18 Cara Manajemen Waktu yang Efektif Agar Produktif

Cara Manajemen Waktu
Photo credit: shutterstock.com|Dean Drobot

Seringkali waktu 24 jam yang dimiliki dirasa sangat kurang, banyak aktivitas belum terselesaikan.

Munculnya permasalahan ini sebenarnya bukan pada terbatasnya waktu, tapi cara mengelola waktu yang kurang bijak atau kurang baik.

Memanfaatkan waktu secara maksimal sangatlah penting, sehingga waktu diisi dengan kegiatan bernilai. Perbedaan antara orang sukses dan gagal umumnya terletak pada kemampuan mereka menyusun waktu.

Cara Manajemen Waktu Yang Efektif


1. Lakukan Aktivitas Sejak Pagi

Tips manajemen waktu agar sukses yaitu biasakan bangun pagi. Ketika melakukan aktivitas, mulailah sejak pagi hari. Sehingga Anda akan menjadi orang yang benar-benar memanfaatkan waktu.

Hindari hanya bengong saja di pagi hari atau bahkan masih dalam kondisi tidur. Orang yang bangun pagi akan bisa menghirup udara segar yang menyehatkan.

Beraktivitas sejak pagi hari memberikan banyak sekali manfaat, yaitu:
  1. Anda akan lebih produktivitas.
  2. Tubuh akan lebih sehat.
  3. Jiwa akan lebih ceria.
  4. Anda akan lebih bersemangat dalam menjalankan banyak aktivitas seharian. 

2. Jangan Suka Menunda

Salah satu kebiasaan yang harus dienyahkan yaitu menunda-nunda karena mengakibatkan seseorang tak produktif, serta kebiasaan buruk ini menyebabkan hari-hari berantakan.

Dibutuhkan usaha agar dapat memulai kegiatan persis sesuai rencana, dan fokus sampai selesai. Menunda pekerjaan karena berbagai alasan seringkali menjadi penghalang untuk dapat produktif.

Agar Anda tidak lagi suka menunda, maka milikilah TUJUAN JELAS dari aktivitas yang dilakukan. Salah satu penyebab kebiasaan menunda adalah tidak adanya tujuan jelas dan motivasi dari aktivitas yang akan dilakukan.

Tidak tahu hasil atau manfaat nyata dari suatu aktivitas yang dilakukan, seringkali menyebabkan Anda kurang termotivasi, alhasil akhirnya hanya bersantai saja dan menunda-nunda.

Buat membereskan problem ini, sangat penting agar memiliki konsep jelas tentang berbagai aktivitas yang dilakukan.

Perlu diketahui, kepuasan saat Anda sukses menuntaskan satu tugas, membuat Anda memiliki semangat lebih untuk menyelesaikan tugas lainnya.


3. Bersihkan Pikiran dari Sampah

Terlalu banyak informasi tak berguna yang masuk ke dalam pikiran dapat menyebabkan Anda kehilangan fokus, sehingga nantinya merusak rencana aktivitas di hari itu.

Oleh karena itu, saat duduk untuk fokus mengerjakan tugas, jangan membuka Facebook, Twitter, dll buat tujuan yang kurang jelas. Buang segala hal yang berpotensi membuat pikiran dan fokus terganggu.

Pilah-pilah informasi yang masuk, yang kategorinya yakni:
  1. Informasi yang harus diperhatikan sekarang.
  2. Informasi yang dapat diperhatikan nanti (ketika ada waktu luang).
  3. Informasi tak penting.

Perhatikan informasi yang masuk, dan pastikan Anda hanya akan mengolah informasi penting saja di pikiran. Hal ini agar fokus tidak hilang.

4. Jangan Pernah Remehkan Tugas

Agar tidak membuang-buang waktu dan menangguhkan kegiatan penting, hindari suka menggampangkan tugas.

“Gampang ini, kok!”, pikiran seperti itu bakal bikin Anda terlena, alhasil nantinya membuang-buang waktu, sampai tiba-tiba sisa waktu (deadline) tugas hanya tinggal sedikit.

Meremehkan atau menganggap suatu tugas sangat gampang, justru akan berakibat bencana yang merusak ritme aktivitas sehari-hari.

5. Hindari Hidup Rumit

Cara membuat manajemen waktu yang baik yaitu buang segala kerumitan di hidup. Jika diperhatikan pada mereka yang berjaya di dunia bisnisnya seperti Bill Gates (pemilik Microsoft) dan Mark Zuckerberg (pemilik Facebook), biasanya mereka dikenal dengan pakaian yang begitu-begitu saja.

Hal itu karena mereka memang tidak begitu berlama-lama mengurusi sesuatu yang bukan pokok. Waktu dan tenaga mereka lebih diarahkan buat mengurusi sesuatu yang penting.

Mereka tidak mengurusi seperti: nanti mau jajanan apa, dengerin musik apa, sikat gigi warna apa, dan hal-hal sepele lainnya. Pikiran mereka dioptimalkan untuk hal-hal yang penting.


6. Buat Catatan Kegiatan, Agar Nantinya Dianalisa

Dengan membuat catatan, Anda nantinya bisa lebih rasional dalam mengatur waktu. Anda tinggal mencatat kegiatan-kegiatan hari ini.

Nantinya Anda bisa melihat secara jelas, waktu digunakan buat hal apa saja. Juga urutkan dari kegiatan yang terbanyak membuang waktu. 

Lalu tinggal Anda evaluasi, maka akan diketahui bagaimana cara Anda memanfaatkan durasi keseharian. Apakah Anda terlalu lama membuang waktu seperti nonton TV, main game, duduk berleha-leha dll.

Anda dapat merubah atau menghilangkan segala aktivitas yang tak produktif, ganti dengan sesuatu yang lebih baik. Membuat catatan juga berguna supaya Anda dapat lebih realistis dan tepat dalam merencanakan aktivitas harian.

7. Olahraga

Sifat malas menyebabkan seseorang bakal menyia-nyiakan berjibun waktu. Hilangkan malas agar waktu yang dimiliki enggak terbuang percuma. Cara ampuh hilangkan sifat malas yang sudah mendarah daging yaitu berolahraga.

Olahraga membuat tubuh aktif bergerak, jantung berdetak lebih cepat, serta meningkatkan produksi hormon di dalam tubuh yang berfungsi untuk meningkatkan suasana hati.

Dengan berolahraga, Anda menjadi lebih bersemangat, maka rasa malas-pun menjadi hilang. Cara lain untuk menimbulkan semangat adalah dengan membasuh wajah, maka wajah menjadi segar dan pikiran lebih fresh.

8. Buatlah Prioritas Kegiatan

Cara mengatur waktu agar benar-benar efisien yaitu buat prioritas. Jadi selain harus aktif dan rajin, juga harus bisa mengelola aktivitas dengan baik. Dari banyak kegiatan yang kemungkinan dikerjakan, urutan kegiatan mulai dari:
  1. Penting yang mendesak
  2. Penting yang tidak mendesak
  3. Tidak Penting.

Nah, lakukan kegiatan dari yang penting mendesak, baru kemudian dikerjakan hal-hal yang bersifat penting tidak mendesak.

Jika Anda dihadapkan pada banyak opsi pilihan aktivitas, maka perlu mengurutkan untuk mengerjakan hal yang paling urgen terlebih dahulu. Sehingga Anda nantinya memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik.


9. Manfaatkan Aplikasi atau Buku Catatan

Anda bisa memanfaatkan aplikasi smartphone ataupun buku catatan sebagai alat bantu dalam mengelola waktu. Manfaatkan buku notes agar bisa mengatur semua jadwal dengan mudah, atau bisa dalam bentuk aplikasi yang dapat di-download di gadget.

Mencatat akan mempermudah untuk terus mengetahui berbagai daftar kegiatan yang akan dikerjakan. Sehingga mencegah Anda bengong saja karena lupa tentang apa yang harus dikerjakan.

10. Rapihkan Barang-barang dapat Menghemat Waktu

Dengan merapikan barang-barang milik Anda (seperti buku, baju, kertas, kunci dll) berguna supaya Anda tidak kelimpungan saat memerlukannya. Betapa sering orang-orang menghabiskan banyak waktu hanya buat mencari kunci motor yang tak diketahui keberadaannya.

Tentunya jangan sampai waktu terbuang buat hal semacam itu. Merapihkan barang-barang pada tempatnya bakal ampuh menolong Anda supaya dapat memanfaatkan waktu secara maksimal.

11. Hati-hati pada Segala Distraksi

Cara manajemen waktu yang baik yaitu kuncinya disiplin dan jauhi distraksi. Ketika sedang bekerja yang memerlukan konsentrasi tinggi, usahakan menjauhkan segala distraksi yang ada di sekitar. Jauhkan gadget, smartphone, Facebook, Twitter serta hal-hal lainnya yang tidak urgen.

Ini agar Anda tidak terjerembab ke hal-hal yang bisa menghabiskan waktu secara tidak sadar. Bersikaplah disiplin dan tegas pada diri sendiri, yaitu jangan lakukan hal tidak penting dan dorong jiwa agar termotivasi pada hal penting.

Tapi disiplin disini, bukan berarti mamaksakan diri. Jika memang kondisi tubuh sakit tentunya harus istirahat, jangan dipaksakan.


12. Miliki Akses Cepat Melihat Jam

Ini merupakan hal sederhana dan terkesan sepele, akan tetapi ternyata menghasilkan efek yang signifikan. Dengan memiliki akses cepat untuk melihat waktu, menjadikan Anda bisa dengan mudah mengetahui saat ini jam berapa.

Dengan melihat jam, seseorang bakal menyadari sisa waktu penyelesaian tugas, agar menghindari terlena atau jangan sampai berlambat-lambat menuntaskan suatu tugas.

Melihat jam juga membuat Anda dapat menyadari berapa durasi yang dihabiskan buat menuntaskan sebuah tugas. Hal ini sangat menolong supaya Anda dapat efisien dalam mengatur waktu.

13. Atur Kegiatan dengan Strategi

Cara manajemen waktu yang baik yaitu miliki strategi dalam menjalani kegiatan. Contohnya: Kerjakan tugas tersusah pada awal pekan, hal ini berguna agar nantinya lebih ringan saat mendekati akhir pekan.

Tugas yang berat, yang punya tingkat kesulitan paling tinggi serta sangat menguras pikiran dan tenaga, hendaknya dipilih untuk dikerjakan pada awal pekan.

Adapun tugas ringan dikerjakan pada pertengahan minggu atau menjelang akhir pekan. Mengapa begitu?

Setelah Anda berlibur di akhir pekan maka pikiran dan tenaga kembali fresh. Saat kondisi prima ini, manfaatkan untuk mengerjakan tugas terberat.

Dengan begitu, ketika masuk akhir pekan yang kondisi tubuh dan pikiran sudah mulai lelah, Anda hanya tinggal menyisakan tugas yang ringan-ringan.

14. Hindari Perfeksionisme

Anda perlu menghindari perfeksionisme, sebab bakal menghabiskan banyak waktu. Berkeras hati hanya buat menggapai kesempurnaan pada sesuatu yang remeh, itu sangat memboroskan dan menyia-nyiakan waktu.

Sedangkan, waktu Anda bisa digunakan buat mengerjakan sesuatu yang lebih bermanfaat, bermakna dan bernilai.

15. Manfaatkan Semaksimal Mungkin Saat Sedang Semangat

Ada suatu masa seseorang merasa semangat, namun ada juga masa ketika rasa semangat tidak muncul.

Sehingga, pada saat Anda sedang semangat maka manfaatkan sebaik mungkin untuk mengerjakan berbagai tugas yang ada.

Jangan sampai ketika tubuh sedang fit dan semangat tinggi, justru digunakan untuk hal-hal yang tidak penting seperti bermain game, bersantai dll.

16. Berani Menolak

Anda jangan ragu untuk menolak ajakan pihak lain yang bisa membuat aktivitas penting Anda terbengkalai.

Anda harus berani dan tidak ragu buat menolak pada sesuatu yang dapat mengacaukan manajemen waktu Anda. Apalagi jika ajakan dari mereka bukan hal penting.

17. Pakai Teknologi Pengingat

Dengan memanfaatkan teknologi pengingat, Anda nantinya bisa mengingat tugas atau tenggat waktu yang penting. Oleh karena itu, jika ada suatu tugas atau aktivitas penting maka pasang pengingatnya di smartphone Anda. Sehingga Anda tercegah dari melupakan sesuatu yang penting.

18. Istirahatkan Pikiran Sejenak

Setelah menyelesaikan satu tugas, maka berikan kesempatan bagi tubuh dan pikiran untuk beristirahat. Tidak perlu lama-lama, cukup 15 menit saja, sehingga nantinya pikiran kembali fresh, dan peforma pun optimal.

Manfaatkan momen istirahat buat menyegarkan pikiran, bikin jiwa fresh kembali, menghirup udara segar dll.

Kesuksesan bisa diraih ketika Anda mampu mengelola waktu istirahat dan bekerja. Hal ini agar hasil kerja maksimal dan berkualitas.




Baca Juga: