Media Massa: Pengertian, Contoh, Fungsi & Jenis

Media Massa

Pengertian Media Massa

Apa itu media massa? Media massa adalah sarana untuk mengirimkan informasi ke banyak orang di segala penjuru tempat. Media massa menjadi alat untuk menyebarkan informasi secara cepat dan efektif ke banyak orang, diantaranya dengan memanfaatkan TV, radio, koran, majalah dan lainnya.

Biasanya media massa berisi tentang berita atau melaporkan kejadian terbaru di dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu, media massa juga berisi tentang opini-opini, analisa, pembahasan isu yang sedang hangat, hingga penyebaran pemikiran.

Ada banyak jenis-jenis media massa yang telah dikenal sampai sekarang, dimana peran media massa sangat besar dalam perkembangan sosial dan teknologi secara signifikan, hingga dalam hal peradaban manusia.

Jenis-Jenis Media Massa


1. Media Cetak

Media cetak adalah media massa yang berbentuk secara fisik berupa sejumlah lembaran kertas. Atau dengan kata lain, media cetak merupakan jenis media massa yang berisi informasi untuk disebarkan dalam bentuk publikasi cetak.

Hadirnya media cetak sejak 1920-an, dimana pada mulanya media massa difungsikan oleh pemerintah untuk mengontrol rakyat dan menyebarkan ideologi.

Dengan kata lain, mulanya dihadirkan pemerintah untuk misi tertentu (ada tujuan terselubung), termasuk menggiring cara pandang masyarakat. Adapun saat ini, media massa di seluruh dunia telah lebih 'merdeka' dari kontrol pemerintah, walau tetap tidak bisa 100% terlepas dari tekanan pemerintah.

Contoh media cetak yaitu koran, tabloid, buletin, majalah, brosur, poster dan lainnya.


2. Media Elektronik

Media elektronik adalah media massa yang berisi pesan atau informasi yang disebarkan dalam bentuk suara saja maupun suara + video. Contoh media elektronik yaitu TV, radio, VCD, DVD dan semacamnya.

Berbeda dengan media cetak yang tidak perlu menggunakan perangkat, adapun media elektronik membutuhkan perangkat untuk mengaksesnya. Sehingga membutuhkan biaya yang tidak sedikit, entah itu untuk membeli TV, radio atau perangkat lainnya.

3. Media Online

Ini merupakan jenis media massa yang untuk bisa mengaksesnya membutuhkan jaringan internet, disamping juga memerlukan perangkat seperti smartphone, laptop atau yang lainnya.

Contoh media online yaitu:
  • Situs berita (contoh: liputan6.com)
  • Situs media sosial (contoh: twitter.com)
  • Situs pemerintah (contoh: kemendagri.go.id)
  • Situs forum (contoh: reddit.com)
  • Situs e-commerce (contoh: bukalapak.com)
  • Situs perusahaan (contoh: tesla.com)
  • Aplikasi gadget (contoh: facebook app, twitter app)

Media online menjadi 'tool' agar dapat berhubungan secara daring, baik itu berupa aplikasi maupun web. Bentuknya bermacam-macam yaitu video, audio, tulisan dan lainnya.

Ciri-ciri Media Online
Ciri-ciri media online yaitu prosesnya sangat cepat, yakni Informasi bisa dikirimkan atau disebarkan dengan cepat, bahkan hanya dalam hitungan detik.

Setelah suatu informasi diunggah ke internet, maka hanya dalam beberapa detik bisa diakses semua orang di dunia. Ini menjadikan proses pengiriman informasi begitu cepat, mudah dan instan.

Selain itu konten dapat diperbarui dengan sangat mudah, termasuk jika terjadi suatu kekeliruan pada informasi di sebuah artikel website maka bisa diperbaiki saat itu juga. Bahkan proses update dan perbaikan konten dapat berjalan secara realtime.

Media online juga lebih interaktif, hal itu karena media online memiliki fitur komentar dan chat. Misalnya saat muncul sebuah berita, maka bisa ditanggapi saat itu juga. Hal ini berbeda dengan media cetak (seperti koran dan majalah) yang sifatnya hanya satu arah.

Beberapa fungsi media online yaitu untuk menyebarkan informasi secara cepat, mengembangkan peradaban, melakukan diskusi dengan banyak orang di banyak tempat, hingga sebagai sarana pendidikan, sosialisasi dan hiburan.


Kelebihan Media Online
  • Informasi menjadi bisa sangat cepat untuk disebarkan.
  • Informasi atau konten lama (bahkan konten yang dibuat lebih dari 10 tahun lalu) tetap dapat diakses.
  • Dapat mengakses informasi dimana saja dan kapan saja, dengan syarat memiliki jaringan internet.

Kekurangan Media Online
  • Kualitas berita atau informasi tidak sebaik media cetak (seperti koran).
  • Sering disalahgunakan untuk menyebarkan berita yang tidak sesuai fakta (hoax).
  • Media online harus diakses melalui gadget ataupun PC, ini menyebabkan mata gampang lelah. Bahkan terdapat sejumlah penelitian yang menyebutkan bahwa paparan cahaya layar gadget dan PC bisa menurunkan kesehatan mata dan menyebabkan susah tidur.

Fungsi Media Massa

Keberadaan media massa sebenarnya sangatlah penting, seharusnya ini media massa dimanfaatkan untuk kemajuan peradaban umat manusia. Berikut beberapa fungsi media massa:
  1. Fungsi informasi, yaitu media massa berfungsi menyebarkan informasi yang dibutuhkan masyarakat.
  2. Fungsi pengawasan, yaitu media massa berfungsi untuk memberikan pesan atau pemberitahuan (berupa warning) ke masyarakat tentang kondisi maupun kejadian terkini, serta menyebarkan informasi tentang kekeliruan yang berlangsung di masyarakat ataupun otoritas tertentu. Dengan informasi yang diperoleh, masyarakat bisa mempelajari efek dan potensi ancaman yang bisa saja terjadi. Contoh yang sangat umum yaitu media massa bekerja untuk mencermati kebijakan yang ditetapkan pemerintah, mencari tahu apa saja dampaknya terhadap masyarakat.
  3. Fungsi persuasi, dimana media massa punya 'power' yang sangat besar untuk memengaruhi pendapat, pemikiran dan pandangan masyarakat. Dimana opini seseorang biasanya dipengaruhi berdasarkan media yang dikonsumsinya. Dengan demikian, opini masyarakat bakal tercermin berdasarkan media massanya.
  4. Fungsi hiburan, dimana media massa tak melulu berisi tentang hal-hal yang serius, tapi juga bisa berisi hal-hal yang bersifat entertaiment atau hiburan.
  5. Media massa berfungsi untuk menyebarkan informasi yang benar dengan berdasarkan fakta dan data.
  6. Media massa sebagai wadah untuk menyampaikan edukasi secara efektif kepada banyak orang.
  7. Menampilkan isu-isu terkini dan terhangat, guna dijadikan bahan diskusi oleh masyarakat sehingga meningkatkan literasi dan wawasan masyarakat.
  8. Media massa berfungsi untuk membantu masyarakat memahami dengan baik dan akurat tentang isu-isu yang sedang terjadi.
  9. Media massa berfungsi membantu pemerintah dalam mensosialisasikan suatu kebijakan atau aturan kepada masyarakat.
  10. Media massa menyebarkan informasi kepada banyak orang dengan jangkauan yang sangat luas, dimana hak setiap orang untuk memperoleh informasi yang dibutuhkannya.


Karakteristik Media Massa
  1. Publisitas, yaitu dikonsumsi orang banyak.
  2. Aktualitas, yaitu menginformasikan sesuatu yang terbaru, termasuk menyampaikan informasi ke masyarakat secara cepat.
  3. Kontinuitas, yaitu berkelanjutan untuk terus-menerus diterbitkan.
  4. Periodisitas, yaitu diterbitkan secara teratur dalam jangka waktu tersebut. Misalnya koran yang biasanya diterbitkan setiap hari, lalu ada juga majalah yang terbit sekali dalam seminggu, atau ada juga majalah yang terbit 2x dalam seminggu.
  5. Universalitas, yaitu jenis informasi bersifat general sehingga tidak membatasi pada satu jenis informasi yang spesifik. Hal itu karena media massa menyasar masyarakat umum.
  6. Melembaga, yaitu pihak yang menjalankan atau mengoperasikan media bukanlah oleh individu, melainkan merupakan tim yang terdiri dari banyak individu dengan tugasnya masing-masing, seperti mengumpulkan informasi, mengelola, menyajikan dll.
  7. Meluas, yakni media massa bekerja untuk menyebarkan informasi secara luas dan cepat, dimana informasi yang disebarkan bisa ditangkap orang-orang dalam masa yang sama.
  8. Terbuka, artinya informasi bisa diperoleh oleh semua orang tanpa mengenal faktor ras, suku, umur, gender dll.

Media massa berfungsi sebagai sarana mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui bentuk tulisan maupun ucapan.

Masyarakat dari kalangan bawah sangat ketergantungan pada informasi dari media massa ketimbang masyarakat yang kaya.

Hal itu karena masyarakat miskin memiliki opsi yang sangat terbatas, adapun masyarakat yang kaya mempunyai segudang opsi seperti bertanya kepada para ahli secara langsung, sehingga tidak bergantung pada media massa.

Media massa merupakan 'seni' untuk mengelola dan menyajikan berita (atau informasi) di kehidupan sehari-hari, guna membantu kehidupan masyarakat menjadi lebih baik.

Media massa berperan vital yaitu untuk menyediakan informasi, mengedukasi masyarakat, memberikan hiburan untuk masyarakat, dan menjalankan fungsi kontrol sosial.




Baca Juga:

Tidak ada komentar: