12 Cara Agar Tubuh Tetap Fit Sepanjang Hari

Agar dapat beraktivitas dengan baik maka tubuh harus fit dan bugar. Menjaga kebugaran tubuh harus dilakukan, agar dapat menyelesaikan aktivitas padat sehari-hari.

Kondisi tubuh yang bugar dapat memicu rasa semangat, tentunya kita ingin melakukan aktivitas sehari-hari dengan perasaan yang positif atau menyenangkan.

Ilustrasi Selalu Bugar dan Bersemangat
Ilustrasi Selalu Bugar dan Bersemangat | Photo credit: 

Cara Agar Tubuh Tetap Fit Sepanjang Hari


1. Hindari Begadang

Cara menjaga kebugaran tubuh yaitu buang kebiasaan suka begadang. Malam hari harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk tidur yang cukup. Adapun begadang menyebabkan seseorang kekurangan tidur malam, dampaknya bisa sangat berbahaya.

Seseorang mendapatkan kualitas tidur yang tinggi jika tidur malam yang cukup, plus mematikan lampu saat tidur. Tidur dalam keadaan gelap membuat Anda memperoleh manfaat tidur yang maksimal.

Adapun begadang membuat Anda tetap terjaga di tengah malam. Begadang dapat menjadikan Anda rentan terkena stres. Dimana sering begadang akan membuat tubuh Anda sering dalam keadaan tegang, produksi hormon kortisol dalam tubuh meningkat tajam, dan tekanan darah meningkat.

Apa yang harus dilakukan agar tubuh tetap fit sepanjang hari? Usahakan untuk sudah mulai tidur pada jam 9 malam, manfaatnya membuat Anda jadi kembali bersemangat dan fit 100% di pagi hari, serta tubuh terasa bugar dan siap untuk menjalankan berbagai kegiatan sehari-hari.

Dan berita baik lainnya, jika Anda aktif dan bersemangat di sepanjang hari, menjadikan Anda akan mudah tidur nyenyak di malam hari. Dengan mendapatkan tidur nyenyak dan berkualitas, maka membuat Anda kembali bersemangat dan fit di pagi hari.

Demikian siklus positif ini akan saling terhubung dan mempengaruhi antara satu dengan lainnya. Oleh karena itu, jagalah siklus keseharian Anda yang sudah baik.

Selain itu manfaat tidur cukup di malam hari (dan tidur dalam keadaan gelap) yaitu meningkatkan kecerdasan, konsentrasi, daya ingat, serta meredakan perasaan stres, bad mood dan depresi.

Tidur nyenyak dan dalam kondisi gelap menjadikan tubuh memproduksi hormon serotonin secara optimal. Dimana kekurangan serotonin menyebabkan resiko tinggi terkena stres, suasana hati yang buruk dan depresi.


2. Minum Air Putih

Agar tubuh sehat dan bugar perbanyak konsumsi air putih. Minum air putih akan membuat tubuh terasa segar dan pikiran menjadi fresh. Hal ini sangat penting agar Anda bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan maksimal.

Hindari terjadinya dehidrasi (kondisi tubuh kekurangan cairan) karena menyebabkan tubuh lemas, tidak bugar, kepala pusing, pikiran kusut, hingga beresiko pada kerusakan ginjal.

Dengan minum air putih yang cukup membuat jiwa bersemangat, tubuh terjaga kebugarannya (fit), dan meningkatkan konsentrasi.

3. Olahraga Secara Rutin

Bagaimana cara menjaga kebugaran tubuh? Pastikan Anda melakukan aktivitas fisik yang cukup dalam setiap harinya. Jika ingin tubuh selalu fit maka jangan malas berolahraga. Usahakan meluangkan waktu setiap hari untuk berolahraga.

Lakukan olahraga pagi, tidak perlu lama-lama, sekitar 15-20 menit saja sudah mencukupi (yang penting rutin dan teratur). Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan yaitu berlari, joging santai, jalan cepat, bersepeda, skipping, sit up, push up, dll.

Untuk menjaga tubuh tetap bugar lakukan olahraga secara rutin. Olahraga melancarkan aliran darah dan mengoptimalkan proses pembuangan racun dari dalam tubuh, selain juga pastinya membuat tubuh sehat dan jiwa selalu bersemangat.

4. Tidak Melewatkan Sarapan

Cara agar tubuh tetap fit sepanjang hari yaitu pastikan Anda tidak melewatkan sarapan. Biasakan sarapan pagi agar kuat dalam menjalani pekerjaan padat seharian. Sarapan akan membuat Anda berenergi dan berstamina.

Adapun malas sarapan menyebabkan tubuh menjadi lemas, konsentrasi menurun dan tubuh mudah letih saat pagi hari. 


5. Hindari Tidur Sore

Cara menjaga kesehatan tubuh dan kebugaran yaitu jangan tidur sore. Tidur sore adalah hal yang tidak direkomendasikan, dimana para ahli kesehatan mengatakan bahwa kebiasaan yang buruk yaitu tidur pagi dan tidur sore.

Jika Anda merasa lelah saat tengah hari, maka pilihlah untuk melakukan tidur siang. Tidur siang diperbolehkan dan bahkan dianjurkan. Manfaat tidur siang (selama 30-60 menit) yaitu mengoptimalkan kembali energi tubuh untuk aktivitas di sisa hari.

Dengan begitu Anda bisa menghindari tidur sore karena dampak buruknya membuat Anda susah tidur malam Selain itu juga membuat otot terasa kaku dan memicu tingginya kadar LDL (kolesterol jahat) di dalam tubuh.

6. Jangan Makan Berlebihan

Cara menjaga kesehatan tubuh yaitu jangan makan berlebihan. Jagalah porsi makan, hindari makan berlebihan maupun terlalu sedikit. Terlalu banyak makan memicu rasa kantuk dan menurunkan tingkat kebugaran tubuh. Selain itu, makan berlebihan pastinya akan membahayakan kesehatan.

7. Hindari Junk Food

Agar badan selalu fit dan segar maka hindari junk food. Hindari pola makan yang buruk seperti mengonsumsi junk food, makanan instan (cepat saji) dan semacamnya.

Pada dasarnya Anda boleh sesekali konsumsi junk food. Jika terlalu sering konsumsi junk food menyebabkan kolesterol naik, obesitas, hipertensi dan menurunkan kebugaran tubuh.

8. Refreshing

Refreshing sangat diperlukan, lakukanlah setiap akhir pekan atau setidaknya dua kali dalam sebulan. Berwisata atau refreshing di akhir pekan bermanfaat untuk mengistirahatkan pikiran yang jenuh dan mengembalikan rasa semangat.

Anda bisa tamasya ke pegunungan, pantai, dll. Usahakan bentuk tamasya yang dilakukan melibatkan aktivitas fisik. Sehingga selain menyenangkan juga membuat tubuh sehat dan level kebugaran meningkat.


9. Manajemen Stres

Stres merupakan penyebab banyak terjadinya gangguan kesehatan fisik dan mental. Jika Anda sering mengalami stres, maka ini bisa menurunkan kesehatan fisik dan kebugaran tubuh.

Anda akan sulit fit 100% apabila sering mengalami stres, oleh karena itu manajemen stres dengan baik sehingga menurunkan resiko terkena stres.

Hindari stres dengan cara menjaga pikiran seperti jangan banyak pikiran, jangan berpikir yang tidak perlu, hindari sering memikirkan hal yang berat-berat, dan jangan overthinking. Tidak semua hal perlu dipikirkan karena bakal membuat Anda kelelahan secara mental bahkan fisik.

10. Menghirup Udara Segar

Jika Anda disibukan dengan bekerja di dalam ruangan, maka sangat penting untuk berusaha mendapatkan asupan udara segar.

Anda perlu menyisihkan waktu untuk merasakan udara segar di luar, khususnya udara di pagi hari yang sedang segar-segarnya. Di akhir pekan, Anda bisa jalan-jalan atau berwisata ke lokasi yang hijau atau yang terdapat banyak tumbuhan/pepohonan.

Hal ini akan membuat mood meningkat dan pikiran jadi fresh kembali, sehingga membantu jiwa Anda selalu fit dan bersemangat.

11. Mulailah Sering Makan Sayur-Sayuran dan Buah

Cara menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh yaitu perbanyak makan sayur dan buah. Usahakan setiap makan dilengkapi dengan sayur-sayuran, lalu juga makan buah di sela-sela waktu.

Sayur-sayuran dan buah merupakan 'makanan super' yang kaya akan mineral, vitamin, serat dan lainnya. Secara umum amati asupan gizi yang Anda konsumsi, usahakan terdapat variasi atau keseimbangan antara kandungan protein, karbohidrat, lemak, mineral dan vitamin.

Selain itu, Anda bisa mengonsumsi produk suplemen atau multivitamin yang sekarang ini terdapat banyak mereknya, pilih yang cocok dan efektif untuk Anda.

12. Jam Tidur yang Teratur

Cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan fit maka buatlah jadwal tidur yang konsisten atau teratur, serta miliki waktu tidur yang cukup.

Hindari jam tidur yang tidak teratur setiap harinya, karena berpengaruh buruk terhadap pola hidup secara umum. Sangat bagus jika Anda membiasakan tidur jam 9 malam.

Dengan tidur yang cukup, sangat berguna untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran sehingga kembali fresh saat pagi hari. Istirahat yang cukup dan teratur akan secara optimal meregangkan kembali otot-otot yang kaku setelah seharian bekerja.

Ingat: Hindari sebisa mungkin begadang, kalau tidak terpaksa maka jangan begadang. Begadang akan membuat tubuh merasa lesu dan lemas di sepanjang hari, hal ini tentunya berdampak buruk pada kesehatan dan produktivitas Anda. Bahkan terlalu sering begadang menyebabkan resiko penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung.




Baca Juga: