15 Manfaat Olahraga Secara Teratur untuk Fisik, Mental, Mood dll

Apakah manfaat dari olahraga? Fungsi berolahraga sudah tidak perlu diragukan lagi, justru sebuah keharusan yaitu menjalankan aktivitas fisik yang memadai dalam setiap harinya.

Setiap orang harus melakukan aktivitas fisik yang memadai, kurangnya aktivitas fisik bisa menyebabkan masalah besar yaitu resiko penyakit serius (seperti penyakit jantung dll), depresi, penurunan kesejahteraan mental dan lainnya.

Manfaat Olahraga Secara Teratur
Photo credit: stock.adobe.com|LIGHTFIELD STUDIOS

Tujuan berolahraga tidak cuma untuk kesehatan tubuh, melainkan sangat penting untuk meningkatkan kesehatan mental. Tapi sayangnya banyak orang yang mengabaikan besarnya efek olahraga bagi kehidupan.

Manfaat Olahraga Secara Teratur


1. Bisa Menjadi Mood Booster

Apabila suasana hati sering terasa buruk dan bagaikan roller coaster, maka dengan berolahraga dapat membantu mengatasi masalah ini. Fungsi olahraga yaitu dapat meningkatkan mood dan meredakan perasaan negatif.

Jika Anda ingin memiliki suasana hati yang bagus di sepanjang hari, maka usahakan untuk memiliki rutinitas olahraga. Saat berolahraga, di dalam tubuh terjadi pelepasan hormon endorfin yang bertanggung jawab dalam memunculkan perasaan tenang, menjadikan suasana hati lebih baik dan pikiran lebih jernih.

Penelitian menemukan adanya keterkaitan antara aktivitas fisik dan suasana hati. Bahkan peneliti menjelaskan bahwa melakukan olahraga sederhana selama 5 menit sudah dapat memberikan manfaat perbaikan suasana hati.

Dengan begitu olahraga menjadi cara ampuh untuk meningkatkan suasana hati, disaat kehidupan Anda diselimuti oleh banyak perasaan negatif.

Bahkan manfaat perbaikan mood dapat muncul secara instan, sekalipun Anda hanya melakukan olahraga simple seperti jalan kaki, naik-turun tangga dan semacamnya. Efeknya secara instan dapat membuat pikiran lebih tenang dan suasana hati lebih baik.


2. Menjadikan Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat olahraga secara teratur adalah untuk meningkatkan kualitas tidur Anda. Riset menunjukan bahwa kegiatan berolahraga dapat membuat kualitas tidur lebih baik, dan tidur menjadi nyenyak.

Ahli kesehatan menjelaskan bahwa berolahraga hendaknya dilakukan di pagi hari sehingga tubuh juga memperoleh cahaya matahari. Kombinasi antara olahraga dan mendapatkan cahaya matahari pagi yang cukup, dapat membuat tidur di malam hari lebih nyenyak.

Disamping itu berolahraga membuat tubuh memproduksi hormon yang memunculkan perasaan nyaman, serta berolahraga menjadikan tubuh aktif dan terasa lelah. Kedua hal ini membantu Anda untuk bisa tidur nyenyak.

Memiliki tidur berkualitas dan nyenyak sangat penting agar tubuh mendapatkan energi optimal di pagi hari, sehingga berdampak baik pada peforma aktivitas sehari-hari.

Anda sebenarnya boleh-boleh saja berolahraga di sore hari, tapi olahraga yang dilakukan hanya sebatas pada intensitas ringan sampai sedang. Adapun jika ingin melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, hendaknya dilakukan pada pagi hari.

Hal itu karena mengerjakan olahraga yang berat di sore hari justru menyebabkan Anda sulit tidur.

3. Menurunkan Berat Badan

Punya tubuh ideal merupakan harapan hampir semua orang. Jadi jangan kaget, jika muncul berbagai metode tertentu untuk mengurangi berat badan, bahkan ada yang menjual produk 'pil' penurun berat badan. Padahal olahraga menjadi cara terampuh untuk mengurangi berat badan.

Manfaat olahraga bagi tubuh yaitu untuk mencegah masalah obesitas. Jika Anda ingin mendapatkan berat badan ideal, maka berolahraga secara rutin adalah kewajiban yang perlu ditunaikan.

Saat berusaha mengurangi berat badan, caranya bukan hanya dengan mengontrol asupan makan, tapi juga tubuh harus lebih aktif digerakan. Aktivitas fisik akan meningkatkan proses metabolisme tubuh dan pembakaran kalori di dalam tubuh.

Beberapa macam variasi olahraga yang dapat Anda lakukan dalam upaya menurunkan berat badan yaitu lari sprint, lari sedang, joging, bersepeda, lompat tali, berenang, jalan kaki dll.


4. Meningkatkan Kecerdasan

Manfaat olahraga secara teratur adalah untuk meningkatkan kinerja otak. Olahraga tidak cuma berguna untuk meningkatkan fisik, melainkan juga dapat meningkatkan fungsi otak. Beberapa penelitian menemukan bahwa rutin berolahraga dapat meningkatkan kecerdasan, ketajaman pikiran, daya ingat, daya nalar dan kemampuan pengambilan keputusan.

Kegiatan olahraga dapat meningkatkan proses aliran darah di dalam tubuh, termasuk juga aliran darah yang menuju otak. Meningkatnya proses aliran darah menuju otak, maka menjadikan otak mendapatkan suplai oksigen dan energi yang lebih tinggi, hal ini nantinya meningkatkan kinerja otak.

Para ahli menjelaskan bahwa aktivitas fisik akan memberikan stimulasi pada sistem saraf dan fungsi otak. Orang yang terbiasa berolahraga dapat lebih antusias dalam berpikir, dan lebih mampu untuk berpikir dengan tenang.

Disarankan agar Anda melakukan olahraga sampai mengeluarkan keringat atau nafas sampai ngos-ngosan, sehingga memberikan efek positif pada fungsi otak.

5. Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat olahraga bagi kesehatan yaitu memelihara fungsi organ jantung. Seperti diketahui bahwasanya jantung adalah organ yang super penting di dalam tubuh, masalah pada jantung menyebabkan bahaya serius berupa terhambatnya aliran darah dalam tubuh. 

Sehingga sudah seharusnya Anda benar-benar peduli pada kesehatan dan fungsi organ jantung. Rutin olahraga membuat kinerja jantung lebih efisien dalam memompa darah. Berolahraga dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke. 

Adapun kurangnya aktivitas fisik telah dikaitkan dengan peningkatan resiko penyakit jantung secara signifikan. Cobalah untuk lari pagi karena bisa memperlancar aliran darah dalam tubuh.

Bersepeda selama 30 menit menjadi aktivitas yang menggembirakan, memperbaiki fungsi otot jantung dan meredakan stres. Kombinasi ketiga hal tersebut secara efektif dapat menurunkan resiko serangan jantung. Anda juga bisa melakukan jenis olahraga lainnya.

6. Memperkuat ‌Daya‌ ‌Tahan‌ ‌Tubuh‌

Manfaat olahraga secara teratur adalah untuk memperkuat ‌daya‌ ‌tahan‌ ‌tubuh‌. Memperkuat sistem imun tubuh bukan cuma dengan pola makan sehat dan bergizi, melainkan juga perlu melakukan aktivitas fisik yang mencukupi, sehingga tubuh tidak gampang terserang penyakit.

Berolahraga dapat meningkatkan efisiensi dan fungsi antibodi yang bertugas dalam melawan zat asing berbahaya dari luar (seperti virus dll) yang dimana sel darah putih bekerja dengan lebih baik. Hal ini menjadikan tubuh dapat mendeteksi dan melawan penyakit dengan lebih kuat.

Anda bisa melakukan olahraga sederhana seperti jalan pagi sembari merasakan kesegaran udara pagi. Hanya saja jangan berolahraga berlebihan yang menyebabkan tubuh terlalu lelah karena justru akan melemahkan daya tahan tubuh.


7. Memperpanjang Umur

Manfaat berolahraga adalah dapat membuat umur lebih panjang dan menurunkan resiko kematian dini. Hanya saja, disayangkan banyak orang yang jadwal pekerjaan kantornya terlalu padat, akibatnya jadi jarang berolahraga dan sering stres dengan pekerjaan. Kombinasi kedua hal ini bisa memperpendek usia seseorang.

Berolahraga sangat penting agar Anda tercegah dari beberapa resiko penyakit berbahaya yang memicu kematian dini. Riset menemukan bahwasanya jalan cepat selama 20-30 menit per hari dapat menurunkan resiko kematian dini akibat penyakit serius hingga 20 persen.

Anda bisa melakukan berbagai jenis olahraga favorit seperti berlari, jogging, jalan cepat, berenang, aerobik, sepak bola, basket dan lainnya.

8. Memperkuat Paru-Paru

Manfaat olahraga bagi tubuh yaitu dapat meningkatkan kapasitas paru-paru. Berolahraga secara rutin dapat membuat ukuran paru-paru lebih besar, hal itu karena saat berolahraga tubuh akan memerlukan lebih banyak asupan oksigen, alhasil tubuh beradaptasi dengan meningkatkan daya tampung paru-paru.

Kondisi paru-paru yang lebih kuat dan terlatih membuat Anda lebih mampu untuk menjalankan semua aktivitas harian dan Anda tidak mudah lelah, dimana hal ini membantu meningkatkan peforma kerja Anda.

9. Menghilangkan Stres

Berolahraga dapat dikatakan sebagai aktivitas untuk 'mengospek' jiwa agar lebih tahan banting dalam melawan stres. Rutin berolahraga bisa membuat Anda resisten dalam menghadapi serangan stres.

Pelepasan hormon kortisol yang terlalu banyak di dalam tubuh menyebabkan perasaan stres. Manfaat olahraga bagi kesehatan mental yaitu dapat meredakan stres yang melanda. Riset menemukan bahwa rutin berolahraga secara efektif akan meredakan stres. 

Hal itu karena berolahraga dapat menekan jumlah hormon kortisol di dalam tubuh, serta melepaskan hormon norepineprin, endorfin dan serotonin yang berfungsi sebagai antidepresan, memunculkan perasaan rileks dan bahagia.


10. Tubuh Selalu Bugar

Setiap orang tentu menginginkan tubuh yang bugar sehingga dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan maksimal. Fungsi olahraga secara teratur yaitu dapat meningkatkan level kebugaran tubuh.

Rutin berolahgara bisa meningkatkan energi tubuh, itu artinya membuat Anda tidak gampang lelah dan stamina meningkat. Selain itu membuat sistem kardiovaskular bekerja lebih efisien, serta kinerja jantung dan paru-paru menjadi lebih terlatih (lebih baik).

Alhasil Anda jadi tampak selalu bugar dan punya lebih banyak energi untuk menjalankan banyak aktivitas harian. Ahli kesehatan menjelaskan bahwa bergerak lebih banyak akan memberi Anda lebih banyak energi.

Berolahraga meningkatkan sirkulasi oksigen dalam tubuh. Peningkatan oksigen tidak hanya mendukung produksi energi, tapi juga menjadikan tubuh berfungsi lebih baik dan menggunakan energi dengan lebih efisien.

11. Regenerasi tulang

Manfaat olahraga bagi tubuh yaitu mengoptimalkan proses regenerasi tulang. Khususnya bagi anak-anak dan remaja, aktivitas fisik akan membantu mereka untuk membangun tulang yang kuat.

Di kemudian hari, berolahraga akan memperlambat hilangnya kepadatan tulang yang datang seiring bertambahnya usia.

12. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Berolahraga selain memunculkan hormon kebahagiaan, juga menjadikan tubuh lebih ideal, hal ini nantinya dapat meningkatkan rasa percaya diri. Bahkan olahraga menjadi pendorong rasa kepercayaan diri yang besar.

Olahraga baik untuk tubuh dan pikiran. Ketika merasa lebih baik secara fisik, Anda akan merasa lebih baik secara mental, sehingga membuat Anda jadi lebih tertarik untuk bertemu orang baru, menjelajahi tempat-tempat baru, serta merasa lebih mampu untuk menghadapi tantangan hidup dan mengatasi rintangan.

Olahraga cenderung memperkuat dan mengencangkan tubuh, ini dapat meningkatkan harga diri. Selain itu, keberhasilan menjalani rutinitas olahraga secara disiplin memberikan Anda rasa pencapaian.

13. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Manfaat olahraga bagi kesehatan yaitu dapat menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah. Diabetes terjadi akibat tingginya jumlah glukosa dalam darah. Akar masalahnya yaitu kurangnya produksi insulin dalam tubuh.

Rutin berolahraga akan menjaga kadar gula darah tetap stabil, serta mencegah masalah resistensi insulin yang menjadi penyebab diabetes. Anda bisa melakukan olahraga lari. Aktivitas fisik ini akan membakar lemak tubuh, mengurangi resistensi insulin dan meningkatkan massa otot.


14. Mencegah Pikun

Seiring bertambahnya usia maka semakin tinggi risiko pikun atau demensia. Fungsi berolahraga secara teratur dapat menurunkan risiko kepikunan. Sebuah riset menemukan bahwa aktivitas fisik menjadi kunci untuk mencegah demensia.

Peneliti mengatakan bahwa kurangnya aktivitas fisik menjadi penyebab seseorang beresiko tinggi mengalami demensia.

Pilihan gaya hidup akan terlihat dampaknya bertahun-tahun setelahnya. Berolahraga sejak muda menjadi cara untuk meningkatkan kebugaran serta mengoptimalkan aliran darah ke otak, yang hal ini sangat penting untuk menurunkan resiko penyakit demensia.

15. Meningkatkan Kesuburan

Ahli kesehatan menjelaskan bahwa manfaat olahraga tidak cuma untuk mengurangi berat badan, namun juga dapat meningkatkan kesuburan. Hal seperti ini tentu sangat diharapkan oleh para wanita. Riset menemukan bahwa rutin berolahraga bisa meningkatkan fungsi reproduksi.

Hanya saja jangan melakukan olahraga yang terlalu berat karena justru berdampak buruk pada fungsi kesuburan. Untuk meningkatkan kesuburan maka cukup dengan olahraga sederhana saja, karena yang penting adalah Anda menjalani olahraga secara rutin dan dengan perasaan senang.

Manfaat Olahraga Renang

  1. Meningkatkan kapasitas paru-paru.
  2. Mengurangi nyeri sendi.
  3. Menambah tinggi badan.
  4. Mencegah pembengkakan di pergelangan kaki saat hamil.
  5. Membuat rileks.
  6. Mengatasi saraf kejepit.
  7. Membuat tidur lebih nyenyak.
  8. Menjaga kesehatan jantung.
  9. Meningkatkan massa otot.

Manfaat Olahraga Jalan Kaki

  1. Memperkuat otot paha dan betis.
  2. Memperkuat sendi dan tulang.
  3. Mengatasi sakit punggung.
  4. Mengurangi gejala varises.
  5. Meringankan nyeri sendi.
  6. Mencegah osteoporosis.
  7. Menurunkan risiko penyakit kronis.
  8. Menenangkan pikiran.

Manfaat Olahraga Bersepeda

  1. Meningkatkan keseimbangan dan kordinasi tubuh.
  2. Meningkatkan kekuatan otot lengan dan kaki.
  3. Memelihara kesehatan sendi.
  4. Meredakan gejala haid.
  5. Membuat paru-paru lebih sehat.
  6. Menurunkan risiko depresi.
  7. Menurunkan risiko penyakit alzheimer.
  8. Menurunkan risiko diabetes.
  9. Menurunkan tekanan darah tinggi.
  10. Membuat jantung sehat.
  11. Membuat tidur lebih nyenyak.
  12. Menurunkan berat badan.

Manfaat Olahraga Lari

  1. Meningkatkan fungsi dan kekuatan otot kaki.
  2. Meningkatkan stamina.
  3. Meningkatkan daya ingat.
  4. Menghilangkan stres.
  5. Menyehatkan jantung.
  6. Meningkatkan kualitas tidur.
  7. Menurunkan berat badan secara signifikan.
  8. Menurunkan resiko penyakit stroke.




Baca Juga: