16 Portal Berita Online Terbaik yang Disarankan

Laptop
Photo credit: stock.adobe.com|pressmaster

Di zaman yang makin canggih saat ini, semakin banyak orang yang mulai memanfaatkan teknologi internet, bahkan jumlahnya meningkat sangat masif.

Jika sebelumnya untuk memperoleh informasi maka harus berjalan kaki membeli koran, tapi kini dengan modal gadget dan koneksi internet dapat mengakses berbagai informasi secara cepat dan tak terbatas, koran merupakan media humas yang dulu sangat populer.

Anda bisa mengakses berbagai macam website di internet, dimana awal-awal kemunculan website berita yaitu semenjak 1990-an, tapi tampilannya kala itu masih sangat sederhana (tidak seperti sekarang yang desainnya sudah menarik).

Dengan mengakses berita bertujuan supaya tak ketinggalan info-info penting serta menambah pengetahuan. Website berita online biasanya menyajikan berbagai jenis tema berita seperti politik, sosial, ekonomi, kriminalitas, sport, edukasi, entertaiment, gosip dll.

Setiap orang dapat memperoleh akses informasi tanpa batas di media online, apalagi sekarang ini telah ada puluhan portal berita online yang dikelola secara profesional.

Ciri-ciri portal berita online yang baik dan terpercaya yaitu mempunyai profile yang jelas dan terverifikasi secara nasional, dimana portal berita online tersebut diakui oleh Kominfo sehingga menjadikan isi berita yang disuguhkan bisa dipertanggung-jawabkan.

Portal berita online terbaik juga diketahui dari tingkat popularitasnya yang tinggi, atau dengan kata lain dikenal secara luas dan diakses oleh banyak orang. Berikut beberapa daftar media online indonesia.

Portal Berita Online Terbaik 


1. Liputan6.com

Liputan6.com merupakan portal berita yang telah diverifikasi Dewan Pers Indonesia, berusaha menyajikan informasi terbaru dan akurat dengan menitikberatkan sumber informasi yang terpercaya.

Liputan6.com bebas dari kepentingan politik apapun, independen dan netral atas semua golongan, dengan kata lain memegang teguh kode etik jurnalistik dan tak terlibat politik praktis.

Liputan6.com mulanya sekedar berisi berita yang telah ditampilkan di Liputan6 SCTV. Tapi semenjak tahun 2012, Liputan6.com menjadi portal berita online dengan informasi lebih bervarisasi.

Dengan begitu, mula-mula media berita online ini merupakan sebuah acara di TV, yang kemudian dikembangkan jadi portal berita online. Kategori liputan6.com yaitu news, politik, bisnis, tekno, olahraga, health, islami, lifestyle, showbiz, otomotif, global, regional, saham, crypto, bola, cek fakta dan Citizen6.

Citizen6 merupakan kategori khusus yang bertujuan untuk mengakomodir jurnalisme warga. Selain itu terdapat kategori 'Cek Fakta' yang bertujuan mengecek sebuah kebenaran berita guna memerangi hoaks.


2. Kompas.com

Portal berita online ini dulunya dikenal sebagai salah satu koran populer. Di kompas.com disajikan beragam informasi seperti news, tren, lestari, health, food, edukasi, parapuan, money, UMKM, lifestyle, homey, properti, bola, travel, otomotif, sains, hype dll.

Kompas.com sudah muncul sejak tahun 1995 dengan misi untuk menyediakan update perkembangan peristiwa atau berita terbaru.

Pada tahun 2008, portal berita online ini melakukan rebranding jadi kompas.com, dimana kanal-kanal berita ditambah serta semakin meningkatkan sajian informasi terbaru.

3. Merdeka.com

Biasanya portal berita online diciptakan oleh perusahaan yang berkecimpung di dunia media, adapun merdeka.com didirikan oleh perusahaan teknologi bahasa pemograman.

Media berita online ini tidak berawal dari transformasi perusahaan media, tapi dikembangkan oleh perusahaan teknologi yang berkecimpung di bidang bahasa pemograman.

Sehingga website berita Merdeka.com merupakan hasil kerja sama antara media dan teknologi. Merdeka.com memiliki harapan yaitu merdeka berkreasi, berusaha menyajikan informasi dengan sebaik dan senyaman mungkin bagi masyarakat, termasuk menyampaikan informasi secara akurat, cepat dan penuh rasa tanggung jawab.

Merdeka.com berupaya memberikan inspirasi, adapun logo merdeka.com bermakna kebebasan untuk menyebarkan informasi, tanpa adanya tekanan dari pihak tertentu. 

Kategori portal berita online merdeka.com yaitu trending, news, cek fakta, ekonomi, perbankan, dunia, histori, stories, khas, artis, video, gaya, teknologi, bola, properti, sport, otomotif dll.

4. Tempo.co

Media online indonesia ini awalnya berasal dari koran yang lumayan populer, dimana koran tempo sangat dikenal orang-orang pada 2000-an.

Tempo menyajikan informasi yang enak dibaca dan dapat dipercaya. Tempo.co berusaha memasang standar tinggi jurnalisme guna menyajikan suatu informasi atau peristiwa, serta disajikan secara tajam, berimbang dan mencerdaskan.

Tempo bercita-cita menjadikan Indonesia lebih baik. Kategori Tempo.co yaitu terbaru, terpopuler, nasional, metro, bisnis, dunia, fokus, gaya, cantik, travel, seleb, bola, sport, otomotif, tekno, cek fakta dll.


5. Sindonews.com

SINDOnews adalah media online indonesia yang berdiri tahun 2012 dan punya kaitan dengan Koran Sindo. Portal berita online ini dimiliki oleh PT. Sindonews Portal Indonesia (SPI).

SINDOnews mempunyai motto "Bukan Berita Biasa" yang berupaya tampil unik dari banyak portal berita. Disamping juga berupaya menyajikan informasi secara akurat, mendalam, lengkap (menyeluruh) sehingga dapat memberikan manfaat signifikan dan bahkan dapat menjadi referensi pengambil keputusan di pemerintahan, pebisnis, politisi, para mahasiswa dan lainnya.

Hal yang membuat SINDOnews layak disebut sebagai portal berita terbaik yaitu karena pengelolaannya berada di bawah pengawasan MNC Group yang dimiliki Hary Tanoesoedibjo.

Bagi yang belum tahu, MNC Group adalah group media sangat populer yang telah mencapai level internasional, bahkan termasuk yang menonjol di Asia Tenggara.

Sindonews berupaya memuat informasi yang mendalam, komprehensif dan analitik. Bahkan guna men-support hal seperti ini, Sindonews bekerja sama dengan tim Litbang yang telah terpercaya.

Kategori SINDOnews yaitu Nasional, Metronews, Daerah, Ekonomi dan Bisnis, International, Sports, Soccer, Otomotif, Sains, Tekno, Edukasi, Gen Sindo, Kalam dan Lifestyle. Selain itu terdapat Sindo Infografik, Sindo Photo, Sindo Video.

6. Okezone.com

Okezone.com adalah contoh web berita dan hiburan yang terdiri dari sejumlah topik yakni berita umum, berita internasional, politik, peristiwa, ekonomi, lifestyle, selebriti, sports, bola, otomotif, teknologi, wisata dan lainnya.

Okezone.com sudah ada sejak tahun 2007, kemunculannya merupakan pelopor dari karya-karya PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC) yang saat ini menjadi industri media terpopuler di kawasan Asia Tenggara.

Beberapa usaha dari perusahaan MNC yaitu RCTI, MNCTV, GTV, iNewsTV, koran seputar indonesia, sindo weekly dan banyak lainnya.

Bahkan Alexa pada tahun 2019, menempatkan Okezone di posisi 2 sebagai portal berita online terbaik di Indonesia. Hal ini terjadi sebab makin meningkatnya konsumen atau pengguna website Okezone.

Kategori Okezone.com yaitu news, finance, lifestyle, celebrity, bola, sports, techno, otomotif, foto, video, edukasi, health, travel, viral, tren dan highend.

7. Detik.com

Detik.com termasuk portal berita online terpopuler di indonesia, yang sudah ada sejak 1998, lalu pada 2011 secara resmi dimiliki Transcorp.

Detik.com menyampaikan informasi secara cepat supaya masyarakat memperoleh berita atau informasi terupdate dalam hitungan detik. Penulisan berita gampang dimengerti, memudahkan banyak orang untuk memahami informasi atau berita menarik secara instan atau cepat.

Selain itu Detik.com menyediakan fasilitas forum untuk para pengguna, tujuannya mempermudah orang-orang untuk saling bertukar pikiran mengenai suatu topik.

Kategori Detik.com yaitu news, finance, teknologi, entertaiment, sport, sepakbola, otomotif, travel, food, health, wolipop, DetikX, 20Detik, edukasi, hikmah dan daerah (Jateng, Jatim, Jabar, Sulsel, Sumut, Bali).


8. Pikiran-rakyat.com

Pikiran-rakyat.com mula-mula merupakan media cetak yang umum dikenal sejak dulu, yang beredar di wilayah Bandung dan secara umum di Jawa Barat.

Sesuai namanya, media berita ini berupaya menghidupkan suara rakyat, termasuk kontributor menyerukan tulisannya sebagai opini yang pro rakyat.

Kategori Pikiran-rakyat.com yaitu nasional, internasional, ekonomi, bola, olahraga, otomotif, teknologi, entertainment, gaya hidup, kolom, cek fakta, pendidikan dan surat pembaca.

9. Solopos.com

Solopos.com adalah bagian dari Solopos Media Group (SMG). Media online indonesia ini bertujuan untuk menyajikan informasi dalam negeri maupun luar negeri, didirikan tahun 2007 dan telah memperoleh verifikasi Dewan Pers: 777/DP-Verifikasi/K/VIII/2021.

Solopos.com berupaya melayani pengguna internet dengan berbagai informasi penting dan menarik, bahkan menyajikan sudut pandang berbeda sehingga memberikan wawasan yang lebih luar untuk pada pengguna.

Selain itu, Solopos.com berusaha menyajikan Informasi secara sederhana yang mudah dimengerti pembaca, termasuk mengemas informasi secara unik, inspiratif dan entertain. Sehingga menjadikan Solopos.com layak untuk dijadikan pedoman dan inspirasi oleh masyarakat.

10. Republika.co.id

Republika.co.id merupakan media online indonesia yang sudah cukup kredibel karena telah dijalankan dalam masa yang lama. Kelebihan Republika.co.id yaitu menyajikan lumayan banyak berita Islami, dimana banyak tulisan yang bertema tentang pengetahuan Islam, hukum Islam, berita Islami dll.

Terdapat banyak topik yang bisa Anda konsumsi seperti politik, ekonomi, entertaiment, sepak bola, olahraga, berita nasional, berita internasional dll.

Republika.co.id juga sering menyajikan tulisan opini dan analisa mengenai bermacam permasalahan di masyarakat dan dunia secara umum, hal ini memberikan manfaat kepada pembaca agar memperoleh sudut pandang luas mengenai suatu persoalan.


11. Suara.com

Suara.com memiliki cakupan berita yang luas dengan menyajikan banyak topik seperti berita nasional, internasional, politik, ekonomi, entertaiment, sport, tekno, kesehatan dll.

Juga terdapat berbagai fitur menarik, dimana Suara.com tak hanya menyajikan konten berita, tapi juga menyediakan fitur artikel opini, wawancara, panduan hingga hiburan. 

Juga terdapat platform interaktif yang menjadikan pengguna bisa ikut serta dalam aktivitas diskusi menyampaikan pandangan, berbagi opini dengan pengguna lain, hingga menyampaikan respon ataupun opini ke tim redaksi Suara.com.

12. CNNIndonesia.com

Hal bagus dari CNNIndonesia.com yaitu sangat baik dalam menyajikan cakupan berita internasional dan nasional, serta memuat liputan mendetail tentang banyak topik seperti berita internasional, berita nasional, politik, ekonomi, tekno, kesehatan, entertaiment, sport dll.

CNNIndonesia.com kerap memuat banyak konten investigasi, dimana melakukan penyelidikan mendalam tentang suatu persoalan lalu menjelaskan secara rinci kepada pengguna. Konten investigasi tampaknya berguna untuk meningkatkan wawasan pengguna mengenai isu-isu yang terjadi di masyarakat.

Juga terdapat live streaming sehingga dapat menonton acara-acara CNN Indonesia secara langsung di website.

13. CNBCIndonesia.com

CNBCIndonesia.com tampaknya cukup spesial, karena situs berita ini lebih berfokus untuk menyajikan berita dengan tema keuangan dan bisnis. Website ini merupakan bagian dari jaringan CNBC yang sudah dikenal memiliki kredibilitas tinggi dalam menyajikan laporan keuangan dan berita pasar global.

Kredibilitas CNBCIndonesia.com sudah mendunia karena CNBC yang sangat populer sebagai sumber berita ekonomi terpopuler di dunia, bahkan disebutkan CNBC mempunyai reputasi tinggi dalam menyajikan laporan ekonomi yang akurat dan berkualitas tinggi.

Hanya saja CNBC tampaknya cuma berfokus pada topik keuangan dan bisnis, dimana secara khusus pengguna bakal diperlihatkan berbagai konten berita, analisis, dan laporan yang terkait keuangan, bisnis, investasi dan pasar saham. Bagi Anda yang berkecimpung di dunia-dunia tersebuit, maka konten informasi di CNBC bisa menjadi 'harta karun' berharga.

Untul lebih detailnya, CNBCIndonesia.com menyajikan informasi secara rinci mengenai pasar keuangan global, tren ekonomi, pergerakan pasar, saham, analisis finansial yang dapat membantu dalam aktivitas investasi.

14. IDNTimes.com

Tampilan website IDNTimes.com tampaknya didesain apik yang menjadikannya tampak menarik. IDNTimes.com menyajikan keanekaragaman konten seperti berita, politik, hiburan, sport, lifestyle, tekno, tulisan opini dll. Ini termasuk membantu Anda selalu memperoleh informasi dan kejadian terbaru dari dalam maupun luar negeri.

15. Tirto.id

Kelebihan Tirto.id yaitu menyajikan konten informasi secara mendalam, bahkan seringkali juga meyertakan infografis, ini menjadikan kualitas konten Tirto.id berbobot karena memberikan nilai tambah secara signifikan.

Bahkan Tirto.id tampak sungguh-sungguh untuk mendalami, meriset dan melakukan investigasi secara menyeluruh guna memberikan 'asupan' informasi yang berkualitas yang disertai analisis mendalam. Dengan demikian, ini menjadikan pengguna bisa memperoleh pemahaman dan pengetahuan lebih baik mengenai materi, tema atau isu yang tengah dibahas.

Adapun kategori Tirto.id yaitu politik, ekonomi, teknologi, sosial, iptek dan budaya. Dimana Tirto.id tak cuma memberikan informasi, tapi juga berupaya melakukan pendalaman atau analisa megenai suatu topik serta mengungkapkan opini dari beberapa aspek atau perspektif.

16. Kontan.co.id

Kontan.co.id umum dikenal sebagai website berita ekonomi, dimana pengguna akan disajikan berbagai informasi dan berita ekonomi terkini yang diupdate secara cepat. Sehingga manfaatkan website berita ini untuk memantau informasi terbaru mengenai topik ekonomi, bisnis, pasar keuangan dan investasi.

Selain menyajikan berita singkat, Kontan.co.id juga menyajikan informasi yang digali secara mendalam dan disertai analisa tajam, guna memberikan kepada pembaca berupa nilai tambah yang relevan dan penting sehingga dapat memahami isu-isu ekonomi dan finansial dengan sangat baik.

Termasuk beberapa topik yang sering dibahas di Kontan.co.id yaitu informasi pasar saham, industri, perbankan, properti hingga manajemen finansial, menjadikan Anda bisa mendapatkan segudang ilmu dan pengetahuan mengenai ekonomi dan bisnis.

Penutup

Itulah beberapa media online indonesia yang sudah sangat populer di Indonesia, tapi walau begitu Anda tetap harus kritis dalam menerima suatu informasi. Carilah sumber informasi tambahan guna memastikan kebenaran dari suatu informasi.




Baca Juga:

No comments: