14 Cara Menghilangkan Kebiasaan Begadang Sehingga Perbaiki Kualitas Tidur

Begadang

Begadang adalah perilaku menjaga diri agar tetap bangun di malam hari, dengan tujuan aktivitas tertentu. Dengan kata lain, begadang artinya tidak tidur atau tetap terjaga di malam hari, dimana malam hari adalah momen untuk tidur.

Banyak hal yang menjadikan orang-orang begadang, entah itu karena tuntutan pekerjaan, tuntutan tugas kampus maupun sekedar karena faktor hiburan (misalnya menonton pertandingan sepakbola).

Apapun motif begadang, ini bisa menjadikan kamu tanpa sadar menjadikan begadang sebagai kebiasaan, dimana ada banyak efek begadang seperti memicu stres dan suasana hari buruk, menurunkan kreativitas dan daya ingat, hingga menyebabkan sulit konsentrasi.

Dengan demikian begadang jangan dijadikan kebiasaan, perlu untuk mengatasi kebiasaan begadang yang terlalu sering.

Cara Menghilangkan Kebiasaan Begadang


1. Jangan Tidur Siang Terlalu Lama

Tidur siang yang terlalu lama menyebabkan sulit tidur di malam hari. Apabila kamu tidur terlalu banyak di siang hari, tubuh kamu nantinya merasa tidak perlu tidur di malam hari, dampaknya kantuk tidak muncul di malam hari.

Selain itu tidur siang berlebihan bisa membingungkan ritme sirkadian, mengakibatkan tubuh merasa bingung kapan seharusnya tidur dan tidak.

2. Buat Tubuh Lelah

Cara agar tidak begadang yaitu buatlah tubuh menjadi lelah di siang hari, jadi usahakan melakukan aktivitas yang melibatkan fisik di siang hari.

Kurang bergerak di siang hari bisa menyebabkan kamu susah tidur malam, alhasil jadi begadang di malam hari. Saat kamu tidak cukup lelah, kamu biasanya sulit merasa ngantuk di malam hari.

3. Hindari Gadget

Saat malam hari, kamu jangan berlama-lama main gadget, entah itu bermain game, medsos, streaming dll. Gadget menjadi sesuatu yang sulit dihindari dan keberadaan-nya adiktif.

Jika kamu sampai tenggelam dengan perangkat ini (saat malam hari), paparan cahaya dari layar gadget menyebabkan kamu susah tidur.

4. Hindari Kafein

Cara menghindari begadang yaitu usahakan tidak mengkonsumsi kafein (seperti kopi, teh, soda dll) pada waktu menjelang maghrib dan malam hari. 

Kafein merupakan zat stimulan yang menyebabkan sulit tidur di malam hari, dimana kafein bekerja dengan merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan aktivitas otak sehingga memicu kamu tetap tetap terjaga di malam hari.

Konsumsi kafein yang dekat waktu tidur bisa menyebabkan kamu jadi begadang semalaman.

5. Kerjakan Tugas di Siang Hari

Hindari kebiasaan menunda-nunda mengerjakan tugas, sehingga baru mengerjakannya di malam hari. Jika kamu baru memulai mengerjakan tugas di malam hari (apalagi tugasnya banyak) maka kamu berisiko mengerjakan tugas tersebut sampai begadang semalaman.

6. Buat Kondisi Mendukung

Cara menghilangkan kebiasaan begadang yaitu buat kondisi yang mendukung untuk tidur malam seperti mematikan lampu kamar sehingga kondisi kamar gelap gulita, mematikan alat elektronik seperti TV dan gadget, dan buat suasana kamar senyaman mungkin untuk istirahat.

Pastikan ruang tidur kamu tenang, gelap dan nyaman. Jika diperlukan, kamu bisa menggunakan tirai gelap atau memakai penutup mata buat menghalangi cahaya yang masuk. Selain itu, perhatikan kenyamanan suhu ruangan dan tempat tidur (termasuk kasur, bantal dan guling).

7. Hindari Berdebat

Hindari berdebat menjelang waktu tidur. Pokoknya hindari perdebatan, diskusi atau aktivitas emosional yang menegangkan menjelang waktu tidur.

Jangan memulai 'diskusi menegangkan' karena kondisi emosi nantinya memicu stres dan kegelisahan, yang akan sangat menghambat proses tidur.

Lebih baik simpan obrolan yang memicu perdebatan di waktu yang tepat, saat malam hari lebih baik berfokus kepada hal-hal yang menyenangkan dan menenangkan.

8. Aktif

Jalani keseharian secara aktif, pastikan kamu memiliki aktivitas-aktivitas berguna di keseharian dan jangan sampai kamu seharian cuma scrolling media sosial.

Kalau bisa miliki waktu khusus untuk berolahraga rutin, ini bisa meningkatkan kualitas tidur kamu, tapi hindari berolahraga menjelang waktu tidur karena justru bikin susah tidur.

9. Mandi Sore

Tidak mandi sore bisa menyebabkan rasa tidak nyaman saat malam hari. Jika kamu merasa tidak nyaman saat tidur malam, ini bisa memicu kamu untuk memilih begadang dan melakukan suatu aktivitas.

10. Hindari Makan Berat

Hindari makan malam terlalu banyak, termasuk hindari asupan yang berat-berat dan susah dicerna. Usahakan untuk membatasi porsi makan malam.

Jika kamu makan terlalu banyak hingga kekenyangan saat malam hari, ini bisa bikin kamu susah tidur dan akhirnya memutuskan untuk begadang.

11. Hindari Makanan Pedas

Konsumsi makanan pedas dan berlemak saat malam hari bisa mengganggu kenyamanan tidur kamu. Jika kamu ingin makan pedas hendaknya di siang hari, adapun malam hari hindari makan pedas.

12. Hati-Hati pada Game Online

Ini menjadi cara mengatasi begadang pada remaja yaitu perlu berhati-hati dengan game online, dimana banyak remaja yang terjatuh ke kebiasaan begadang karena kecanduan game online.

Game online bisa sangat adiktif yang menyebabkan banyak orang (khususnya anak-anak dan remaja) rela begadang di malam hari, padahal usia anak-anak dan remaja sangat membutuhkan tidur malam yang cukup.

13. Jangan Menunda

Jangan menunda-nunda tidur malam, jika kamu merasa mengantuk maka segera tidur. Menunda tidur bisa menyebabkan hilangnya rasa kantuk dan hilangnya nafsu untuk tidur,  dampaknya kamu jadi sulit tidur malam dan akhirnya memilih begadang.

14. Hindari Alkohol

Hindari minum alkohol saat malam hari, minuman beralkohol bisa mengganggu pola tidur dan menurunkan kualitas tidur dalam jangka panjang. Percayalah, minuman beralkohol akan memicu kamu untuk begadang semalaman.




Baca Juga:

No comments: