Apakah Boleh Jogging Setelah Begadang? Inilah Faktanya

Mengantuk

Aktivitas fisik seperti jogging menjadi bagian penting dari gaya hidup sehat, jogging menjadi olahraga yang sering dilakukan orang-orang.

Manfaat jogging seperti menyehatkan jantung, membakar kalori, memperkuat paru-paru, hingga membuat tubuh bugar dan segar.

Namun, seringkali muncul pertanyaan apakah aman melakukan jogging setelah begadang semalaman atau baru tidur sedikit. Tentunya menjadi keraguan apakah tubuh mampu menjalani aktivitas tersebut dengan baik?

Pada artikel ini akan menjelaskan apakah jogging setelah begadang adalah pilihan bijaksana dan apakah itu memengaruhi kesehatan?

Efek Kurang Tidur Terhadap Kesehatan

Sebelum membahas apakah aman jogging setelah begadang, perlu untuk diketahui efek begadang atau kekurangan tidur malam. Dimana dampak kurang tidur bisa menyebabkan melemahnya sistem imun, menurunnya fungsi kognitif, gangguan suasana hati dll.

Jika tubuh kurang mendapatkan tidur malam, ini bisa meningkatkan risiko kecelakaan hingga masalah kesehatan jangka panjang.

Bolehkah Jogging Saat Kurang Tidur Malam?

Apakah boleh jogging setelah begadang? Jogging setelah begadang tidak disarankan, dimana memaksakan diri saat itu (untuk jogging) merupakan pilihan kurang bijaksana. Hal itu karena begadang membuat tubuh kelelahan dan fokus menurun, ini nantinya membuat tubuh kurang bertenaga dan rentan terhadap cedera.

Jogging hendaknya tidak dilakukan saat kamu mengantuk, lelah dan kurang fokus. Selain itu, kurang tidur malam menyebabkan lambatnya proses pemulihan tubuh setelah berolahraga.

Dimana manfaat tidur malam yaitu memaksimalkan proses regenerasi jaringan otot dan tubuh, sehingga proses pemulihan tubuh optimal.

Adapun kurang tidur menyebabkan terganggunya proses penting ini, yang berakibat pada proses pemulihan yang lambat dan peningkatan risiko cidera.

Berikut potensi bahaya dan efek buruk jogging setelah begadang:
  • Kinerja Menurun. Jogging dengan kondisi mengantuk dan kelelahan akibat begadang, justru menyebabkan kinerja tubuh dan pikiran menurun. Lebih baik berisitirahat setelah begadang.
  • Risiko Cedera. Saat tubuh kelelahan akibat kurang tidur malam, otot dan sendi menjadi lebih rentan cedera. Sehingga hindari melakukan aktivitas fisik berat setelah begadang semalaman.
  • Melemahnya Daya Tahan Tubuh. Jogging saat kondisi kelelahan setelah begadang malam hari justru akan menurunkan daya tahan tubuh, yang akibatnya tubuh rentan terkena infeksi atau penyakit setelah jogging.
  • Rasa Sakit Lebih Intens. Kurang tidur malam menyebabkan tubuh akan terlalu sensitif, itu artinya saat kamu melakukan jogging setelah begadang, rasa sakit selama menjalani olahraga jogging bisa lebih intens sehingga mengganggu.
  • Masalah Pencernaan. Efek begadang bisa berdampak buruk pada pencernaan, seperti yang umum terjadi yaitu perut kembung dan mulas. Jika kamu mengalami ini, itu artinya tubuhmu membutuhkan istirahat. Jika kamu memaksakan diri melakukan jogging saat kondisi seperti itu, bakal semakin memperburuk gangguan pencernaan.
  • Masalah Sistem Kardiovaskular. Jogging setelah begadang bisa memberatkan kerja sistem kardiovaskular, sehingga rentan mengalami denyut jantung tidak stabil hingga masalah tekanan darah.
  • Rusaknya Suasana Hati. Jika kamu memaksakan diri melakukan jogging saat mengantuk akibat begadang semalaman, ini bisa menyebabkan rusaknya suasana hati, depresi, kecemasan hingga gangguan emosional.

Jika kamu tetap ngotot ingin melakukan jogging setelah begadang, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
  • Perhatikan intensitas dan durasi, kamu perlu mengurangi intensitas dan durasi jogging jika merasa lelah atau mengantuk. Hindari melakukan olahraga yang berat.
  • Perhatikan tanda-tanda tubuh, jika muncul rasa lelah berlebihan saat jogging maka segera akhiri sesi olahraga.
  • Pastikan untuk minum air putih yang cukup, yakni sebelum dan sesudah jogging.
  • Pastikan beristirahat setelah jogging.

Terkadang memang tidak memungkinkan menghindari situasi dimana perlu melakukan aktivitas fisik setelah begadang, hanya saja perlu sangat berhati-hati dalam kondisi demikian.

Melakukan aktivitas fisik setelah begadang memiliki efek buruk yang signifikan terhadap kinerja fisik dan psikis, dimana sangat penting untuk tetap sehat walau sering begadang maka hendaknya utamakan istirahat setelah begadang semalaman. Jogging sebaiknya dilakukan saat tubuh sudah fit dan siap.




Baca Juga:

No comments: