Minum Teh Hijau Saat Begadang, Ini 7 Manfaatnya

Minum Teh Hijau saat Malam

Di zaman sekarang, banyak orang yang menjadikan begadang sebagai hobi atau kebiasaan. Misalnya seorang mahasiswa yang lebih memilih mengerjakan tugas kuliah di malam hari.

Selain itu, terdapat beberapa jenis pekerjaan yang mengharuskan seseorang untuk begadang malam. Jika kamu begadang malam, kamu bisa memilih teh hijau sebagai teman begadang malam.

Minum Teh Hijau Saat Begadang


1. Meningkatkan Konsentrasi

Saat begadang malam biasanya level konsentrasi menurun, agar bisa konsentrasi saat begadang disarankan minum teh hijau. Teh hijau mengandung kafein yang memberikan efek meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Kafein bekerja untuk merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi neurotransmiter seperti dopamin dan norepinefrin, itu akan menjadikan kamu lebih konsentrasi dan waspada saat malam hari.

2. Menyegarkan Napas

Manfaat minum teh hijau saat begadang yaitu bisa menyegarkan napas kamu, ini menjadikan kamu terhindar dari bau mulut saat begadang. Teh hijau mengandung senyawa polifenol yang membunuh bakteri penyebab bau mulut dan menjadikan napas segar.

3. Menenangkan Pikiran

Kondisi begadang bisa memicu perasaan stres dan buruknya suasana hati. Teh hijau mengandung asam amino bernama L-theanine.

Fungsi L-theanine ini bertanggung-jawab dalam memunculkan efek menenangkan pada pikiran dan tubuh.

Sehingga jangan remehkan manfaat minum teh hijau saat begadang karena manfaatnya membantu kurangi stres dan memperbaiki suasana hati saat begadang malam.

4. Cegah Penuaan Dini

Orang yang sering begadang berisiko untuk mengalami penuaan dini, sehingga orang yang begadang disarankan minum teh hijau.

Teh hijau mengandung antioksidan yang bekerja untuk melawan radikal bebas penyebab penuaan dini, telah banyak riset yang menemukan bahwa teh hijau efektif untuk mencegah penuaan dini.

Dengan begitu, manfaat minum teh hijau saat begadang tak hanya membantu hilangkan rasa kantuk dan tingkatkan konsentrasi, tapi juga mencegah kerusakan kulit akibat sering begadang.

5. Meningkatkan Metabolisme

Teh hijau mengandung katekin yang telah terbukti membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan begitu, minum teh hijau saat begadang bisa membantu kamu lebih berenergi dan lebih semangat saat malam hari.

6. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Teh hijau kaya akan antioksidan, peran antioksidan begitu penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal itu karena begadang menyebabkan seseorang kekurangan durasi tidur malam, dimana dampak buruk kurang tidur malam yaitu melemahnya sistem kekebalan tubuh.

7. Kaya Antioksidan

Kurang tidur malam menyebabkan daya tahan tubuh melemah dan memicu masalah stres oksidatif, yang itu tidak boleh disepelekan karena memicu berbagai penyakit.

Teh hijau kaya akan antioksidan yang bekerja untuk melawan stres oksidatif dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh (akibat stres oksidatif).

Penutup

Sebagian orang memang terpaksa untuk begadang karena kewajiban pekerjaan, minum teh hijau bisa menjadi tips begadang sehat serta cara agar tetap terjaga dan merasa segar saat malam hari.

Teh hijau bisa menjadi alternatif minuman begadang selain kopi, kalau bisa buatlah minuman teh hijau tanpa gula atau rendah gula. Terlalu banyak konsumsi gula saat begadang justru memicu rasa kantuk dan membuat badan lemas.




Baca Juga:

No comments: