16 Fungsi & Tujuan Media Relation (Pengertian & Contohnya)

Media Relation

Press relation atau media relation adalah sebuah tindakan strategi yang dilakukan oleh pihak individu atau organisasi tertentu (biasanya perusahaan) untuk menjalin hubungan yang positif dengan pihak media massa.

Pelaku media relation bekerja untuk mempengaruhi pihak media agar memberikan berita yang lebih positif nantinya, sehingga pelaku media relation berusaha membangun citra positif tentang organisasinya di hadapan media.

Pelaku media relation dituntut untuk bisa secara efektif dalam membangun komunikasi dengan contoh media massa seperti koran, tabloid, majalah, TV, radio dll.

Misalnya, pelaku media relation harus mampu menyampaikan pesan secara konsisten, dimana informasi dan pesan yang disampaikan harus relevan, jelas poin-poinnya, memiliki value, serta usahakan dalam penyampaiannya singkat, padat dan jelas sehingga mudah dipahami masyarakat nantinya.

Media relation juga dituntut untuk bisa merespon secara cepat dan informatif terhadap permintaan media, misalnya permintaan wawancara dll.

Media relation juga bekerja untuk memonitor aktivitas media, misalnya pelaku media relation harus mampu mengambil tindakan cepat jika terdapat isi berita yang tidak akurat atau merugikan organisasi. Pelaku media relation juga harus memiliki kemampuan untuk membaca persepsi publik.

Contoh Media Relations 


Berikut contoh-contoh media relations yang bisa dilakukan oleh suatu perusahaan:

1. Wawancara Media

Perusahaan bisa membuat sebuah janji dengan pihak media tertentu, lalu menyampaikan informasi mengenai hal tertentu, melakukan klarifikasi mengenai suatu isu hangat, menyampaikan pandangan mengenai suatu peristiwa dll.

Wawancara dengan pihak media bisa dilakukan secara langsung (tatap muka) maupun bantuan alat (misalnya video conference).


2. Rilis Pers

Perusahaan bisa membuat catatan informasi lalu mengirimkannya ke pihak media, dengan tujuan bermacam-macam seperti buat menjelaskan atau meluruskan suatu isu yang beredar, memberitahu adanya produk baru, mengkabarkan suatu acara yang bakal diadakan dll.

Tentunya rilis pers wajib memberikan suatu informasi yang relevan, punya daya tarik kuat, berbobot dan memiliki value tinggi supaya semakin menarik perhatian banyak pihak media untuk meliputnya.

3. Konferensi Pers

Biasanya sebelum melakukan konferensi pers, pihak lembaga atau perusahaan memberikan informasi terlebih dahulu ke pihak media. Bisa dikatakan perusahaan akan mengumpulkan banyak pihak media di suatu tempat khusus tertentu, untuk kemudian mulai memberikan poin-poin informasi.

4. Media Briefing

Perusahaan bisa mengirimkan undangan kepada pihak media untuk sesi briefing khusus guna menyampaikan info tertentu secara detail dan komprehensif mengenai suatu topik, membahas isu hangat yang sedang beredar, ataupun membahas tentang tren industri sehingga media selalu up to date mengenai perkembangan terkini.

Media briefing umumnya membahas poin-poin secara lebih mendalam, lebih interaktif dan lebih sistematis dibandingkan sekedar konferensi pers.

5. Menanggapi Permintaan Media

Tatkala pihak media mengirimkan pesan permintaan untuk bertanya mengenai sesuatu atau meminta diadakan wawancara, maka pihak perusahaan hendaknya menanggapi secara cepat dan efektif.

Sehingga, pihak perusahaan perlu segera menyiapkan segala informasi yang diminta lalu menjaga relasi dengan pihak media, supaya menambah kemungkinan untuk mendapatkan liputan positif.


6. Media Partnership

Perusahaan bisa membangun partnership dengan suatu pihak media, yang nantinya bakal menguntungkan satu sama lain. Beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu perjanjian iklan, perjanjian promosi, konten bersama dll.

Strategi ini membantu perusahaan untuk bisa memperbesar eksposur dan cakupan ke lebih banyak orang.

7. Media Tours

Ini dengan mengundang pihak media untuk melakukan tour di industri, sehingga pihak media memperoleh kesempatan untuk menyaksikan secara langsung berbagai proses yang ada di perusahaan.

Media Tours akan memudahkan media untuk bisa memahami sebuah perusahaan dan  produknya dengan lebih baik.

8. Media Familiarization Trip

Ini umum dilakukan oleh perusahaan di bidang pariwisata dengan cara mengajak pihak media buat merasakan pengalaman wisata (tentunya secara gratis dan diberikan akses khusus).

Dengan pihak media merasakan secara langsung berbagai fasilitas di tempat wisata tersebut, ini membantu media untuk membuat liputan dengan lebih akurat dan mendalam.

9. Event Press Release

Perusahaan biasanya suka membuat acara tertentu seperti seminar, konferensi, penyuluhan, peluncuran produk dll. Maka, perusahaan bisa mengirimkan rilis pers yang menginformasikan rincian acara seperti tema acara, narasumbernya dan info-info penting lain.

Dengan mengirimkan rilis pers berguna agar menarik perhatian banyak media dan meningkatkan eksposur khalayak.


10. Media Networking Events

Perusahaan bisa membuat acara yang bersifat santai (seperti party, makan malam dll) dengan mengundang banyak jurnalis, wartawan dan berbagai pelaku media massa.

Ini bisa menjadi peluang bagi pihak perusahaan berinteraksi secara informal dengan media, memperkuat relasi secara pribadi, hingga meningkatkan hubungan positif dengan banyak pihak media.

11. Media Exclusive

Ketika perusahaan mempunyai suatu informasi penting, relevan, menarik dan bernilai tinggi maka pihak perusahaan bisa mengundang secara ekslusif satu media outlet terbaik atau terpopuler.

Strategi ini bakal sangat menguntungkan pihak perusahaan dengan meminta liputan yang mendalam dan lengkap kepada pihak media. Pihak media juga memperoleh benefit berupa memuat berita yang eksklusif (yang berita tersebut tak dimiliki media lain).

12. Media Engagement on Social Media

Di zaman yang semakin canggih ini, maka perusahaan sudah seharusnya aktif dalam dunia medsos seperti Instagram, Twitter, Facebook dan lainnya.

Perusahaan perlu membuat konten relevan di media sosial, termasuk memberikan komentar atau tanggapan yang relevan terhadap pengguna medsos.

13. Media Collaboration

Perusahaan bisa mengadakan suatu koloborasi bersama pihak media guna memproduksi konten bersama, bisa itu berbentuk video edukasi, podcast, karya tulisan dll.

Strategi ini dapat memperbesar eksposure dan peluang mempromosikan nama perusahaan dan produknya ke lebih banyak orang.


14. Media Appreciation Events

Strategi ini bisa dilakukan perusahaan guna meningkatkan relasi positif dengan pihak media, dimana perusahaan bisa membuat sebuah acara yang bertema tentang penghargaan (award) kepada pihak pelaku media seperti wartawan dan jurnalis yang membuat liputan paling berkualitas.

Semua contoh tersebut memperlihatkan berbagai strategi dan metode perusahaan dalam memperkuat hubungan positif dengan media, pemanfaatan media relations menjadi sangat penting untuk menyebarkan informasi penting dan membangun citra perusahaan yang positif.

Fungsi, Manfaat dan Tujuan Media Relations


1. Membangun  Reputasi

Setiap lembaga maupun perusahaan harus memiliki media relations yang baik dan efektif, ini sangat penting dalam upaya untuk membangun citra dan reputasi yang positif.

Jika suatu lembaga atau perusahaan mendapatkan pemberitaan yang positif, maka lembaga atau perusahaan tersebut memiliki reputasi atau pandangan yang baik di masyarakat.

2. Mengumumkan Info Penting

Keberadaan media relations sangat dibutuhkan saat suatu lembaga ataupun perusahaan ingin mengumumkan atau menyebarkan informasi yang penting kepada banyak orang.

Misalnya sebuah perusahaan ingin menginformasikan tentang beberapa produk terbaru disertai penjelasan fungsi, kualitas dan kelebihan kelebihan, atau mungkin ingin menginformasikan diadakannya acara sosial yang melibatkan banyak orang (dari berbagai lapisan masyarakat).

Berkat keberadaan fungsi media relations maka sangat menolong pihak perusahaan dan lembaga buat menginformasikan berbagai hal penting secara cepat dan akurat.

3. Membangun Relasi Positif dengan Pihak Media

Sebuah fungsi media relations yang sangat besar yaitu mendorong relasi dan komunikasi positif dengan berbagai pihak media massa.

Sangat penting bagi perusahaan dan lembaga untuk mendapatkan pandangan positif dari pihak wartawan, jurnalis dan editor sehingga memperbesar peluang perusahaan atau lembaga tersebut memperoleh pemberitaan yang cenderung positif, sesuai harapan dan lebih luas.

Kualitas media relations yang mumpuni bakal sangat menolong suatu perusahaan, lembaga atau organisasi agar dapat menjalin relasi sangat dekat dengan wartawan dan profesional media lainnya. Hubungan yang terjaga dengan pihak media massa bisa memperbesar peluang memperoleh banyak liputan.


4. Memperluas Target Audiens

Manfaat media relations sangat diharapkan untuk bisa memperluas jangkauan audiens, dengan memanfaatkan berbagai keberadaan media massa dengan berbagi jenisnya.

Orang-orang yang bekerja di media relations harus mampu secara efektif memanfaatkan media massa untuk menyampaikan pesan-pesan penting dan tertarget ke masyarakat.

Seperti misalnya pada perusahaan, maka akan sangat membantu untuk menggapai tujuan promosi, pemasaran, atau memberitakan masyarakat tentang suatu produk disertai fungsi, kualitas dan kelebihannya.

Sangat ditekankan kepada mereka yang  bekerja di bagian media relations agar mampu menyebarkan informasi yang relevan kepada masyarakat.

5. Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat media relations untuk meningkatkan brand awareness biasanya dipraktikan oleh banyak perusahaan, hal itu karena merek adalah sesuatu yang penting dan bakal terus 'menempel' di kepada banyak orang.

Dengan memaksimalkan media massa seperti mengadakan wawancara dengan pihak media, memperoleh liputan berita dll maka perusahaan bisa mendapatkan eksposur yang sangat besar.

Dimana jika brand atau merek perusahaan terus-menerus tampil di media massa seperti TV, platform online dll maka brand awareness bakal meningkat secara signifikan, dan dalam jangka panjang ini akan sangat menguntungkan bagi perusahaan tersebut karena citra brand atau merek yang kuat melekat di benak masyarakat.

6. Membangun Kemitraan Strategis

Keberadaan media relations dapat dimanfaatkan untuk membangun kemitraan strategis yang kuat dengan pihak lain seperti media, organisasi, perusahaan maupun lembaga tertentu. Dimana ini bertujuan agar saling membantu dalam menggapai tujuan yang sama.

Kemitraan strategis juga sangat dibutuhkan dalam upaya memperbesar jaringan, termasuk supaya memperoleh jangkauan audiens yang lebih besar.

7. Meningkatkan Relasi dengan Komunitas Lokal

Perusahaan, lembaga maupun organisasi dapat memanfaatkan media relations untuk mengadakan relasi dengan banyak komunitas lokal, dimana membangun dan meningkatkan relasi dengan komunitas lokal merupakan hal yang penting, seperti untuk meningkatkan reputasi, menjaga hubungan baik dengan masyarakat sekitar dan membangun rasa saling percaya.


8. Menonjolkan Isu-Isu Penting

Fungsi media relations bisa untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat mengenai isu-isu yang urgent atau penting. Hal seperti ini biasanya sangat dibutuhkan suatu lembaga atau organisasi yang berhubungan langsung dengan masyarakat, dimana fungsi media relations dioptimalkan untuk membangkitkan perhatian dan kesadaran masyarakat terhadap isu-isu penting.

Media relations dari suatu lembaga atau organisasi bisa membuat sebuah strategi (termasuk bekerja sama dengan banyak pihak media) untuk menyebarkan informasi dan wawasan mengenai berbagai isu penting yang relevan, guna memperoleh support yang masif dari berbagai lapisan masyarakat.

9. Persepsi yang Akurat

Media relations akan membantu perusahaan/lembaga/organisasi untuk menyebarkan informasi atau persepsi yang akurat di media. Media relations memiliki tugas penting untuk memastikan perusahaan, lembaga atau organisasi supaya memperoleh persepsi publik yang akurat, serta menghindari terjadinya miss informasi maupun kesalahpahaman dari publik.

10. Memperoleh Dukungan dan Sponsorship

Media relations memiliki tugas untuk membangun dan menjaga hubungan yang baik dengan pihak media massa, hal ini begitu penting karena bakal mempermudah suatu perusahaan/lembaga/ organisasi untuk mendapatkan dukungan dan sponsorship. Hal itu karena pihak sponsor cenderung untuk mendukung pihak-pihak yang memiliki liputan positif di media massa.

11. Memperbaiki Reputasi

Reputasi menjadi hal yang sangat penting di kehidupan sosial masyarakat, misalnya pada perusahaan, reputasi merupakan aset yang begitu berharga karena langsung berkaitan dengan kepercayaan konsumen dan mitra bisnis.

Dengan kualitas media relations yang bagus menjadikan perusahaan bisa membangun citra positif, dimana tatkala banyak media massa menyebarkan berita positif tentang suatu perusahaan, maka ini efektif menjadikan perusahaan tersebut punya pandangan bagus di mata masyarakat umum.

Demikian pula, saat muncul isu-isu miring yang menurunkan reputasi suatu perusahaan, maka relasi yang kuat dengan pihak media massa diharapkan dapat memperbaiki reputasi perusahaan tersebut ke arah yang lebih positif.

12. Membangun Interaksi dengan Publik

Tujuan media relations yaitu untuk membangun interaksi yang efektif dan berkesinambungan dengan publik. Untuk meningkatkan reputasi suatu perusahaan/lembaga/organisasi maka perlu adanya aktivitas diskusi yang masif dan berkualitas dengan publik, termasuk menjawab pertanyaan relevan dan merespon setiap masukan.

13. Meningkatkan Advokasi atau Dukungan

Fungsi media relations bisa dimanfaatkan dalam membangun advokasi (dukungan) untuk kampanye yang sedang diperjuangkan, pihak media relation perlu berkoloborasi dengan pihak media massa.

Dimana liputan media yang masif nantinya secara efektif memunculkan perhatian dari banyak orang (masyarakat), yang bakal memotivasi publik supaya ikut serta dalam kampanye yang tengah diperjuangkan.

14. Mendapatkan Umpan Balik dan Wawasan

Media relations bisa menjadi sumber umpan balik yang begitu penting. Eratnya relasi dengan media, pihak media relations bisa mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana informasi ditangkap masyarakat, apa saja preferensi masyarakat, apakah terjadi peningkatan atau penurunan reputasi, dll.

15. Membantu Upaya Pengendalian Krisis

Media relations bisa dimanfaatkan sebagai cara untuk mengatasi krisis yang sedang terjadi di perusahaan, lembaga maupun organisasi. Misalnya pada suatu perusahaan, pihak media relations perlu bekerja keras untuk memperbaiki situasi dengan cara menyebarkan informasi yang positif mengenai perusahaan.

Dengan relasi yang kuat dengan pihak media massa, bakal mempermudah suatu perusahaan/lembaga/organisasi untuk menyampaikan klarifikasi tentang suatu permasalahan secara cepat dan efektif.

Tujuan penting media relations yaitu berperan besar dalam upaya mengatasi krisis atau permasalahan-permasalahan yang tak diharapkan, sehingga menyelamatkan reputasi suatu perusahaan/lembaga/organisasi.

16. Mengarahkan Opini Publik

Media relations dapat dimanfaatkan untuk mengarahkan opini publik dengan cara mengatur sebuah narasi yang efektif via media, sehingga nantinya bakal membentuk persepsi atau opini publik.

Pembuatan narasi yang efektif menjadi hal super penting dalam upaya membangun reputasi dan mengerahkan opini publik ke arah positif.

Dengan media relations yang efektif, perusahaan/lembaga/organisasi akan memiliki ruang cukup guna menyampaikan informasi, pemikiran, sudut pandang dll, yang nantinya bisa diterima dan dipahami secara akurat oleh masyarakat.

Skill yang harus dimiliki oleh orang yang bekerja di Media Relations:

  1. Komunikasi. Sudah pasti mereka yang bekerja di bidang ini harus menguasai skill komunikasi, dimana akan sering berinteraksi atau berbicara dengan pihak media.
  2. Problem solving. Orang yang bekerja di Media Relations seringkali menemui banyak permasalahan, entah itu permasalahan di perusahaan/lembaga/organisasi maupun problem relasi dengan media.
  3. Relationship. Orang yang bekerja di media relations juga ditekankan memiliki skill relationship yang mumpuni, dimana skill relationship yang tinggi bakal sangat menolong dalam upaya memperkuat relasi dengan pihak media massa.

Penutup

Di era informasi saat ini, media mempunyai peran besar dalam upaya penyebaran informasi ke masyarakat, sehingga munculah Media Relations yang diharapkan memperkuat relasi perusahaan/lembaga/organisasi dengan pihak media massa.

Dimana hal itu menjadi kunci agar informasi yang disebarkan bisa efektif dan dipahami secara akurat oleh masyarakat. Media relations dalam dimanfaatkan untuk meningkatkan reputasi, menyampaikan pesan dan membangun kepercayaan publik.




Baca Juga: