Media Online: Pengertian, Contoh, Fungsi & Kelebihan

Media Online
Photo credit: shutterstock.com|Oleksiy Mark

Pengertian Media Online

Apa itu media online? Media online adalah sarana komunikasi dan penyebaran informasi yang tersedia melalui jaringan internet, dimana untuk mengakses konten-kontennya membutuhkan koneksi internet. Adapun konten-kontennya bisa berbentuk video, audio, tulisan, gambar dan apps.

Adapun dalam hal dunia jurnalistik, media online adalah salah satu jenis media massa yang menyediakan informasi atau berita di internet.

Media online sering pula disebut sebagai media daring, dimana sebutan ini menyasar pada perangkat gadget yang terkoneksi ke internet. Keberadaan media online menjadikan proses penyebaran informasi menjadi sangat cepat, bahkan seseorang bisa memperoleh berita terupdate dari belahan dunia lain hanya dalam hitungan detik.

Dimana hanya dengan bermodalkan gadget yang terkoneksi ke internet maka setiap orang di dunia bisa saling berbagi informasi dan berinteraksi.

Ciri-Ciri & Karakteristik Media Online


1. Cepat

Informasi bisa disebarkan dengan sangat cepat, dimana setiap peristiwa yang terjadi di suatu negara dapat diketahui oleh orang-orang di negara lain hanya dalam beberapa detik.

Keberadaan media online benar-benar membuat proses penyebaran informasi menjadi instan, dengan memiliki jaringan internet maka bisa mengetahui semua informasi dan berita terbaru di dunia.

Apalagi dengan munculnya media sosial, dimana medsos menjadikan setiap orang bisa menyebarkan informasi yang dapat diakses semua orang di dunia.


2. Sangat Murah Bahkan Gratis

Era digital menyebabkan bergesernya cara orang memperoleh informasi dan berita. Dahulu koran dan tabloid menjadi media humas yang sangat berjaya karena mendominasi layanan sumber informasi, adapun sekarang orang-orang bisa memperoleh informasi dan berita secara gratis di internet.

3. Sangat Update

Pembaruan informasi dapat dilakukan secara instan, yakni bisa dilakukan saat itu juga. Misalnya saat menerbitkan sebuah artikel berita, terjadi kesalahan pada tata bahasa ataupun isi informasi, maka perbaikan bisa dilakukan saat itu juga.

Perbaikan dapat dilakukan secara praktis dan prosesnya sekejap. Hal ini berbeda dengan media cetak (misalnya koran) yang tidak bisa diperbaiki lagi tatkala sudah terlanjur diterbitkan ke masyarakat. Adapun setiap tulisan di media online bisa diperbaiki dan diperbarui kapan pun.

4. Sangat Interaktif

Media online menawarkan fitur interaktif yang luar biasa untuk pada pengguna, biasanya di media online terdapat fitur komentar, chat dan forum. Itu menjadi wadah tempat berkumpul banyak orang secara online, guna saling berkomunikasi, mengobrol, menyampaikan pendapat atau pandangan, bertukar pikiran dll.

Selain itu konsumen juga bisa secara mudah mengirimkan pesan kepada penulis informasi/berita, dan biasanya akan mendapatkan respon relatif cepat. Hal ini berbeda dengan media cetak seperti koran, biasanya konsumen kesulitan untuk mengirimkan pesan atau masukan kepada Si Penulis.


5. Sangat Variatif

Selain kapasitas yang luar biasa, media online juga menyajikan informasi dengan lebih variatif. Jika media cetak (seperti koran dan tabloid) hanya berisikan tulisan dan gambar, adapun di media online mampu menyajikan informasi dalam bentuk teks, gambar, video, audio dan apps.

6. Personalisasi

Keberadaan media online menjadikan seseorang bisa memperoleh informasi dan berita tanpa batas, disebabkan tak terbatasnya informasi/berita maka tidak semuanya mampu dibaca atau dikonsumsi, sehingga perlu adanya filter.

Dimana konsumen media online bisa memilih tema informasi yang dibutuhkan, ada segudang tema informasi (seperti berita internasional, berita nasional, teknologi, ekonomi, politik, sains, sepak bola dll), maka pilih yang dibutuhkan saja.

Di media online, konsumen benar-benar dimanjakan untuk memilah-milih informasi yang diinginkannya, sehingga hanya mengambil berita yang relevan dan menyingkirkan berita yang tak diinginkan. Dengan begitu, filter sepenuhnya ada di tangan konsumen.

7. Akses Sangat Mudah

Berbagai informasi yang ada di media online didukung oleh server dengan penyimpanan sangat besar (bahkan unlimited), dimana informasi yang telah diterbitkan bakal selalu tersimpan dan terjaga, yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Server penyimpanan yang super besar menjadikan internet sangat kaya akan informasi dan pengetahuan, keberadaan media online dapat dikatakan sebagai revolusi edukasi maupun revolusi informasi.

8. Kapasitas Luar Biasa

Berbeda dengan koran dan majalah yang harus membatasi jumlah tulisan karena ukuran dan jumlah halaman yang terbatas, pada media online (seperti website) bisa membuat tulisan panjang yang tidak terbatas.


9. Mudah Mengakses Referensi

Hal yang menarik di media online adalah keberadaan link, dimana link biasanya disertakan di sebuah artikel sebagai sumber atau referensi. Ini menjadikan Anda bisa dengan mudah mencari referensi sebuah tulisan, tinggal sekali klik pada link maka bakal langsung dibawa ke sumber tulisan.

Biasanya link referensi banyak ditemukan di situs Wikipedia, yang menyertakan puluhan link (bahkan mencapai 100 link) sebagai referensi tulisan di setiap artikelnya.

Contoh Media Online


Berikut macam-macam media online:
  1. Situs berita (liputan6.com, okezone.com, tempo.co)
  2. Situs jejaring sosial media (facebook.com, twitter.com)
  3. Situs belanja online (bukalapak.com, matahari.com, shopee.co.id)
  4. Situs pemerintahan (kominfo.go.id, kemenkeu.go.id, kemnaker.go.id)
  5. Situs yang berfungsi sebagai forum (reddit.com)
  6. Situs perusahaan (tesla.com)
  7. Aplikasi chatting (skype, wechat, whatsapp)

Fungsi & Manfaat Media Online
  1. Media online memiliki fungsi utama berupa menyebarkan informasi dan berita secara cepat dan akurat, yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat.
  2. Berkontribusi dalam upaya menjaga keamanan, kenyamanan dan ketertiban masyarakat.
  3. Mengedukasi masyarakat tentang pendidikan sosial dan politik.
  4. Membantu memperbaiki perilaku masyarakat. Misalnya menghimbau masyarakat jangan membuang sampah sembarangan karena dapat menyebabkan banjir.
  5. Media online menjadi sarana untuk saling mengenal dan saling bertukar budaya antar masyarakat dunia.
  6. Media online berfungsi penting untuk secara efektif mengenalkan budaya negara sendiri ke dunia internasional.
  7. Media online menjadikan orang-orang bisa mengetahui berita terkini yang terjadi di negara lain.
  8. Keberadaan media online sangat memudahkan orang-orang untuk mencari hiburan secara cepat dan mudah. Bahkan di internet terdapat jumlah hiburan yang tak terbatas, sehingga harus pintar-pintar memfilter atau memilih.

Kelebihan Media Online
  1. Menjadi informasi dan berita benar-benar tersebar sangat cepat, mudah dan instan.
  2. Informasi atau berita lama yang telah diterbitkan 10 tahun lalu (bahkan lebih) tetap bisa diakses kapan pun dan dimana pun.
  3. Penyajian informasi atau berita lebih bervariasi seperti tulisan, gambar, video, audio dan apps.
  4. Media online memungkinkan konsumennya dapat saling berinteraksi dan saling mengeluarkan pandapat.
  5. Media online dapat diakses dengan sangat mudah, termasuk saat berada diluar atau perjalanan. Dimana hanya bermodalkan gadget (seperti smartphone) yang dilengkapi koneksi internet maka sudah dapat mengakses media online sepuasnya dan tanpa batas.

Kekurangan Media Online
  1. Kualitas informasi dan berita di media online tidak sebaik media cetak.
  2. Merebaknya kasus penyebaran informasi dan berita hoax. Sehingga wajib berhati-hati dan bersikap kritis terhadap informasi dan berita yang ada di internet.
  3. Untuk dapat mengakses media online membutuhkan gadget yang harganya lumayan mahal.
  4. Paparan cahaya di layar gadget menyebabkan kepala gampang pusing dan mata kabur. Sehingga sangat penting membatasi penggunaan gadget untuk menghindari resiko penyakit mata.

Media online memiliki kelebihan maupun kekurangan, sehingga perlu adanya sikap bijak dalam memanfaatkan media online.




Baca Juga:

No comments: