Ajarkan Anak 12 Kemampuan Ini Sebelum Memasuki Usia Remaja!

Ketika seorang anak sudah memasuki usia remaja, maka lingkup pergaulannya akan lebih luas, dan ketergantungan pada orangtua seharusnya berkurang.

Anak
Photo credit: Shutterstock.com

Berikut beberapa hal yang harus diajarkan pada anak sebelum memasuki usia remaja:

1. Makan dengan Tangan Kanan

Kultur, budaya atau norma masyarakat yang berlaku adalah makan dengan tangan kanan. Ajarkan anak untuk makan menggunakan tangan kanan.

Jika anak Anda makan dengan tangan kiri, maka pastikan saat SMP dan SMA dirinya sudah harus bisa makan dengan tangan kanan. Saat di kantin sekolah, dikhawatirkan jika makan dengan tangan kiri, anak akan mendapatkan bullying dari teman-temannya.

2. Menyiapkan Barang-Barangnya Sendiri

Menjelang remaja, anak sudah harus dilatih untuk bisa menyiapkan dan membereskan barang-barangnya sendiri. Misalnya ke sekolah, anak sudah harus mampu mempersiapkan barang bawaannya. 

Ajarkan anak sejak dini untuk bisa menyiapkan barang-barangnya. Saat berpergian ke suatu tempat, anak juga mendapatkan tanggung jawab terhadap barang bawaannya.


3. Mengatur Waktu

Sejak dini ajarkan anak kemampuan untuk mengatur waktu, caranya yaitu mengenalkan jadwal kegiatan pada anak sejak dini. Beritahu anak tentang jadwal waktu makan, mandi, bermain di luar, menonton TV, belajar, mengerjakan PR dan lain-lain.

Saat anak sudah memasuki usia remaja harus memiliki kemampuan manajemen waktu. Semakin bertambah umur seorang anak maka semakin bertambah pula tanggung jawabnya.

Lingkup pergaulannya meluas, sehingga seorang remaja harus dapat menyeimbangan antara waktu bermain, interaksi sosial dan belajar.

4. Mengatur Keuangan

Yang jelas anak remaja sudah harus bisa berbelanja sendiri, sehingga pastikan kemampuan menghitungnya baik. Kenalkan anak sejak dini tentang fungsi uang.

Lalu anak juga harus diajarkan menentukan prioritas dalam mengelola uang. Jangan sampai membeli sesuatu yang kurang penting tapi mengabaikan yang lebih penting.

Apalagi setelah anak memasuki usia remaja maka lingkup pergaulannya juga meluas. Si remaja akan lebih sering berpegian (jalan-jalan) bersama teman-temannya, sehingga kemampuan mengatur keuangan wajib dimiliki.

5. Bersih-Bersih

Seorang remaja seharusnya sudah bisa bersih-bersih rumah, kemampuan dasar seperti menyapu, mengepel, membersihkan debu, merapihkan tempat tidur, mencuci piring, dll sudah harus bisa dilakukan.


6. Menjaga Norma dan Adab

Dibandingkan saat anak-anak, Remaja memiliki lingkup pergaulan lebih luas sehingga lebih sering bertemu orang-orang. Kemampuan menjaga norma dan adab wajib dimiliki, apalagi saat berinteraksi dengan orang-orang yang jauh lebuh tua.

7. Bangun Pagi

Sejak dini anak harus dilatih untuk bisa bangun pagi. Sehingga karakteristik remaja yaitu sudah bisa dan terbiasa bangun pagi tanpa disuruh-suruh. Misalnya saat hari minggu, jangan sampai hanya tidur-tiduran saja sampai siang hari, berikan kegiatan sejak pagi.

8. Menggunakan Jasa Transportasi Umum

Anak perlu dibiasakan dan diajak sejak kecil untuk menggunakan transportasi umum, hal ini akan membuat anak lebih terbiasa dengan moda angkutan umum. Selain itu, pastikan untuk mengajarkan anak tentang cara menjaga diri di transportasi umum.

9. Menyiapkan Makan

Jangan sampai ketika sudah remaja, anak tidak bisa menyiapkan makanannya sendiri. Apalagi saat remaja biasanya akan sering keluar bersama teman-teman, maka harus bisa menyiapkan makan dan hal-hal sederhana mengenai kebutuhannya sendiri.

10. Mengobati Luka Kecil

Ajarkan anak langkah-langkah mengobati luka, lalu ajarkan anak untuk tidak panik saat terluka. Pastikan memberitahunya bahwa perdarahan tidak boleh dibiarkan lama.

11. Keberanian

Tanamkan rasa keberanian dalam diri anak sejak dini, sehingga anak bisa dan berani untuk berbicara dengan orang lain. Selain itu penting mengajarkan anak untuk bisa menjaga diri dan self defense.

12. Hal Lain yang Harus Diajarkan pada Anak
  • Mengucapkan "permisi" saat akan melewati tempat banyak orang yang sedang berkumpul, duduk-duduk dll.
  • Membiasakan diri mengucapkan "tolong" saat meminta sesuatu dan "terima kasih" setelah dibantu.
  • Menutup mulut saat batuk.
  • Menutup hidung saat bersin.
  • Tidak boleh menggosipi kekurangan fisik orang lain karena tidak sopan.
  • Tidak menyela pembicaraan.
  • Tidak berbicara saat mulut penuh makanan.
  • Selalu menjaga kebersihan tangan.

Penutup: Remaja akan mulai mencari jati diri dan cenderung ingin bebas. Orang tua harus pintar-pintar dalam menjaga anak remajanya agar selalu berada di ‘rel’ yang benar. Hanya saja penting diketahui bahwa seorang remaja umumnya sangat sulit diatur, sehingga butuh persiapan matang agar sukses dalam mendidik remaja.




Baca Juga: