20 Tanda Anak Memiliki IQ Tinggi Sejak Dini

Orangtua tentu ingin buah hatinya tumbuh dengan baik dan optimal. IQ tinggi sering dinilai sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan dari proses tumbuh kembang anak.

Selain stimulasi tepat sejak dini, makanan bergizi sangat mempengaruhi tingkat IQ. Sebenarnya Anda sudah bisa melihat tanda-tanda anak memiliki IQ tinggi sejak dini.

Anak IQ Tinggi
Photo Credit: shutterstock.com;Tomsickova Tatyana

Ciri-Ciri Anak Ber-IQ Tinggi


1. Ingatan Kuat

Kemampuan daya ingat diperlukan dalam belajar. Anak dengan daya ingat kuat cenderung mempunyai IQ tinggi. Cobalah menjalankan tes simpel padanya.

Misalnya pada balita, cobalah ucapkan jenis buah yakni pisang, jeruk, semangka dll. Lalu minta dia mengulangi, jika mampu menyebutkan banyak nama buah berarti dia berpotensi punya IQ tinggi.

Anak-anak yang mampu menghafal alamat atau nama-nama negara di usia belia, menandakan mempunyai memori super dan umumnya bakal memiliki skor IQ tinggi saat usia sekolah. 

Kemampuan daya ingat tidak cuma berpengaruh terhadap proses akademik di sekolah, tapi juga mempengaruhi kemampuan pengambilan keputusan di kehidupan secara umum.


2. Besarnya Rasa Ingin Tahu

Ciri anak IQ tinggi yaitu besarnya rasa ingin tahu. Pakar anak mengatakan: "Keingintahuan yang tinggi setara urgensinya dengan bakat kecerdikan".

Anak-anak yang suka bertanya mengindikasikan kemauan kuat dalam jiwanya. Perasaan ingin tahu nantinya bakal memacu intelektualitas mereka.

Oleh karena itu JANGAN PERNAH membunuh rasa ingin tahu anak, sebagian orangtua membentak anaknya karena suka bertanya, hal ini nantinya mematikan rasa ingin tahu anak, yang menyebabkan menurunnya potensi IQ anak.

Orangtua hendaknya mulai membiasakan diri untuk mendengarkan anak, serta menjawab pertanyaan anak dengan baik dan antusias.

3. Nyambung Ngobrol dengan Orang Dewasa

Apabila anak mampu nyambung dalam pembicaraan bersama orang dewasa, ini menandakan dia mempunyai potensi IQ tinggi.

Anak mampu memahami kejadian terkini, lalu mendiskusikannya dengan orang dewasa, apalagi jika anak sejak kecil sudah mampu berpikir kompleks.

4. Jarang Bermasalah Saat Bergaul dengan Teman-Temannya

Selain diketahui dari metode berpikir dan merespon perbincangan, anak dengan IQ tinggi bisa diketahui dari cara dia berinteraksi bersama teman-temannya.

Misalnya kalau dia sudah memahami tentang pentingnya berbagi mainan dan mengantri dengan teman-temannya, berarti dia bisa secara cepat memahami tentang pentingnya menjaga hubungan yang baik antar sesama.

Anak ingin hubungan dengan temannya berjalan baik sehingga mau berbagi mainan. Contoh lain, anak mau mengantri giliran di taman bermain, maka itu dapat mengindikasikan dirinya punya IQ tinggi.

Anak ber-IQ tinggi jarang mengalami crash atau pertengkaran dengan teman-teman sebayanya. Kecerdasan yang sudah berkembang pesat sejak dini, membuat anak dapat menempatkan diri dengan baik di lingkungan pergaulannya.


5. Mudah Mengenal Bahasa Asing

Ciri-ciri anak ber-IQ tinggi yaitu gampang menyerap bahasa asing. Riset membuktikan anak-anak yang mudah untuk mempelajari bahasa asing di usia muda mengindikasikan dirinya punya memori super, serta menjadi tanda menyimpan potensi IQ tinggi.

6. Berbohong

Berbohong memang bukan hal baik, tapi kemampuan berbohong dapat mengindikasikan tanda anak mempunyai IQ tinggi.

Hal itu karena pada dasarnya berbohong bukanlah hal mudah karena perlu kemampuan berpikir kompleks untuk melakukannya, seperti menyusun ‘skenario’ sedemikian rupa dan sehalus mungkin sehingga pihak lain percaya.

Jika anak menceritakan sebuah peristiwa bohong, ini menandakan anak sudah bisa berpikir kompleks sejak usia muda, serta ia punya potensi IQ besar.

Para ahli mengatakan bahwa berbohong melibatkan proses membuat narasi, dan itu menjadi proses kompleks. Apabila anak mampu melakukan ini di umur lima tahun, dia tampaknya bakal mengembangkan IQ tinggi di masa mendatang.

Hanya saja berbohong adalah tindakan tercela, orangtua wajib membimbing anak agar jangan suka berbohong.


7. Keinginan Bercanda

Bila si kecil dapat membuat lelucon lucu sendiri, atau bahkan menertawakan banyolan yang Anda pikir harus dijelaskan kepada mereka, itu menandakan dia punya pemahaman yang tinggi atau daya tangkap sangat baik.

Anak yang sudah punya keinginan bergurau sejak kecil, itu menandakan kecerdasannya yang tinggi. Oleh karena itu ketika anak melakukan sesuatu yang lucu, hindari memberikan respon negatif.

8. Mengajukan Pertanyaan Tidak Terduga

Tanda anak punya IQ tinggi yaitu suka mengajukan pertanyaan sepanjang waktu dan tidak terduga. Misalnya balita 4 tahun bertanya “Mengapa langit berwarna biru?” atau “Bagaimana bisa muncul gambar di TV?”

Itu menandakan keterampilan berpikir anak sudah berkembang pesat sejak dini, anak sejak kecil sudah mencoba memahami dunia di sekitar pada tingkat yang lebih kompleks (dibandingkan anak-anak pada umumnya).


9. Pemecah Masalah

Anak ber-IQ dapat terlihat dari kemampuannya dalam memecahkan masalah, dia menjadi individu yang tidak mudah menyerah, berusaha menemukan cara yang lebih baru untuk memecahkan masalah.

Misalnya pada bayi, saat dirinya tidak dapat menjangkau kotak permen diatas, maka ia akan memanjat kotak atau benda tertentu sehingga dapat mencapai tujuannya. 

Kebiasaan seperti ini sudah dimulai sejak dini, yang lama-kelamaan setelah agak besar nantinya dia bisa sering menemukan solusi yang ‘tidak biasa’. Anak ber-IQ tinggi biasanya dapat menemukan solusi dari permasalahan di usia yang lebih muda.

10. Punya Kewaspadaan Tinggi, Bahkan Sejak Bayi

Anak dengan potensi IQ tinggi biasanya punya tingkat kewaspadaan tinggi sejak bayi. Setelah bayi lahir akan sering mengamati lingkungan, orang-orang, dan berbagai gerakan mereka.

Bayi ‘berbakat’ akan tampak melakukan kontak mata dengan orang yang memegang atau berbicara dengannya, bayi mungkin menoleh ke arah seseorang dan segera merespon suara ataupun tindakan mereka, dia mungkin dapat merasakan setiap perubahan di lingkungan terdekatnya.

Bayi seakan-akan ingin mengelus ibunya ketika dia melihat adanya perubahan kondisi pada ibunya, ini merupakan tanda pasti kecerdasan tinggi pada seseorang sejak bayi.

11. Rasa Empati

Ciri anak IQ tinggi yaitu punya rasa empati. Misalnya, jika balita Anda tampak berusaha ingin menenangkan bayi yang menangis, atau merasa kasihan saat melihat kucing yang cacat kakinya, maka hatinya yang besar mungkin terkait dengan kecerdasan tinggi. 

Seorang pakar menjelaskan bahwa menunjukkan belas kasih dan empati adalah tanda awal kecerdasan seorang anak. Kemampuan untuk berbagi, berinteraksi, menampilkan kasih sayang, menyelesaikan konflik dan kompromi adalah tanda kecerdasannya.


12. Kemampuan Berbahasa

Anak ber-IQ tinggi biasanya sejak kecil mempunyai kemampuan bahasa yang advanced, kosa kata lebih luas beserta keterampilan lebih unggul menangkap kalimat yang dilontarkan lawan bicara.

Dia sudah mampu membingkai kalimat lebih kompleks ketika teman-teman seumurannya baru belajar mengucapkan kata-kata dasar. 

13. Berani Adu Argumentasi

Anak ber-IQ tinggi punya kecenderungan untuk suka berargumentasi dengan pihak lain. Dia menyadari bahwasanya dirinya punya kekuatan intelektualitas yang besar, sehingga merasa percaya diri untuk adu argumen.

14. Keterampilan Menggambar

Riset menemukan anak-anak yang mampu menggambar dengan baik di umur empat tahun cenderung ber-IQ tinggi di usia remaja.

Riset lain juga membuktikan fakta anak-anak yang mahir menggambar secara realistis cenderung memiliki nilai besar pada tes IQ.

15. Lebih Sensitif

Anak yang cerdas mungkin gampang merasa frustasi untuk berinteraksi dan bermain dengan teman-teman sebayanya, karena dia tidak dapat memahami mengapa anak lain tidak mampu mengikutinya.

Juga telah terbukti bahwa anak super cerdas biasanya lebih sensitif daripada yang lain, bahkan mudah emosi saat melihat temannya berperilaku bodoh.

16. Cenderung Perfeksionis

Misalnya, anak seringkali membuat standar yang sangat tinggi untuk dirinya sendiri, dia bisa menjadi sensitif terhadap kegagalan karena jiwanya yang cenderung perfeksionis.

Akibatnya, dia mungkin menetapkan standar sangat tinggi untuk dirinya sendiri dan merasa sangat marah ketika dirinya melakukan kesalahan.

17. Anak bermain board game lebih cepat daripada teman sebayanya, ini dapat berarti bahwa dia memiliki IQ tinggi dan tampaknya butuh lebih banyak stimulasi agar lebih tertantang.

18. Ciri ciri anak ber-IQ tinggi yaitu punya konsentrasi yang kuat. Mereka memiliki konsentrasi tinggi dan bisa tetap fokus sepanjang waktu tanpa mudah terdistraksi.

19. Jika anak sudah bisa membaca sebelum usia 5 tahun, ini dapat mengindikasikan anak bakal punya IQ tinggi.

20. Jika anak punya pemahaman yang sangat baik tentang peristiwa terkini, ini bisa mengindikasikan anak memiliki potensi IQ tinggi.




Baca Juga: