28 Cara Membangkitkan Semangat Kerja di Pagi Hari

Rasa jenuh muncul dalam bekerja, hal ini sebenarnya dialami setiap orang, sehingga motivasi kerja yang menurun dalam suatu waktu bisa dibilang hal yang masih wajar. Hanya saja semangat kerja yang lemah pastinya akan berdampak buruk pada produktifitas dan kualitas kerja, ini tentu tidak baik. 

Oleh karena itu, membangkitkan semangat kerja sangat penting agar seseorang bisa menggapai kesuksesan.

Semangat Kerja

Cara Meningkatkan Semangat Kerja

1. Jadilah Orang yang Memiliki Kreativitas Tinggi

Melatih diri jadi kreatif nantinya membiasakan Anda dapat dengan mudah memunculkan ide-ide bagus, ini bisa membuat semangat kerja naik drastis. Agar tidak jenuh dalam pekerjaan, kreatif-lah dalam memunculkan ide-ide di pekerjaan atau aktivitas sehari-hari Anda. Tips semangat kerja yang perlu Anda ketahui yaitu jadilah orang dengan kreativitas tinggi.

Orang yang terbiasa berkreativitas umumnya dapat memandang pekerjaan sebagai tantangan seru, dan bukan suatu beban. Berusahalah menjadi orang yang super kreatif, ini membantu Anda bisa selalu bergembira dengan pekerjaan Anda.

Hal-hal sederhana yang bisa membantu Anda jadi kreatif:
  • Meja kerja rapi (jangan sampai berantakan).
  • Cobalah dalam menulis gunakan spidol warna-warni, salah satu manfaatnya menjadikan pikiran tidak cepat jenuh.
  • Buatlah perpustakaan mini di rumah, hal ini bisa menambah minat baca Anda sehingga memiliki wawasan luas dan menajamkan kreativitas.
  • Agar bisa menjadi orang kreatif, maka perbarui dan tingkatkan pengalaman Anda, serta tingkatkan kemampuan yang relevan dengan perubahan zaman.
  • Anda bisa mengikuti kursus atau pelatihan bermanfaat, entah itu yang gratis atau berbayar. Pilihlah kursus yang sesuai dengan bidang atau minat Anda.
  • Jangan terlalu takut berbuat kesalahan. Hal itu karena ide baru dan kreatifitas terkadang keluar dari sebuah kesalahan.
  • Beristirahat sejenak ketika Anda merasa lelah dan jenuh. Hindari memaksakan diri mengerjakan tugas atau pekerjaan ketika pikiran sudah mumet. Tidur membuat pikiran menjadi segar dan akan mengoptimalkan kreativitas kembali.
  • Tidur malam yang cukup dan hindari kebiasaan begadang yang tidak perlu. Tidur dalam keadaan gelap bermanfaat untuk fungsi otak dan membuat seseorang bisa lebih kreatif.


2. Renungkan Tentang Tujuan Anda Bekerja

Ketika semangat kerja benar-benar lemah, maka cobalah merenungkan dan mengingat apa tujuan Anda bekerja. Jika Anda telah berkeluarga, tentunya tujuan utama dari lelahnya Anda dalam bekerja yaitu memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Selalu ingat hal ini, semangat kerja Anda untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Ingatlah anak-anak yang menjadikan Anda sosok teladan.

3. Milikilah Target dalam Hidup dan Pekerjaan Anda

Dengan mempunyai target yang jelas dalam pekerjaan, hal ini menjadi pendorong bagi Anda agar bekerja dengan selalu semangat. Dengan adanya target maka Anda akan berusaha untuk mencapainya. Namun, jangan membuat target yang muluk-muluk, buatlah target yang sesuai dengan kemampuan diri. Adanya target akan memacu semangat.

4. Kondisikan Suasana Kerja yang Menyenangkan

Dunia kerja itu memang tidak seindah yang dibayangkan, dimana pekerja akan bergelut dengan berbagai macam tugas, suatu saat mulai merasakan kejenuhan dan menurunnya semangat bekerja. Cara meningkatkan semangat kerja yaitu kondisikan suasana kerja yang menyenangkan.

Sangat penting untuk membuat lingkungan kerja yang nyaman dan menyenangkan, kondisi tempat kerja yang baik dapat membangkitkan semangat kerja. Perhatikan kebersihan dan kerapihan lingkungan kerja Anda, lalu juga hubungan sosial antar karyawan.

Jangan sampai suasana kerja terlalu kaku, perlu lebih cair. Bekerja memang harus serius dan sungguh-sungguh, tapi sesekali Anda perlu bergurau dengan pekerja lainnya. Sebagian karyawan terlalu menjaga bahasa dalam berkomunikasi agar kelihatan lebih profesional, yang menurutnya tujuannya untuk menampilkan kewibawaan. Namun jika terlalu berlebihan, hal ini menjadi penyebab kekurang-nyamanan di lingkungan kerja,

Satu sama lain terlalu menjaga kewibawaan justru membuat suasana kaku dan tidak berkesan. Maka perlu berkomunikasi dengan bahasa yang ringan saja, jangan terlalu formal. Yang penting adalah memperlakukan setiap orang di lingkungan kerja dengan rasa hormat, termasuk ketika terjadi perbedaan pendapat.

5. Usahakan Bergaul dengan Orang atau Rekan Kerja yang Suka Bekerja Keras

Anda perlu berhati-hati dengan rekan kerja yang sering mengeluh dan pemalas, karena sifat-sifat buruknya bisa saja menular pada diri Anda, sehingga hati-hati dalam memilih teman dekat. Usahakan berkumpul dengan orang yang suka bekerja keras, nantinya semangat tinggi dia akan menular pada Anda, berbagai hal positif darinya bisa mempengaruhi Anda.

        
6. Biasakan Jiwa untuk Berpikir Positif

Usahakan untuk berpikir positif dalam bekerja. Jangan rendah diri ketika melihat karyawan lain sukses, justru jadikan itu sebagai cambuk yang membuat Anda bersemangat. Berpikir positif sangat penting, sehingga jangan memikirkan hal-hal yang tidak penting atau bahkan hal yang negatif. Hindari dari berlama-lama berkeluh kesah, mengisolasi diri dan semacamnya.

Apapun keadaannya dan bagaimanapun situasinya, sebenarnya ada saja jalan keluar, hanya saja banyak orang yang lemah dalam berusaha, malas berpikir dan bekerja. Oleh karena itu, hindari sering larut dalam perasaan dan emosi. Orang yang terbiasa pikirannya diisi dengan hal-hal positif akan memiliki semangat kerja yang tinggi. Bahkan jika muncul hambatan, justru semangatnya menjadi lebih tinggi.

Hal ini berbeda dengan sebagian orang yang baru menemui gangguan sedikit saja, tetapi sudah patah semangat.

7. Permudah Pekerjaan Anda

Kondisikan agar pekerjaan sesulit apapun namun dirasakan mudah untuk dikerjakan. Dimana seringkali ketika melihat suatu tugas atau pekerjaan yang berat menyebabkan down dan semangat memudar. Anda perlu mengkondisikan agar pekerjaan bisa menjadi lebih simple dikerjakan. Misalnya membagi tugas besar ke dalam bagian tugas-tugas kecil, sehingga terasa lebih ringan. Dan contoh-contoh semacamnya.

Anda perlu berpikir untuk mengkondisikan pekerjaan Anda menjadi lebih nyaman sehingga bisa membuat semangat kerja selalu tinggi.

8. Miliki Motivasi dan Prinsip Kokoh 

Masukan ke dalam pikiran Anda bahwa kerja bukanlah beban, jadikan kerja sebagai hobi yang menyenangkan. Sehingga maksudnya adalah cintai pekerjaan yang anda tekuni, jangan dijadikan beban. Miliki motivasi dalam bekerja, misalnya Anda ingin membeli laptop, maka Anda akan mulai menyisihkan gaji setiap bulan untuk membeli laptop. Dengan adanya motivasi tertentu, akan mencambuk Anda untuk bersemangat dalam bekerja.


9. Sisihkan Waktu untuk Hiburan

Kejenuhan bisa dihilangkan dengan beristirahat dan melakukan aktivitas yang menghibur. Di kantor biasanya terdapat jatah cuti dalam setiap tahunnya, maka manfaatkan jatah cuti tersebut untuk merefesh pikiran, sehingga nantinya semangat kerja akan kembali muncul.

10. Hindari Mengeluh Berlebihan

Perlu diwaspadai karena sifat suka mengeluh ini berdampak buruk pada psikologis, dan menyebabkan kondisi pekerjaan di kantor menjadi buruk. Cobalah membiasakan diri untuk memasang wajah yang cerah ketika menghadapi berbagai tantangan pekerjaan.

11. Lakukan Hal Apapun yang Bisa Membuat Anda Bersemangat

Ketika Anda mulai merasakan lelah dan pikiran jenuh di kantor, Anda bisa melakukan sesuatu yang nantinya bisa membuat perasaan senang. Hal seperti ini tampaknya harus dilakukan setiap rasa jenuh muncul untuk mengembalikan mood.

12. Kunjungi Tempat yang Bisa Membuat Anda Tenang

Begitu banyak tempat yang dapat Anda kunjungi ketika jiwa sudah merasa jenuh, sehingga nantinya pikiran fresh dan semangat kembali. Disarankan agar menyempatkan waktu pergi ke tempat yang hijau seperti di desa, pegunungan, taman kota dan berbagai tempat hijau lainnya. Atau bisa berolahraga di tempat terbuka yang memiliki suasana tenang sehingga membuat nyaman.

13. Berkumpul Bersama Orang-orang Menyenangkan di Kantor

Ketika Anda dalam kondisi jenuh dan tidak bersemangat, cobalah untuk bergabung dengan orang-orang yang ramah dan bisa menghibur Anda. Dengan begitu, Anda bisa lebih tenang dan bahagia saat bersama mereka, menjadikan Anda merasa lebih baik dan nantinya semangat kerja muncul kembali.

        

14. Jaga Komunikasi dengan Rekan Kerja

Menjaga lingkungan kerja agar kondisinya harmonis dan kondusif sangatlah penting agar menjadikan Anda nyaman dalam bekerja. Jalin komunikasi yang baik dengan rekan kerja, hindari terlalu memaksakan kehendak diri sendiri, sangat penting untuk menghargai orang yang ada di sekitar.

15. Pikirkan Hal Menyenangkan dari Pekerjaan Anda

Ingat-ingat kembali hal menyenangkan yang Anda peroleh selama menjalani pekerjaan ini, sehingga bisa menjadi motivasi agar kembali bersemangat dalam bekerja. Walaupun Anda mungkin jenuh, namun tentu ada beberapa hal yang menyenangkan di dalam pekerjaan Anda.

16. Contoh Rekan Kerja Anda yang Sangat Mencintai Pekerjaannya

Di antara rekan kerja Anda, dekati orang-orang yang terlihat sangat mencintai pekerjaan dan tetap bersemangat, memperhatikan dan berusaha mencontoh bisa memberikan efek semangat bagi diri Anda. Anda perlu memperhatikan cara mereka dalam mengatasi beban pekerjaan yang begitu berat. Manfaatkan keberadaan orang-oang rajin di sekitar Anda sebagai inspirasi dan penambah motivasi bagi diri Anda.

17. Rencanakan Masa Depan Anda

Ketika mengalami saat-saat yang menjenuhkan, daripada bengong cobalah menata rencana masa depan Anda. Dengan memiliki rencana masa depan seperti ini, bisa menjadi penambah motivasi bagi diri Anda.

18. Beri Waktu Bagi Diri Anda untuk Rileks

Ketika kondisi pikiran sangat mumet atau jenuh, maka cobalah mengambil waktu istirahat agar membuat Anda jadi rileks. Hal ini mengembalikan kondisi pikiran agar fresh serta memunculkan kembali rasa semangat.


19. Berolahraga di Pagi Hari atau Setelah Pulang dari Kantor

Cara membangkitkan semangat kerja yaitu sediakan waktu untuk berolahraga. Manfaat berolahraga selain sehat bagi tubuh, juga untuk menstabilkan emosi jiwa dan meningkatkan mood. Kebiasaan ini bisa menghilangkan stres dan penat. Rutin berolahraga membuat Anda bisa selalu bersemangat dalam bekerja.

20. Hindari Menjadi Orang yang Terlalu Takut salah

Perasaan takut salah atau takut gagal sehingga tidak berani untuk mencoba merupakan hal buruk. Rasa takut seperti ini akan membunuh fighting spirit Anda, semangat pun menjadi lemah karenanya. Hendaknya Anda memupuk jiwa yang berani sehingga membuat Anda menjadi sosok yang bersemangat.

21. Bangun Pagi

Sebagian orang sangat suka bangun lebih pagi yaitu waktu subuh, hal ini bagus sekali. Akan tetapi pada sebagian orang lainnya mengalami kesulitan bangun pagi. Dengan tidur lebih awal maka berguna agar bisa bangun lebih pagi.

Bangun pagi sangat bermanfaat untuk membuat tubuh sehat, bergairah, semangat, pikiran fresh, mendapatkan udara segar, dan mencegah Anda berangkat kerja terburu-buru karena takut telat. Berangkat terburu-buru bisa menyebabkan bad mood, yang bisa menghancurkan semangat kerja Anda.

22. Lakukan Hobi-hobi Anda

Dengan memiliki hobi, nantinya bisa Anda salurkan ketika muncul rasa jenuh karena pekerjaan yang menumpuk. Lakukanlah hobi yang anda sukai seperti travelling, memasak, membaca dan banyak lainnya. Setelah melakukan hobi yang Anda sukai biasanya menumbuhkan kembali rasa semangat.

23. Pastikan Kecukupan dan Kualitas Tidur Terpenuhi

Pastikan tidur yang cukup dan berkualitas, hendaknya tidur tidak kurang dari enam jam, sehingga anda terhindar dari kelelahan yang mengakibatkan semangat kerja hilang. Kurang tidur pada malam hari mengakibatkan Anda di keesokan harinya akan sangat merasakan kelelahan dan juga tidak bersemangat.

Selain itu, untuk memperoleh tidur yang berkualitas maka pastikan Anda tidur dalam kondisi gelap gulita, matikan lampu di dalam rungan kamar tidur Anda.

24. Biasakan Sarapan Pagi

Usahakan agar sebelum berangkat bekerja untuk melakukan sarapan, disinilah pentingnya bangun lebih pagi agar Anda bisa sarapan dengan tenang, dan juga berangkat dengan tenang. Manfaat sarapan ini agar Anda bisa memiliki energi melimpah dan semangat tinggi dalam menjalani aktivitas atau pekerjaan.

25. Cintai Pekerjaan Anda

Ini harus Anda ingat selalu, bahwa dengan mencintai pekerjaan maka Anda bisa menikmati saat-saat bekerja, janganlah Anda membenci pekerjaan Anda sendiri. Jadikan diri melakukan pekerjaan dengan senang hati. Menikmati pekerjaan yang dijalani akan membuat timbulnya semangat bekerja.

26. Ketahui Hal yang Membuat Anda Bosan

Anda bisa membuat daftar tentang apa saja yang menyebabkan Anda menjadi bosan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui penyebab dibalik timbulnya rasa bosan dan tidak semangat. Catat berbagai hal yang menyebabkan timbulnya rasa tidak nyaman dan bosan saat bekerja, sehingga nantinya Anda tinggal mencari cara untuk mengatasinya.

27. Bertanyalah pada Senior Anda

Di tempat kerja tentunya Anda mempunyai seorang senior yang telah lebih dulu bekerja dan memiliki pengalaman bekerja yang lebih banyak. Cobalah bertanya pada dirinya, bagaimana ia bisa mengatasi masalah yang sama dengan yang Anda alami.

28. Renungkan!! Kalau Tak Bekerja, Mau Ngapain?

Tentunya bekerja sangat penting, selain untuk memperoleh penghasilan juga agar Anda bisa mengisi waktu Anda. Tentunya Anda akan bingung sendiri jika tidak bekerja, apakah hanya bengong saja di depan TV terus-terusan?




Baca Juga: