8 Tugas Public Relations (Pengertian, Fungsi, Jurusan & Contoh Pekerjaan)

Media Relations
Photo credit: stock.adobe.com|Microgen

Apa itu Public Relations? Public Relations adalah suatu tindakan membangun komunikasi yang efektif dan positif oleh suatu perusahaan/lembaga/organisasi, sehingga tercipta hubungan yang baik dengan masyarakat, pemerintah dan mitra bisnis.

Setiap perusahaan besar biasanya memiliki Public Relation (PR) karena fungsinya yang begitu penting, khususnya dalam fungsinya sebagai humas dan membangun citra perusahaan.

Bahkan keberadaan public relations bisa menjadi kunci kesuksesan suatu perusahaan, termasuk mempererat relasi yang positif dengan banyak media (media relation), sehingga membuat perusahaan memiliki reputasi yang baik di masyarakat dan pihak otoritas.

Umumnya public relations memiliki divisi atau departemen tersendiri dari suatu perusahaan, khususnya pada perusahaan yang sudah mencapai level nasional dan internasional (perusahaan besar) sehingga memerlukan banyak sumber daya dalam membangun komunikasi dan hubungan positif dengan masyarakat.

Perusahaan yang memiliki reputasi baik bakal menjadi lebih mudah memperoleh banyak konsumen dan investor. Tujuan penting public relations untuk membangun reputasi positif perusahaan/lembaga/organisasi di pandangan masyarakat umum, konsumen, investor dan pihak otoritas.

Tugas public relation berupaya menjaga komunikasi dan relasi dengan publik, media, stakeholders, konsumen, mitra bisnis, otoritas dan lainnya. Dimana public relation harus mampu memperlihatkan citra positif, membangun komunikasi efektif, hingga mendalami isu-isu relevan yang bisa mempengaruhi citra perusahaan atau organisasi.

Tugas Public Relation


1. Meneliti dan Menganalisa

Public relations harus mampu dalam meneliti dan menganalisa, misalnya mampu secara akurat dalam meriset pasar, memahami opini publik, mengerjakan survey, mencari bentuk interaksi yang efektif, mencari tahu tren terbaru dll. Analisa yang akurat akan sangat membantu perusahaan dalam mengambil langkah-langkah strategis.

2. Memperkuat Relasi dengan Media

Tugas public relations yaitu menjaga hubungan positif dengan berbagai pihak media, beberapa hal yang dilakukan seperti penyampaian informasi yang efektif ke awak media, menanggapi wawancara, hingga upaya untuk memperoleh liputan yang positif.

Divisi public relations bekerja dan berupaya untuk memperkuat relasi dengan banyak pihak media, ini akan memperbesar peluang perusahaan atau organisasi untuk memperoleh cakupan media yang positif, juga membantu upaya penyebaran informasi relevan dan pengadaan konferensi pers.


3. Merespon Permasalahan

Public relations juga diperlukan perannya dalam menangani masalah-masalah atau krisis yang muncul di perusahaan atau organisasi, dimana public relation berkontribusi dalam membantu penanggulangan, identifikasi dan menekan efek buruk krisis/permasalahan.

4. Membangun Komunikasi Internal yang Baik

Misalnya pada sebuah perusahaan, divisi public relation berupaya membuat semua karyawan paham tentang apa saja visi, misi dan nilai perusahaan. Selain itu, public relations bertanggung jawab dalam membangun komunikasi internal yang efektif dan efisien.

5. Membuka Jaringan Komunitas

Public relations memiliki tugas untuk mendekatkan perusahaan/organisasi dengan publik atau masyarakat. Misalnya public relation harus punya inisiatif untuk mengadakan beberapa kegiatan dengan masyarakat sekitar (seperti kegiatan sosial dll), khususnya mendukung komunitas yang bisa memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, ini akan memperkuat reputasi perusahaan/organisasi.

6. Melakukan Evaluasi

Public relations semestinya punya kapabilitas dalam menyurvei publik, melakukan analisa, hingga menilai reputasi perusahaan/organisasi di mata publik, media dan otoritas. Termasuk mampu mengetahui seberapa efektif komunikasi yang dilakukan, mengetahui seberapa besar efek promosi, menyimpulkan respon publik dll.

Public relations juga dituntut untuk mampu memaksimalkan keberadaan media sosial yang semakin populer, dimana netizen memiliki power yang sangat besar. Jika perusahaan/organisasi memiliki reputasi tinggi di mata netizen, maka ini keuntungan yang sangat besar.


7. Pengadaan Acara

Public relations biasanya ikut terlibat saat pengadaan event tertentu, pengadaan suatu acara khusus, acara promosi dll yang diharapkan secara efektif memperbesar jangkauan suatu perusahaan atau organisasi menjadi lebih luas.

8. Tugas Public Relation Lainnya
  • Public relations biasanya terlibat dalam menyusin materi promosi, termasuk beberapa hal seperti brosur, siaran pers dan lainnya.
  • Public relations harus memiliki kemampuan dalam mengelola media sosial, termasuk menciptakan posting yang menarik netizen, meanggapi kritikan dan masukan, merespon follower dll.
  • Public relation bisa terlibat dalam proses penyusunan materi presentasi dari suatu perusahaan/organisasi.
  • Public relations memiliki tugas untuk ikut serta dalam membuat kewajiban laporan tahunan perusahaan (atau publikasi lainnya) untuk diserahkan ke pihak yang berkepentingan.
  • Public relations bertugas untuk menganalisa strategi para pesaing dalam membangun citra dan komunikasi di masyarakat.
  • Public relations memiliki tugas untuk membangun komunikasi dan kerja sama dengan para influencer (di internet atau media sosial) sehingga memperluas jangkauan perusahaan/organisasi.
  • Public relations bertugas menyusun informasi promosi produk perushaan (atau berita tertentu lainnya) secara efektif dan mudah dipahami.
  • Public relations bertugas untuk memantau reputasi perusahan/organisasi di dunia online, termasuk bisa menjalankan website, medsos, memahami ulasan dan komentar yang masuk, menjaga nama baik perusahaan/organisasi di mata netizen, dll
  • Public relations perlu mengadakan pelatihan khusus kepada orang-orang di perusahaan/organisasi mengenai cara berinteraksi dengan pihak media secara benar dan efektif.
  • Public relations terkadang dibutuhan perannya dalam upaya melobi atau mempengaruhi kebiajakan pemerintah, sehingga pihak otoritas membuat aturan yang menguntungkan pihak perusahaan/organisasi.
  • Public relations memiliki kemampuan komunikasi diatas rata-rata, sehingga pada umumnya bisa menjadi wakil perusahaan/organisasi di forum-forum relevan.

Fungsi Public Relations


1. Menyebarkan Informasi Penting

Fungsi public relation yaitu sebagai penyampai informasi yang akurat kepada masyarakat dan pihak otoritas. Misalnya bagaimana public relation bekerja untuk memberikan informasi promosi produk yang menarik dan mudah dipahami publik, atau informasi lainnya.


2. Meningkatkan Reputasi

Fungsi public relation yaitu vital perannya dalam upaya menjaga reputasi, dimana jika perusahaan atau organisasi ingin memperbaiki dan meningkatkan reputasinya maka perlu mengoptimalkan public relations.

Dimana public relation memiliki pekerjaan penting untuk menjaga reputasi satu perusahaan atau organisasi, memastikan perusahaan atau organisasi memiliki citra positif di masyarakat.

3. Relasi dengan Otoritas

Public relation juga memiliki fungsi untuk mempertahankan relasi positif dengan pihak otoritas (seperti pemerintah), misalnya melakukan komunikasi intensif dengan pihak badan regulasi untuk mempengaruhi kebijakan maupun keputusan pemerintah, dengan kata lain melakukan lobi-lobi.

4. Relasi dengan Masyarakat

Masyarakat memiliki power yang sangat besar, sehingga sangat penting bagi public relation bekerja untuk menjaga relasi positif dengan masyarakat.

Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan public relation sehubungan dengan upaya membangun relasi positif dengan masyarakat, misalnya dengan mengadakan acara bakti sosial, penyuluhan, edukasi kepada masyarakat, bantuan sosial dll. Ini bakal menciptakan dukungan kuat dari masyarakat dan relasi yang harmonis.

5. Memperkuat Branding

Fungsi public relation yaitu memperkuat dan memperkuat eksplosur branding daru suatu perusahaan atau organisasi, serta berupaya agar visi dan nilai-nilai brand perusahaan/organisasi dipahami oleh masyarakat dengan baik. Peran public relation sangat vital guna membangun reputasi brand yang kuat.


Jurusan Public Relations


Apa yang dipelajari di jurusan public relations? Jurusan public relations akan mempelajari konsep dari hubungan publik serta berkaitan dengan beberapa ilmu seperti ilmu komunikasi, sosial, hukum hingga politik.

Di jurusan ini, Anda akan diajarkan tentang konsep membangun komunikasi dan relasi dengan masyarakat, otoritas dan stakeholders. Berada di jurusan public relations benar-benar akan mengasah skill komunikasi, baik itu komunikasi secara digital maupun cara biasa.

Dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, jurusan public relation tampak kian populer karena demand-nya yang meningkat pesat dan punya prospek yang bagus, dimana kian banyak para lulusan sekolah yang meminati jurusan public relations.

Keuntungan & Kelebihan Jurusan Public Relations

  1. Kemampuan berkomunikasi akan semakin terasah, ini benar-benar penting bagi Anda di kehidupan nyata.
  2. Meningkatkan skill bahasa asing, entah itu bahasa Inggris, Jepang, Mandarin dll. Ini sebagai bekal seorang public relations untuk terjun di persaingan internasional.
  3. Mahasiswa akan dilatih untuk terbiasa memahami apa yang disampaikan, jadi menghindari tindakan 'asal bicara' yang itu merupakan kebiasaan buruk dan bisa membahayakan perusahan, organisasi atau lembaga tempatnya bekerja.
  4. Mempertajam skill sosial, dimana seorang Public Relations akan lebih sering menjalani waktunya buat bertemu dan berkomunukasi dengan orang-orang, ketimbang sekedar bekerja di depan layar laptop.
  5. Mepertajam skill public speaking, dimana itu merupakan skill yang amat dibutuhkan di masa mendatang.
  6. Penampilan meningkat, dimana seorang public relations akan berhadapan dengan publik, maka mahasiswa jurusan public relations akan terlatih untuk berpenampilan good looking, seperti dilatih menggunakan pakaian sopan, memakai jas dan dasi dll.
  7. Mahasiswa akan diajarkan table manner saat di tempat umum.
  8. Jurusan public relations menawarkan mahasiswa untuk mengasah skill komunikasi, jurnalistik, pengembangan diri, manajemen, desain grafis dll. Beberapa skill tersebut dibutuhkan agar bisa menjadi profesional public relations.
  9. Terbiasa up to date, dimana mahasiswa jurusan public relations akan terbiasa untuk membaca arah perkembangan zaman, termasuk mengetahui isu terhangat saat ini, sehingga mahasiswa jurusan public relations cenderung memiliki wawasan luas.
  10. Berkaitan dengan poin sebelumnya, ini menjadikan mahasiswa jurusan public relations biasanya gampang 'nyambung' saat mengobrol dengan orang-orang.
  11. Kelebihan jurusan publik relations yaitu seru, penuh tantangan dan menyenangkan, dimana Anda akan menjalani lebih banyak praktek daripada sekedar teori, yakni mempraktek-kan ilmu yang diperoleh langsung ke lapangan. 
  12. Lulusan public relations umumnya punya pengetahuan yang luas, keterampilan interpersonal, team work, copywriting, analisa, observasi dan riset, hingga skill komunikasi yang diatas rata-rata.

Kuliah di Jurusan PR penuh dengan keseruan, dimana mahasiswa akan ditantang untuk berpikir kreatif memunculkan ide-ide yang fresh, hal ini menjadikan mahasiswa terbiasa untuk berpikir kreatif. Disamping itu mahasiswa juga didorong untuk bisa tampil rapi dan 'good looking'.


Mahasiswa jurusan PR biasanya lebih cair dalam bersosialisasi sebagai penerapan dari pendalaman ilmu public relations. Disamping juga mahasiswa jurusan PR biasanya memiliki wawasan yang luas.

Beberapa hal yang dipelajari atau mata kuliah jurusan Public Relations:
  1. Public Speaking.
  2. Communication Theories in Public Relations Context.
  3. Writing for Public Relations.
  4. Corporate Relationship Management.
  5. Professional Communication in Business Setting.
  6. Intercultural Communication.
  7. Reputation Management.
  8. Strategic Planning in Public Relations.
  9. Digital Analytics for Public Relations.
  10. Crisis Management.
  11. Communication Technology.
  12. Public Relations Photography.
  13. Visual Design.
  14. Branding and Advertising.

Terdapat sejumlah prinsip dasar yang wajib dipegang oleh seorang public relations yaitu integritas, transparasi dan tanggung jawab sosial. Dimana PR dituntut untuk bisa menjaga keakuratan informasi yang disebarkan ke masyarakat, selain itu juga wajib mematuhi etika dan kode etik.

Untuk menjadi seorang public relations yang hebat dan profesional, maka perlu mengasah skill komunikasi dan menulis, melatih manajemen waktu, melatih skill riset dan observasi, melatih team work, terbiasa berpikir kritis, terbiasa berpikir kreatif dan menciptakan ide-ide, hingga bisa merancang materi.


Prospek Kerja Jurusan Public Relations


Jurusan public relation kerja apa? Lulusan public relations punya kesempatan besar untuk bekerja di perusahaan atau media, bekerja secara independen, hingga menjalankan bisnis sendiri.

Hampir di semua perusahaan, entah itu perusahaan swasta, BUMN dan intansi pemerintah memiliki public relations, dimana peran Humas sangatlah penting. Termasuk juga lembaga dan organisasi yang jumlahnya sangat banyak, biasanya terdapat orang-orang yang bekerja di bagian Humas.

Contoh Pekerjaan Lulusan Public Relations


Selain bisa menjalani profesi sebagai Humas, jika Anda termasuk orang yang 'hobi' menyusun acara di suatu event (event organizer) maka ini bisa menjadi salah satu job penting setelah Anda lulus kuliah. Tidak hanya menjadi event organizer, Anda juga bisa menjadi konsultan yang memberikan saran-saran ke klien yang butuh jasa Anda.

Anda juga berkesempatan untuk berkarir di perusahaan media, misalnya Anda bisa menjadi seorang jurnalis, dimana mahasiswa jurusan public relations telah belajar teknik-teknik penulisan di media massa. Juga Anda dapat menjadi editor dan beberapa peran lainnya.

Yang lebih menarik, Anda memiliki peluang untuk menjadi seorang presenter maupun juru bicara, dimana saat kuliah biasanya diajarkan untuk mempertajam kemampuan public speaking dan analisa.

Pekerjaan lulusan jurusan public relations yaitu humas, konsultan perusahaan, brand manager, investor relations specialist, government relations specialist, manajemen sumber daya manusia, reporter, jurnalis, event organizer, penulis berita media massa, presenter, juru bicara, digital merketer, sosial media manager, marketing communication, desainer grafis, content writer, dosen dll.




Baca Juga: