11 Cara Agar Bisa Tidur Siang Berkualitas

Tidur Siang
Photo credit: shutterstock.com

Banyak orang mengetahui tentang manfaat tidur malam, tapi jarang yang mengetahui bahwa tidur siang juga penting. Tidur siang sebenarnya menjadi hal yang diperlukan, tujuannya untuk istirahat sejenak. Tidur siang seharusnya singkat saja.

Tidur siang idealnya selama 30 menit, hindari melakukan tidur siang lebih dari 1 jam. Dengan begitu jangan asal-asalan dalam menjalankan tidur siang karena malah menyebabkan badan gak nyaman dan bisa merusak suasana hati.

Manfaat Tidur Siang 30 Menit

Melakukan tidur siang dengan cara yang benar memberikan banyak keuntungan, ada banyak manfaat tidur siang yaitu:
  1. Membuat pikiran bisa lebih kreatif.
  2. Menenangkan saraf-saraf tubuh yang tegang.
  3. Memperbaiki suasana hati menjadi lebih rileks dan tenang.
  4. Mengistritahatkan dan memulihkan tubuh maupun pikiran.
  5. Meredakan tekanan darah tinggi.
  6. Mengembalikan fokus.
  7. Menghilangkan penat dan mumet di pikiran.
  8. Mengoptimalkan kembali daya ingat.
  9. Mengoptimalkan kembali kemampuan berpikir logis.
  10. Meningkatkan performa kerja.
  11. Mencegah kemunculan stres.

Cara Agar Bisa Tidur Siang Berkualitas


1. Aktif Sejak Pagi

Cara cepat tidur siang hari yaitu biasakan agar Anda sudah melakukan kegiatan sejak pagi, tubuh dan pikiran yang aktif sejak pagi biasanya sangat mudah untuk dibawa tidur siang.

Memulai kegiatan semenjak pagi adalah hal yang sangat bagus karena dengan begitu Anda bakal lebih produktif, selain juga tubuh bakal merasa lelah ketika siang hari, alhasil Anda akan bisa cepat tidur sekaligus menikmati manfaat tidur siang.


2. Sejenak

Cara agar tidur siang berkualitas yaitu perhatikan durasinya, hindari durasi tidur siang yang terlampau lama. Disarankan tidur siang selama 30 menit, adapun tidur siang lebih dari 1 jam hendaknya dihindari.

Jadi niatkan hanya tidur siang sejenak, dengan tujuan guna mengembalikan atau memulihkan tubuh dan pikiran yang terasa lelah, termasuk mengatasi mumet dan hilang fokus.

3. Alarm

Disarankan agar menggunakan bantuan alarm supaya tidur siang tidak kebablasan. Tidur siang sejenak dapat menjadikan suasana hati lebih baik.

Sebaliknya, jika tidur siang terlalu lama bisa menyebabkan rusaknya suasana hati, disamping juga tubuh menjadi kaku dan rentan terkena mager (malas gerak).

4. Kondisikan

Anda perlu berupaya menciptakan kondisi yang cocok dan nyaman untuk tidur siang. Beberapa tipsnya yaitu pastikan tempat tidur bersih dan rapih, dimana tidak ada benda-benda berserakan di sekitar, lalu perhatikan suhu yang terasa adem, serta minimalisir sebisa mungkin paparan sinar matahari. 


5. No Kafein

Cara agar bisa tidur siang yaitu hindari terlebih dahulu yang namanya KAFEIN seperti kopi, teh dan semacamnya. Dengan begitu tatkala menjelang waktu tidur siang, tunda dulu keinginan untuk minum kopi, Anda bisa minum kopi setelah sesi tidur siang diselesaikan.

Hal itu karena kafein merupakan asupan yang punya fungsi merangsang otak supaya senantiasa terjaga, dampaknya sudah pasti akan menghambat proses tidur.

6. Pilih Waktunya

Tidur siang sebenarnya bisa dilakukan diantara jam 11 siang dan jam 2 siang. Hindari tidur siang yang mendekati waktu sore, misalnya jam 2.30 siang. Itu sebaiknya dihindari.

7. Tidak Bising

Anda perlu menemukan tempat yang mendukung untuk dapat tidur siang, termasuk hindari kondisi bising karena bakal cukup mengganggu.

Jika tidak memungkinkan, disarankan tidur siang dengan memakai penyumbat telinga dan penutup mata sehingga Anda terlindungi dari berbagai distraksi.


8. Perhatikan Waktu Makan Siang

Tidak baik jika Anda tidur tepat setelah makan siang. Seharusnya diberikan jarak antara waktu makan siang dan waktu tidur siang. Kalau bisa beri jarak sekitar 1 jam, atau setidaknya berjarak 30 menit. Yang penting hindari langsung tidur setelah makan karena buruk untuk kesehatan.

9. Beri Jarak Setelah Bangun

Setelah selesai melakukan tidur siang maka jangan langsung bangun untuk bekerja kembali, Anda perlu beri jarak sekitar 3-5 menit untuk 'mengumpulkan nyawa' kembali, ini bertujuan supaya menghindari rasa pusing dan tak fokus saat berjalan.

Sebelum memulai bekerja kembali, hendaknya mencuci muka sehingga membuat Anda lebih merasa segar. Dengan demikian, Anda memperoleh tidur siang yang berkualitas dan menghasilkan manfaat nyata.

10. Mencoba Rileks

Cobalah melemaskan atau mengedorkan otot wajah dan tubuh secara umum, lalu juga ringankan pikiran. Jika muncul pikiran tertentu maka cueki saja, jika Anda mengikutinya (apalagi jika pikiran yang muncul tentang hal yang berat atau mengharuskan berpikir keras) maka otak bakal selalu aktif yang menyebabkan Anda sulit tidur.

11. Stop Mikir Aneh-Aneh

Ini masih berkaitan dengan poin nomor 10 yaitu mengenai menjaga pikiran. Cara mengatasi susah tidur siang yaitu berhenti berpikir yang aneh-aneh, pokoknya jika Anda berniat tidur siang maka segera rebahkan tubuh dan tutup mata.

Gak usah mengisi kepala dengan pikiran aneh, contohnya selalu berpikir apakah saya bisa terlelap, mengkhawatirkan alarm dll. Jika Anda memikirkan sesuatu yang menimbulkan cemas, rasa cemas tersebut nantinya sangat 'powerful' untuk menghambat proses tidur siang.

Yang penting buatlah jiwa santai dan jangan merasa cemas.




Baca Juga:

No comments: