi bisa diterima publik dengan jelas. Pastikan inti informasi bisa dipahami oleh audience.

Tujuan utama konferensi pers yaitu untuk menyampaikan pernyataan (statement) maupun menyampaikan informasi penting, yang pihak melakukannya bisa berupa perseorangan, lembaga, perusahaan, organisasi, institusi, pemangku jabatan dll. Selain itu, kelebihan konferensi pers yaitu sangat efektif untuk menyampaikan informasi secara akurat dan jelas ke publik.




Baca Juga:

Tidak ada komentar: