24 Tips Membeli Mobil Baru Maupun Bekas (Agar Berkualitas & Tak Menyesal)

Showroom Mobil

Bagi Anda (terutama pemula) sangat penting untuk memiliki pengetahuan sebelum membeli mobil, kalau tidak nantinya bisa menyesal.

Jika Anda belum mempunyai pengalaman dalam transaksi produk mobil, baik itu mobil baru maupun bekas, sangat penting mengingat berbagai tips yang akan disebutkan di bawah ini.

Tips Membeli Mobil


1. Faktor Dealer

Sangat penting memastikan agar Anda bertransaksi dengan dealer terpercaya. Kalau diperhatikan, sekarang ini sangat menjamur dealer mobil yang menawarkan berbagai keuntungan tambahan.

Nah, Anda hendaknya memastikan bahwa hal yang ditawarkannya tersebut benar, bukan isapan jempol belaka. Dengan demikian perlu melakukan crosscheck.

Apabila Anda membeli secara kredit, maka cari tahu mengenai perusahaan yang akan mengurusi proses transaksi pembelian mobil Anda. Pastikan itu benar-benar perusahaan yang terpercaya, serta menetapkan harga yang masih dalam batas wajar.

2. Fokus Tujuan

Pastikan niat punya mobil benar-benar untuk manfaat yang jelas, bukan sekedar gengsi semata. Apa tujuan Anda memiliki mobil? Buat mobilitas yang nyaman, buat keperluan keluarga, buat pergi ke kantor, atau buat tujuan lainnya?

Apabila tujuan punya mobil buat kepentingan keluarga, tampaknya yang pas dan disarankan untuk dibeli yaitu mini bus.

Selalu ingat agar menghilangkan sifat FOMO, kesalahan fatal apabila beli mobil cuma buat ikut-ikutan tren saja. Seharusnya beli mobil yang sesuai tujuan Anda, dimana nantinya mobil pilihan Anda tersebut mampu mencukupi kebutuhan.


3. Harga Jual Kembali

Pertimbangkan harga jual kembali, Anda hendaknya memikirkan harga jual yang bagus nantinya setelah membeli mobil, mempertimbangkan hal ini merupakan sebuah hal wajar.

Dengan demikian, pertimbangkan beli mobil yang punya harga pantas ketika dijual kembali, supaya menghindari memilih mobil yang nilainya gampang jatuh atau turun drastis.

Pertimbangkan merek dan tipe mobil, jika melihat kondisi di negara kita, masyarakat Indonesia tampaknya mengutamakan dan mempercayai mobil asal Jepang.

Hal inilah yang mengakibatkan harga jual kembali mobil asal Eropa dan Korea begitu rendah dibandingkan harga awalnya.

Sebenarnya kualitas setiap merek mobil sama bagusnya, namun pola masyarakat Indonesia yang sudah paten dimana sangat mengutamakan produk mobil dari Jepang.

Masyarakat lebih mempercayai buat memilih produk mobil asal Jepang. Bagaimana tidak? Sebagian besar kendaraan di jalan raya adalah produk jepang, alhasil masyarakat umumnya pilih mobil Jepang yang telah sangat dipercayai.

4. Perkaya Informasi

Kumpulkan informasi penting sebanyak mungkin, khususnya bagi mereka yang pertama kalinya beli mobil, mengorek seluk-beluk tentang jenis mobil adalah sesuatu yang perlu dikerjakan, juga penting sekali buat mendalami beraneka tipenya.

Lalu pastikan menganalisa kualitas mobil, termasuk perlu mengetahui fasilitas-fasilitas mobil dan tentang perawatannya.

Nah, pada zaman sekarang yang begitu canggih maka informasi gampang didapatkan, dengannya dapat menemukan info spesifikasi bermacam jenis mobil.

Anda cuma butuh melakukan browsing, hendaknya telusuri website resmi perusahaan otomotif, lalu disarankan agar sering-sering 'mengkonsumsi' kabar otomotif (dari berbagai website yang jumlah sangat banyak) dan juga kunjungi forum para pecinta otomotif.

5. Dana Darurat

Siapkan uang setidaknya 25% dari harga mobil, saat memutuskan mulai kredit maka perlu menyediakan uang buat berjaga-jaga. BI juga telah menerapkan peraturan Down Payment (DP) dalam transaksi mobil yakni 25%.

Bila memungkinkan (ini disarankan), dimana Anda punya budget melimpah sehingga bayar DP diatas 25%. Makin besar membayar DP maka bakal lebih membuat tenang, dimana nantinya makin ringan kredit dibayarkan pada setiap bulannya.

Lalu juga usahakan mempunyai dana darurat, karena jangan sampai kredit macet di tengah jalan, yang dampaknya bakal sangat merugikan.

6. Perhatikan PPnBM

Perhatikan PPnBM dan pajak tahunan mobil, pastikan mengetahui banyaknya biaya PPnBM serta mengetahui besarnya biaya pajak tahunan dari mobil yang rencananya dibeli.

Hendaknya secara cermat untuk membandingkan berbagai mobil yang Anda tertarik dengannya. Dimana tidak jarang ada dua jenis mobil dengan harga sama, tapi besarnya biaya pajak ternyata jauh berbeda antara keduanya.


7. Aktif

Anda perlu aktif mengunjungi beberapa tempat, hendaknya datangi sejumlah tempat supaya memperoleh tawaran yang paling memuaskan. Sebelumnya, miliki gagasan yang jelas mengenai jenis mobil yang rencananya dibeli, lalu cari informasi mengenai harganya.

Dari berbagai tempat yang didatangi, pastikan memahami dengan baik tentang insentif yang dapat diperoleh atas pembelian atau transaksi.

Anda perlu berkelana ke berbagai tempat penjualan, sehingga nantinya mampu bandingkan antara satu tempat dan lainnya.

Juga disarankan tanya-tanya pada orang dekat yang punya pengetahuan dan pengalaman dalam transaksi mobil. Dengan pintar-pintar mencari tempat terbaik, Anda bisa menekan budget serendah mungkin.

8. Cari Momen Pas

Hendaknya mengetahui saat yang pas buat datang ke dealer, yaitu ketika dealer yang Anda kunjungi tersebut memberikan promo tertentu.

Dimana yang sering dilakukan dealer adalah memberikan diskon yang lumayan menguntungkan bagi pembeli ketika akhir bulan. Hal itu dilakukan pihak dealer sebagai target penjualan yang ingin mereka raih.

Demikian juga ketika adanya pameran, ketika itu pihak dealer seringkali mengadakan ruang promosi. Nah, Anda cuma tinggal mencari promo terbaik.

Simpan saja brosur yang diberikan dealer, karena mungkin nantinya dapat dimanfaatkan dalam tolok ukur dan membikin perbandingan. Lebih lanjut, biasanya saat masa promo, dealer menawarkan potongan DP yang jumlahnya menggiurkan.

9. Hindari Tergesa-gesa

Agar dapat dengan akurat membeli mobil yang benar-benar cocok, yang dapat memenuhi harapan atau memenuhi kebutuhan, maka hindari sifat teledor, tergesa-gesa dan tanpa perhitungan matang.

Dimana dalam memilih mobil terdapat sejumlah poin yang perlu dipikirkan, seperti tingkat kenyamanan mobil, sistem keamanannya, garansi hingga mungkin pelayanan purna jualnya.

Dengan demikian, ketika Anda pergi ke dealer miliki sikap yang sewajarnya. Contohnya: katakan bahwa Anda baru bersedia membeli bila harga yang ditawarkan pihak penjual cocok.

10. Perhatikan Pelayanan Dealer

Utamakan dealer dengan pelayanan terbaik. Apabila Anda telah menentukan dealer tempat untuk transaksi nantinya, namun setelah itu Anda merasakan pelayanan yang diberikan mengecewakan, maka jangan ragu membatalkan pembelian, cari dealer yang lain saja.

Anda perlu pintar-pintar dan rajin dalam mencari dealer, hingga akhirnya mendapatkan dealer dengan pelayanan dan penawaran terbaik. Dealer dengan pelayanan yang buruk, biasanya setelah itu bakal sering mengecewakan Anda.

11. Jangan Sungkan Bernegosiasi

Saat Anda telah memilih dealer yang tampaknya sesuai harapan, jangan ragu untuk mencoba bernegosiasi tentang harga mobil. Nah, harapannya kalau-kalau nantinya harganya diturunkan, alhasil Anda memperoleh keuntungan yang sangat menggembirakan.

12. Cari Lembaga Pembiayaan Terpercaya

Bila sudah menentukan, maka hal setelahnya yang menjadi pertimbangan yaitu menetapkan lembaga pembiayaan yang benar-benar terpercaya.

Selain itu, hindari asal percaya dengan “rayuan” bunga nol persen, karena nantinya bisa saja ketika di dealer tidak seperti itu (berbeda). Pastikan lembaga pembiayaan yang Anda gunakan terpercaya.

13. Ingatlah, Mobil Bukan Alat Investasi

Semua mobil nantinya akan berada di tempat yang sama yaitu rongsokan besi tua. Dengan demikian, perlu untuk selalu diingat: mobil bukanlah bahan investasi.

Mobil merupakan aset produktif, namun nantinya lama kelamaan akan mengalami penyusutan nilai. Dengan begitu, saat memilih mobil hendaknya didasarkan pada kegunaan dan fasilitas yang diberikannya, bukan didasarkan pada gaya dan tren.


14. Test Drive

Manfaatkan kesempatan test drive sebaik-baiknya dan rasakan performanya hingga jelas. Jika memungkinkan, coba meminta agar dapat test drive pada lebih dari satu mobil, dengannya dapat dirasakan perbandingannya.

Test drive merupakan sesuatu yang urgen untuk benar-benar diperhatikan dan dijalani, supaya Anda mendapatkan mobil terbaik (yang paling cocok).

Lazimnya dealer menyediakan kesempatan selama 30 menit, saat test drive terdapat sejumlah hal untuk dicek:
  1. Cermati bagian kabin dan kapasitas bagasi, pastikan Anda nyaman dengan kondisinya dan mencukupi kebutuhan. Jangan menganggap remeh perkara ini.
  2. Cobalah mengecek teknologi dan fiturnya, misalnya air conditioner, internet, audio, power window dll.
  3. Cek secara cermat pada bagian teknis, misalnya transmisi, handbrakem, akselerasi mesin, dan lainnya.
  4. Anda perlu yakin bahwa jenis transmisinya cukup nyaman bagi Anda. 
  5. Cek kenyamanan kursi sopir. Pastikan seat belt kondisinya baik dan nyaman dipakai. Pastikan dashboard sesuai postur tubuh ketika mengemudi.
  6. Tatkala menjalankan mobil di jalan raya, dikala momen seperti ini Anda perlu bersungguh-sungguh mencermati akselerasinya, penukaran transmisi dan kualitas kemudi. 
  7. Supaya secara matang memahami kualitas kenyamanan berkendara, Anda dapat mencoba memarkir mobil dengan bermacam posisi. Dengannya bakal membantu Anda dalam menemukan resiko kekurangan pada mobil itu. 
  8. Periksa kualitas suspensi, cobalah merasakan performanya ketika digunakan buat mendahului mobil lain.

Pasca melewati sesi test drive, Anda perlu mengetahui mobil itu sifatnya ready stock atau indent. Bila ready stock berarti Anda bisa bawa pulang saat itu juga.

Itu berbeda dengan 'indent' dimana Anda diminta menunggu satu bulan atau lebih. Tapi keuntungannya yaitu Anda bisa meminta custom maupun penambahan fasilitas di mobil berdasarkan keperluan atau keinginan.

15. Ajak Orang yang Paham

Apabila keilmuan atau pengalaman tentang mobil benar-benar minim, disarankan mengajak teman sebelum Anda memutuskan transaksi, apalagi yang mau dibeli adalah mobil bekas, seharusnya ajaklah orang yang berpengalaman betul tentang mesin mobil.

Alhasil dia yang bakal diandalkan untuk meneliti dan memeriksa mesin (ini bukan pekerjaan mudah) dan berbagai fasilitas pada mobil.

Tips Khusus dalam Membeli Mobil Bekas

16. Cari Tahu Secara Online Ataupun Offline

Sebenarnya dengan memanfaatkan teknologi (internet) sangat gampang untuk memperoleh info mengenai mobil bekas, misalnya Anda dapat mengunjungi website jual mobil bekas yang memaparkan data lengkap berupa merk, harga, tahun dan spesifikasi.

Lebih lanjut, cari juga info melalui majalah otomotif, berbincang-bincang dengan mekanik maupun sahabat yang paham, gunakan semua ilmu itu buat meriset mobil second yang masih bagus.

17. Cari Tahu Riwayat Mobil

Pastikan Anda memperoleh informasi yang jelas dan terang mengenai riwayat mobil, ini sangat urgen supaya mencegah masalah yang begitu tidak diharapakan ke depannya.

Perhatikan riwayat mobil, jangan sampai Anda membeli mobil bekas yang pernah terkena banjir, tabrakan fatal, dan odometernya bisa diatur ulang. Juga pastikan bahwa mobil itu bukan sitaan perusahaan leasing.

18. Periksa Catatan Servis Kendaraan

Mobil yang diservis rutin dan mendapatkan perawatan yang baik akan memiliki performa bagus. Oleh karena itu, periksa catatan servis mobil. Lihatlah apakah ada komponen yang sudah ditukar, alhasil Anda jadi lebih mudah buat memahami kondisinya.

Demi kenyamanan maka utamakan mobil bekas yang sebelumnya mendapatkan perawatan dan servis secara rutin, serta usahakan komponen yang diganti original. Sehingga kondisi mobil tersebut masih kuat.

19. Lakukan Pembandingan

Jika sudah cocok dengan mobil bekas yang ingin dibeli, sebelum menjatuhkan pilihan maka tahan diri sejenak. Bukalah internet, lalu cek secara online tentang harganya pada mobil sejenis, itu membantu Anda guna mengetahui harga pasaran second dari mobil yang akan dibeli.

20. Paham Mesin

Saat membeli mobil bekas, prioritaskan agar mengecek kondisi mesin. Jika Anda tidak mengerti soal mesin, maka ajak orang yang mengerti mesin mobil. Usahakan semua komponen mesin original, atau minimal bekerja normal.

Cek area dalam kap mesin, misalnya memeriksa selang-selang, jangan sampai dalam keadaan bocor dan korosi. Anda juga perlu membuka tutup oli mesin, lalu cek apakah terdapat bekas buih (karena itu artinya terdapat masalah kebocoran).

21. Cek Area Dalam Mobil

Periksa jok dan sarungnya. Nyalakan mesin mobil lalu nyalakan AC guna memastikan itu masih bekerja normal.

Anda bisa mengecek odometer guna mengetahui jarak tempuh. Jarak tempuh wajar yaitu penggunaannya antara 15.000 sampai 23.000 Km per tahun. Cek juga semua lampu, radio, sensor dan kamera parkir (apabila tersedia).

22. Tanyakan Perkakas Mobil

Ini sebenarnya opsional, tapi cobalah tanyakan tool kit yang termasuk pada proses jual-beli ini. Jika Anda memperoleh alat-alat tersebut tanpa menambah harga jual mobil, itu benar-benar menguntungkan.

23. Cek Kelengkapan Surat Kendaraan

Cek berbagai dokumen penting, diantaranya yang perlu dicermati yaitu BPKB dan STNK, itu benar-benar wajib diteliti mengenai orisinalitas cap dan tanda tangan guna validasi BPKB dan STNK itu.

Lembaran pengesahan disertai adanya hologram, Anda bisa memeriksa keaslian hologram dengan gampang di bawah sinar matahari.

Lalu Anda harus mengecek Nomor Rangka dan Nomor Mesin (terdapat pada area dalam kap mesin). Nomornya harus sama pada yang tertulis di BPKB dan STNK.

24. Tanyakan Latar Belakang Mobil

Ketika Anda bertemu pemilik mobil, tanyakan beberapa hal:
Kapan Anda membeli mobil ini?
Seberapa sering Anda mengendarai?
Mengapa Anda menjual mobil ini?
Mobil ini sering digunakan untuk jarak dekat atau jarak jauh?
Perjalanan terjauh yang pernah ditempuh mobil ini?
Siapa yang sering mengendarai mobil ini selain Anda?
Apakah mobil ini pernah mengalami insiden?
Berapa kali dalam setahun Anda melakukan service pada mobil ini?
Apakah spare part tertentu pernah diganti? Kapan dan mengapa?

Coba minta test drive. Periksa performanya dan kondisi rem. Ketika mengerem di kecepatan 50 Km/jam, semestinya tak terdapat bunyi mendecit dan enggak muncul getaran di pedal rem.

Apabila hal tersebut terjadi, hendaknya urungkan rencana membelinya, kecuali apabila terdapat kesepakatan tentang biaya perbaikan rem.

Ingat, jangan terburu-buru saat test drive. Perhatikan secara cemat suara mesin, getaran mesin dan asap pada knalpotnya.




Baca Juga: