18 Hal yang Diharapkan & Dibutuhkan Anak Perempuan dari Ayahnya

Para ayah harus tahu bahwa sosoknya sangat dibutuhkan oleh putrinya sendiri. Seorang Ayah punya peran istimewa dalam perkembangan emosional anak perempuan, saat anak perempuan beranjak dewasa biasanya akan mencari sosok pria yang karakternya mirip dengan ayahnya, sosok ayah akan menjadi patokannya dalam mencari pasangan nantinya.

Hubungan ayah dan anak perempuannya yang positif akan memberikan efek besar dalam kehidupannya, bahkan menjadi faktor utama apakah seorang anak perempuan dapat tumbuh menjadi wanita yang percaya diri atau tidak. Seorang wanita yang memiliki masalah kecemasan biasanya karena sejak kecil kurang dekat dengan ayahnya, ketidakhadiran ayah berdampak sangat buruk terhadap psikologis atau kesehatan mentalnya.

Ayah dan Anak Perempuannya
Photo credit: stock.adobe.com|fizkes

Para Ayah harus melihat anak gadisnya sebagaimana adanya mereka, apa yang mereka butuhkan adalah dilihat apa adanya dan rasa cinta dalam hidupnya. Ayah seharusnya menunjukkan rasa cinta dengan aktif dan tertarik akan kehidupan anak perempuannya. Ikatan batin yang kuat antara ayah dan anak perempuan tidak terbentuk dalam waktu singkat, melainkan dibangun sejak dia masih berusia dini. Berikut berbagai hal yang dibutuhkan dan diinginkan anak perempuan dari Ayahnya.

1. Ayah Menjadi Pendengar yang Baik
Anak perempuan sangat mengharapkan ayahnya menjadi pendengar yang baik. Sehingga para Ayah harus menyadari hal ini, saat anak berbagi cerita atau curhat maka jadilah pendengar yang baik, hal itu karena biasanya anak perempuan suka sekali untuk cerita-cerita dan curhat. Hindari suka menghakimi karena akan menyakitinya, usahakan untuk bisa memberikan tanggapan yang positif sehingga akan membahagiakannya, ini akan menjadikannya merasa nyaman dan mau terbuka.

Setiap orang ingin sekali didengarkan seperti saat bercerita, berpendapat ataupun curhat. Demikian juga, anak perempuan Anda pastinya sangat menginginkan hal ini. Jika Ayah sering mengabaikan anak perempuannya, dampaknya dia bisa merasa tersisihkan, kesepian dan bahkan depresi. Anak perempuan yang sering didengarkan akan memiliki hubungan emosional kuat dengan ayahnya, yang juga akan berdampak baik pada perasaan dan emosinya. Untuk bisa dekat dengannya maka jadilah pendengar yang baik untuknya.


Selain itu para ayah juga harus memahami, biasanya anak perempuan ketika menceritakan masalahnya bukan untuk mengharapkan saran, melainkan sekedar hanya ingin didengar. Kalau anak perempuan curhat maka dengarkan saja, walau Anda tidak memberikan solusi tapi itu sudah cukup membuat perasaannya lega.

Hal yang dibutuhkan anak perempuan saat curhat bukanlah untuk mendapatkan solusi tapi agar ia didengar, sehingga jika anak perempuan curhat atas permasalahnnya tidak perlu dipotong.

2. Memberikan Dukungan
Anak perempuan sangat mengharapkan dukungan dari ayahnya. Selain sebagai pemimpin keluarga, ayah adalah lelaki pertama yang dicintai anak perempuannya, dukungan ayah menjadi hal yang sangat penting baginya. Anak perempuan sama sekali tidak bisa disikapi dengan kasar, justru yang harus dilakukan Ayah adalah memberikan tanggapan positif terhadap keinginan anak perempuannya.

Hindari memberikan respon kasar pada anak perempuan, ayah punya peran untuk mensupport dan menyemangatinya. Jika pun ia melakukan kekeliruan maka nasehati dengan lembut, demikian juga saat ia berprestasi pastikan memberikan reward berupa pujian ataupun juga hadiah.

3. Cinta Tanpa Syarat
Kehadiran ayah tidak hanya secara fisik tapi juga harus secara emosional. Ingatlah, ketidakhadiran ayah secara fisik maupun emosional bakal memengaruhi segala hal dalam kehidupan anak perempuannya, bahkan kelak saat ia dewasa biasanya akan kesulitan dalam berhubungan dengan pasangan.

Satu hal yang ingin dilihat anak perempuan dari ayahnya yaitu cinta tanpa syarat, dirinya menginginkan kepeduliannya yang mendalam dari ayahnya. Dengan begitu seharusnya ayah memberikan cinta yang besar untuk putrinya.

Ayah menunjukkan kepada anak perempuan bagaimana dia harus dicintai oleh orang lain nantinya, sehingga anak perempuan yang tidak (atau kurang) mendapatkan cinta dari sang Ayah biasanya akan kesulitan dalam hubungan asmara dengan pasangannya di masa depan. Dengan begitu pastikan ayah mengucapkan kata-kata cinta dalam kehidupan sehari-hari untuk anak perempuannya.


4. Meminta Maaf Jika Berbuat Salah
Seorang ayah meminta maaf kepada anak perempuannya, bukan berarti ayah sedang merendahkan diri. Justru ini sebagai pengajaran untuk anak bahwa jika berbuat salah maka harus meminta maaf. Selain itu saat ayah bersalah lalu meminta maaf kepada anak perempuannya, ini akan membuat anak perempuannya merasa dihargai, dicintai dan diingini keberadaannya di keluarga.

Pahami bahwa anak perempuan sangat gampang hatinya terluka. Sehingga saat ayah menyakiti hatinya dan membuatnya sedih, ucapkan permintaan maaf yang tulus.

5. Menghadiri Hari Pentingnya
Kehadiran ayah sangat penting dalam hidup anak, jadi pastikan ayah juga aktif dan ikut serta dalam momen atau acara-acara penting anak perempuannya. Misalnya seperti saat dia menjalani lomba, pementasan sekolah, acara pengambilan rapor dll. Kehadiran Ayah akan membuat anak perempuannya merasa sangat bahagia, serta merasa diperhatikan dan disayang.

6. Pujian “Kamu Cantik”
“Kamu sangat cantik”, ini adalah satu kalimat sederhana yang jika diucapkan ayah akan menjadi sangat berarti bagi anak perempuannya, tapi sayangnya masih banyak para Ayah yang tidak menyadari hal ini. Kalimat pendek dan sederhana tersebut ternyata bisa membentuk kepercayaan diri anak perempuan Anda.

Coba ingat-ingat, kapan Anda terakhir kali mengucapkan pujian ke anak perempuan Anda? Mulai sekarang, katakan padanya bahwa dia terlihat cantik. Layangkan pujian kepadanya, terutama saat anak perempuan Anda sering merasa tidak percaya diri dengan keadaan dirinya, khususnya mengenai kondisi tubuhnya. Ucapan sederhana ini membuatnya percaya diri.

Dengan begitu ayah sesekali perlu mengatakan “Kamu cantik” kepada anak perempuannya. Jika seorang wanita dewasa gampang terjebak oleh rayuan gombal lelaki, salah satu penyebabnya karena dia sejak kecil tidak pernah dipuji cantik oleh ayahnya. Selama ini tidak pernah ada yang memujinya, sehingga saat ada seorang lelaki asing yang datang memujinya, dia pun akhirnya gampang terperangkap oleh gombalan lelaki tersebut.


7. Keluarga yang Harmonis
Anak perempuan sangatlah rapuh sehingga ia sangat membutuhkan suasana rumah yang harmonis dan merasa aman. Selain itu hubungan dalam pernikahan ayah dan ibunya merupakan contoh hubungan yang dikenalnya pertama kalinya.

Jika seorang ayah tidak menghargai istrinya seperti berteriak bahkan melakukan kekerasan terhadap istrinya, akibatnya anak perempuannya akan mempercayai bahwa itu adalah bentuk hubungan dirinya dengan suaminya kelak.

Misalnya, ia melihat ayahnya menampar ibunya, ia akan merasa bahwa semua laki-laki jahat dan kasar, hal ini akan menyebabkannya trauma saat memulai hubungan dengan lawan jenis. Bahkan hal seperti ini seringkali menjadi penyebab banyak wanita dewasa tidak mau menikah.

8. Tidak Menarik Diri Darinya Saat Dia Tumbuh Dewasa
Anak perempuan tetap membutuhkan kehadiran ayahnya walaupun ia sudah berusia remaja bahkan dewasa sekalipun. Hal itu karena sosok Ayah berperan penting sebagai tempatnya untuk bersandar serta merasa aman dan nyaman. Jangan sampai ayah tidak lagi menjalin ikatan emosional dengan putrinya.

9. Anak perempuan sangat menginginkan ayahnya memperlakukan ibunya dengan baik.

10. Anak perempuan sebenarnya ingin ayahnya mengajari olahraga atau bela diri. Hal itu karena ia tahu dirinya tidak bisa selalu didampingi setiap saat, sehingga harus bisa membela dirinya sendiri. Ayah punya peran penting mengajari anak perempuannya untuk bisa menjadi gadis yang tangguh.


11. Anak perempuan ingin Ayahnya hadir tidak hanya secara fisik, tapi juga hatinya hadir. Tidak ada maknanya jika Ayah berada di dekat anak perempuannya, tapi terlalu sibuk sendiri bermain gadget.

12. Anak perempuan terkadang mengharapkan ayahnya sesekali mau mendandaninya. Tidak perlu hal-hal yang rumit, cukup hal sederhana seperti mengikat rambutnya, membuat kepangan yang cantik, merekomendasikan baju dll.

13. Anak perempuan sebenarnya ingin selalu menjadi gadis kecil ayahnya yang selalu dimanja, disayang dan diperlakukan lembut.

14. Anak perempuan membutuhkan ayahnya untuk meyakinkannya dirinya bahwa penampilan bukanlah segalanya, ada hal-hal lain yang lebih penting untuk diperhatikan seperti kepribadian dan sikap.

15. Anak perempuan butuh teladan hebat dari ayahnya, dimana anak perempuan kerap mencontoh perjuangan sang ayah dalam menggapai keberhasilan. Psikolog menjelaskan bahwa saat seorang anak perempuan melihat ayahnya sebagai sosok pekerja keras, ia akan memiliki hasrat berprestasi yang tinggi, lebih berani dan lebih percaya diri.

16. Anak perempuan membutuhkan Ayahnya untuk secara aktif tertarik untuk mengetahui kehidupannya. Sehingga seorang Ayah hendaknya berpartisipasi dalam hobi dan aktivitas anak perempuannya, setidaknya mengajaknya mengobrol secara antusias mengenai kesukaan atau hobinya.

17. Anak perempuan membutuhkan Ayahnya untuk memujinya. Ayah memiliki peran besar dalam perkembangan psikologis anak perempuannya.

18. Anak perempuan membutuhkan Ayahnya untuk mengajarkannya berpikir secara logika. Seorang Ibu biasanya lebih hebat dalam masalah perasaan seperti kasih sayang dan kelembutan. Adapun ayah biasanya memiliki kelebihan dalam hal kemampuan berpikir secara logika.




Tulisan Terkait: