12 Cara Belajar Efektif dan Efisien (Metode Optimal)

Belajar

Belajar menjadi aktivitas yang seharusnya dilakukan secara rutin, sehingga dalam keseharian harus menyediakan space waktu yang mencukupi untuk aktivitas belajar.

Manfaat belajar bukan hanya untuk menambahkan pengetahuan, melainkan juga untuk mengasah otak agar selalu berfungsi optimal dan mencegah beberapa gangguan otak (seperti alzheimer, demensia dll).

Tips & Metode Belajar Efektif


1. Jauhkan Distraksi

Cara agar belajar efektif dan efisien yaitu singkirkan segala distraksi. Musuh utama dari aktivitas belajar adalah distraksi (gangguan) yang dibiarkan begitu saja.

Seringkali kegiatan belajar menjadi kacau dan tak optimal karena distraksi. Ini yang jarang disadari, sehingga Anda harus menyadari apakah terdapat hal-hal yang bisa mendistraksi kegiatan belajar Anda?

Salah satu contohnya yaitu notifikasi WhatsApp yang berbuyi setiap saat, ini jelas akan sangat mengganggu kegiatan belajar, termasuk bisa merusak fokus dan suasana hati.

Misalnya saat sedang belajar lalu terdengar bunyi notifikasi WhatsApp, selain bunyi tersebut mengganggu, juga bisa merusak fokus karena Anda penasaran dengan isi notifikasi tersebut.

Hal ini nantinya juga bisa merusak suasana hati ketika belajar, akibatnya kegiatan belajar menjadi kacau. Dengan demikian, Anda harus berhati-hati dengan segala distraksi yang berpotensi menghambat kelancaran kegiatan belajar.

2. Perhatikan Waktu

Sebenarnya waktu belajar paling bagus adalah saat pagi hari, dimana otak masih sangat fresh dan segar. Hanya saja ini tidak bisa ditetapkan secara mutlak karena setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda.

Dimana ada juga orang yang lebih optimal belajarnya saat malam hari. Jadi sebenarnya tidak ada patokan pasti kapan waktu belajar, ini diserahkan ke masing-masing pihak.

Jadi Anda bebas menentukan waktu belajar, yang penting adalah pilih waktu belajar yang paling cocok dan optimal, dimana Anda bisa menyerap pelajaran dengan baik.


3. Rangkuman

Teknik belajar efektif yaitu buatlah rangkuman pembelajaran. Rangkuman biasanya berisi hal-hal yang paling penting dari apa yang dipelajari. Jadi biasakan untuk menulis rangkuman saat Anda menemui sesuatu yang dirasa penting.

Meringkas merupakan menulis ulang dari apa yang telah ada, ini bukanlah tindakan yang sia-sia karena saat menulis rangkuman sebenarnya otak ikut bekerja untuk memahami apa yang sedang ditulis. Sehingga isi pelajaran nantinya lebih menempel di otak, dan juga Anda lebih memahami dari apa yang sedang dipelajari.

Lalu saat ada waktu luang (kapan saja) bacalah kembali isi rangkuman yang telah Anda tulis tersebut.

4. Istirahat Sejenak

Cara belajar efektif yaitu adakan istirahat sejenak. Misalnya Anda belajar selama 2 jam, maka di sela-sela waktu belajar, setiap 40-60 menit hendaknya Anda beristirahat selama 5-10 menit.

Jadi jangan terus-terusan belajar selama berjam-jam tanpa henti karena menyebabkan otak kelelahan dan jenuh, yang justru nantinya menurunkan performa belajar.

Dengan istiraha selama 5-10 saja nantinya otak bakal kembali segar dan performa belajar kembali maksimal. Beristirahat sejenak memberikan keuntungan yang sangat besar.

5. No SKS

Jangan pernah sama sekali menerapkan cara belajar SKS (Sistem Kebut Semalam) karena itu merupakan metode belajar terburuk yang pernah ada. SKS merupakan metode belajar yang benar-benar absurd.

Hal itu karena isi pelajaran yang begitu banyak, tidak akan mungkin untuk dipahami dalam sehari. Justru yang lebih bagus adalah belajar sedikit saja tapi rutin setiap hari. Isi pelajaran akan lebih terserap, lebih kokoh di kepala (tidak mudah lupa) dan juga lebih dipahami.

Dengan begitu, jika ada ujian maka persiapannya dari beberapa hari sebelumnya, jangan sampai H-1 baru mulai belajar, itu sungguh absurd.


6. Utamakan Memahami

Tips belajar efektif yaitu miliki prinsip untuk memahami, bukan sekedar menghafal tanpa makna. Banyak siswa yang saat belajar hanya bertujuan menghafal, ini amat keliru.

Supaya isi pelajaran benar-benar menempel kuat di otak, maka biasakan diri untuk berusaha memahami dari apa yang dipelajari. Adapun jika belajar untuk sekedar menghafal, biasanya bakal gampang lupa dengan isi pelajaran (yang dipelajari sebelumnya).

7. Cita-Cita

Cara belajar agar efektif dan optimal yaitu Anda harus memiliki cita-cita sehingga menghadirkan rasa motivasi yang tinggi. Atau setidaknya Anda memiliki TUJUAN yang jelas dalam belajar, misalnya ingin memperoleh nilai yang tinggi, alhasil hati menjadi sangat bersemangat untuk belajar.

Belajar baru bisa efektif jika Anda memiliki rasa semangat, adapun semangat muncul jika Anda memiliki tujuan yang mau dicapai.

Jadi jangan asal belajar, pastikan sebelumnya Anda merenungkan apa tujuan dibalik kegiatan belajar yang akan dilakukan.

Hal itu bakal secara drastis memicu semangat berkali-kali lipat, dimana rasa semangat bagaikan 'bensin' yang menjadikan seseorang memiliki fokus dan performa tinggi dalam melakukan suatu kegiatan.

8. Kondisi Mendukung

Cara agar bisa belajar dengan baik yaitu pastikan untuk menciptakan kondisi yang adem dan kondusif, hal ini sangat urgen agar performa belajar maksimal dan meningkatkan konsentrasi.

Misalnya saat suhu ruangan terasa panas sehingga Anda merasa gerah, akibatnya performa belajar menurun dan Anda juga sulit untuk bisa konsentrasi, dengan demikian pastikan suhu ruangan terasa nyaman, bisa dengan menggunakan bantuan kipas angin maupun AC.

Selain itu, usahakan kondisi sekitar tempat belajar rapih sehingga membantu proses belajar yang kondusif. Adapun jika kondisi sekitar berantakan, maka bisa menyebabkan pikiran jadi kusut dan mumet, yang nantinya berdampak buruk pada suasana hati dan gangguan proses belajar.


9. Akting Jadi Guru

Anda bisa berpura-pura jadi guru, maksudnya bayangkan Anda menjadi seorang guru dengan banyak murid di depan Anda, lalu coba paparkan kembali hal-hal yang telah Anda pelajari, boleh dengan menggunakan gaya bahasa sendiri sehingga lebih nyaman. Melakukan ini bermanfaat agar hasil belajar semakin efektif.

10. Tidur Malam

Tidur malam yang cukup nantinya sangat menolong Anda untuk meningkatkan efektifitas belajar. Usahakan tidur malam dalam situasi gelap gulita, ini bermanfaat agar proses regenerasi sel tubuh (termasuk otak) menjadi maksimal, meningkatkan proses pemulihan tubuh dan otak, serta jiwa menjadi lebih ceria dan fresh saat bangun di pagi hari. Beberapa hal tersebut akan berdampak positif untuk proses belajar.

Selain itu, tidur malam yang berkualitas amat mempengaruhi proses penyimpanan informasi di otak. Riset menunjukan bahwa para pelajar yang punya tidur malam berkualitas, diketahui lebih mampu untuk mengingat isi pelajaran.

11. Jangan Tertekan

Belajar dengan perasaan tertekan akan menyebabkan belajar tak efektif. Sehingga disinilah perlu mengubah mental atau pola pikir. Misalnya, salah satu mental yang perlu ditanamkan yaitu menjadikan kegiatan belajar merupakan bagian hidup, sebagaimana makan dan bernafas merupakan bagian dari hidup.

Dengan begitu jangan sampai belajar dalam kondisi tertekan, karena hasil belajar akan menurun drastis. Demikian juga, hilangkan segala gangguan di pikiran yang merusak semangat belajar.

12. Ketahui yang Paling Cocok dengan Anda

Sebagian orang suka belajar di tempat tertutup dan sunyi seperti di kamar, tapi ada juga yang cenderung suka belajar di tempat umum seperti perpustakaan, cafe dll.

Sebagian orang cenderung optimal belajar saat pagi hari, tapi ada juga yang cenderung optimal saat siang, sore ataupun malam hari.

Sebagian orang suka belajar sembari nyemil, minum teh ataupun kopi, sebab menurut mereka itu sangat membantu.

Sebagian orang suka belajar sendirian saja supaya dapat fokus, tapi ada juga yang lebih suka belajar berdua atau bertiga karena nantinya bisa saling bertukar pikiran.

Dengan demikian, tidak ada aturan baku dalam mencapai belajar yang efektif, yang penting cari yang paling cocok dan paling memberikan hasil optimal.

Selain itu ada juga orang yang melakukan olahraga 1-2 jam sebelum memulai belajar, sebab menurutnya dengan semangat berolahraga membuatnya lebih fresh, bahagia, bersemangat serta mampu menyerap dan memahami isi pelajaran dengan sangat baik.

Kondisi setiap orang berbeda-beda, sehingga sebuah hal bisa bekerja pada seseorang, tapi tak bekerja pada orang lainnya. Jadi Anda perlu pintar-pintar mencari trik sendiri yang cocok untuk Anda, dengan berjalannya waktu Anda akan bisa membedakan mana trik yang cocok dan bekerja untuk Anda, dan mana yang tidak.




Baca Juga:

Tidak ada komentar: