10 Perbedaan Laki-Laki dan Perempuan (Sifat, Pola Pikir dll)

Laki Laki dan Perempuan
Photo credit: shutterstock.com

Pada dasarnya laki-laki membutuhkan perempuan, demikian juga perempuan membutuhkan laki-laki. Dengan begitu, pada hakekatnya laki-laki dan perempuan saling membutuhkan dan saling melengkapi.

Riset sudah menunjukan terdapat sejumlah perbedaan antara laki-laki dan perempuan secara biologis, genetik dan lainnya. Sehingga memang faktanya laki-laki dan perempuan itu terdapat perbedaan, tapi dalam hal kewajiban dan hak tentunya sama, dengan memegang prinsip keadilan.

Perbedaan Laki Laki dan Perempuan


1. Motorik Halus

Perempuan secara umum memiliki kemampuan motorik halus yang lebih baik, beberapa contoh kemampuan motorik halus yaitu menulis, menjahit dll. Sehingga jangan heran jika tulisan tangan perempuan umumnya lebih bagus ketimbang tulisan tangan laki-laki.

Adapun laki-laki punya kemampuan lebih baik dalam hal motorik kasar seperti berlari, melompat, melempar dll. Laki-laki umumnya lebih jago melakukan hal-hal tersebut ketimbang perempuan.

2. Pola Pikir

Perbedaan pola pikir pria dan wanita yaitu jika pria lebih mengutamakan fungsi logika, adapun perempuan lebih mengutamakan fungsi perasaan. Tapi ini bukan berarti pria tidak punya perasaan dan wanita tidak punya logika.

Hanya saja yang dibicarakan disini adalah porsi, sehingga pria tetap punya perasaan dalam dirinya dan wanita juga tetap punya kemampuan berlogika.

Dalam menghadapi suatu permasalahan, biasanya pria cenderung menggunakan logikanya, adapun wanita menggunakan perasaannya. Hal inilah yang menyebabkan saat adu argumentasi, berselisih ataupun berdebat, wanita lebih rentan untuk meluapkan emosinya dan bahkan bisa sampai menangis.

Demikian juga saat terjadi hal buruk yang mengejutkan, laki-laki umumnya dapat menghadapinya dengan lebih tenang (termasuk berpikir tenang dan jernih) sehingga lebih mudah untuk mengatasi permasalahan dan menemukan solusi.

Adapun perempuan saat terjadi hal buruk secara tiba-tiba, umumnya panikan dan bahkan merespon dengan teriakan, alhasil menjadi sulit untuk berpikir jernih dan menemukan solusi.


3. Menyembunyikan Emosi

Perbedaan laki laki dan perempuan yaitu terdapat pada kemampuan mereka untuk menyembunyikan emosi. Perempuan seringkali tak mampu untuk menyembunyikan emosinya ketika sedih dll. Hal ini berbeda dengan para laki-laki.

Laki-laki biasanya lebih mampu untuk menyembunyikan emosi tatkala sedih, gundah dll. Laki-laki punya kecenderungan untuk tak menunjukan perasaannya.

Bahkan telah terbentuk budaya di masyarakat bahwa seseorang laki-laki yang mampu untuk sering diam (tak cerewet / banyak omong) bakal terlihat berwibawa dan tangguh.

Ini menjadikan para laki-laki semakin jago dalam menutupi emosi ataupun tak memperlihatkan rasa sedihnya ketimbang pada wanita

4. Kepekaan

Seringkali para wanita mengeluhkan tentang para laki-laki yang tidak peka, hal ini tampaknya memang berdasar dan benar adanya. Dimana wanita lebih cenderung mengunakan perasaannya, sehingga dalam hal kemampuan untuk peka maka wanita-lah juaranya.

Adapun laki-laki lebih cenderung menggunakan logika di dalam kehidupannya. Sehingga dapat dikatakan bahwa otak laki-laki kurang terkoneksi dengan perasaan, yang menjadikan laki-laki biasanya payah saat diminta mendengarkan curhatan.

Adapun wanita umumnya sangat jago dalam hal curhat-curhatan. Wanita juga lebih jago dalam mengurus bayi karena punya rasa peka yang super, adapun laki-laki biasanya kesulitan dan kebingungan saat dihadapkan dengan tangisan bayi.


5. Berbicara

Perbedaan antara laki-laki dan perempuan yaitu dalam hal berbicara, dimana perempuan telah umum diketahui lebih banyak berbicara ketimbang laki-laki. Bahkan ada sebuah anekdot yang menyebutkan bahwa karakteristik perempuan adalah bawel.

Saat menemui masalah dalam kehidupan, laki-laki umumnya lebih memilih diam guna berpikir menemukan jalan keluar. Adapun perempuan lebih memilih untuk berbicara (curhat) kepada orang dekatnya, yang penting curhat untuk melegakan hati sekalipun belum menemukan solusi.

6. Lemak Tubuh

Laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan dalam hal penyimpanan lemak tubuh. Tubuh perempuan umumnya menyimpan lemaknya di bagian pinggul, bokong dan paha. Adapun tubuh pria umumnya menyimpan lemaknya di bagian perut.

7. Saat Kekurangan Tidur

Perbedaan perempuan dan laki laki yaitu biasanya laki-laki resisten dari dampak buruk kurang tidur, dimana kurang tidur sebenarnya hal yang masih wajar bagi para laki-laki karena mereka sangat tahan banting terhadap kondisi kurang tidur.

Adapun jika perempuan kekurangan tidur, akan sangat rentan terhadap munculnya masalah secara fisik dan psikis, diantaranya (yang sangat serius) yaitu penyakit kardiovaskular, stres dan depresi.


8. Menangis

Perbedaan sifat laki-laki dan perempuan yaitu biasanya perempuan sangat gampang menangis, adapun laki-laki tidak. Keberadaan hormon tertentu dalam tubuh wanita menjadikannya memproduksi air mata yang begitu 'berlimpah'.

Karena faktor hormon tersebut menyebabkan wanita gampang menangis hanya karena rangsangan kecil, serta tak harus karena mereka sedih.

9. Saat Marah

Laki-laki condong meluapkan emosinya dengan melakukan tindakan fisik, adapun perempuan dengan melakukan tindakan verbal. Hal ini terbukti di kehidupan nyata, bahwa laki-laki seringkali menyelesaikan masalah dengan berkelahi, adapun wanita dengan melakukan adu mulut.

10. Perbedaan Lainnya
  • Para laki-laki lebih gampang dan lebih cepat jatuh cinta ketimbang wanita.
  • Perempuan sangat jago dalam bergosip dan curhat, sedangkan para pria sangat payah.
  • Perempuan lebih suka kode-kodean, adapun laki-laki lebih suka mengungkapkan sesuatu secara langsung. 
  • Laki-laki mempunyai kemampuan fisik yang lebih kuat dan lincah daripada perempuan.




Baca Juga:

Tidak ada komentar: