Ajak Anak Beres-Beres Rumah, Ini 6 Manfaatnya!


Memanjakan anak boleh-boleh saja, namanya anak kecil tentu perlu dimanjakan dan diperhatikan.

Hanya saja, anak juga perlu dilatih sejak dini tentang kedisiplinan dan keterampilan dasar.

Orang tua perlu mengajarkan anak beberapa hal umum seperti merapihkan tempat tidur, menyapu, mengepel, mencuci piring, hingga memasak.

Tentunya jenis tugas rumah yang diberikan disesuaikan dengan usia anak.

Anak Laki-Laki
Photo credit: Shutterstock.com | By Sergey Novikov

Jika anak dari kecil dibiasakan untuk memiliki tanggung jawab, maka ini memberikan manfaat yang besar untuk si anak sendiri.

Mengerjakan tugas atau tanggung jawab yang diberikan akan bermanfaat untuk tumbuh kembang si anak hingga dewasa nanti.

Berikut manfaat mengajak dan melatih anak untuk beres-beres rumah:

1. Kegiatan membersihkan atau beres-beres rumah seperti menyapu, mengepel, merapihkan tempat tidur, mencuci piring, dll berdampak positif pada keterampilan sosial serta motorik anak.

2. Anak juga jadi memahami bahwa menjaga kebersihan dan kerapihan itu penting, selain itu hal ini membuat anak akan terlatih untuk mandiri dan bertanggung jawab.

3. Terbiasa untuk menjalankan tanggung jawab secara tidak langsung mengajarkannya untuk tidak bergantung pada orang lain. Anak yang dari kecil terlalu dimanja dan terlalu bergantung pada orang di sekitarnya maka kelak saat dewasa akan kesulitan untuk bersaing dengan orang-orang.

4. Mengajak anak beres-beres rumah ternyata dapat membangun hubungan erat antara orang tua dan anak. Manfaatkan waktu akhir pekan untuk bekerja sama beres-beres rumah, momen ini merupakan ‘kesempatan emas’ untuk mempererat hubungan sesama anggota keluarga.

5. Kegiatan bersama orang tua dan anak ini juga bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan, bahkan bisa menjadi quality time keluarga.

6. Jika anak dari kecil sudah memiliki beberapa kemampuan seperti menyapu, mengepel, mencuci piring, merapihkan tempat tidur, dll maka anak akan tumbuh menjadi sosok yang percaya diri.

Jangan lupa untuk memuji anak atas usahanya itu, walaupun mungkin hasil kerja anak tidak sempurna.

Penutup

Di awal-awal mungkin anak tidak mau diajak beres-beres rumah, cara menyiasati-nya yaitu dengan mengiming-imingi anak hadiah.

Setelah menjalani tugas beres-beres rumah maka berikan anak hadiah, biasanya anak setelah itu akan selalu bersemangat jika diajak beres-beres.

Hal terakhir, selalu awasi anak jika mengerjakan tugas seperti mengepel karena memiliki potensi bahaya seperti terpeleset karena lantai yang licin.

loading...

Tulisan Terkait: