14 Kegiatan Sebelum Tidur Bersama Anak yang Harus Dilakukan

Anak-anak sejak dini harus mulai diajarkan pola tidur yang berkualitas dan sehat. Selain itu penting membangun jadwal tidur yang teratur sehingga anak mendapatkan tidur berkualitas dan untuk mencegah tidur larut malam.

Kualitas tidur yang baik bermanfaat untuk kesehatan fisik maupun psikis. Penting untuk membangun kebiasaan yang baik sebelum waktu tidur, dimana kebiasaan baik atau sehat yang diterapkan memberikan pengaruh besar terhadap kualitas tidur.

Anak Laki-laki Menggosok Gigi
Photo credit: Shutterstock.com / By Batkova Elena

Kegiatan Sebelum Tidur Bersama Anak di Malam Hari


Ada banyak hal yang perlu dilakukan jika akan tidur. Berikut beberapa kegiatan dan hal-hal yang penting diterapkan sebelum tidur.

1. Membacakan Cerita

Kegiatan sebelum tidur yang sangat bermanfaat yaitu membacakan cerita untuk anak. Ini sangat bermanfaat untuk anak. Kegiatan ini juga akan memperkuat hubungan batin (emosional) antara orangtua dan anak.

Kegiatan membacakan cerita perlu sering-sering karena manfaatnya dapat mengembangkan imajinasi anak, kosa-kata anak semakin banyak, dan kognitif anak berkembang pesat.

Anak bakal merasa sangat senang ketika dibacakan cerita, sehingga membuat anak tidur dalam keadaan bahagia.


2. Mencium dan Memeluk Anak

Hal yang harus dilakukan sebelum tidur yaitu mencium dan memeluk anak, ini adalah ritual yang harus dilalukan setiap hari. Mencium dan memeluk anak ternyata memberikan efek positif yang sangat besar terhadap psikologis-nya, serta mengoptimalkan proses tumbuh-kembang anak.

Banyak penelitian menemukan bahwa anak yang dicium atau dipeluk mengalami peningkatan endorfin dan oksitosin secara signifikan.

Endorfin dan oksitosin merupakan hormon penting di dalam tubuh yang berfungsi untuk menstabilkan suasana hati, memunculkan rasa bahagia, membuat rileks, meredakan syaraf tegang, mempebaiki suasana hati, meredakan stres dan depresi.

Penelitian juga menemukan bahwa anak-anak yang rutin dicium dan dipeluk memiliki IQ lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang jarang/tidak pernah dicium dan dipeluk oleh orangtuanya.

3. Kegiatan Curhat

Kegiatan di malam hari yang sangat bagus untuk dilakukan yaitu mendengarkan curhatan anak, apalagi jika anak sudah memasuki sekolah dasar (SD) maka kemungkinan mendapatkan beberapa permasalahan dari aktivitas di sekolahnya.

Manfaat dari rutin mendengarkan curhatan anak yaitu:
  • Memperkuat bonding.
  • Anak menjadi dekat dengan orangtuanya.
  • Anak lebih terhindar dari stres.
  • Anak jadi lebih percaya diri.
  • Anak menjadi terbuka pada orangtua.
  • Anak mau menaruh kepercayaan pada orangtuanya.
  • Mengembangkan keterampilan sosial anak.
  • Anak akan lebih mudah untuk diajak kerja sama.

4. Makan Malam

Jangan sampai anak tidur dengan kondisi lapar, ini akan membuat anak jadi tidak nyaman. Makan menjadi hal yang harus dilakukan sebelum tidur, Anda sekeluarga bisa mengadakan makan malam bersama sekitar 2-3 jam sebelum waktu tidur.

Sebelum tidur pastikan anak sudah kenyang, hal itu karena perut keroncongan bisa menyebabkan anak terbangun saat tengah malam, yang berakibat pada menurunnya kualitas tidur anak.


5. Bercanda

Bercanda bersama bisa menjadi pilihan sebagai kegiatan di malam hari sebelum tidur, bahkan ini dapat menajdi quality time bersama keluarga di malam hari. Untuk perkembangan anak, orangtua harus menyediakan waktu untuk mendengarkan curhatan-curhatan anak.

Anak sangat butuh orangtua sebagai tempat mengadu atau menanyakan sesuatu. Biasanya orangtua pulang kerja di sore hari, manfaatkan waktu yang ada untuk berkumpul, mengobrol dan bercanda bersama keluarga.

6. Menyiapkan Keperluan Sekolah

Minta anak untuk mempersiapkan keperluan sekolahnya sebelum tidur di malam hari. Jangan sampai buku dan alat-alat sekolah baru disiapkan saat pagi hari karena bisa membuat keteteran, serta anak berangkat sekolah dengan terburu-buru. Ini tentunya tidak baik.

Selain itu pastikan anak sudah mengerjakan tugas PR-nya. Jangan sampai anak baru mengerjakan PR di pagi hari karena akan sangat merepotkan.

7. Menyikat Gigi

Kegiatan di malam hari sebelum tidur yang harus dilakukan yaitu menyikat gigi. Ajak anak menyikat gigi bersama sebelum waktu tidur. Menyikat gigi adalah hal yang sangat penting bagi anak-anak maupun orang dewasa, guna mencegah penyakit gigi yang banyak membuat orang menderita.

Rutinitas menyikat gigi bermanfaat untuk mencegah perkembangan bakteri di sela-sela gigi dalam jumlah banyak, sehingga membuat gigi anak bersih, tumbuh sehat dan terhindar dari gigi berlubang.

Gigi berlubang merupakan penyebab munculnya sakit gigi yang tidak tertahankan. Jangan sampai anak memiliki masalah gigi berlubang karena akan sangat mengganggu aktivitas hariannya.

8. Membersihkan Tempat Tidur

Biasakan anak sejak kecil untuk merapihkan dan membersihkan tempat tidurnya. Ini harus dilakukan sebelum tidur sehingga anak terbiasa melakukanya hingga dia besar. Jika anak masih kecil, bantu dan ajak selalu anak membersihkan tempat tidurnya bersama-bersama.


9. Mengganti Baju

Jangan sampai anak menggunakan baju yang sama seperti dari yang dikenakannya di siang hari. Anak kemungkinan berkeringat saat beraktivitas di siang hari, jadi pastikan dia mengganti baju sebelum tidur di malam hari.

10. Berdoa

Ajak anak berdoa di malam hari, ini sebagai pengajaran dan pembiasaan untuknya sejak dini. Banyak orang yang kaku dan tidak bisa berdoa, dimana mereka kebingungan saat ingin mencoba berdoa. Hal itu karena sejak kecil tidak pernah dibiasakan dengan kegiatan berdoa.

11. Mencuci Bagian-Bagian Tubuh

Kegiatan di malam hari sebelum tidur yaitu mencuci bagian-bagian tubuh, ini harus dilakukan setiap malam. Seperti membersikan wajah, membilas tangan dan kaki, menggosok gigi, dll. Ajak anak bersama-sama untuk melakukan kegiatan sebelum tidur ini.

Sekalipun mungkin terasa malas tapi usahakan untuk selalu disiplin melakukan ini, sehingga ritual sebelum tidur ini akan menjadi kebiasaan dan terus terbawa saat anak nantinya dewasa.

12. Stop Gadget

Sebisa mungkin jauhkan anak dari gadget 2 jam sebelum tidur. Orang dewasa maupun anak-anak seharusnya tidak lagi menggunakan gadget menjelang waktu tidur. Apalagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Pancaran cahaya dari layar gadget maupun TV menyebabkan susah tidur dan merusak jam biologis tubuh. Jika anak susah tidur menyebabkan tidur anak tidak nyenyak dan kualitas tidurnya rendah.

Buat aturan bahwa menjelang waktu tidur dilarang main gadget. Tidak hanya berlaku untuk anak, tapi juga berlaku untuk semua anggota keluarga. Sebagai info, orangtua hendaknya tidak menaruh TV di kamar anak karena banyak efek negatifnya.

13. Hindari Kafein

Jangan sampai anak mengonsumsi asupan berkafein tinggi menjelang waktu tidur. Minuman berkafein seperti soda, teh dan kopi. Konsumsi asupan kafein bisa dikatakan kegiatan terburuk di malam hari karena dapat mengurangi rasa kantuk dan kenyenyakan tidur, serta bisa merusak jam biologis tubuh.

Konsumsi minuman berkafein juga bisa menyebabkan seseorang terbangun di tengah malam untuk buang air kecil. Hal ini tentu berita buruk untuk proses tumbuh-kembang anak.

14. Matikan Lampu Kamar

Sangat dianjurkan untuk mematikan lampu saat tidur, usahakan anak tidur dalam keadaan gelap. Paparan cahaya terang menyebabkan kualitas tidur menurun. Rendahnya kualitas tidur  bisa meningkatkan risiko depresi, gangguan fokus, letih saat bangun tidur, dan secara umum berefek buruk pada kesehatan.

Kondisi lampu mati (gelap) menjadikan tidur lebih nyenyak, berkualitas dan tubuh akan secara optimal menghasilkan hormon melatonin yang berfungsi memperkuat sistem kekebalan tubuh. Adapun tidur dalam keadaan lampu menyala mengakibatkan tubuh terhambat dalam memproduksi hormon melatonin.

Dengan mematikan lampu saat tidur, anak akan bangun dengan bersemangat dan segar di pagi hari. Selain itu tidur dalam keadaan gelap bermanfaat untuk kesehatan dan perkembangan otak anak.




Baca Juga: