Apakah Boleh Mandi Setelah Begadang? Ini Mitos & Faktanya

Begadang

Terkadang begadang tak bisa dihindari, apalagi di zaman modern saat ini yang serba cepat dan penuh tuntutan. Orang-orang begadang entah itu karena tuntutan pekerjaan, tugas kuliah atau lainnya sehingga penting untuk tetap bugar meski sering begadang.

Mandi setelah begadang sering menjadi pertanyaan banyak orang, khususnya mereka yang terbiasa begadang maupun yang terpaksa begadang karena tuntutan pekerjaan.

Apakah Boleh Mandi Setelah Begadang?


Sebagian orang memandang mandi setelah begadang sebagai cara menyegarkan diri dan memperbaiki suasana hati. Namun ada juga yang merasa cemas untuk mandi pagi setelah begadang semalaman.

Sebagian orang khawatir jika mandi setelah begadang mengakibatkan penyakit karena terganggunya keseimbangan termal tubuh, hanya saja belum ditemukan bukti ilmiah yang membenarkan anggapan ini.

Jadi anggapan mandi setelah begadang menyebabkan penyakit adalah mitos. Apakah boleh mandi setelah begadang? Jawabannya boleh-boleh saja, mandi dengan air hangat atau air biasa setelah begadang bukan sesuatu yang membahayakan, kecuali jika kamu dalam kondisi sakit.

Selain itu, mandi setelah begadang tidak berdampak buruk pada kulit, dimana sebagian orang cemas karena menganggap mandi dapat merusak tampilan kulit.

Mandi setelah begadang boleh-boleh saja. Dengan mempertimbangkan manfaat dan risikonya, mandi setelah begadang adalah pilihan tepat untuk beberapa orang.

Penting untuk berhati-hati jika kamu mandi dalam kondisi mengantuk, khususnya pada kondisi lantai yang licin. Selain itu jika kondisi tubuh demam, panas-dingin, terasa hangat atau semacamnya maka hindari mandi saat itu.

Mandi setelah begadang membantu meningkatkan kewaspadaan dan menyegarkan tubuh. Terutama jika mandi dengan air dingin (air biasa), ini akan merangsang sistem saraf dan meningkatkan aliran darah yang membantu menghilangkan rasa kantuk dan membantu tubuh untuk berenergi. Namun efek ini hanya sementara, sebab rasa kantuk akan kembali muncul.

Adapun jika mandi dengan air hangat setelah begadang, ini bermanfaat untuk memunculkan perasaan rileks, meredakan stres dan menghilangkan rasa tegang.

Perlu selalu diingat: Mandi setelah begadang menjadi terlarang jika kamu dalam kondisi sakit.

Meskipun mandi setelah begadang bakal memberikan kesegaran pada tubuh, tapi itu tidak bisa untuk menggantikan kebutuhan tidur.

Badan boleh segar, tapi pastikan kamu tidur di pagi atau siang hari setelah begadang. Tidak tidur selama 24 jam bisa menyebabkan bahaya yang fatal.




Baca Juga:

No comments: