90 Contoh Kata-Kata Mutiara Ibu untuk Anaknya

Kata-kata untukmu anakku yakni kata-kata ibu untuk anaknya tercinta, dimana apa yang keluar dari lisan orangtua adalah doa dan akan sangat mempengaruhi kejiwaan anak.

Oleh karena itu, orang tua harus berhati-hati dalam berucap. Banyak kata-kata mutiara (positif) untuk anak yang hendaknya diucapkan orangtua pada anak di dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat kata-kata mutiara untuk anak yaitu supaya anak tumbuh dengan perasaan bahagia, motivasi tinggi dan tidak rendah diri. Memberikan beberapa kalimat positif untuk anak bisa menjadi 'bensin' yang membangkitkan semangat, optimisme dan kepercayaan diri anak.

Contoh Kata-Kata Mutiara Ibu untuk Anak


Ada banyak quotes ibu untuk anaknya yakni kata-kata mutiara ibu untuk anak. Manfaat kata-kata positif ibu jangan diremehkan karena dengannya anak tumbuh dengan perasaan cinta, bahagia dan percaya diri. Berikut kata-kata mutiara atau pesan ibu untuk anaknya:

1. "Momen terbaik dalam hidup ibu adalah saat kamu lahir ke dunia ini"

2. "Seburuk apapun perbuatan yang kamu lakukan, kamu tetaplah anak ibu."

3. "Tatkala orang-orang menjauhimu, ibu akan selalu ada bersamamu"

4. "Ibu mungkin tidak bisa menjadi ibu yang sempurna, tapi ibu berusaha memberikan yang terbaik untukmu."

5. "Dalam setiap langkahmu, Bunda akan selalu menjadi pendukungmu."

6. "Dalam setiap detik hidup Bunda, Bunda akan berjuang agar kamu selalu tersenyum bahagia."

7. "Terima kasih atas setiap senyuman,  pelukan dan momen yang kita lewati bersama. Kehadiranmu telah menerangi hidup Bunda, Bunda takkan pernah lupa betapa berharganya kamu bagi Bunda."

8. "Anakku yang tercinta, terima kasih atas segala kebaikanmu. Engkau adalah cahaya bagi Bunda, Bunda sangat bersyukur karena beruntung punya anak seperti kamu."

9. "Anakku, seberat apapun masalah yang kamu alami, walaupun orang-orang pergi menjauhimu, Bunda selalu ada di sampingmu."

10. "Anakku, satu hal yang ingin Bunda katakan, terimakasih karena kamu adalah anugerah terindah dalam hidup Bunda."

11. "Anakku, hargailah setiap momen dalam hidupmu, karena mereka adalah bekal berharga di kehidupan ini."

12. "Anakku, jagalah lisanmu di dalam kehidupan ini, seringkali diam menjadi pilihan lebih baik ketimbang berbicara."

13. "Nikmatilah kehidupan ini, dan jangan suka membanding-bandingkan nikmat yang kamu miliki dengan nikmat yang dimiliki orang lain."

14. "Menjalani hidup dengan ikhlas membuat kamu bisa menikmati kehidupan ini."

15. "Anakku, disaat kamu keras hati karena tidak mau memaafkan orang lain, itu justru hanya menjadi beban di dalam hatimu."

16. "Anakku ketahuilah bahwa kehidupan ini penuh dengan ujian, sehingga penderitaan dan kesulitan adalah hal biasa dalam kehidupan. Kunci menjalani hidup adalah rasa bersyukur. Kamu akan baik-baik saja selama punya rasa syukur."

17. "Anakku, tanpa rasa sakit seseorang tidak akan menjadi kuat, tanpa rasa kecewa seseorang tidak akan bisa jadi dewasa dan bijak."

18. "Anakku, hidup ini adalah perjuangan maka janganlah terlalu mengharapkan keberuntungan."

19. "Anakku, mungkin kamu melihat orang lain lebih beruntung, tapi belum tentu dia sekuat kamu."

20. "Dalam kehidupan terkadang kita perlu terjatuh, dari situ akan diketahui siapa yang peduli dan siapa yang bergembira dengan kejatuhan kamu."

21. "Anakku, ketahui lingkungan yang tepat untukmu, yaitu lingkungan yang menghargaimu dan mengetahui nilai dirimu."

22. "Anakku, ketahuilah bahwa mudah untuk mengetahui kebenaran tapi sulit untuk mengakui dan mengikutinya."

23. "Anakku, jika kamu menjatuhkan orang lain supaya tampak hebat, itu artinya kamu mengakui bahwa dirimu rendah."

Kata-Kata Mutiara Tentang Ibu dan Anak


1. "Keinginan tertinggi seorang ibu adalah membahagiakan anaknya, walaupun itu harus mengorbankan kebahagiannya sendiri."

2. "Tidak ada rasa cinta yang melebihi cinta ibu. Ibu tetap rela mencintai meskipun bukan dirinya yang paling dicintai anaknya."

3. "Seorang ibu tidak pernah memikirkan dirinya sendiri karena ibu selalu memikirkan anak-anaknya. Bahkan ibu lebih mengutamakan anak-anaknya."

4. "Jika kamu memiliki sahabat yang paling bisa dipercaya, itu sudah pasti ibumu."

5. "Ibu adalah makhluk terindah di dunia ini"

6. "Setiap air mata yang dikeluarkan seorang ibu merupakan bukti besarnya cinta ibu"

7. "Umur ibumu belum tentu lebih panjang dari waktu sibukmu, berbaktilah sebelum terlambat."

8. "Ibu adalah sekolah pertama untuk anak-anaknya, asuhan dan didikan seorang ibu tidak ternilai harganya."

9. "Sekolah hanya mengajari tentang materi pelajaran, adapun ibu mengajari tentang rasa cinta dan kesabaran."

10. "Tidak ada yang mencintaimu seperti ibumu dan tidak akan pernah, ibu adalah lambang cinta yang tulus."

11. "Tidak peduli seberapa banyak harta dan kedudukan yang kumiliki, aku hanyalah anak ibuku."

12. "Ibumu adalah penggemar terbesarmu."

13. "Jika ingin melihat luasnya cinta seorang ibu maka lihatlah langit alam semesta."

14. "Cinta yang paling sempurna adalah cinta ibu kepada anaknya."

15. "Air mata seorang ibu adalah bencana terbesar bagi anak laki-lakinya."

16. "Keajaiban seorang ibu dan anak perempuannya adalah mengetahui hati dan perasaan satu sama lain."

17. "Cinta Ibu kepada anaknya adalah lautan dalam yang tak pernah kering, Ibu akan terus mencintai melebihi apapun di dunia ini."

18. "Ibu adalah orang yang akan selalu mencintaimu tanpa syarat, selamanya dan selalu."

19. "Cinta seorang ibu kepada anaknya adalah benar-benar keajaiban Tuhan yang begitu indah, yang sulit dijelaskan secara logika."

Quotes Ibu Untuk Anaknya, Kata-Kata Mutiara Ibu


1. Contoh kata-kata perjuangan seorang ibu untuk anaknya: "Anakku, ibu akan terus berjuang untukmu, bahkan jika ibu harus melalui badai terbesar sekalipun. Ibu akan menghadapi segala rintangan demi memastikan kamu tumbuh menjadi pribadi yang hebat dan berharga."

2. Contoh kata-kata doa ibu untuk anaknya: "Ya Allah, lindungilah anakku dengan rahmat dan kekuatan-Mu. Berikanlah dia petunjuk dalam menghadapi setiap ujian di kehidupan, bimbinglah dia dalam kebaikan, berikanlah dia keberanian dan kekuatan dalam menghadapi tantangan hidup."

3. Contoh kata-kata pesan ibu untuk anaknya: "Anakku, hidup adalah proses belajar dan memperbaiki diri. Ambillah pelajaran dari setiap kesalahan yang terjadi sehingga kamu tumbuh menjadi orang yang paling bijaksana."

4. Contoh ucapan terima kasih ibu kepada anaknya: "Anakku tersayang, terima kasih atas segala bantuanmu dan kehadiranmu dalam hidup Bunda. Kamu menjadi sumber kebahagiaan dan kebanggaan Bunda, melihat kamu tumbuh dan berkembang adalah hadiah terindah bagi Bunda."

5. Contoh quotes kerinduan ibu untuk anaknya: "Jarak mungkin memisahkan kita, tapi takkan pernah bisa menghalangi kerinduan Ibu padamu, anakku. Setiap detik, hati Ibu selalu bersamamu."

6. Contoh kata-kata cinta seorang ibu kepada anaknya: "Cinta Bunda takkan pernah padam. Kamu adalah sinar kebahagiaan dalam hidup Bunda, Kamu adalah berlian paling berharga yang takkan pernah ternilai."

7. Contoh kata-kata lindungilah anakku: "Ya Allah, lindungilah anakku dari segala fitnah, bahaya dan kejahatan di dunia, lindungilah anakku dengan rahmat-Mu yang luas, lindungilah dia dari segala penyimpangan di pergaulan dan kehidupan."

8. Contoh kata-kata ungkapan hati seorang ibu untuk anaknya: "Anakku, kamu adalah cahaya di dalam hidupku, kamu keberkahan yang tiada tara. Setiap detik yang Bunda lalui bersamamu adalah sesuatu yang tak ternilai. Terima kasih telah menjadi bagian dari hidup Bunda."

9. Contoh kata-kata harapan seorang ibu untuk anaknya: "Anakku, semoga kamu selalu sehat, bahagia dan sukses di kehidupan, Ibu berharap kamu mengejar impianmu dengan pantang menyerah, Ibu juga berharap kamu tumbuh menjadi orang yang rendah hati."

10. Contoh ungkapan hati seorang ibu ketika anaknya sakit: "Bunda akan selalu ada di sisimu, terutama saat kamu sakit seperti ini."

"Kalau penyakit bisa dipindahkan, biarlah Bunda yang sakit daripada melihat anak Bunda sakit."

"Tidak ada yang lebih penting bagi Bunda selain melihat anak Bunda sehat dan bahagia."

11. Contoh kata mutiara doa seorang ibu kepada anaknya: "Semoga setiap langkahmu diiringi oleh perlindungan dan keberkahan Allah."

"Semoga setiap kesulitan yang kamu hadapi menjadi batu loncatan menuju kesuksesan besar yang sebenarnya"

"Anakku, ketika hatimu terluka, ketahuilah doa Bunda selalu menyertaimu agar setiap langkahmu selalu diiringi petunjuk-Nya, dan hatimu dipenuhi rasa bahagia dan cinta."

12. Contoh kata-kata ibu untuk anaknya yang akan menikah: "Saat ini, hati ibu terasa campur aduk antara bahagia dan sedih karena akan melepasmu menuju babak baru kehidupan. Anakku, ini adalah hari yang istimewa untukmu, semoga langkahmu untuk menempuh hidup baru dipenuhi keberkahan dan kebahagiaan."

"Anakku, harapan ibu adalah agar rumah tanggamu menjadi tempat yang penuh kasih, cinta yang keharmonisan.

"Dalam pernikahanmu nanti, ingatlah untuk selalu mencintai, menyayangi, dan mendukung pasanganmu. Semoga langkahmu ini diiringi oleh petunjuk dan keberkahan dari Allah."

13. Contoh kata-kata ibu bangga padamu nak: Bunda bangga melihat kamu sangat bersungguh-sungguh untuk mencapai cita-citamu. Kamu adalah cahaya bagi Bunda, yang membuat Bunda selalu merasa beruntung karena bangga memiliki anak sepertimu."

14. Contoh jeritan hati seorang ibu untuk anaknya: "Rasa sakitmu adalah rasa sakitku, anakku. Derita yang kau alami, bagai pisau yang menusuk-nusuk hatiku."

15. Contoh kata-kata terimakasih anakku: "Terimakasih karena kamu pernah hadir di rahim Bunda, Bunda merasa sangat beruntung memiliki anak sehebat kamu."

16. Contoh kata-kata positif untuk anak: "Kamu adalah anak yang penuh dengan kebaikan dan pantang menyerah, Bunda sangat bangga memiliki anak yang kuat sepertimu, Bunda juga bahagia melihatmu membantu orang lain dengan tulus."

Contoh Kalimat Positif untuk Anak


1. "Kamu hebat, Ibu bangga padamu nak."

2. "Bagus sekali ide kamu."

3. "Hebat! Anak Ibu cepat belajar."

4. "Ibu berharap yang terbaik untukmu."

5. "Ibu selalu berdoa yang terbaik untukmu."

6. "Ibu bahagia punya anak seperti kamu."

7. "Kamu anak yang pemberani."

8. "Ibu senang deh, bisa ngobrol sama kamu."

9. "Ibu dan Ayah menyayangimu apa adanya."

10. "Ibu dan Ayah menghargai pilihanmu."

11. "Ibu dan Ayah selalu mendukungmu."

12. "Ide yang kamu keluarkan itu sangat bagus."

13. "Kamu keren memakai baju itu."

14. "Jangan pernah menyerah, nak!"

15. "Jangan takut salah (jangan takut untuk mencoba)."

16. "Teruslah berusaha dan mencoba, jangan menyerah nak."

17. "Jika kamu tidak setuju, kamu boleh menyampaikan pendapatmu."

18. "Terima kasih sudah membantu."

19. "Ayo cerita di sekolah ada apa aja tadi?"

20. "Ibu bahagia melihat kamu rajin belajar."

21. "Sangat menyenangkan pergi denganmu, sayang."

22. "Kamu sudah melakukannya dengan baik."

23. "Selamat ya, kamu telah menjadi juara kelas."

24. "Tulisanmu bagus sekali."

25. "Kamu harus bangga atas kerja kerasmu."

26. "Kamu yang benar, Ibu minta maaf, ya."

27. "Maafin Ibu dan Ayah ya."

28. "Wah, Ibu belajar hal baru dari kamu."

29. "Ibu mengerti perasaan kamu."

30. "Ibu cinta pada kamu."

31. "Ibu senang ada di dekat kamu."

Tips: Fokuskanlah pujian pada ‘usaha’ daripada ‘hasil’. Mengatakan “wah kamu hebat telah bekerja keras” jauh lebih baik daripada “wah kamu hebat karena pintar”.

Hiasi hari-hari dengan contoh kata-kata positif yang akan memotivasi dan membahagiakan anak. Manfaat mengucapkan kalimat positif kepada anak yaitu:
  • Anak merasa disayangi orangtuanya.
  • Anak merasa bahagia.
  • Anak lebih percaya diri
  • Anak merasa disupport orangtuanya.
  • Hubungan orangtua dan anak lebih erat, anak akan lebih terbuka pada orangtuanya.




Baca Juga: