12 Manfaat Mandi Setelah Begadang: Remajakan Tubuh dan Pikiran

Mandi

Begadang sudah menjadi sesuatu yang umum di zaman modern ini, banyak orang yang terjaga di malam hari dan baru tidur di pagi hari, entah itu untuk mengerjakan tugas ataupun sekedar menonton pertandingan sepak bola.

Sebagian orang langsung tidur setelah semalaman begadang, tapi ada juga yang mandi setelah begadang malam, terdapat beberapa manfaat mandi setelah begadang malam.

Manfaat Mandi Setelah Begadang


1. Membantu Relaksasi

Kamu bisa mandi air biasa ataupun air hangat setelah begadang, ini bermanfaat untuk membuat pikiran rileks, memperbaiki suasana hati, meredakan stres akibat begadang, hingga merilekskan otot-otot yang tegang.

Manfaat mandi setelah begadang memberikan efek menenangkan yang ajaib, perasaan stres dan mood buruk juga menghilang, sehingga kamu menjadi lebih nyaman saat tidur setelah begadang semalaman.

2. Melancarkan Peredaran Darah

Mandi setelah begadang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh, ini perkara yang penting. Meningkat atau lancarnya peredaran darah berkontribusi penting dalam proses pemulihan yang optimal setelah begadang semalaman.

3. Hilangkan Bau Badan

Kondisi tubuh yang berkeringat atau bau badan setelah begadang, tentunya membuat tidak nyaman saat ingin memulai tidur.

Fungsi mandi setelah begadang akan membersihkan badan, menghilangkan kelembapan pemicu bau badan, dan membuat kamu merasa segar. Apalagi jika kamu menggunakan sabun mandi yang memiliki aroma menyegarkan.

4. Meremajakan Kulit

Efek begadang bisa membuat kulit kusam, mandi setelah begadang bermanfaat untuk membersihkan kulit dan pori-pori yang tersumbat kotoran. Selain itu juga untuk menghidrasi kulit yang cenderung kering dan kusam setelah begadang semalaman.

Penting selalu diingat, terlalu sering begadang malam bisa berdampak buruk pada tampilan kulit yang menjadi kusam, kering dan tidak bercahaya, bahkan bisa memicu tanda-tanda penuaan dini.

5. Menstimulasi Sistem Pernapasan

Kebiasaan begadang bisa memengaruhi sistem pernapasan seperti memicu rasa sesak atau tidak nyaman. Mandi dengan air hangat setelah begadang bisa melebarkan saluran pernapasan dan meredakan gejala yang berkaitan dengan sesak napas.

Ditambah lagi, uap air panas bisa berfungsi untuk membersihkan saluran pernapasan, bahkan meredakan pilek dan memunculkan perasaan nyaman.

6. Atasi Sakit Kepala

Efek begadang bisa memicu sakit kepala yang tentunya mengganggu dan membuat tidak nyaman. Mandi dengan air hangat atau air biasa setelah begadang semalaman bertujuan untuk meredakan ketegangan otot dan mengurangi gejala sakit kepala.

Munculnya sakit kepala saat begadang sering terjadi, ini karena faktor suhu yang dingin, perasaan stres, daya tahan tubuh melemah dan kelelahan ekstrem saat begadang malam.

7. Tingkatkan Kualitas Tidur

Manfaat mandi setelah begadang untuk meningkatkan kualitas tidur, dimana mandi dapat menurunkan suhu tubuh, ini menjadi langkah bagus agar bisa tidur lebih cepat, nyenyak dan berkualitas.

Memperoleh tidur yang berkualitas sangatlah penting untuk proses pemulihan tubuh dan pikiran setelah begadang semalaman.

8. Memperbaiki Suasana Hati

Kebiasaan begadang bisa menyebabkan suasana yang buruk dan permasalahan psikis lainnya. Manfaat mandi setelah begadang bisa memperbaiki suasana hati kamu, disamping juga menimbulkan sensasi fresh. Kamu juga bisa berpikir lebih jernih.

Mandi air hangat maupun air biasa berfungsi untuk memicu pelepasan endorfin di dalam tubuh, endorfin adalah hormon yang berfungsi untuk memicu suasana hati lebih baik dan bahagia, membuat tidur lebih nyenyak, dan mencegah munculnya perasaan negatif seperti stres dan depresi.

9. Menjaga Fungsi Kognitif

Mandi setelah begadang bisa meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, lancarnya sirkulasi darah penting untuk mengoptimalkan suplai oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk otak.

Nah, hal itu penting untuk menjaga fungsi kognitif seperti kemampuan daya ingat dan konsentrasi, dimana efek begadang bisa melemahkan kemampuan konsentrasi dan daya ingat.

10. Untuk Relaksasi

Mandi setelah begadang memberikan kesempatan kamu untuk melakukan refleksi dan relaksasi. Sehingga saat mandi biasanya dapat sekalian menenangkan diri sehingga kamu bisa lebih terhindari dari gejala kecemasan, stres ataupun depresi akibat kelelahan begadang.

11. Cegah Risiko Penyakit Kulit

Dampak begadang ternyata bisa memicu risiko peradangan kulit dan permasalahan semacamnya. Mandi setelah begadang akan membersihkan kotoran dan bakteri dari kulit, sehingga mencegah rsiko peradangan dan infeksi.

12. Manfaat Lainnya

Manfaat mandi setelah begadang dapat membantu menyehatkan rambut dan kulit kepala, seperti membersihkan rambut dan kulit kepala dari minyak berlebih dan kotoran, serta menjaga rambut dan kulit kepala tetap terhidrasi.

Mandi setelah begadang semalaman juga membantu kamu agar bisa tidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

Penutup

Mandi setelah begadang semalaman menjadi cara agar segar kembali dan membantu memperbaiki suasana hati. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kamu ingin mandi setelah begadang:
  • Suhu air: Pilih suhu air yang nyaman untuk kamu.
  • Jangan terlalu lama mandi: Walaupun mandi setelah begadang memberikan efek kesegaran, tapi hindari terlalu lama. 
  • Pertimbangkan menggunakan aromaterapi: Menggunakan aroma yang menyegarkan dalam mandi akan semakin memunculkan perasaan nyaman, serta perasaan dan pikiran yang rileks.
  • Minum air putih: Kamu perlu minum air putih setelah mandi untuk menghidrasi tubuh. Hal itu karena begadang cenderung memicu masalah dehidrasi.
  • Perhatikan makanan dan minuman setelah mandi: Setelah mandi, jangan konsumsi makanan berat maupun minuman berkafein.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, mandi setelah begadang bisa memberikan manfaat optimal seperti efek menyegarkan dll yang membuat kamu lebih baik, serta membantu menekan efek buruk begadang.




Baca Juga:

No comments: