8 Tips Kerja Shift Malam: Agar Tidak Ngantuk, Konsentrasi dll

Pekerja Shift Malam

Perlu persiapan untuk bekerja di shift malam, dimana perubahan jam tidur menjadi tantangan untuk pekerja shift malam.

Bekerja di shift malam bisa merusak pola tidur, menurunkan level kesehatan, memicu risiko depresi dan kecemasan, hingga bisa berdampak pada kehidupan sosial.

Orang yang bekerja di shift malam memiliki peluang yang lebih sedikit untuk berinteraksi dengan keluarga dan lingkungan sosial, sebab adanya perbedaan jadwal tidur.

Tips Kerja Shift Malam


1. Minum Kopi

Kopi menjadi minuman populer bagi orang-orang yang begadang atau bekerja di shift malam karena manfaatnya yang bisa mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan.

Hal itu karena kopi mengandung kafein yang meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi dan melawan rasa kantuk.

Minum kopi juga memicu perasaan segar, meningkatkan mood, membuat pikiran fresh dan memacu kamu tetap energik dan aktif saat bekerja di shift malam.

Hanya saja, jangan minum kopi secara berlebihan karena justru menimbulkan efek samping yang merugikan, terlalu banyak minum kopi justru kontraproduktif.

Jika kamu tidak suka kopi, kamu bisa memilih alternatif minuman berkafein lainnya seperti teh. Teh juga membantu meningkatkan konsentrasi dan memberikan efek kesegaran saat bekerja di malam hari.

2. Minum Tolak Angin

Tips bekerja shift malam yakni kamu bisa membeli produk tolak angin cair dan semacamnya karena memberikan beberapa manfaat saat bekerja di malam hari.

Bekerja shift malam rentan membuat kamu stres dan kelelahan, mengkonsumsi tolak angin cair bisa memberikan perasaan rileks, rasa hangat dan meningkatkan energi.

Pekerja shift malam juga rentan mengalami perut kembung, mulas dan rasa tidak nyaman lainnya di perut, minum tolak angin dapat meredakan rasa tidak nyaman tersebut serta memberikan perasaan hangat dan nyaman.

3. Istirahat Cukup

Tantangan terbesar bekerja di shift malam adalah mengantuk, sehingga pastikan kamu memperoleh tidur yang cukup dalam sehari, biasanya manusia dalam sehari butuh tidur 7-8 jam.

Usahakan tidur setelah kamu bekerja shift malam, jangan ditunda-tunda. Jika kamu kekurangan tidur, dampaknya kamu akan terserang kantuk berat saat bekerja shift malam.

4. Usahakan dapat Sinar Matahari

Untuk kamu pekerja shift malam, usahakan mendapatkan sinar matahari siang. Hal yang dikhawatirkan dari pekerja shift malam yaitu tidak memperoleh paparan sinar matahari.

Sinar matahari berfungsi dalam proses produksi serotonin dalam otak, serotonin bertanggung-jawab dalam meningkatkan suasana hati dan membantu tidur yang nyenyak.

Orang yang tidak memperoleh paparan sinar matahari berisiko mengalami gangguan suasana hati dan depresi.

Sinar matahari berperan untuk membantu produksi vitamin D alami di dalam tubuh. Orang yang tidak mendapatkan paparan sinar matahari berisiko kekurangan vitamin D.

Kekurangan vitamin D berdampak buruk pada tulang, ini menyebabkan masalah tulang seperti melemahnya tulang, osteoporosis dan semacamnya. Kekurangan vitamin D juga menyebabkan penurunan sistem imun.

Untuk menghindari dampak negatifnya maka usahakan untuk memperoleh paparan sinar matahari, sekalipun kamu bekerja shift malam.

Jika kamu tidur di pagi hari, usahakan untuk bangun di siang hari lalu berjemur beberapa saat. Intinya, pastikan tubuh memperoleh paparan sinar matahari walau sebentar.

5. Minum Cukup Air Putih

Minum air putih bermanfaat besar untuk kamu yang bekerja di shift malam. Jangan sampai kamu dehidrasi karena bikin kamu kelelahan dan kehilangan konsentrasi saat begadang kerja malam.

Pastikan minum air putih saat kerja malam, ini menjadi cara mengatasi ngantuk saat bekerja shift malam di pabrik karena konsumsi air putih secara ajaib akan menyegarkan tubuh.

Boleh-boleh saja minum kopi saat kerja shift malam sebagai booster untuk tubuh, tapi kopi bukan untuk mengatasi haus atau dehidrasi. Jika kamu merasa haus, utamakan untuk minum air putih.

Minum air putih saat kerja shift malam juga bermanfaat untuk menjadikan suasana hati lebih baik, meningkatkan konsentrasi, memunculkan perasaan semangat dan ketahanan mental selama bekerja shift malam.

6. Hindari Asupan yang Merugikan

Mengkonsumsi makanan seperti junk food dan semacamnya akan menimbulkan dampak buruk saat kamu bekerja shift malam. Pokoknya hindari asupan yang merugikan seperti terlalu tinggi garam ataupun gula.

7. Jangan Tunda Tidur Setelah Kerja Malam

Setelah bekerja shift malam biasanya tubuh terasa sangat mengantuk dan kelelahan, pada momen ini hendaknya kamu segera tidur. Kondisi sangat lelah dan ngantuk berat merupakan momen paling tepat untuk tidur.

Pokoknya setelah bekerja shift malam, jangan lakukan aktivitas apapun selain tidur. Hal ini membantu kamu untuk terhindar dari mengantuk saat bekerja di malam berikutnya.

Selain itu, buatlah kamar tidur senyaman mungkin, kalau bisa pakai penutup mata atau pasang tirai gelap untuk mencegah masuknya cahaya ke kamar tidur.

8. Camilan Sehat

Utamakan untuk memilih camilan sehat saat bekerja shift malam seperti potongan buah-buahan, kacang-kacangan, yogurt rendah lemak dll. Hindari camilan berupa asupan berat atau berlemak yang justru membuat kamu jadi mengantuk dan cenderung lemas.




Baca Juga:

No comments: