Tunjukkan Rasa Bangga pada Anak, Ini Manfaatnya


Menunjukan rasa bangga dan apresiasi adalah hal yang wajib dilakukan ketika anak melakukan sesuatu yang baik. Anak sangat membutuhkan perhatian orang tuanya.

Anak yang kurang percaya diri biasanya akibat tidak diperhatikan orangtuanya. Saat anak melakukan sesuatu yang bagus, tapi orangtuanya tidak pernah memberikan apresiasi.

Ibu dan Anak Lelaki
Photo credit: Shutterstock.com | By Zurijeta

Rasa bangga yang ditunjukkan pada anak akan berdampak positif. Anak akan merasa disayangi orang tuanya dan juga merasa dihargai usahanya.

Kedekatan hubungan orangtua dan anak sangatlah penting, karena berdampak langsung terhadap perkembangan emsional, mental dan kepercayaan diri anak.

Daniel Wong, seorang ahli perenting, dalam bukunya 16 Keys To Motivating Your Teenger mengatakan ada sebuah kalimat yang sangat ingin didengar anak dari orangtuanya yaitu “I’m proud of you”.

Jangan Malas Menunjukan Rasa Bangga
Banyak orang tua yang semangat memarahi anak saat anak melakukan kesalahan, tapi saat anak melakukan sesuatu yang baik tidak pernah diberikan apresiasi.

Contohnya: Saat anak malas belajar, orang tua habis-habisan mengomeli anak selama 30 menit. Namun saat anak berinisiatif sendiri belajar, orang tua menganggap hal itu memang sewajarnya dan tidak mengapresiasi inisiatif bagus anak.

Orang tua yang malas untuk menunjukan rasa bangga pada anak, ini sangat berbahaya karena nantinya anak merasa kurang diperhatikan orang tuanya sehingga berdampak buruk pada perkembangan kejiwaan anak.

Saat anak bekerja keras untuk mencapai sesuatu maka pujilah usaha kerasnya itu, terlepas dari hasilnya yang memuaskan atau tidak.

Selain dengan ucapan, rasa bangga juga bisa ditunjukan dengan senyuman hangat yang disertai pelukan.

Ingat, dalam memuji anak Anda, jangan merendahkan anak lain, tunjukan rasa bangga sewajarnya dan dengan cara yang benar.

Rasa bangga pada anak bisa dalam bentuk pujian, ucapan selamat, ucapan terimakasih dan ungkapan kebanggaan.

Manfaat mengapresiasi dan menunjukkan rasa bangga pada anak:
  • Anak merasa bahagia dan puas. Kebahagiaan dan keceriaan merupakan faktor terpenting untuk tumbuh kembang anak.
  • Anak menjadi lebih bersemangat untuk berprestasi dan melakukan hal-hal yang baik.
  • Anak dapat lebih tercegah dari perilaku negatif/buruk.
  • Hubungan orangtua dan anak semakin erat. Anak semakin sayang pada orangtuanya.
  • Menumbuhkan empati dan rasa peduli dalam diri anak. Anak akan mampu menghargai orang lain, hal ini membuat anak nantinya disenangi lingkungannya.

Kesalahan Lain dari Orang Tua
Banyak orang tua yang melakukan hal konyol, yaitu membangga-banggakan anaknya di hadapan orang-orang, tapi si anak sendiri tidak pernah memperoleh apresiasi dari orangtuanya.

Jadi kasihan sekali si anak.

Justru orangtua seharusnya mengungkapkan kebanggaannya langsung kepada anak sehingga anak merasa dihargai. Adapun ‘memamerkan’ segudang prestasi anak ke tetangga-tetangga dan orang lain adalah hal yang tidak perlu.

Penutup
Tentunya rasa bangga dilakukan dengan apa adanya, tidak perlu berlebihan, yang penting anak menyadari bahwa dirinya diperhatikan dan disayangi orangtuanya.

Dalam mengapresiasi, beritahu juga perilaku/tindakan baik anak yang membuat bangga orangtuanya, sehingga anak akan lebih termotivasi untuk mempertahankan hal baik tersebut.

Berikut 31 kalimat positif yang hendaknya diucapkan orang tua pada anak.

loading...

Tulisan Terkait: