10 Tips Agar Tidak Masuk Angin Saat Kerja Malam

Terdapat beberapa tips agar tidak masuk angin saat kerja malam yang akan dibahas di artikel ini, sehingga kamu tetap fit, bugar dan produktif saat begadang malam.

Begadang Kerja Malam

Saat malam hari udara terasa lebih dingin, jika kamu keluar rumah untuk bekerja malam tanpa perlindungan (seperti jaket dll), kamu rentan mengalami masuk angin.

Banyak orang terpaksa begadang malam karena tuntutan pekerjaan seperti buruh pabrik, satpam dll, mereka rentan masuk angin.

Sehingga penting untuk mengetahui tips begadang sehat dan mengambil langkah-langkah pencegahan agar tetap fit saat bekerja malam.

Terdapat beberapa cara yang bisa membantu kamu agar tidak masuk angin saat begadang kerja malam.

Tips Agar Tidak Masuk Angin Saat Kerja Malam


1. Hindari Minuman Bersoda

Mengkonsumsi minuman bersoda saat begadang atau bekerja malam adalah tindakan konyol, terutama jika udara malam terasa sangat dingin. Konsumsi minuman soda saat itu sama saja menyiksa diri.

Selain itu juga hindari permen karet. Mengunyah permen karet dan konsumsi minuman bersoda bisa memicu perut terasa kembung atau tidak nyaman saat malam hari.

2. Asupan Hangat

Saat kerja shift malam disarankan untuk mengkonsumsi minuman dan makanan yang hangat. Misalnya kamu bisa mencoba minuman hangat alami yang berbahan dasar jahe dan madu, ini efektif untuk menangkal permasalahan masuk angin saat begadang atau bekerja shift malam.

Kamu juga bisa mengkonsumsi makanan berkuah hangat yang nantinya membuat tubuh nyaman saat malam hari, ini juga efektif untuk memperkuat daya tahan tubuh serta menenangkan saraf dan otot.

Pokoknya usahakan konsumsi makanan atau minuman hangat saat bekerja malam hari, sensasi hangat-nya bikin tubuh dan pikiran kamu nyaman saat kerja malam.

3. Perhatikan Pakaian

Saat kamu bekerja di malam hari, terutama saat kondisi yang dingin seperti hujan lebat dll, usahakan untuk memakai pakaian yang hangat atau tebal sehingga efektif melindungi suhu tubuh kamu (agar tetap stabil).

Jika kamu bekerja di luar ruangan (entah sebagai satpam dll) maka disarankan untuk memakai penutup kepala, sarung tangan dan kaus kaki sehingga melindungi tubuh dari dinginnya angin malam.

Menggunakan pakaian tebal menjadi cara agar tidak masuk angin saat kerja malam.

4. Pola Makan Sehat

Dengan memiliki pola makan sehat bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Pola makan sehat yaitu mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang.

Jadi biasakan untuk mengkonsumsi makanan kaya nutrisi seperti sayuran, buah-buahan dan asupan tinggi protein seperti ikan dan daging. Selain itu hindari makanan cepat saji serta asupan tinggi garam dan gula.

5 Minum Cukup Air

Minum air putih sangat penting untuk tetap terhidrasi, fit dan daya tahan tubuh tetap terjaga saat begadang kerja di malam hari.

Minum kopi mungkin membantu untuk tetap melek, tapi jika haus utamakan minum air putih yang mencukupi kebutuhan. Dimana minum kopi tidak difungsikan untuk menghidrasi tubuh, sehingga kopi bukan pilihan untuk mengatasi rasa haus.

Selain itu hindari konsumsi minuman beralkohol saat malam hari karena bisa mengakibatkan kamu terkena dehidrasi.

6. Jaga Pikiran

Bekerja malam bisa memberikan tekanan psikis yang kuat, sehingga jangan sampai kamu bekerja malam dalam kondisi pikiran yang kacau balau dan stres.

Usahakan untuk menjaga pikiran sehingga kamu terhindar dari stres, caranya yaitu hindari over-thinking dan jangan mikir yang aneh-aneh.

Kondisi pikiran berat (banyak pikiran) dan stres bisa menyebabkan daya tahan tubuh melemah, ini adalah berita buruk untuk kerja shift malam.

7. Istirahat Cukup

Jika kamu punya pekerjaan di malam hari maka pastikan untuk memiliki istirahat yang cukup di pagi atau siang harinya.

Kurang istirahat menyebabkan kamu mengalami kelelahan ekstrem dan tidak fit, ini membuat daya tahan tubuh kamu melemah sehingga rentan masuk angin saat begadang kerja malam.

8. Makan Sebelum Berangkat

Sebelum kamu berangkat bekerja di malam hari, sangat ditekankan untuk makan terlebih dahulu di rumah sebelum berangkat.

Jadi isi perut terlebih dulu sebelum keluar malam, jangan sampai keluar malam dalam kondisi perut kosong.

9. Sinar Matahari Siang

Tubuh manusia sangat membutuhkan sinar matahari, sehingga walaupun kamu begadang di malam hari, tetap usahakan untuk memperoleh paparan matahari di siang hari.

Sinar matahari merupakan sumber alami vitamin D untuk tubuh, diantara manfaatnya yaitu membantu memperkuat daya tahan tubuh.

10. Tips Lainnya

Kamu disarankan mengkonsumsi asupan yang mengandung vitamin C, sebab vitamin C mempunyai manfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Selain asupan dari makanan dan minuman, kamu juga bisa membeli suplemen vitamin C.

Disarankan juga menyiapkan produk untuk melawan masalah masuk angin, misalnya yaitu produk Tolak Angin Cair, manfaatnya sangat terasa di malam hari. Atau yang lebih bagus lagi yaitu konsumsi wedang jahe atau yang semacamnya.

Hal penting terakhir yaitu kurangi merokok saat begadang kerja malam.




Baca Juga:

No comments: