8 Larangan Setelah Begadang yang Perlu Diketahui

Apa saja hal yang harus dihindari setelah begadang? Terdapat beberapa larangan setelah begadang yang perlu kamu ketahui untuk meningkatkan kualitas hidup kamu.

Begadang Malam

Terkadang begadang menjadi sesuatu yang tidak bisa dihindari, entah itu karena kewajiban pekerjaan seperti mereka yang bekerja sebagai satpam, buruk pabrik dan lainnya.

Ada juga orang-orang yang begadang dengan tujuan hiburan seperti menonton pertandingan sepakbola dll. Namun perlu diketahui, begadang bisa menimbulkan efek buruk sehingga penting memperhatikan larangan-larangan setelah begadang.

Larangan Setelah Begadang


1. Menolak Tidur

Menolak tidur setelah begadang semalaman bisa mengakibatkan bahaya serius terhadap fisik maupun mental, yaitu:
  • Suasana hati menjadi buruk sehingga gampang tersinggung, mudah marah dan muncul perasaan sedih yang ekstrem.
  • Rentan terhadap serangan stres, depresi dan kecemasan.
  • Peningkatan risiko gangguan bipolar.
  • Penurunan fungsi otak (fungsi kognitif).
  • Menurunnya level konsentrasi.
  • Kesulitan untuk berpikir jernih.
  • Melemahnya sistem kekebalan tubuh sehingga rentan jatuh sakit.
  • Gangguan metabolisme tubuh.
  • Terganggunya keseimbangan hormon dalam tubuh.

Dengan begitu, menolak tidur setelah begadang semalaman akan menyebabkan banyak kerugian terhadap fisik dan mental kamu, sehingga pastikan segera tidur setelah begadang semalaman.

2. Konsumsi Kafein

Larangan setelah begadang yaitu mengkonsumsi minuman berkafein seperti teh dan kopi. Jika kamu sudah selesai begadang malam, maka usahakan untuk segera tidur.

Jangan lakukan aktivitas apapun setelah begadang semalaman. Jika kamu saat itu minum kopi, justru membuat kamu susah tidur karena kopi (dan minuman berkafein lainnya) akan merangsang otak untuk tetap terjaga.

3. Berkendara

Larangan setelah begadang yaitu mengemudi, sebab setelah begadang hendaknya tidur dan bukan justru melakukan aktivitas lain seperti bepergian.

Begadang akan membuat kamu mengalami kantuk berat, serta menurunnya kemampuan reaksi, konsentrasi dan kewaspadaan. Maka sebisa mungkin hindari mengemudi saat mengantuk berat.

4. Makan Berat

Larangan setelah begadang yaitu mengkonsumsi makanan berat, dimana hendaknya kamu segera tidur setelah begadang semalaman. Konsumsi makanan berat bisa menyebabkan kamu susah tidur, apalagi jika kondisi perut terlalu kenyang.

Jikapun ingin makan setelah begadang semalaman, hendaknya pilih makanan ringan yang mudah dicerna, serta jangan sampai terlalu kenyang.

5. Bermain Gadget

Layar gadget (seperti smartphone, tablet, laptop dll) menghasilkan cahaya biru yang bisa mengganggu tidur, padahal setelah begadang semalaman harus segera tidur.

Jadi, sebuah kesalahan setelah begadang yaitu bermain gadget, apalagi jika sampai berjam-jam.

6. Olahraga

Begadang semalaman menyebabkan rasa kantuk yang berat, hilangnya konsentrasi dan melemahnya otot tubuh. Sehingga larangan setelah begadang yaitu berolahraga, sebab dikhawatirkan meningkatkan risiko cedera, bukannya sehat yang didapat justru kebalikannya.

Berolahraga termasuk aktivitas fisik yang berat, maka berolahraga pagi setelah begadang semalaman tidak disarankan.

7. Memikirkan Hal Berat

Begadang dapat memicu stres dan depresi, ditambah lagi rasa kantuk dan kelelahan. Dengan kondisi seperti itu, hendaknya kamu segera tidur setelah begadang semalaman, hindari memikirkan hal-hal yang berat.

Tidur sangat penting untuk mengistirahatkan tubuh, mental dan pikiran. Dengan segera tidur setelah begadang maka tubuh dan mental kembali pulih, serta pikiran kembali jernih.

8.Konsumsi Alkohol

Kandungan di dalam Alkohol bisa memperburuk rasa lelah dan mengganggu kualitas tidur kamu, dampaknya akan sangat buruk untuk proses tidur setelah begadang. Selain itu, alkohol bisa merusak siklus tidur dan membuat tidur kurang nyenyak.

Beberapa fakta yang perlu kamu ketahui:
  • Begadang bisa mengacaukan pola tidur yang berimbas pada masalah kesehatan mental seperti stres, kecemasan dan depresi. Begadang juga dapat melemahkan imun tubuh.
  • Tidur malam yang cukup bermanfaat untuk memulihkan pikiran, fisik dan mental.
  • Begadang bisa menurunkan level konsentrasi di hari berikutnya, dampaknya menyebabkan penurunan produktivitas.
  • Kurang tidur mengakibatkan melemahnya tingkat kewaspadaan dan reaksi, ini bisa meningkatkan risiko kecelakaan.
  • Tidur malam yang cukup mempunyai keterkaitan dengan kualitas hidup seseorang, orang yang cukup tidur malam biasanya lebih sehat secara fisik, psikis dan pikiran. Sebaliknya, orang yang suka begadang berisiko memiliki suasana hati yang buruk, gampang sakit dan rentan terkena depresi.

Kesimpulan

Bagi sebagian orang, begadang tidak bisa dihindari, namun penting untuk memperhatikan larangan-larangan setelahnya sehingga mencegah hal yang tidak diinginkan dan menekan efek negatif begadang terhadap kondisi fisik, psikis dan pikiran.

Tidur malam yang cukup merupakan kunci untuk menjaga fisik dan mental kamu, serta meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup secara umum.




Baca Juga:

No comments: